Review danaIN – P2P Lending Agunan Emas Satu-Satunya

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas danaIN dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 22 Februari 2020

Apabila tertarik, daftar di danaIN menggunakan kode referral saya
12552 untuk mendapatkan bonus.

Latar Belakang Perusahaan danaIN

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Anda bisa melihat daftar lengkap tim danaIN di website mereka, namun diluar itu sangat minim informasi yang tersedia tentang latar belakang danaIN. Saya hanya tahu nama legal mereka PT Mulia Inovasi Digital, dan mereka tergabung dalam grup perusahaan bernama PT. Serba Mulia yang bisnisnya berhubungan dengan emas, otomatif, dan keuangan.

http://serbamuliagroup.co.id/news/d/dukung-program-literasi-keuangan-danain-jalin-kerjasama-dengan-halofina

Kuantitas Pinjaman danaIN

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Waktu saya mendaftar pertama kali terlihat lebih dari 100 pinjaman yang bisa didanai. Banyaknya pinjaman yang tersedia diakibatkan karena danaIN bekerjasama dengan PT MAS (Mas Agung Sejahtera) yang merupakan perusahaan gadai swasta. Seluruh proyek pendanaan berasal dari PT Mas sehingga danaIN hanya bertugas menggalang pemberi pinjaman lewat website mereka.

Bisa dibilang danaIN ini pegadaian digital yang menghubungkan anda dengan para pegadai.

Tampilan pinjaman danaIN yang mirip online shop

Variasi Pinjaman danaIN

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Ketika pertama kali mengulas Danamas, saya menyebutkan bahwa danaIN hanya menyediakan pinjaman dengan agunan emas sehingga tidak memiliki banyak variasi. Namun sekarang, mereka sepertinya bertransformasi dengan menawarkan pinjaman lain, yang penting memiliki agunan.

Plafon, return, tenor, dan agunan setiap pinjaman di danaINbervariasi karena tergantung si peminjam. Return memang berkisar ‘hanya’ dari 8 persen sampai 11 persen setahun, dan tenor, meskipun tertulis antara 30 hari sampai 4 bulan sekalipun, nyatanya bisa dilunasi lebih cepat oleh peminjam, jadi jangan terpaku dengan angka return dan tenor yang disajikan di data pinjaman, karena kalau pinjamannya dilunasi lebih cepat, otomatis effective return anda juga akan semakin tinggi.

Dalam kasus langka dimana pinjaman dilunasi dalam 1 hari, effective return anda bisa mencapai 100% persen! Hal ini karena bunga danaIN dihitung dalam satunan 15 hari, jadi kalau peminjam anda melunasi 1 hari, tetap dihitung bunganya 15 hari. Dan semua pinjaman mendapatkan perlakuan perhitungan bunga sama, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah.

Untuk memaksimalkan return dan likuiditas, saya menyarankan anda untuk menyebarkan dana anda ke sebanyak mungkin pinjaman. Misalnya, dengan uang 5 juta rupiah, lebih baik disebarkan ke 10 pinjaman dengan nilai 500 ribuan dibanding satu pinjaman bernilai 5 juta. Hal ini untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan retur yang lebih tinggi dari banyak pinjaman tersebut. Dari 10 pinjaman mungkin ada 1 atau 2 yang melunasi lebih cepat.

Contoh portofolio saya yang keduanya sudah cair.

Apakah danaIN Aman?

Ya, danaIN terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Apakah danaIN penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh danaIN. Saya sebagai pengguna danaIN yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di danaIN, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan danaIN.

Jadi, jelas danaIN bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi danaIN

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Tidak tentu. Setiap pinjaman hanya bisa didanai oleh satu investor yang mendanai seluruhnya. Seperti yang saya sebutkan diatas, karena plafon pinjamannya berbeda-beda, maka nominal investasi anda pun angkanya berubah tergantung dari yang anda pilih.

Nominal terendah yang pernah saya lihat adalah Rp250 ribu rupiah dan yang tertinggi sampai Rp27 juta rupiah. Anda perlu mempertimbangkan biaya penarikan yang dikenakan (sekitar Rp3500) ketika menarik saldo ke rekening, jangan sampai total retur anda lebih kecil daripada nominal potongan ini, apalagi effective return di Danain tergolong kecil.

