Review Tanifund 2021 – P2P Lending Agrikultur dengan Modal Minim

Review Tanifund ini pertama kali dibuat pada tanggal 6 April 2019 dan terakhir diperbaharui pada 4 September  2021. Saat ini sudah tersedia review Tanifund terbaru yang bisa dibaca disini. Review 2021 ini akan tetap ada untuk perbandingan historis dan kenangan bahwa Tanifund dulu pernah bagus.

Latar Belakang Perusahaan TaniFund

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Nama legal dari P2P lending ini adalah PT TaniFund Madani Indonesia, mempunyai kantor di Jakarta Selatan. Tidak ada informasi tentang jumlah karyawan atau nama-nama orang yang bekerja di dalamnya, namun di halaman utama website terlihat para tokoh-tokoh ‘besar’ yang mendukung TaniFund dengan menjadi Advisor mereka, serta identitas beberapa petani mitra mereka. LinkedIn menunjukkan ada 31 orang yang bekerja di TaniFund, namun angka tersebut kemungkinan besar meleset jauh dari kenyataannya.

Tanifund adalah salah satu perusahan yang tergabung dalam ekosistem TANI GROUP, dua lainnya adalah Tanihub dan Tanisupply. Inilah alasan kenapa Tanifund cukup sukses sebagai p2p lending agrikultural, karena mereka bukan saja menjadi ‘bandar’ lender untuk mendanai kegiatan agrikultur, namun mereka sendiri berperan mengawasi dan membantu mengoperasikan kegiatan agrikultur yang kita danai.

Istilah lainnya, dana kita dari hulu ke hilir ada di TANI GROUP. TaniFund membuka akses ke pendanaan dan TaniHub membuka akses ke pasar, sedangkan TaniSupply menunjang semuanya dengan infrastruktur yang dibutuhkan. Mitra petani TaniFund mendapatkan pendanaan, kemudian hasil panennya diserap dan dipasarkan oleh TaniHub.

Total pendanaan ekuitas yang telah diraih TaniHub Group mencapai US$29 juta sejak 2016. Yang paling terbaru adalah pendanaan Seri A Plus (atau disebut juga sebagai perpanjangan putaran pendanaan Seri A) sebesar US$17 juta belum lama ini. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Openspace Ventures bersama Intudo Ventures, dengan partisipasi dari para investor baru, yaitu UOB Venture Management, Vertex Ventures, BRI Ventures, Tenaya Capital dan Golden Gate Ventures.

Singkat cerita,kredibilitas TaniFund cukup terjamin melalui latar belakang perusahaannya.

Produk pendanaan TaniFund

Kuantitas Pinjaman

Pengecekan secara acak dari saya menunjukkan bahwa biasanya ada dua sampai empat pendanaan yang bisa didanai. Seringkali proyek sudah terdanai penuh atau malah ada yang ‘belum dimulai’ alias belum siap didanai.

Hal ini berarti cukup sulit untuk melakukan diversifikasi di TaniFund, mengingat meskipun variasi pendanaannya banyak, namun yang tersedia sedikit. TaniFund seharusnya membuat fitur investasi otomatis supaya pendana tidak harus mengecek website Tanifund secara berkala untuk menanamkan modal.

Variasi Pinjaman

Sejenis dengan lending agrikultural seperti iGrow, variasi utama pinjaman disini adalah tenornya, ada yang selesai dalam satu bulan maupun sampai setahun. Untuk retur nya berkisar di angka 10-20% setahun. Semua proyek merupakan budidaya tanaman atau tumbuhan dan ternak, dikerjakan oleh “kelompok petani” yang bekerjasama dengan TaniFund langsung.

Sayangnya, karena pinjaman yang tersedia tidak banyak, maka variasi pinjaman yang sebenarnya cukup luas ini menjadi tidak bisa dimanfaatkan untuk diversifikasi risiko.

Jumlah Minimal Investasi di TaniFund

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi, serta mempermudah diversifikasi.

Semuanya di angka Rp100 ribu. Mereka menggunakan istilah “nilai per unit” dan tidak memberlakukan nilai minimum pembelian uni. Berarti investasi anda harus dalam kelipatan Rp100 ribu. Tentunya hal ini menimbulkan sedikit masalah karena bunga/retur investasi anda yang sebelumnya tidak bisa langsung diinvestasikan ulang sepenuhnya untuk memaksimalkan efek compounding.

