Review Modalrakyat 2021 – p2p lending untuk modal minim

Review Modalrakyat ini pertama ditulis pada Januari 2019, dan terakhir diperbaharui pada 7 Juli 2021. S aya masih menggunakan Modalrakyat sampai saati ini. Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Modal Rakyat dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Apabila tertarik, daftar di Modal Rakyat menggunakan kode referral saya AS1817506638.

Portfolio saya di Modalrakyat

Per tanggal 7 Juli 2021

Total disbursement: 24.700.000 rupiah atas 170 pinjaman

Total return: 308.478 rupiah

Total dana bermasalah: 0 rupiah

Siapa dibalik Modalrakyat

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Nama legal Modal Rakyat adalah PT Modal Rakyat Indonesia. Tergolong pemain baru yang saya kenal di event fintech, Modal Rakyat didirikan empat pemuda asal Indonesia. Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut yang saya bisa sampaikan karena minimnya informasi di website mereka. Mereka sudah menyelesaikan pendanaan seed (tahap paling awal ketika startup disuntik dana) kemungkinan besar dari Fazz Financial. Beberapa tim manajemen mereka adalah ‘alumni’ dari industri perbankan – hanya satu yang pernah kenalan dengan saya yaitu pak Stanis. Per tahun 2021 Modalrakyat sudah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi keuangan lainnya seperti Bank Jago

Produk Pendanaan di Modal Rakyat

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Jumlah pinjaman yang tersedia sangat fluktuatif. Kadang-kadang hanya tersedia satu sampai tiga pendanaan, dan bila sedang ramai bisa tersedia puluhan kesempatan pendanaan. Perlu dicatat bahwa pendanaan yang biasanya muncul secara massal adalah pendanaan mikro untuk modal dagang pulsa. Jenis pendanaan ini memiliki tenor pendek dengan plafon kecil, sehingga jauh lebih cepat habis mengingat plafonnya yang rendah (ramah kantong) dan bunganya yang lebih menarik juga (20%++).

Variasi Pendanaan

Untuk pinjaman perusahaan (cenderung invoice financing), pinjaman disini cukup bervariasi dari segi tenor, skor kredit, serta pihak peminjam (artinya pinjaman-pinjaman yang ada tidak hanya berasal dari satu pihak). Tenor pinjaman bervariasi dari satu sampai empat bulan. Hal ini berarti hampir tidak ada pinjaman jangka panjang di Modal Rakyat.

Ada juga pendanaan yang ditandai sebagai pinjaman mikro. memiliki tenor 14 hari semua dengan bunga 25% dan tenor 500rb. Ini adalah pinjaman mikro hasil kerjasama dengan Payfazz(yang juga grup Modalrakyat) untuk modal toko pulsa. Saya menyarankan anda membaca tulisan ini untuk memahami risiko pinjaman mikro seperti itu.

Modalrakyat adalah salah satu p2p langka yang mengasuransikan pendanaan mikro seperti itu, jadi saya sangat menyarankan anda untuk mencoba mendanai di jenis pinjaman tersebut. Selain bunganya tinggi, dampak sosial baik, tidak memberatkan peminjam, dan tenor singkat.

Modal Rakyat menerapkan sistem wallet dan belum ada bot autoinvest . Jadi untuk memaksimalkan likuiditas, pastikan anda secepat mungkin menarik uang dari pinjaman yang sudah selesai atau menginvestasikannya kembali.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Semua pinjaman konsisten di angka Rp25 ribu dan penambahan harus kelipatan Rp25 ribu, jadi recehan hasil bunga pendanaan anda tidak bisa disertakan di pendanaan berikutnya untuk memaksimalkan compounding, kecuali bunga anda sendiri diatas Rp25 ribu.

Modal Rakyat juga memberlakukan sistem saldo sehingga pendanaan anda yang selesai tidak langsung ditransfer kembali ke rekening anda. Anda perlu mencairkan saldo anda di website Modal Rakyat ke rekening bank anda, dan akan ada potongan biaya admin/biaya transfer yang dikenakan apabila rekening bank anda berbeda dengan bank yang digunakan oleh Modal Rakyat. Perhitungkan dengan baik potongan biaya admin ini, karena bisa saja biaya ini lebih tinggi daripada total retur anda!

Dampak Sosial

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Pinjaman di Modal Rakyat berasal dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pinjaman jangka pendek atau ‘talangan’. Hal ini berarti anda berkontribusi sedikit terhadap roda ekonomi negara, namun bukan di bagian yang lebih penting (microeconomy).

Mitigasi Risiko ModalRakyat

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Modal Rakyat paling bangga berkata bahwa perlindungan mereka “berlapis-lapis”. Selain menerapkan ‘seleksi peminjam yang ketat’, mereka juga memastikan seluruh pinjaman di website mereka memiliki agunan.

Tidak hanya itu, untuk beberapa pinjaman invoice financing ada juga asuransi yang melindungi modal anda 100% bila terjadi gagal bayar. Tentu saja asuransi ini ada biayanya dan akan dipotong dari retur pinjaman anda.

