Akseleran Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Akseleran dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 17 Juli 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Akseleran memiliki nama legal PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia, dan memiliki injeksi dana dari PT. Bintraco Dharma Tbk asal Semarang. Tim Akseleran menginformasikan saya bahwa mereka telah menerima dukungan dana pra seri A dari beberapa investor lokal.

Tim Akseleran dipenuhi oleh anak anak muda Indonesia dan identitasnya dijajarkan semua di website mereka – sebuah gestur transparansi yang luar biasa.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Pinjaman di Akseleran sebenarnya tergolong sedikit bila dibandingkan website lain, namun karena jumlah penggunanya masih seimbang, maka cukup banyak pinjaman yang bisa dipilih.

Jumlah pinjaman yang tersedia cukup fluktuatif tergantung pada tanggal. Akseleran membayar semua cicilan dan modal pinjaman di tengah bulan dan akhir bulan, jadi biasanya di kedua tanggal tersebut lebih sedikit pinjaman yang ada.

Kenapa? Pada kedua tanggal tersebut investor menerima bunga dan modal mereka yang baru saja jatuh tempo, sehingga mereka akan langsung menggunakannya kembali untuk mendanai pinjaman lain.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Dulu, Akseleran hanya menyediakan pinjaman perusahaan. Akseleran juga secara terbuka mengakui bahwa mereka cukup konservatif dalam menyeleksi peminjam.

Pernyataan tersebut mulai berubah sejak mereka bekerjasama dengan Bukalapak untuk menerima pinjaman untuk penjual di Bukalapak – yang bisa dianggap sebagai UMKM. Pinjaman UMKM umumnya memilki tenor lebih panjang dan resiko lebih tinggi, meski diimbangi dengan bunga yang lebih tinggi pula.

Dari segi tenor, Akseleran kebanyakan memiliki tenor 3-4 bulan, disusul dengan 6 bulan keatas. Sulit menemui tenor 1 bulan disini.

Apakah Akseleran Aman?

Ya, Akseleran terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Apakah Akseleran penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Akseleran. Saya sebagai pengguna Akseleran yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Akseleran, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi p2p lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Akseleran.

Jadi, jelas Akseleran bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Akseleran konsisten di angka 100.000 rupiah sebagai minimal investasi untuk semua pinjaman maupun autoinvest.

Hal bagus dari Akseleran adalah mereka tidak mewajibkan investasi harus kelipatan 100rb, sehingga recehan anda hasil bunga investasi dapat dengan mudah diinvestasikan kembali untuk memaksimalkan efek compounding.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Selain tim support yang tersedia lewat website dan media sosial, Akseleran juga memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sangat sigap menjawab pertanyaan anda. Mereka bersedia mengajarkan anda tentang P2P Lending dari awal!

Hal ini, serta kualitas design aplikasi dan website mereka yang bagus membuat saya merekomendasikan Akseleran sebagai website lending terbaik untuk pemula.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Kekurangannya utama Akseleran adalah, kebanyakan pinjamannya lump sum (pokok modal dibayarkan di akhir tenor) sehingga likuiditas cenderung lebih rendah mengingat minimnya pinjaman dengan tenor 1 bulan.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Saya pribadi menganggap interface website Akseleran adalah yang paling user friendly , sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru. Aplikasi serta bot mereka juga mudah digunakan!

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

0.6 persen menurut laporan KPMG di bulan November 2018. Pihak Akseleran menginformasikan saya bahwa angkanya turun menjadi 0.57 persen di akhir tahun 2018.

Akseleran secara reguler mengumumkan persentase NPL ini lewat media massa dan juga akan menjawab jujur tentang NPL realtime bila ada investor yang menghubungi mereka.

Akseleran sekarang juga sudah menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Akseleran menunjukan angka 97.97% yang berarti hanya ada sedikit sekali pinjaman bermasalah.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Akseleran tidak memberikan jaminan bahwa modal anda aman 100%. Mereka sangat sangat (benar-benar sangat) transparan bila terjadi keterlambatan pembayaran, dengan memberikan informasi selengkap-lengkapnya perihal usaha penagihan dan mitigasi resiko, namun sekali lagi, tidak ada jaminan uang anda aman 100% bila akhirnya pinjaman gagal dibayarkan.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Belum menawarkan produk syariah saat ini.

Kualitas program referral

Program referral Akseleran merupakan salah satu yang terbaik dari semua website yang saya tinjau. Akseleran memberikan 0.5% dari nominal investasi orang yang anda refer selama 6 bulan setelah orang tersebut mendaftar, jadi penghasilan referral anda secara teori tidak terbatas.