Tanifund memiliki sistem saldo sehingga pendanaan yang selesai tidak langsung di transfer ke saldo anda. Anda perlu melakukan pencairan saldo ke rekening bank, dan bila rekening bank anda tidak sama dengan yang digunakan Tanifund, akan ada potongan biaya transfer yang perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai potongan transfer ini lebih tinggi daripada total retur anda.

Dampak Sosial TaniFund

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Dalam TaniFund, dampak sosial cukup baik mengingat anda berdampak langsung pada industri agrikultural Indonesia. Perlu dicatat bahwa anda tidak membantu petani-petani di pedalaman yang ada di bayangan anda, karena TaniFund bekerjasama dengan “Kelompok Petani” yang memang sudah cukup ahli, terdidik, dan bekerja dibawah pengawasan individu profesional, namun tetap ada dampak sosial yang bisa dirasakan dari sini.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Likuiditas TaniFund harusnya cukup baik mengingat adanya pilihan tenor satu bulan, namun tenor 1 bulan ini sangat jarang muncul dan kalaupun ada sangat cepat terpenuhi, sehingga rata-rata tenor yang anda bisa dapatkan dengan mudah adalah 3 sampai empat bulan. Perlu diingat pula karena Tanifund karena bersifat crowdfunding maka likuiditasnya sedikit terhambat karena harus menunggu pendanaan penuh dahulu.

Fitur dan Informasi Lain

Tanifund memiliki program keanggotaan yang sayangnya tidak jelas sama sekali. Anda diberikan voucher bila naik tingkat, namun terlepas dari hal tersebut tidak ada perlakukan special yang anda terima sekalipun sudah mencapai keanggotaan tertinggi (cek ulasan RM dan promo dibawah)

Apakah TaniFund Aman?

Ya, TaniFund terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Apakah Tanifund penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh TaniFund. Saya sebagai pengguna TaniFund yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di TaniFund, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan TaniFund.

Jadi, jelas TaniFund bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

RM dan Customer Service TaniFund

Mereka memiliki tombol live chat di website mereka. Jawaban mereka tergolong cukup lambat (dua hari kerja) namun menjawab sesuai pertanyaan saya. Sayangnya untuk RM yang saya hubungi via Whatsapp pun cukup lambat dan tidak bersifat personal. Komunikasi yang disampaikan sangat bersifat template dan tidak menghargai lender sebagai individu yang unik. Hal ini menjadikan RM Tanifund adalah RM paling buruk dari semua p2p lending yang pernah saya coba.

Padahal, RM Tanifund didekasikan hanya untuk lender dengan level keanggotaan khusus, berarti harusnya setiap lender diberlakukan cukup spesial karena RM tidak handle lender-lender receh lainnya. Di p2p lending lain ada yang satu lender handle diatas 100 orang dan masih sangat personal pelayanannya.

Persentase Non Performing Loan (NPL) TaniFund

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh modal anda.

TaniFund telah menuruti aturan OJK yang mengharuskan P2P lending memajang NPL mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Per 30 April 2019, NPL 0% yang berarti tidak ada pinjaman gagal sama sekali. Mantap!

Saya tidak akan memperbaharui lagi bagian ini karena untuk angka terbaru anda bisa melihatnya sendiri di halaman depan website Tanifund.

Mitigasi Risiko TaniFund

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tanifund secara resmi sudah menyatakan bahwa mereka menggandeng mitra asuransi kredit untuk melindungi 80%  pokok modal yang gagal dibayar borrower. Tidak dijelaskan siapa mitra asuransi ini, dan sejauh ini belum pernah terjadi kasus klaim di Tanifund, karena meskipun ada keterlambatan namun tidak melebihi 90 hari sehingga belum memenuhi kriteria pengajuan klaim asuransi menurut pedoman OJK (90 hari tanpa repayment baru dianggap gagal bayar)

Sebagai informasi tambahan dari pihak Tanifund: Mitra petani TaniFund mengembalikan pinjaman dalam bentuk panen dengan tonase yang telah ditargetkan di awal. Jika tidak mencapai target, terdapat dua cara penyelesaian. Pertama, periodenya diperpanjang.