Beberapa waktu lalu sebenarnya sempat heboh karena terjadi gagal bayar massal dari pinjaman mikro berbasis pulsa, namun beberapa hari kemudian, Modalrakyat menggantikan kerugian para lender sebesar 80% modal yang tak terbayar. Ini murni inisiatif tanpa janji atau jaminan apapun diawal, jadi merupakan gestur yang sangat baik dari Modalrakyat.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Apakah Modal Rakyat Aman?

Ya, Modal Rakyat terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Saat ini mereka pasti sudah dalam proses mengurus perizinan usaha OJK.

Apakah Modal Rakyat penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Modal Rakyat. Saya sebagai pengguna ModalRakyat yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Modal Rakyat, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Modal Rakyat.

Jadi, jelas Modal Rakyat bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini).

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

RM dan Customer Service Modal Rakyat

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Modal Rakyat memiliki tim CS yang bisa dihubungi lewat Whatsapp. Mereka cukup responsif dalam menjawab pertanyaan saya. Saya belum pernah menjumpai masalah teknis di Modal Rakyat sehingga tidak bisa menilai lebih lanjut tentang kemampuan mereka menyelesaikan masalah. Saya juga kenal salah satu RM Modalrakyat yang juga cukup responsif memoderasi grup Telegram maupun menjawab pertanyaan saya lewat komunikasi pribadi.

Persentase Non Performing Loan (NPL) Modal Rakyat

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Modal Rakyat sudah menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar). Jadi saya sudah tidak akan memperbaharui bagian ini lagi karena anda bisa melihatnya sendiri di halaman utama website mereka.

Modal Rakyat Syariah atau Tidak?

Tidak.

Promosi dan Program Referral Modal Rakyat

Referrer akan mendapatkan Rp25 ribu untuk setiap pendana baru yang menggunakan kode referral mereka. Referee (orang yang di refer) sudah tidak mendapatkan bonus lagi atas program ini.

Catatan Lain

Untuk meningkatkan kredibilitas pinjaman mereka, mereka menyajikan video tentang proyek yang dikerjakan peminjam tersebut. Tidak ada yang bisa memastikan apakah video tersebut asli, namun saya melihat ini sebagai gestur transparansi yang unik dan patut ditiru.

Kesimpulan

Kelebihan Modal Rakyat:

  • Tenor pinjaman bervariasi dari satu sampai empat bulan. Hal ini berarti hampir tidak ada pinjaman jangka panjang di Modal Rakyat.
  • Variasi pinjaman yang luas memungkinkan diversifikasi.
  • Garansi perlindungan modal bila terjadi gagal bayar, meskipun tidak dijanjikan di awal
  • Interface website mudah dijelajahi dan dipelajari.
  • Investasi minimal hanya Rp25 ribu.
  • Aplikasi ponsel yang kualitasnya bagus

Kekurangan Modal Rakyat:

  • Asuransi kredit hanya diberikan untuk pinjaman tertentu.
  • Pinjaman tenor dua bulan kebawah lebih cepat habis.

Rekomendasi

Bagi yang ingin mendanai pinjaman jangka pendek tapi tidak suka pinjaman personal seperti Asetku atau Easycash, maka akan cocok berinvestasi di Modal Rakyat karena banyaknya pinjaman dengan tenor dibawah empat bulan.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Investor yang suka mendanai pinjaman perusahaan.
  • Investor yang mahir diversifikasi antara pinjaman berasuransi dan pinjaman tidak berasuransi (karena pinjaman berasuransi cenderung memiliki retur yang lebih rendah, maka optimalnya harus diversifikasi juga).

Bagaimana dengan Saya?

Saya masih punya portofolio aktif di Modal Rakyat meskipun nominalnya cukup sedikit dibandingkan portofolio P2P lending saya yang lain. Kebanyakan dana saya di Modal Rakyat adalah hasil referral, bukan hasil topup.

Apabila tertarik, daftar di Modal Rakyat menggunakan kode referral saya
AS1817506638.

Demikian ulasan/review saya tentang Komunal. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Komunal, serta membantu anda menentukan apakah Komunal aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

27 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Untuk kode referral Modalrakyat AS1817506638 sukses saya gunakan dan dapat 25rb modal utama. THanks

  2. kira2 berapa banding berapa invoice financing, modal capital dan inventory financing di modalrakyat pak?

