Review Danamas – P2P Pertama dan Benchmark Nasional

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Danamas dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir Diperbaharui: 19 Juni 2019

Review ini sudah dibaca oleh tim Danamas sendiri dan saya sudah bertemu mereka untuk mendiskusikan informasi yang tertulis dalam review ini.

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Sesuai namanya, Danamas ya milik grup Sinarmas. Fintech P2Plending paling tua di Indonesia karena didirikan tahun 2000. Menurut laporan KPMG di akhir 2018, jumlah pegawai mereka lebih dari 50 orang yang sebenarnya tergolong sedikit mengingat fintech yang lebih muda memiliki ratusan staf. Namun setelah mendatangi kantor mereka secaara langsung, ternyata laporan tersebut salah karena Danamas juga memiliki ratusan staf dalam satu kantor. Kantor yang saya kunjungi tersebut hanya salah satu dari sekian puluh cabang operasional mereka!

Selain didukung oleh grup Sinarmas sendiri, Danamas juga mendapat suntikan dana dari ITOCHU Corporation dari Jepang.

Kita semua tahu seberapa tua umur Sinarmas group dan seberapa besar kekuatan mereka di perekonomian Indonesia. Sinarmas juga memiliki bank sehingga mempunyai sinergi sangat kuat dengan Danamas. Jadi, menurut saya kredibilitas Danamas tidak perlu diragukan lagi.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Danamas sendiri merasa bahwa jumlah pinjaman mereka “cukup banyak” bila dibandingkan P2P lending lain, namun jumlah pemberi pinjaman mereka “jauh lebih banyak lagi”.

Jadi, sulit sekali untuk kebagian pinjaman di Danamas. Maklum, Danamas memang bisa dibilang P2P lending paling terpercaya dan paling senior di Indonesia sehingga pasti banyak sekali yang ingin mendanai disini.

Hal ini diperparah dengan plafon (limit) pinjaman Danamas yang tergolong kecil, hanya berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp3 juta. Perlu diingat bahwa minimum investasi di Danamas adalah Rp500 ribu, sehingga wajar saja bila satu produk pinjaman bisa terpenuhi hanya oleh dengan satu orang lender.

Satu tips yang mereka berikan untuk untuk kebagian pinjaman, adalah dengan menggunakan aplikasi mobile mereka yang memberikan anda notifikasi setiap kali tersedia pinjaman baru. Setelah mencoba tips ini, saya akhirnya berhasil mendanai di Danamas!

Kedepannya, saya berharap Danamas bisa menyeimbangi jumlah pinjaman dan peminjam sehingga mengurangi risiko dana nganggur

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Filter pencarian yang ada di website Danamas memberikan sedikit gambaran pada saya bahwa pinjaman yang tersedia disini umumnya mendanai usaha reseller pulsa, factoring, handphone, secure loan, dan Traveloka. Tidak dijelaskan lebih lanjut apa yang menjadi dasar klasifikasi tersebut, namun ketika saya meninjau seluruh pinjaman yang ditampilkan, hampir semuanya merupakan kategori penjual pulsa.

Dari segi tenor, hampir semuanya berada di angka 14 hari. Mayoritas juga memiliki bunga 15.6% dan ada sedikit sekali yang memiliki bunga s.d. 20%. Kebanyakan peminjam yang berada di Danamas juga merupakan recurring borrower, yang berarti mereka sebelumnya telah meminjam di Danamas dan memiliki sejarah pengembalian pinjaman yang lancar.

Seiring berjalannya waktu, variasi pinjaman di Danamas makin luas. Sekarang mereka menyediakan jenis pinjaman lain seperti:

  • Traveloka Paylater Group: Orang orang yang melakukan cicilan di Traveloka menghimpun dana di Danamas. Tenornya cenderung lebih panjang dengan risiko yang lebih tinggi, namun pinjaman jenis ini memiliki plafon besar sehingga mudah kebagian.
  • Sinarmas Securities Loan: Ini adalah jenis pinjaman yang sangat unik. Memiliki plafon cukup besar dan tenor sangat singkat (dua hari). Bila anda bermain saham, anda tentu tahu bahwa uang penjualan saham anda cair dalam kurun waktu dua hari kerja. Jenis pinjaman ini memberikan uang lebih dulu kepada sang penjual saham, dan hasil penjualannya tersebut yang akan diserahkan kepada kita para pendana.
  • Pinjaman Modal Kerja Petani: Ini jenis pinjaman umum yang mudah ditemui di website lending lain namun jarang tersedia di Danamas. Tenor panjang dan plafon yang lebih tinggi membuat saya kurang menyukai jenis pinjaman ini, mengingat jenis pinjaman lain di Danamas memiliki tenor lebih singkat dan risiko yang lebih terkontrol.