Jika petani tersebut masih dapat berproduksi, maka setidaknya dia dapat menghasilkan panen sesuai target minimal dalam rangka pengembalian hasil kepada lender. Kedua, jika dana TaniFund tidak bisa digunakan untuk berproduksi lagi, petani yang bersangkutan akan diminta untuk trading dengan TaniHub, apapun komoditasnya. Kemudian, margin dari penjualan digunakan untuk mencicil pinjamannya. 

Dalam kasus gagal panen karena hama ataupun force majeure, upaya yang kami lakukan adalah penanaman kembali sehingga bisa didapat hasil yang diinginkan.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

TaniFund Syariah atau Tidak?

Tidak.

Promo dan Program Referral

Program referral Tanifund sempat berganti drastis. Sekarang Tanifund memberikan anda kupon 1 juta bila berhasil mengundang teman. Sayangnya kupon ini tidak bisa diuangkan dan hanya menambah bunga pendanaan anda saja. Demikian juga dengan teman yang anda undang, skemanya sama persis.

Kupon bisa digunakan untuk pendanaan 2 juta atau lebih. Untuk memaksimalkan retur dari voucher ini, anda bisa mendanai proyek yang tenornya panjang. Namun ingat, proyek dengan tenor panjang memiliki risiko yang lebih tinggi pula.

Untuk promo lain yang sering diberikan adalah pembagian voucher yang sifatnya mirip dengan voucher referral, namun dengan jumlah yang jauh lebih kecil. Voucher biasanya diberikan saat tanggal cantik, periode gajian, atau saat membership naik tingkat.

Catatan Lain dari Tanifund

Terdapat dua jalur untuk dapat menjadi mitra borrower TaniFund. Pertama adalah dengan menjadi mitra penyuplai TaniHub terlebih dahulu. Melalui cara ini, kami dapat mengetahui kapasitas dan kualitas dari produk yang dihasilkan mitra tersebut, sehingga kami bisa memutuskan apakah proyeknya bisa dibiayai. Ini bisa menjadi sebuah metode credit scoring untuk kami bisa mengetahui apakah mitra tersebut layak menjadi mitra borrower TaniFund.

Cara kedua, TaniFund dapat langsung memprospek calon mitranya melalui proses Analisa Rencana Anggaran Biaya (RAB), feasibility study, dan credit scoring. Dalam proses ini, tim field/lapangan TaniFund akan mengunjungi calon mitra dan berdiskusi serta menjelaskan skema produk.

Kemudian, tim lapangan akan mengurus administrasi serta dokumen yang dibutuhkan. Kami akan melakukan proses analisa RAB, feasibility study, dan credit scoring. Jika sudah lengkap seluruhnya, kami dapat melakukan fundraise di website TaniFund dan jika dana sudah terkumpul, kami melakukan disbursement dana dan proyek berjalan.

Kesimpulan

Kelebihan TaniFund

  • Variasi tenor yang bermacam-macam.
  • Design website yang sangat interaktif.
  • Latar belakang perusahaan yang bersifat ekosistem sehingga menunjang operasional secara kuat
  • TKB90 100% sejak awal berdiri

Kekurangan TaniFund

  • Program membership yang kurang berharga
  • Sistem voucher yang kurang menguntungkan
  • Pinjaman jangka pendek hampir mustahil bisa didapatkan

Rekomendasi

Bila anda punya kepedulian khusus di bidang agrikultural namun tidak suka tenor iGrow yang panjang – panjang atau pelayanan CROWDE yang kurang memuaskan, maka website ini bisa menjadi alternatif yang baik mengingat Tanifund adalah satu-satunya p2p agrikultur yang sampai sekarang berhasil mempertahankan TKB90 100%.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di TaniFund?

  • Lender dengan kepedulian khusus di bidang pertanian.
  • Lender yang butuh diversifikasi dari segi tenor.

Tertarik? Daftar di TaniFund dan gunakan kode referral saya ADRR20 untuk mendapatkan bonus awal.

