Review Akseleran 2021 – P2P lending yang bertumbuh pesat

Review Akseleran ini pertama ditulis pada Januari 2019 dan terakhir diperbaharui pada 7 Juli 2021, dimana sampai saat ini saya masih menggunakan Akseleran. Review ini juga sudah dibaca dan diklarifikasi oleh tim Akseleran. Apabila tertarik, daftar di Akseleran menggunakan kode referral saya AKSLADRIAN13403 untuk mendapatkan bonus.

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Akseleran dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Portfolio Saya di Akseleran Desember 2018 sampai Juli 2021

Total disbursement: 517.179.780 rupiah dari 309 pinjaman

Total bunga: 8.559.132 rupiah

Total gagal bayar: 460.331 rupiah dari 8 pinjaman (setelah dikurangi dana provisi dan klaim asuransi)

Latar Belakang Perusahaan Akseleran

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Akseleran memiliki nama legal PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia, dan memiliki injeksi dana dari PT Bintraco Dharma Tbk asal Semarang. Tim Akseleran menginformasikan saya bahwa mereka telah menerima dukungan dana pra seri A dari beberapa investor lokal. Saat tulisan ini diperbaharui mereka sudah menyelesaikan pendanaan seri A dan sekarang hampir mendapatkan seri B.

Jadi tentu saja kekuatan perusahaan Akseleran sangat bergerak cepat. Hal ini mungkin karena tim Akseleran dipenuhi oleh anak anak muda Indonesia dan identitasnya dijajarkan semua di website mereka – sebuah gestur transparansi yang luar biasa.

Selain bertemu dengan tim mereka di suatu event, saya pribadi juga sudah pernah berkunjung ke kantor Akseleran untuk melihat langsung keseharian mereka, yang tentu meningkatkan kepercayaan saya terhadap mereka. Saya kenal secara personal dengan Pak Eben selaku kepala RM dan juga sudah pernah bertemu dengan pak Ivan, pak Pak Rimba, dan Pak Andri. Pak Eben sebagai seorang orang dalam Akseleran juga membuat catatan perjalanan yang cukup menarik dan objektif, anda bisa baca disini.

Produk Pendanaan Akseleran

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Jumlah pinjaman yang tersedia cukup fluktuatif tergantung pada tanggal. Akseleran membayar semua cicilan dan modal pinjaman di tengah bulan dan akhir bulan, jadi biasanya di kedua tanggal tersebut lebih sedikit pinjaman yang ada. Kenapa? Pada kedua tanggal tersebut investor menerima bunga dan modal mereka yang baru saja jatuh tempo, sehingga mereka akan langsung menggunakannya kembali untuk mendanai pinjaman lain, baik melalui pendanaan manual maupun sistem autolending.

Setahun belakangan ini, mendanai pinjaman di Akseleran agak sedikit berebutan karena banyaknya lender yang baru mendaftar (termasuk juga lender VIP), terutama untuk pinjaman jangka pendek. Anda bisa memanfaatkan fitur autolending untuk memastikan dana anda secara otomatis diinvestasikan agar tidak kehilangan effective return

Variasi Pinjaman

Akseleran mulai berevolusi sejak mereka bekerjasama dengan Bukalapak untuk menerima pinjaman untuk penjual di Bukalapak – yang bisa dianggap sebagai UMKM. Pinjaman UMKM umumnya memilki tenor lebih panjang dan resiko lebih tinggi, meski diimbangi dengan bunga yang lebih tinggi pula. Di tahun 2021 mereka juga sudah menyediakan cashloan dengan tenor pendek dan plafon kecil. Cashloan ini tentunya memiliki tingkat risiko tertinggi diantara produk lainnya.

Dari segi tenor, Akseleran kebanyakan memiliki tenor dua sampai empat bulan, disusul dengan enam bulan keatas. Sulit menemui tenor satu bulan disini. Bunga berkisar dari 11 persen sampai 21 persen.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Akseleran konsisten di angka Rp100 ribu sebagai minimal investasi untuk semua pinjaman maupun autoinvest.

Hal bagus dari Akseleran adalah mereka tidak mewajibkan investasi harus kelipatan Rp100 ribu, sehingga recehan anda hasil bunga investasi dapat dengan mudah diinvestasikan kembali untuk memaksimalkan efek compounding.

