A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Cara Terbaik Berhenti Investasi P2P Lending
stop sign

Cara Terbaik Berhenti Investasi P2P Lending

 

Kagetkah membaca judul artikel ini?

Tenang, saya tidak menganjurkan anda untuk berhenti sekarang juga menaruh uang di instrumen lending, namun sebagai blogger yang bertanggung jawab, saya tidak boleh hanya membahas kelebihan P2P lending dan mengajak orang terjun kedalamnya saja. Saya juga harus mengajarkan exit strategy (cara keluar) yang baik dari jenis investasi ini.

Meskipun sebenarnya saya sendiri penasaran: apakah ada orang yang saat ini sudah berpikir untuk meninggalkan instrumen lending ini? Padahal P2P lending sedang berkembang pesat dan pemerintahan Indonesia juga mendukung positif sampai memperbolehkan salah satu fintech mengakuisisi bank lokal. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda negatif apapun perihal P2P lending di Indonesia (selain meningkatnya persentase gagal bayar). Hal ini sangat berbeda dengan Tiongkok yang masalahnya tidak berhenti-henti.

Sebelum lanjut, baca dulu: Amankah Investasi P2P Lending Ini?

Kendati demikian, sebagai investor yang baik, kita selalu harus punya metode exit strategy untuk membatasi kerugian kita dan mencairkan investasi kita secara optimal. Dalam saham dan reksadana, proses keluar ini sangatlah mudah: jual saja aset anda kapan saja, dan anda tinggal menghitung kerugian atau keuntungannya.

Proses keluar ini lebih sulit di instrumen investasi yang memiliki maturity atau tenor, contohnya deposito, obligasi, dan juga P2P lending, karena anda harus menunggu aset anda jatuh tempo dahulu sebelum mengubahnya menjadi uang tunai.

Untungnya, deposito dan obligasi nilai investasinya dijamin oleh negara ataupun badan otoritas lainnya, sehingga meskipun anda tidak bisa mencairkan keduanya kapan saja, namun nilai investasi anda tidak akan menurun.

Sayangnya, P2P lending TIDAK ada yang menjamin 🙂

Beberapa P2P lending memang memiliki tabungan cadangan untuk menggantikan kerugian anda sebagai investor (atau lender, terserah anda suka istilah yang mana). Misalnya Asetku dan Koinworks. Beberapa lainnya bekerja sama dengan badan asuransi tertentu untuk melindungi modal anda, misalnya Amartha dan Modalrakyat. Namun perlu dicatat bahwa perlindungan modal tersebut tidak terikat aturan atau hukum apapun, mereka melakukannya secara sukarela dan berhak mengubah atau memberhentikannya kapan saja.

Informasi lebih lengkap tentang ini, baca Bagaimana P2P lending mengatasi gagal bayar?

Baik. Cukup membahas latar belakang nya. Intinya anda harus tahu bagaimana mencairkan seluruh dana anda di P2P lending secara efisien jika anda memang mau berhenti main di P2P lending, entah karena perlakuan OJK berubah kepada fintech, atau karena anda memang ingin mencoba instrumen invesatsi lainnya.

Pahami bahwa Pinjaman Berjalan Anda Tidak Akan Berubah

Misalnya OJK tiba tiba mengeluarkan aturan tentang pembatasan bunga pinjaman, anda tidak perlu langsung khawatir karena hal tersebut tentunya tidak akan mempengaruhi pinjaman anda yang sudah berjalan. Jadi anda tidak perlu khawatir pinjaman anda penghasilannya akan berkurang akibat penurunan suku bunga, kecuali memang pinjaman tersebut gagal bayar. Hal ini berbeda dengan obligasi negara yang memiliki bunga fluktuatif.