Di Danain, cukup mudah untuk melakukan compounding alias investasi ulang atas imbal hasil yang anda terima. Anda hanya tinggal mencari pinjaman yang nilainya paling mendekati total dana tersedia anda sehingga meminimalkan jumlah uang ‘nganggur’ yang ada di saldo anda.

Kualitas Customer Service danaIN

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya pernah menghubungi tim Danain lewat live chat dan juga pernah ditelpon mereka untuk bersilaturahmi. Respons mereka cukup cepat dan cukup nyambung, tidak menggunakan pesan otomatis maupun bot. Tidak ada masalah namun tidak ada yang spesial juga dari pelayanan mereka di bidang ini.

Likuiditas danaIN

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Seluruh pinjaman memiliki tenor MAKSIMAL 120 hari sesuai aturan yang mereka pegang, namun peminjam bisa melunasi hutang mereka KAPAN SAJA. Ini merupakan hal unik yang tidak dimiliki website lain karena likuiditas setiap pinjaman tidak bisa diketahui diawal. Bunga pinjaman dihitung per 15 hari. Perlu dicatat bahwa hal ini bisa berdampak pada hasil retur yang berbeda-beda tergantung dari waktu pelunasan sang peminjam.

Karena satu pinjaman hanya bisa didanai satu orang, Danain tidak menganut unsur ‘crowdfunding’ sehingga tidak ada proses penggalangan dana yang mengurangi likuiditas anda.

Contoh detail pendanaan. Perhatikan tulisan paling bawah

Aksesibilitas danaIN

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Di halaman utama pendanaan, hanya terlihat ID pinjaman, jumlah pinjaman, dan nama peminjam. Untuk melihat informasi lainnya anda harus klik ke setiap pinjaman untuk memunculkan pop-up window. Estetika design juga kurang sedap dipandang dengan pilihan warna yang sulit terbaca. Hal ini tidak pernah diperbaiki dari tahun 2018 sampai sekarang. Desain danaIN cenderung mirip online shop yang tidak profesional.

Halaman utama masih sederhana, tapi kalau ke halaman lain akan langsung memusingkan

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

danaIN sudah memasang angka TKB90 di website mereka jadi saya tidak perlu repot-repot membahasnya disini.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Saya mengutip dari wawancara Kontan kepada Pihak danaIN:

“Ketika jatuh tempo tiba, PT MAS akan langsung melunasi pokok dan bunga kepada pihak pendana atau lender melalui  website danaIN. Jadi, secara keseluruhan, tidak ada dampak sama sekali bagi pendana atau investor ketika terjadi gagal bayar atau keterlambatan bayar dari pihak peminjam. Urusan penagihan, 100% jadi tanggung jawab PT MAS. “

Sumber baca disini.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Mudah mengecek pemasukan dan pengeluaran anda disini

danaIN Syariah atau Tidak?

Tidak? Saya juga tidak yakin skema pegadaian itu syariah atau tidak. Yang jelas emas merupakan instrumen investasi yang sangat syariah karena berbasis komoditas bukan utang.

Promosi dan Program Referral danaIN

Meskipun ada program referral, namun tidak ada informasi tentang skema program referral tersebut. Sampai detik ini saya tidak pernah mendapatkan bonus referral apapun dari mereka.

Dulu mereka beberapa kali menawarkan bonus cashback kepada saya, namun bonus cashback tersebut rasanya hanya berlaku bagi pendana baru. Jadi sudah tidak pernah lagi saya mendapat promo di Danain.

Advertisements
Advertisements

Dampak Sosial danaIN

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Jujur saya kesulitan menilai dampak sosial dari danaIN. Di satu sisi, anda membantu pendanaan pinjaman personal yang tujuannya mungkin saja impulsif. Kendati demikian, pinjaman di danaIN memiliki agunan yang cukup berharga sehingga rasanya peminjam disini tidak mungkin sekedar meminjam uang untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

Kesimpulan

Kelebihan danaIN:

  • Selalu telihat lebih dari 100 pinjaman yang bisa didanai.
  • Bunga pinjaman dihitung per 15 hari.
  • Semua pinjaman memiliki agunan emas yang cukup aman.
  • Pengadaan pinjaman bekerjasama dengan pihak ketiga, berarti ada dua tahap seleksi yang cukup baik.