    • modal capital dan inventory financing cukup jarang pak. Kalau invoice financing dibanding pinjaman mikro mungkin 1:5 ya, karena pinjaman mikro belakangan ini banyak sekali

  3. saya udah mau “nyebur” ke p2p lending ini. tapi datanglah ksus corona ini, dan muncul work from home di seluruh indonesia, seluruh dunia bahkan, saya jadi ragu2… bgmn menurut analisa bpk mengenai resesi ttg corona ini, terutama efek ke p2p lending? Trmksh

  4. Saya baru saja sign up menggunakan kode referal AS1817506638 kok nggak dpt bonus seperti yg dimaksud ya?
    Begini jawaban CS-nya:
    “Ingin menginformasikan mengenai sistem bonus referral yang didapat adalah untuk penyebar referral saja apabila yang menggunakan referralnya telah melakukan Deposit dan Pendanaan minimal dapat dimulai dari Rp.25.000. Jadi untuk pengguna referral tidak mendapatkan bonus Rp.25.000 Pak.”
    Apa memang ada perubahan peraturan tentang bonus referal ya?
    Mohon infonya.
    Terima kasih.

    • Halo pak Thomas, terimakasih informasinya. Saya juga baru tahu kalau yang diundang ternyata sudah tidak dapat bonus lagi. Review ini akan saya update. Karena bapak sudah pakai kode referral saya, maka saya tidak keberatan bagi 2 komisinya, jadi saya akan kirimkan bapak 12.500 ke Gopay/Linkaja/Dana/OVO. Namun demikian saya cek di dasbor referral pak Thomas statusnya belum mendanai, sehingga sayapun belum menerima reward apa-apa

  5. saya ingin memberi review bagi modal rakyat. pertama, saya awalnya suka p2p ini, krn proses pendanaan cepat dan tersalur dng cepat juga, shg dana tdk tertahan lama-lama. kedua, update app terbaru malah menghilangkan fitur spt keuntungan yg didapat dan pinjaman yang telat bayar. kedua, ini lbh serius. ada pinjaman yg sudah tahun lebih blm bayar masih digantung. apakah ini strategi modal rakyat spy TKB 90 kelihatan tetap bagus? ketika saya tanya ke CS nya hanya dijelaskan bla-bla-bla. mungkin bang Adrian bisa bantu komentar. tq

    • Halo kak. Terimakasih sudah sharing pengalaman nya. Kalau dari cerita nya sih sepertinya itu pinjaman kena restrukturisasi, apakah benar?

  6. 🔔 Saatnya Kamu Investasi Digital📈

    Kami dari PT Fintegra Homido Indonesia merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang platform Layanan pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang mempertemukan peminjam (pelaku usaha UMKM) dengan pemberi pinjaman (Perorangan maupun Badan Usaha). FINTAG pun merupakan salah satu penyelenggara P2P lending yang kini telah melakukan adaptasi teknologi digital secara proper dengan memiliki beberapa fitur antara lain :
    o E-KYC (Fitur untuk memvalidasi setiap pengguna dengan tepat)
    o Credit Scoring (Fitur untuk mengukur tingkat resiko kredit yang melekat)
    o Ringkasan Digital (Fitur informasi usaha yang dapat menjadi pertimbangan saat memberikan kredit)
    o TTD digital (Fitur keabsahaan tanda tangan setiap pengguna)
    o E-Contract (Fitur kepastian hukum dalam memberikan dan melakukan pinjaman kredit)
    o Proteksi Asuransi Kredit Bagi Pemberi Pinjaman

    Melalui Email ini, Kami bermaksud untuk menawarkan proposal Kerjasama kepada Bapak/Ibu sebagai Lender dan juga beberapa Kerjasama lain nya. Adapun proposal Kerjasama dan Penawaran kami lampirkan di dalam ini sebagai bahan pertimbangan. Bapak/Ibu juga dapat mengakses Website kita di https://fintag.id/. Hubungi Kami jika ada pertanyaan lebih lanjut.

    Atas Perhatian dan Kerjasama nya Saya ucapkan Terima Kasih,

  7. Thanks, I’ve just been searching for info approximately this subject for a while and yours is the best I’ve discovered till now. But, what concerning the bottom line? Are you sure concerning the supply?

  8. Youre so cool! I dont suppose Ive learn anything like this before. So nice to find any person with some unique thoughts on this subject. realy thanks for starting this up. this website is one thing that’s wanted on the net, somebody with slightly originality. useful job for bringing something new to the internet!

  9. Good – I should certainly pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs and related info ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task.

  10. Somebody essentially help to make seriously articles I would state. This is the very first time I frequented your website page and thus far? I amazed with the research you made to create this particular publish extraordinary. Magnificent job!

  11. Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. It extremely helps make reading your blog significantly easier.

  12. Today, I went to the beach front with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  13. Você pode usar o software de gerenciamento dos pais para orientar e supervisionar o comportamento dos filhos na Internet. Com a ajuda dos 10 softwares de gerenciamento de pais mais inteligentes a seguir, você pode rastrear o histórico de chamadas de seu filho, histórico de navegação, acesso a conteúdo perigoso, aplicativos que eles instalam etc.

  14. Melhor aplicativo de controle parental para proteger seus filhos – Monitorar secretamente secreto GPS, SMS, chamadas, WhatsApp, Facebook, localização. Você pode monitorar remotamente as atividades do telefone móvel após o download e instalar o apk no telefone de destino.