Dampak Sosial Akseleran

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Tergantung pinjaman jenis apa yang anda danai. Sebagian pinjaman di Akseleran adalah pendanaan perusahaan kecil – menengah, dan sekarang mulai ada juga pendanaan untuk merchant online maupun angsuran kendaraan bermotor. Saya menilai pinjaman untuk merchant online tentu memiliki dampak sosial yang lebih baik dibanding perusahaan, karena merchant online merupakan kelompok yang sulit mendapat pinjaman bank. Dengan mendanai pinjaman merchant online, anda tentu membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Untuk kategori pinjaman cashloan tentunya kurang baik karena sama saja dengan pinjaman konsumtif.

Mitigasi Risiko Akseleran

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Per Juli 2019, Akseleran sudah menerapkan perlindungan asuransi untuk beberapa pinjaman mereka. Pinjaman yang diproteksi asuransi ini memiliki bunga yang jauh lebih rendah daripada pinjaman di kelas sama yang tidak dilindungi asuransi. Misalnya pinjaman grade B tanpa asuransi bisa mencapai 23%, namun yang dilindungi asuransi hanya 15%.

Proteksi asuransi ini menjamin 90% pokok modal anda bila terjadi gagal bayar, namun perlu diingat bahwa proses pencairan asuransi bisa memakan waktu sampai dengan 90 hari, itupun setelah pinjaman dianggap gagal bayar setelah telat bayar 90 hari. Jadi bila amit-amit terjadi gagal bayar dan ingin mencairkan asuransi, anda perlu menunggu maksimal 180 hari untuk menerima kembali modal anda.

Di bulan Oktober 2019, induk perusahaan Akseleran juga berinisiatif mengeluarkan uang dari kantong pribadi mereka untuk menutupi kerugian akibat proyek yang sudah mangkrak terlalu lama. Dengan kata lain, Akseleran saat ini menjadi P2P lending langka yang memiliki dua metode perlindungan modal sekaligus. Mantap!

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

RM dan Customer Service Akseleran

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Selain tim support yang tersedia lewat website dan media sosial, Akseleran juga memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sangat sigap menjawab pertanyaan anda. Mereka bersedia mengajarkan anda tentang P2P Lending dari awal!

Hal ini, serta kualitas design aplikasi dan website mereka yang bagus membuat saya merekomendasikan Akseleran sebagai website lending terbaik untuk pemula.

Persentase Non Performing Loan (NPL) Akseleran

Non Lerforming Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

0.6% menurut laporan KPMG di bulan November 2018. Pihak Akseleran menginformasikan saya bahwa angkanya turun menjadi 0.57% di akhir tahun 2018.

Akseleran secara reguler mengumumkan persentase NPL ini lewat media massa dan juga akan menjawab jujur tentang NPL realtime bila ada investor yang menghubungi mereka.

Akseleran sekarang juga sudah menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Akseleran menunjukan angka 97.97% yang berarti hanya ada sedikit sekali pinjaman bermasalah.

Bagian ini tidak akan diperbaharui lagi karena sudah tidak berguna, namun saya ada pesan khusus: Akseleran memajang dua jenis angka TKB. Yang perlu anda fokuskan adalah yang memiliki angka 90, karena angka TKB satunya lagi menghitung keseluruhan sejak Akseleran berdiri sampai sekarang, sehingga pengukurannya lebih tidak akurat. Sebelumnya saya mengkritik Modalku karena hal ini, namun cukup disayangkan Akseleran malah ikut-ikutan seperti ini.

Akseleran Syariah atau Tidak?

Belum menawarkan produk syariah saat ini.

Promosi dan Program Referral Akseleran

Program referral Akseleran merupakan salah satu yang terbaik dari semua website yang saya tinjau. Akseleran memberikan 0.5% dari nominal investasi orang yang anda refer selama enam bulan setelah orang tersebut mendaftar, jadi penghasilan referral anda secara teori tidak terbatas.

Namun, anda hanya akan mendapatkan komisi bila orang yang anda refer menggunakan ‘fresh fund‘ mereka – yakni uang hasil top up dari rekening mereka. Anda tidak mendapat komisi bila mereka menginvestasikan kembali uang hasil investasi mereka.

Sejauh ini tidak ada promo lain selain program referral ini.

dana akseleran
Dari sini anda bisa melihat bahwa kebanyakan dana saya di Akseleran adalah hasil referral, bukan hasil topup atau tambah dana.

Apakah Akseleran Aman?

Ya, Akseleran sudah memiliki izin usaha yang diterbitkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Saat ini mereka juga sedang dalam proses mengurus izin usaha ke OJK. Akseleran bisa dibilang P2P lending termuda yang mendapatkan izin usaha ini, karena P2P lending lain yang sudah berizin memiliki umur cukup tua (misalnya Investree, Amartha, Danamas). Jadi cukup mengejutkan bahwa meskipun masih ‘bocah’, Akseleran bisa menyusul sesepuh sesepuh lainnya.