Apakah Danamas Aman?

Bukan sekedar diawasi seperti P2P lending lainnya, Danamas sudah mendapatkan ijin operasi resmi dari OJK. Per Desember 2018, tidak ada fintech P2P lending lainnya yang sudah memiliki ijin seperti Danamas, karena yang lain sekedar diawasi saja.

Per tahun 2019, beberapa P2P lending lain mulai menyusul Danamas untuk memiliki ijin operasi dari OJK. Danamas secara resmi menjadi benchmark / standar OJK dalam menilai kualifikasi P2P lending lainnya, bahkan OJK sempat melakukan studi banding agar p2p lending lain bisa belajar dari Danamas.

Bingung bedanya apa ijin dengan diawasi? Baca artikel ini.

Apakah Danamas penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Danamas. Saya sebagai pengguna Danamas yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Anda keterlaluan kalau masih takut bahwa Danamas adalah penipu. Tentu saja Danamas bukan penipu!

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Cukup disayangkan, minimal investasinya adalah Rp500 ribu. Padahal P2P lending lain memiliki nominal investasi yang lebih kecil. Namun seperti yang saya sebutkan sebelumnya, karena plafon/limit pinjaman Danamas tergolong kecil, nominal minimal investasi ini bisa langsung memenuhi satu produk pinjaman.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Tergolong baik. Anda bisa menghubungi tim Danamas melalui e-mail maupun Whatsapp. Setelah mendaftar di website Danamas, tim mereka biasanya juga akan menelepon anda untuk memverifikasi data.

E-mail saya dibalas dalam hitungan jam, dan Danamas dengan senang hati akan menerima complaint yang disampaikan secara langsung (walk in atau kunjungan ke kantor mereka).

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tenor pinjaman Danamas singkat-singkat semua. Sejauh ini saya hanya melihat tenor 14 hari di Danamas yang berarti likuiditasnya sangat cepat.

Oh iya, Danamas juga unik karena bunga pinjaman anda diberikan dimuka lho 🙂

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Danamas dulu hanya bisa diakses dari website desktop. Saya tidak perlu bug hunting secara serius untuk menemukan banyak masalah teknis di website mereka, antara lain kesulitan login, banyaknya halaman yang error, serta link mati.

Masalah tersebut tidak ada yang serius dan seharusnya tidak akan mengganggu proses investasi. Dari segi design biasa saja,

Sekarang Danamas sudah memiliki aplikasi smartphone yang tampilannya jauh lebih bagus dengan fitur yang lengkap pula. Berdasarkan diskusi saya dengan tim mereka, mereka sepertinya memang tidak berniat merombak tampilan website mereka dalam waktu singkat, dan akan lebih fokus mengembangkan aplikasi smartphone mereka yang lebih sering digunakan pengguna dibandingkan website mereka.

Persentase Non Profit Loan (NPL)

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 mengatakan 0% yang berarti tidak pernah terjadi gagal bayar.

Danamas menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Danamas menunjukan angka 100% yang berarti tidak pernah ada pinjaman macet atau gagal bayar dari awal sampai sekarang.

Ketika review ini di update pada Juni 2019, akhirnya Danamas mengalami kebocoran karena angka TKB90 ini turun sedikit, yang menandakan adanya pinjaman telat bayar.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Ya, dijamin oleh asuransi kredit. Bila kredit tersebut bermasalah atau macet maka asuransi Danamas akan membayar 70% dari pinjaman. Danamas yang bersinergi dengan bank Sinarmas juga merencanakan fitur baru dimana dana nganggur akan diakui sebagai tabungan Bank Sinarmas yang dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Belum dikelola secara syariah.

Kualitas Program Referral

Buruk. Anda mendapatkan Rp50 ribu untuk setiap teman anda yang diundang. Namun, jumlah maksimal yang anda bisa terima hanya Rp150 ribu, yang berarti hanya tiga orang yang bisa anda undang untuk mendapatkan bonus.

Ada banyak ketentuan yang merumitkan program ini, antara lain teman anda harus mendanai minimal Rp500 ribu dalam maksimal 30 hari setelah mendaftar. Program referral ini juga tidak berlangsung setiap saat, ada periode tertentu yang sulit dicek.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Danamas memiliki dampak sosial yang cukup baik karena anda mendanai pinjaman microeconomy yang memiliki kegiatan usaha cukup jelas (seperti reseller pulsa). Pulsa dibutuhkan oleh semua orang dan bisa dijual oleh siapa saja tanpa butuh modal besar. Kebanyakan peminjam sebelumnya sudah meminjam beberapa kali di Danamas yang menandakan mereka tidak kapok meminjam di Danamas – dalam arti lain, ada keuntungan yang dirasakan oleh para peminjam

Catatan Lain

Danamas memang sesepuh P2P lending di Indonesia. Namun karena tidak adanya pinjaman yang siap didanai, saat ini lebih baik melirik alternatif yang tidak kalah oke.