Pertimbangkan Sisa Tenor Lending Anda

Anda perlu melakukan peninjauan terhadap SELURUH pinjaman anda di SEMUA website P2P lending yang anda danai (istilahnya meninjau portfolio anda). Berapa banyak yang akan cair dalam tiga bulan kedepan, dan berapa banyak yang baru cair dalam satu tahun lebih?

Hal ini penting karena anda tidak bisa mencairkan seluruh uang anda dari berbagai pinjaman dan website begitu saja. Anda perlu mencatat tanggal dimana sebagian besar pinjaman anda sudah cair dan bisa ditarik secara bersamaan – untuk menghemat waktu anda.

Jangan Mencairkan Dana Sedikit-Sedikit

Lebih baik menunggu seluruh (atau sebagian besar) pinjaman anda jatuh tempo baru mengajukan pencairan dana.

Karena jika tidak, uang anda akan terpotong biaya transfer setiap kali mengajukan pencairan. Seperti yang anda mungkin tahu, kebanyakan transfer antar bank memakan biaya administrasi sekitar Rp5 ribu – Rp 6 ribu, dan hampir semua P2P lending membebankan biaya ini kepada anda sebagai lender. Jadi untuk meminimalkan potongan ini, anda harus meminimalkan frekuensi pengajuan pencairan.

Hal ini tentunya tidak berlaku untuk P2Plending yang secara otomatis mengembalikan modal anda ketika tidak digunakan (contohnya Asetku dan Aktivaku)

Anda tidak perlu khawatir akan keamanan uang anda di Virtual Account atau Wallet.

Apabila fintech yang anda danai memang legal terdaftar di OJK, maka uang anda yang berada didalam wallet atau virtual account P2P lending pasti aman karena tidak boleh diinvestasikan oleh fintech tersebut (kecuali anda mengatur auto lending yang disediakan). Namun anehnya, OJK memperbolehkan fintech untuk menginvestasikan sementara dana nganggur milik lender di reksadana pasar uang. Tidak perlu khawatir karena fluktuasi di reksadana tersebut tidak boleh mempengaruhi nilai saldo anda. Kerugian maupun keuntungannya ditanggung sepenuhnya oleh sang fintech.

Lupakan Kerugian

Jangan pernah berpikir bahwa untuk keluar dari suatu investasi tertentu, anda harus terlebih dahulu menutupi kerugian anda atau bahkan membuat untung dahulu. Pemikiran tersebut salah karena anda hanya akan membuang membuang waktu dan pikiran anda. Justru anda keluar dari suatu instrumen investasi untuk membatasi kerugian anda. Jika anda melanjutkan padahal selama ini rugi, mungkin anda malah akan makin rugi lagi.

Sebenarnya hal ini hampir tidak mungkin terjadi dalam P2P lending, kecuali anda benar-benar nekat menaruh uang anda di pinjaman pinjaman tinggi risiko tanpa perlindungan modal. Tapi namanya rugi bisa saja terjadi, keuntungan total saya di Modalku sebesar Rp500 ribu pada akhirnya ludes menjadi Rp100 ribu saja karena ada pinjaman yang gagal bayar sebesar Rp400 ribu.

Ketika hal tersebut terjadi, tentu saya tanpa pikir panjang langsung melakukan perencanaan untuk menarik seluruh dana dari Modalku, tanpa berpikir “pokoknya Rp400 ribu tersebut harus kembali dahulu”. Justru dengan menarik uang saya dari Modalku, saya merencanakan untuk mencari kembali Rp400 ribu yang hilang tersebut lewat website P2P lending lain atau instrumen investasi lainnya.

Buat Rencana Investasi Selanjutnya

Hanya karena anda kapok atau rugi di P2P lending, tidak berarti anda harus berhenti berinvestasi secara total dan kembali rugi karena inflasi. Anda masih punya pilihan investasi lainnya yang membantu anda melawan inflasi dan menghasilkan keuntungan lebih. Belajarlah dari kesalahan anda di P2P lending untuk menjadi investor yang lebih baik.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48