Kekurangan danaIN:

  • danaIN memberikan preposisi unik dengan hanya menawarkan pinjaman berbasis gadai emas. Jadi, tidak ada jenis pinjaman lainnya.
  • Hampir seluruh pinjaman memiliki tenor MAKSIMAL 120 hari, namun peminjam bisa melunasi hutang mereka KAPAN SAJA. Ini merupakan hal unik yang tidak dimiliki website lain karena likuiditas setiap pinjaman tidak bisa diketahui diawal.
  • Di halaman utama pendanaan, hanya terlihat ID pinjaman, jumlah pinjaman, dan nama peminjam. Untuk melihat informasi lainnya anda harus klik ke setiap pinjaman untuk memunculkan pop-up window. Estetika design juga kurang sedap dipandang.
  • Tidak menggunakan model investasi gotong royong dimana satu pinjaman bisa didanai banyak orang. Disini, satu pinjaman didanai satu orang.

Rekomendasi

danaIN memberikan preposisi yang sangat unik dimana mereka khusus menyajikan pinjaman berbasis gadai emas. Mereka mengklaim hal ini meningkatkan keamanan modal untuk pemodal. Meskipun penawarannya lebih unik, saya melihat website lain memberikan alternatif yang jauh lebih menarik.

Advertisements
Advertisements

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Investor yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap emas.
  • Investor yang tidak butuh kepastian tentang retur dan likuiditas mereka.
  • Investor yang butuh perlindungan modal sepenuhnya.

Bagaimana dengan saya?

Saya hanya memiliki sedikit portfolio di Danain, untuk mendiversifikasi portfolio saya ke investasi yang cukup stabil ditengah isu Coronavirus yang membuat banyak instrumen lain menjadi volatil. Ketika masalah Coronavirus selesai kemungkinan portfolio Danain saya akan jadi kosong lagi.

Apabila tertarik, daftar di danaIN menggunakan kode referral saya
12552 untuk mendapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang danaIN. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan danaIN, serta membantu anda menentukan apakah danaINaman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

23 Responses

      1. Rudy

        Gan , apakah danain aman selama ini? Dan apakah sudah kembali dana yg di pinjamkan + bunganya? Dan sudah di tarik ke rekening, mohon infonya, terima kasih

  1. Jeff

    dabainadalah p2p pertama saya _+/- 2 bulanan ini,,, sebelum putuskan bergabung, saya tanya jawab debgan tim supportnya, dan jawaban mrk cukup cepat… sy gabung dengan fintech kalau cs/tim support menjawabatau merespons faq saya…

  2. Raja Dubu

    pernah ngitung pak, lrnding satuper satu macam danain vs lending crowdfunding kaya modal rakyat return bunganya menguntungkan mana… Di danain mmg bunga minimalnyankecil (skrt 8%), taoi bunga maksimalnya ga tahu kita, Sebaliknya di molar rakyar minmal bunga mmn lebih besar dar danain, tapi kan baru efektif stlh dana terkumpul. Sebelumterkumpul dana kita akan mati alias belum dihitung bunganya…

      1. raja dubu

        saya sdh 4x mendanain kecil2an di danain, dgn pengembalian 1 hari (pertama mendanain!), 68. 3 DAN 11 HARI, sy hitung rata2 bunga 44%. Saya hapus yg pengembalian 1 hari karena itu “mission impossilbe”, rata2 bunga 14% lebih…

          1. raja dubu

            sebenernya asetku yg plg ideal. tapi dalam situasi corona ini bikin saya wait and see dan saya alihkan duluke p2p lain. pilihannya yg menarik sebenernya igrow, tapi berhubung gak ada garansi perlindungan modalnya, saya alihkan ke danain dulu smtr waktu. bgmn menurut bpk?

  3. lumban

    “Saya sudah tidak ada portofolio di danaIN lagi, dulu hanya mencoba untuk ulasan ini dan mengincar cashback saja. danaIN bunganya rendah, likuiditas tidak jelas, dan banyak alternatif yang jauh lebih bagus.”

    Yang mengejutkan saya adalah: dengan keamanan p2p danain, kok bapak nampaknya tidak tertarik dengan danain ini ya?
    lalu maksud likuiditas tidak jelas itu apa ya?

  4. Yasa

    Kadang berpikir danain di danain karena saya masih ragu soal asuransi kredit di asetku,uangme.apa beneran akan di bayar kalo ada gagal bayar di asetku atau uangme.karena rencana mau inves gaji tiap bulan..jeleknya danain itu ya bunganya kecil..coba bisa 15% saja setahun fix pasti gak galau deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.