Apakah Akseleran penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Akseleran. Saya sebagai pengguna Akseleran yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Akseleran, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Akseleran.

Jadi, jelas Akseleran bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Fitur Akseleran

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Saya pribadi menganggap interface website Akseleran adalah yang paling user friendly , sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru. Aplikasi serta bot mereka juga mudah digunakan! Selain fitur autolending yang memaksimalkan retur anda, Akseleran juga menyediakan fitur reksadana agar anda bisa ‘parkir’ dana sementara bila belum menemukan pendanaan yang cocok.

Kesimpulan

Kelebihan Akseleran:

  • Menyediakan banyak jenis pinjaman
  • Borrower dengan industri yang beragam – cocok untuk diversifikasi atau pilih-pilih.
  • Relationship Manager yang bisa diandalkan.
  • Interface website dan mobile apps sangat user friendly dan mudah untuk digunakan sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru.
  • Mereka sangat transparan bila terjadi keterlambatan pembayaran.
  • Mulai menerapkan asuransi di beberapa pinjaman sehingga memperluas pilihan diversifikasi.

Kekurangan Akseleran:

  • Kebanyakan pokok modal pinjamannya dibayarkan di akhir tenor sehingga likuiditas cenderung lebih rendah karena setiap bulannya anda hanya menerima pembayaran bunga.
  • Pinjaman dengan bunga yang tinggi merupakan permodalan online store di marketplace Tokopedia dan Bukalapak sehingga memiliki risiko lebih tinggi.
  • Pilihan pinjaman kebanyakan memiliki tenor tiga sampai empat bulan sehingga cenderung kurang likuid bila dibandingkan kompetitor.
  • Asuransi hanya mencakup sebagian kecil pinjaman yang ditawarkan.

Rekomendasi

Saya pribadi menganggap interface website Akseleran adalah yang paling user friendly, sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru. Aplikasi mereka juga mudah digunakan!

Akseleran adalah pemain baru yang cukup menjanjikan. Kebanyakan pinjaman di Akseleran adalah pinjaman bisnis dari berbagai industri dan tenor, sehingga sangat cocok menjadi ladang belajar diversifikasi.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Akseleran?

  • Investor yang butuh bimbingan khusus dari Relationship Manager.
  • Investor yang baru belajar di P2P lending.
  • Investor yang ingin mendukung UMKM dan ekonomi negara melalui investasi mereka.

Bagaimana dengan saya?

Saya masih aktif menggunakan Akseleran, namun saya jarang melakukan penambahan dana di Akseleran. Kebanyakan dana saya merupakan hasil referral.

Apabila tertarik, daftar di Akseleran menggunakan kode referral saya AKSLADRIAN13403 untuk mendapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Akseleran. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Akseleran, serta membantu anda menentukan apakah Akseleran aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

53 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Aneh jg ya, kl tdk ada Jaminan modal.kembalu 100% , tp dijamin OJK. Biasanya dibawah 2M, dijamin. Lalu knp disebut Tdk dijamin 100% kembali. ya kt takut dong?

    • Tidak ada yang claim DIJAMIN OJK loh kak. Semua p2p lending hanya sekedar DIAWASI (kecuali danamas). Lagipula OJK bukan Bank Indonesia. Mereka tidak punya kewajiban apa2 untuk menjamin pinjaman lending 🙂 secara hukum di Indonesia memang tidak ada kewajiban. Yang kakak bilang 2M itu berlaku untuk instrumen lain seperti deposito.

    • A big fraud it is. I have been with this platform for over 6 months and it have been a worse experience because I was never allowed to make a successful withdrawal. This continued for moths but last week I came across Marketpeace. n e t & I filed a complaint to them and am happy they could pull out my funds. In other words STAY AWAY FROM THEM

    • Pertanyaan bagus kak Adinda. Jawabannya adalah iya. Database BI ini juga terintegrasi dengan seluruh p2p lending yang sudah diawasi OJK. Jadi misalnya peminjam bernama Alex gagal bayar di Akseleran dan sampai masuk daftar hitam BI, maka ia tidak akan bisa pinjam di platform lain. Informasi ini dikonfirmasi oleh rep Akseleran dan Asetku.