Demikian ulasan/review saya tentang TaniFund. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan TaniFund, serta membantu anda menentukan apakah TaniFund aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

40 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. hari ini akhirnya untuk pertama kalinya
    saya melanggar aturan saya sendiri (untuk tidak beriinvestasi di P2P sektor pertanian&peternakan)

    saya mencoba investasi di tanifund
    namun sedikit saja , hanya 100.000 sebagai testing saja
    berikut portifolio saya https://ibb.co/fpb9s1h

    Mengapa saya tertarik mencoba ?
    1. karena mereka sudah memperoleh pendanaan seri A
    https://dailysocial.id/post/tanigroup-amankan-pendanaan-seri-a-senilai-143-miliar-rupiah
    https://teknologi.bisnis.com/read/20190610/266/932132/e-commerce-dan-p2p-lending-tanihub-raih-pendanaan-seri-a-us10-juta

    2.TKB90 di tanifund per hari ini 1 November 2019 masih menunjukkan angka 100%
    bearti belum ada NPL sama sekali per hari ini 1 November 2019 .

    3. ada yg cukup membuat mereka berbeda dibandingkan dengan p2p pertanian/peternakan yg lain
    dimana bedanya ?
    – tanifund memiliki sister company tanihub sebagai agen pemasaran hasil pertanian/peternakan
    – jadi alur kerjanya : lender mendanai petani, hasil dari tani dijualkan oleh tanihub langsung ke end user
    sehingga resiko produk pertanian tidak laku lebih berkurang

    cuma yang saya belum tahu apakah tanihub langsung membayar tunai ke petani atau menunggu ada pembeli dahulu dari ecommerce mereka dulu
    berikut adalah ecommerce bikinan mereka
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tanihub.vaesdothrak
    https://tanihub.com/

    4. untuk IRR nya sendiri tunggu review kalau sudah finish

    • mantap pak.
      Saya juga tidak banyak investasi di Tanifund. Namun kode referral saya sering digunakan untuk Tanifund, berarti memang banyak yang gabung ke Tanifund

    • Di TaniHub juga banyak program menarik. Ada program patriot kalau ikut sebagai end user yang berbelanja di TaniHub bisa mendapatkan hadiah khusus berupa voucher potongan atau mistery box dari TaniHub. Promo biasanya berbeda-beda tiap bulannya tapi selalu ada. Kalau penasaran bisa coba pakai kode patriot ini “ARIFP049DD”

      Letak kolom kode patriot ada di pengaturan, kalau kodenya sudah masuk kolom tersebut otomatis menghilang.

  2. Update pendanaan di TaniFund https://ibb.co/gdSPtZC

    – pembayarannya sesuai jadwal tidak ada keterlambatan
    – bunganya ternyata dipotong pajak 15%. sehingga bunga yg tertera di website itu adalah bunga Gross

    artinya bila dicantumkan bunga 12%
    jika dipotong pajak. kira2 jadi 10.2%

    kesimpulan
    —————
    – bunga 10,2 % ini kurang begitu menarik untuk dikejar
    – dan itu pun masih belum tahu apa resiko bila terjadi gagal bayar.
    apakah ada asuransi / agunan atau tidak

    jika mempertimbangkan risk vs reward
    – reward kurang begitu tinggi hanya 10,2%
    – risk kurang begitu diketahui juga

    sehingga sy putuskan withdraw dulu dari TaniFund
    owh ya untuk withdraw di charge 5000

  3. ini quote dari faq tanifund, karena csbya kayanya woles atau memble, saya tanya ke bapak aja,,,

    Pada saat pendaftaran, mengapa saya juga harus mendaftar Digisign dan Permata?
    TaniFund memenuhi peraturan ijin usaha pada OJK, agar membuat transaksi di TaniFund lebih aman. Jadi, TaniFund bekerja sama dengan penyedia layanan tanda tangan digital yang terlisensi (Digisign), dan dengan penyedia layanan Perbankan (Bank Permata).

    Apakah artinya saya harus buka rekening di bank permata?

    • Halo pak. Tidak harus buka rekening permata, justru tanifund yang akan membukakan rekening permata untuk bapak. Bapak cukup ttd formulir sja. Nah itu digisign adalah website untuk ttd digitalnya, sehingga tidak usah isi formulir fisik pakai kertas.

  4. Dijawab CS nya dua hari itu termasuk cepat pak.. Itu, komen saya terakhir saya kirim chat ke CS nya belum di jawab sampai hari… padahal buat saya oke tinggal bergabung kalau CS tanifund jawab.. tapi kalau gak dijawab ya sudahlah.. atau ada No WA seperti RM Asetku mas?