Namun, anda hanya akan mendapatkan komisi bila orang yang anda refer menggunakan ‘fresh fund’ mereka – yakni uang hasil top up dari rekening mereka. Anda tidak mendapat komisi bila mereka menginvestasikan kembali uang hasil investasi mereka.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Tergantung pinjaman jenis apa yang anda danai. Sebagian pinjaman di Akseleran adalah pendanaan perusahaan kecil – menengah, dan sekarang mulai ada juga pendanaan untuk merchant online maupun angsuran kendaraan bermotor.

Catatan lain

Tim Akseleran sendiri telah membaca review ini dan bertemu dengan saya untuk pengecekan fakta serta informasi tambahan.

Kesimpulan

Kelebihan Akseleran:

  • Menyediakan pinjaman dari perusahaan dengan industri yang beragam seperti kuliner, logistik, perhotelan, dan lainnya. Cocok untuk diversifikasi atau pilih-pilih.
  • Konservatif dalam menyeleksi peminjam sehingga meminimalkan gagal bayar
  • Pinjaman tergolong sedikit dibandingkan dengan website lain, namun, ada banyak pinjaman yang bisa dipilih karena jumlah investor sebanding dengan jumlah pinjaman.
  • Relationship Manager bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sangat sigap menjawab pertanyaan anda. Mereka bersedia mengajarkan anda tentang P2P Lending dari awal!
  • Interface website dan mobile apps sangat user friendly dan mudah untuk digunakan sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru.
  • Mereka sangat transparan bila terjadi keterlambatan pembayaran, dengan memberikan informasi selengkap-lengkapnya perihal usaha penagihan dan mitigasi resiko.

Kekurangan Akseleran:

  • Kebanyakan pinjamannya merupakan lump sum (pokok modal dibayarkan di akhir tenor) sehingga likuiditas cenderung lebih rendah karena setiap bulannya anda hanya menerima pembayaran bunga
  • Pinjaman dengan bunga yang tinggi merupakan permodalan online store di marketplace Tokopedia dan Bukalapak sehingga memiliki resiko lebih tinggi
  • Pilihan pinjaman kebanyakan memiliki tenor 3-4 bulan sehingga cenderung tidak likuid.
  • Tidak ada jaminan bahwa modal akan terlindungi sepenuhnya.

Rekomendasi

Saya pribadi menganggap interface website Akseleran adalah yang paling user friendly , sehingga mendukung proses belajar bagi investor baru. Aplikasi mereka juga mudah digunakan!

Akseleran adalah pemain baru yang cukup menjanjikan. Kebanyakan pinjaman di Akseleran adalah pinjaman bisnis dari berbagai industri dan tenor, sehingga sangat cocok menjadi ladang belajar diversifikasi.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang butuh bimbingan khusus dari relationship manager
  • Investor yang baru belajar di P2P lending
  • Investor yang ingin mendukung UMKM dan ekonomi negara melalui investasi mereka.

Apabila tertarik, daftar di Akseleran menggunakan kode referral saya AKSLADRIAN13403 untuk mendapatkan bonus.

Bandingkan website lain?

6 thoughts on “Akseleran Review

  1. Aneh jg ya, kl tdk ada Jaminan modal.kembalu 100% , tp dijamin OJK. Biasanya dibawah 2M, dijamin. Lalu knp disebut Tdk dijamin 100% kembali. ya kt takut dong?

    Like

    1. Tidak ada yang claim DIJAMIN OJK loh kak. Semua p2p lending hanya sekedar DIAWASI (kecuali danamas). Lagipula OJK bukan Bank Indonesia. Mereka tidak punya kewajiban apa2 untuk menjamin pinjaman lending 🙂 secara hukum di Indonesia memang tidak ada kewajiban. Yang kakak bilang 2M itu berlaku untuk instrumen lain seperti deposito.

      Like

    1. Pertanyaan bagus kak Adinda. Jawabannya adalah iya. Database BI ini juga terintegrasi dengan seluruh p2p lending yang sudah diawasi OJK. Jadi misalnya peminjam bernama Alex gagal bayar di Akseleran dan sampai masuk daftar hitam BI, maka ia tidak akan bisa pinjam di platform lain. Informasi ini dikonfirmasi oleh rep Akseleran dan Asetku.

      Like

      1. engga mas..sekarang data kredit tidak lagi dihandle oleh BI, tetapi OJK dengan nama SLIK. keikutsertaan penyelenggara p2p saat ini pun masih terbatas volunteer, belum mandatory

        Like

        1. Terimakasih klarifikasinya mas endo. Benar sekali, namanya SLIK dan di manage oleh OJK. Tapi database terintegrasi dengan BI. Untuk p2p lending yang sudah diawasi oleh OJK mereka harus partisipasi mas, kalau tidak, mereka tidak akan diberi ijin operasi seperti Danamas

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.