      • engga mas..sekarang data kredit tidak lagi dihandle oleh BI, tetapi OJK dengan nama SLIK. keikutsertaan penyelenggara p2p saat ini pun masih terbatas volunteer, belum mandatory

        • Terimakasih klarifikasinya mas endo. Benar sekali, namanya SLIK dan di manage oleh OJK. Tapi database terintegrasi dengan BI. Untuk p2p lending yang sudah diawasi oleh OJK mereka harus partisipasi mas, kalau tidak, mereka tidak akan diberi ijin operasi seperti Danamas

    • “Saat ini Akseleran punya satu kekurangan yaitu mereka belum selesai mengurus rekening dana lender, sehingga dana nganggur anda di website Akseleran dipaksa ditarik ke rekening anda 2 hari sekali, dan ada biaya transfer yang dikenakan setiap kali penarikan ini. ”

      Untuk Bagian ini sepertinya perlu diperbaharui karena sekarang dana yang menganggur di Akseleran bisa dialihkan ke reksadana pasar uang Trim kas dengan mitra APERD Tanamduit dengan minimal investasi Rp. 10000 (Sepuluh ribu rupiah)

      • A big fraud it is. I have been with this platform for over 6 months and it have been a worse experience because I was never allowed to make a successful withdrawal. This continued for moths but last week I came across Marketpeace. n e t & I filed a complaint to them and am happy they could pull out my funds. In other words STAY AWAY FROM THEM

  2. Setelah mencoba platform p2p akseleran, mungkin yang menggangggu adalah fitur autowithdrawal uang yang nganggur selama 2 hari berturut-turut akan ditarik ke rekening pendana secara otomatis dan dikenakan biaya transfer 6ribu rupiah, jadi ketika ada pengembalian dana + keuntungan dari peminjam jika 2 hari nganggur maka akan ditarik otomatis sistem ke rekening pendana.
    Jadi selama sebulan bisa kena berkali kali biaya transfer sebanyak 6rb rupiah. Untung yang didapat akan makin kecil, bayangkan saja kalau dalam 1 bulan terkena 4 – 5 kali penarikan otomatis sudah cukup lumayan bagi pemodal dengan jumlah kecil. Thx

    • Setuju sekali Pak Anton. Saya sudah mengeluhkan hal ini ke Akseleran, namun mereka tidak bisa apa-apa karena ini kewajiban dari OJK. Untuk saat ini auto withdrawal hanya dikenakan kepada lender yang mendaftar SETELAH bulan Juli 2019, namun kedepannya juga akan dikenakan terhadap lender sesepuh seperti saya. Saya sendiri berharap OJK bisa melonggarkan kebijakan ini agar tidak merugikan para pendana.

      • Iya saya juga ngerti ini kebijakan dr OJK. Tapi jika dibanding p2p lending lainnya seperti asetku malah biaya autowithdrawal mereka nol rupiah, tanpa biaya sama sekali… Koinworks meskipun ada biaya transfer 5rb rupiah, tp dana mengendap tidak autowithdrawal, padahal sama2 sudah terdaftar di OJK, dan masih banyak p2p lending lainnya di bawah OJK tp tidak separah akseleran mengenai kebijakan autowithdrawal. Sy kemarin coba2 dulu invest di akseleran modal 300rb malah jadi minus jika dikalkulasi setelah dipotong biaya transferan, lah apakah ini bisa disebut investasi ??. Padahal notabene akseleran bisa termasuk p2p lending terbaik versi beberapa auditor dan tester.
        Saya tanya pihak akseleran mereka malah menganjurkan tambah deposit jika saldo hasil pengembalian pendanaan kurang dari 100rb agar bisa direinvest dan tidak kena autowithdrawal. ??
        Maksud sy klo p2p lending lain bisa memecahkan masalah dana mengendap kenapa di akseleran tidak bisa yach, sangat aneh. ??

        • Halo Pak,

          Saat ini di OJK terdapat 2 jenis Izin. Yang pertama adalah terdaftar dan diawasi OJK, Akseleran, Koinworks, dan 130 fintech lainnya sama2 punya status terdaftar dan diawasi.

          Yang kedua, izin final OJK. Saat ini Akseleran sedang dalam proses mengurus perizinan final OJK, di mana salah satunya penerapan aturan dana mengendap di escrow tidak boleh lebih dari 2 hari. Saya tidak tidak mengetahui fintech mana saja yang sedang mengurus izin final OJK dan telah menerapkan aturan dana mengendap.

          Untuk saat ini, dalam proses penerapan aturan dana mengendap, Akseleran menggunakan sistem autowithdrawal. Saat ini pula kita sedang dalam pengembangan sistem baru yaitu menggunakan Rekening Dana Lender. Solusi RDL tersebut sedang disiapkan dan memang belum ada bank yang siap untuk sistemnya. Mudah2an siap dalam waktu 2-3 bulan ke depan.