  5. baru prtma x ini bca2 tanifund ada yg dapet 10%,
    saya g pernah diatas 6% padahal orang internal blg hasilnya bagus.
    setelah cek2 background foundernya ternyata orang rupiahplus jg -_-

    hati2 skg tengkulang / rentenir go online

  6. Tanifund ini Mitra asuransinya tidak jelas mas, saya tanya ke CS mengenai poin poin apa yang memengaruhi nilai asuransi hingga 80% dan hanya di jawab dengan template. Saya tanya mengenai kredibilitas scoring mereka juga tidak dijawab. Tidak direkomendasikan lagi untuk invest disana. Rugi sih ga masalah, asal pihak tanifund bisa klarifikasi dengan jelas. Malah diem diem aja ini. Laman instagram juga ditutup komennya untuk membungkam suara lender.

    • Saya setuju soal transparansi tanifund memang kurang, saya tanya juga dibalas template. Tapi saya disana ada 3 gagal bayar, semuanya akhirnya uang kembali. Saya curiga Tanifund ini diam diam masih pakai dana provisi alias pengambilalihan utang menggunakan pihak ketiga

      • Gagal bayar tapu Uang nya kembali itu gimana ya maksudnya? Yang kembali brp persen dari total yg di invest ya?

    • Sangat kecewa dengan asuransi gagal bayar @tanifund yang “katanya” bisa claimed sampai dengan 80%
      Kenyataannya saat salah satu proyek nya macet, dan setelah menunggu 6 bulan, hanya di bayar sekitar 32% dari pokok.

      Saya berusaha menghubungi Tanifund dan menanyakan alasannya dan perhitungan detail, tapi ternyata sia-sia. Tidak ada penjelasan yg berarti dan tidak dijelaskan apa2z

      Menurut saya, dengan return yg hanya 12-15% per tahun dan risknya hampir 70% itu sangat tidak worth it 👎🏼
      masih byk P2P lending lain yg terdaftar legal dan diawasi OJK dengan return yg serupa tapi risk dan insurance claim yang lebih fair

      Mohon bantuan awareness ini ke calon2 lender lain agar tidak merasa “terjebak” seperti yang saya alami.

  7. Iya mas, klaim asuransi saya hanya tembus 30%. Skema gali lubang tutup lubang ini persis seperti kasusnya Tanijoy. Kebongkar karena pailit dan desakan himpunan lender. Mungkin Tanifund sama tapi belum terbongkar aja. Saya tidak punya bukti sih mas, harapannya semoga tanifund amanah dalam handling uang para lender.

  8. Punya saya dari total 5 project.. 3 projext jatuh tempo dan semua nya telat. Belum bisa komplain lebih jauh karena emang blom 90hr.. puyenggg sayaaaa..

  9. Saya kebetulan nyoba tanifund pada bulan Mei 2021, durasi proyek 6 bulan (sekitar bulan agustus 2021 harusnya kelar), eh sampe sekarang Juni 2022 proyek statusnya macet.
    Ga ada kejelasan dari pihak tanifund. yang merasa dirugikan, yuk kita bareng2 lapor ke OJK. gimana?
    email saya di hanyudha@gmail.com

  10. Real gak sih kelompok tani yg di Danai tanifund.

    Kalau tidak real menyalurkan dana jelas itu “fraud” masuk pidana..Karena ijinnya di OJK sebagai perantara/mediator, jadi gak sebebas bank..Kalau kita nabung dibank, bank punya kuasa penuh mau dihold diinvest ke lain misal saham,forex, komoditi, dll atau disalurkan ke kredit, kalau fintech harus disalurkan karena sistemnya crowdfunding ( ada proyek dulu) baru ramai2 ngumpulin duit untuk bareng2 mendanai…Karena bank punya kuasa penuh atas duit nasabah regulasinya paling ketat plus diback up LPS (sbgai asuransi)..

  11. I haven’t checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I’ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  12. Excellent weblog here! Also your website a lot up fast! What web host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  13. There are actually lots of details like that to take into consideration. That is a great level to convey up. I offer the thoughts above as normal inspiration however clearly there are questions like the one you convey up the place a very powerful thing will probably be working in trustworthy good faith. I don?t know if finest practices have emerged around issues like that, but I am certain that your job is clearly recognized as a good game. Both boys and girls feel the impact of just a second’s pleasure, for the remainder of their lives.