Permasalahan utamanya adalah nilai pinjaman yang ada hanya berkisar sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta, padahal minimal investasinya saja Rp500 ribu yang berarti satu pinjaman bisa selesai terdanai oleh hanya satu atau dua orang.

Saya kira Danamas sadar akan masalah ini sehingga menyediakan layanan jual beli reksadana, dan mereka memang merekomendasikan agar uang nganggur di website mereka lebih baik ditarik ke tabungan atau dibelikan reksadana agar menghasilkan return.

Kesimpulan

Kelebihan Danamas:

  • Asuransi otomatis untuk melindungi modal investor.
  • Setiap pinjaman nilainya kecil sehingga cepat terpenuhi.
  • Latar belakang perusahaan yang sangat kuat.
  • Tenor pinjaman yang sangat cepat.

Kekurangan Danamas:

  • Anda tidak akan kebagian pinjaman apapun karena pinjaman baru sangat cepat terdanai (dalam hitungan detik).
  • Website banyak masalah teknis.
  • Program referral yang buruk.
  • Nominal minimal investasi yang nanggung.

Rekomendasi

Danamas memang sesepuh P2P lending di Indonesia. Namun bila anda tidak siap berebutan untuk mendanai pinjaman dalam hitungan detik, saat ini lebih baik melirik alternatif yang tidak kalah oke.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Semua orang yang cukup beruntung untuk bisa mendapatkan jatah pinjaman di Danamas (biasanya memegang HP sering sering untuk cek notifikasi).
  • Investor dengan kepedulian untuk usaha mikro.
  • Investor yang butuh kepastian tinggi soal latar belakang perusahaan website yang didanai.

Tertarik? Daftar di Danamas menggunakan kode referral saya 083807388548

Bandingkan website lain?

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

16 Responses

  1. Have you ever thought about creating an ebook or guest authoring on other sites?
    I have a blog centered on the same subjects you discuss and would really like
    to have you share some stories/information. I know my viewers
    would enjoy your work. If you are even remotely interested,
    feel free to shoot me an e-mail.

  2. Hey! This post couldn’t be written any better!
    Reading this post reminds me of my previous room mate! He always kept chatting about this.
    I will forward this post to him. Fairly certain he
    will have a good read. Thanks for sharing!

  3. Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to
    and you are just too magnificent. I really like what you’ve
    acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it.
    You make it enjoyable and you still take care of to
    keep it sensible. I cant wait to read far more from you.

    This is really a wonderful website.

  4. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your content seem to be running off the screen in Internet explorer.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with
    internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know.
    The style and design look great though! Hope you get the problem resolved soon. Kudos

  5. Does your website have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like
    to shoot you an email. I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing.

    Either way, great website and I look forward to seeing it grow over time.

  6. Gary Yna

    Barusan saya coba mendanai Danamas, yakni reseller kartu hp (hampir semuanya seperti ini). Sekilas imbal hasil saya kira 24% per tahun, eh ternyata cuma 2.4% per th. Saya konfirmasi ke CS nya memang cuma segitu. Lucu ini Danamas, masak bunga p2p jauh dibawah deposito, yang bener aja. Say goodbye to Danamas!

  7. alb3rt

    Bisa dapet ya pendanaan di danamas? Biasanya berebutan sekali dalam hitungan detik. Susah sekali dapatnya dulu. Saya maksimal pernah di danamas cuma antara 5-10 juta ga bisa naik lagi karena ga ada kesempatan pendanaan. Beneran ya sekarang bunganya cuma segitu? Gimana perhitungannya? Per 1jt rp bunganya berapa? Itu pinjamannya per 2 minggu kan ya?

  8. Gary Yna

    Saya coba pendanaan 1 jt (reseller kartu hp) tenornya 90 hari cuma dikasih bunga 6,000 rp. Ada juga bunga yg 17% istilahnya pinjam tunai tapi jarang sekali. Saya bisa mendanai karena pake aplikasi dan diset loan notification

  9. alb3rt

    Iya barusan saya cek juga gila bunganya sekarang gak masuk akal rendahnya. Masih harus berebutan dan beresiko. TKB90 mereka sekarang juga sudah di bawah 99%. Tapi anehnya kok masih ada aja ya yang mau berebutan masuk sana buktinya pendanaannya habis dalam hitungan detik. Mending masuk ke deposito dong kalo cuma 2% bunganya ya kan. Kalau dulu sih isu2nya banyak petinggi Sinar M** yang masukin dana ke Danamas jadi sebenernya mereka sudah kelebihan investor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.