          Jika ada pertanyaan boleh hub lender kami atau boleh lewat saya juga ke 08119300443

          Thanks

          • @ebenhasian akhir2 ini tkb90 akseleran kok menurun jadi 94%

            kalau boleh tahu borrower dari sektor mana saja yg memiliki tingkat wanprestasi tertinggi ?
            terima kasih

          • Pak saya sudah sampaikan ke RM Akseleran. Beliau titip pesan untuk sektor merata. Sebagian borrower yang telat sudah memberikan aset untuk jaminan tambahan, sekarang proses penjualan.

          • Ok trims pa ebenhasian atas penjelasan nya. Ya saya apresiasi sekali jalan keluarnya, semoga cepat terlealisasi ttg masalah dana mengendap ini solusinya. Mengingat Akseleran salah satu p2p lending yang punya nama dan reputasi bagus di beberapa ulasan reviewer dan versi auditor. Thx.

  3. Just a smiling visitor here to share the love (:, btw outstanding pattern. “Everything should be made as simple as possible, but not one bit simpler.” by Albert Einstein.

  4. Mungkin di website bung adrian perlu di update, karena saat ini untuk pinjaman akseleran yang dicover asuransi sudah hampir semuanya

  5. ✨ Ayo daftar sekarang juga dan Kamu akan dapat promo gratis Rp 100 Ribu untuk memulai Akseleran.
    Kode Referral Akseleran : ” AKSLADRIAN13403 ” ✨

  6. sharing saja : portofolio saya dengan Akseleran sampai hari ini adalah 31 terlambat 7 macet 0 tak tertagih. sudah berinvestasi dengan Akseleran lebih dari 1 tahun.

    hal positive dari Akseleran adalah nasabah selalu di update mengenai proyek yang bermasalah

  7. Jika di hitung dari keseluruhan portfolio di Akseleran sekitar 5% jika di bandingkan return selama ini sekitar 30% dari total return

  8. ✨ Ayo daftar Akseleran sekarang juga dan dapatkan saldo GRATIS senilai Rp 100 Ribu, Dengan memasukkan kode referral ini saat pendaftaran Kode Referral Akseleran: ” AKSLADRIAN13403 ” ✨

  9. Prepare for the worst, sangat mungkin kah kalau gagal bayar, nasabah kehilangan seluruh modalnya? Apalagi status nya tidak terproteksi. Tetapi kan ada agunan. Apa yg akan Akseleran lakukan dgn agunan itu? Thanks.

    • Sejauh ini akseleran ada 3 metode perlindungan ya. Asuransi kredit, penalangan melalui dana perusahaan induk, dan pencairan jaminan. Untuk agunan dalam contoh nyata pinjaman macet saya di akseleran, properti dicarikan pembeli dan ketika sudah laku maka hasil penjualannya untuk melunasi

  10. hai gan
    salam kenal reviewnya untuk akseleran oke & detail banget.
    btw mau nanya gan kalo akseleran vs uangme recommended yang mana kah?

    thanks

    • Halo pak Bambang Raharja izin membantu jawab pertanyaan bapak.
      Pak Adrian akan mendapatkan bonus 0,5% dari nominal investasi pak Bambang selama 6 bulan dari pak Bambang mendaftar.
      Bonus tersebut tidak memotong nominal Investasi bapak, melainkan dari Akseleran..

      Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi saya via telfon atau whatsapp,
      (Bil Silitonga – 0812 8470 7150)

      Terimakasih

  11. Someone essentially lend a hand to make severely articles I’d state. That is the very first time I frequented your web page and up to now? I amazed with the research you made to make this actual put up extraordinary. Great activity!

  12. Hey this is somewhat of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding experience so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

  13. You really make it appear so easy along with your presentation however I in finding this topic to be really one thing which I believe I might by no means understand. It sort of feels too complex and extremely large for me. I am looking forward to your subsequent submit, I?¦ll attempt to get the grasp of it!

  14. Very good written post. It will be supportive to anyone who employess it, as well as me. Keep doing what you are doing – i will definitely read more posts.

  15. Suivre le téléphone portable – Application de suivi cachée qui enregistre l’emplacement, les SMS, l’audio des appels, WhatsApp, Facebook, photo, caméra, activité Internet. Idéal pour le contrôle parental et la surveillance des employés. Suivre le Téléphone Gratuitement – Logiciel de Surveillance en Ligne.

  16. A big fraud it is. I have been with this platform for over 6 months and it have been a worse experience because I was never allowed to make a successful withdrawal. This continued for moths but last week I came across Marketpeace. n e t & I filed a complaint to them and am happy they could pull out my funds. In other words STAY AWAY FROM THEM