Review Aktivaku 2021 – P2P Lending Spesialisasi Bridging

Review Aktivaku ini pertama kali ditulis pada Januari 2019 dan terakhir diperbaharui pada Juli 2021. Saya sudah lama tidak menggunakan Aktivaku, dan hanya memperbaharui review ini karena ada klarifikasi oleh perwakilan Aktivaku. Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Aktivaku dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Portfolio saya di Aktivaku

Total disbursement: 1.5 juta atas 2 pinjaman

Total retur: 20.000 rupiah

Latar Belakang Aktivaku

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Aktivaku adalah salah satu pemain baru di ranah P2P lending, saya mengetahui mereka lewat event Fintech Fair 2018. Dulu kantor mereka masih berada di co-working space Cocowork namun sekarang sudah pindah, berarti bisnisnya berkembang lumayan baik.

Nama legal mereka adalah PT Aktivaku Investama Teknologi. Tidak banyak informasi lain tentang Aktivaku, baik tentang injeksi dana maupun orang-orang yang berada di belakangnya. Karena masih baru, wajar saja belum menerima injeksi dana.

Produk Pendanaan Aktivaku

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Jumlah pinjaman di Aktivaku sangatlah sedikit. Sebulan sekali mungkin muncul satu buah pinjaman saja. Untungnya, sepertinya pendana di Aktivaku belum terlalu banyak, sehingga mudah ikut serta dalam satu pendanaan tersebut. Penting menjaga keseimbangan antara pendana dan pinjaman, supaya tidak terjadi dana nganggur yang diakibatkan oleh tidak adanya pinjaman maupun pinjaman yang tidak selesai selesai terdanai.

Variasi Pinjaman Aktivaku

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Pemantauan saya sejauh ini, hampir semua pinjaman yang tersedia adalah Financing atau Credit Takeover dengan tenor tiga bulan ke bawah. Dari segi risiko, hampir semua pinjaman di Aktivaku ditulis memiliki “Low to Medium Risk“. Menurut saya hal ini bisa diperbaiki menjadi grading system huruf (A-E), karena low dan medium itu sebenarnya dua tingkat yang berbeda cukup jauh.

Untuk credit takeover, namanya telah diganti menjadi AktivaSwitch yang lebih merefleksikan fungsi sebenarnya, yaitu produk bridging, dimana Aktivaku hanya menjadi perantara bagi orang yang ingin memindahkan fasilitas kreditnya. Contoh kasusnya bisa dilihat penjelasan dari staf Aktivaku dalam kolom komentar dibawah. Produk ini katanya paling laris karena tenornya sangat singkat (bisa hanya 10 hari) dan risikonya sangat rendah.

Permodalan yang diberi nama Aktivastart secara teori memiliki risiko yang cukup tinggi, karena financing sifatnya permodalan jangka panjang untuk pekerjaan borrower, sedangkan agunannya tidak harus berkaitan dengan pekerjaan yang menggunakan modal pinjaman tersebut.

Sama seperti p2p produktif lainnya, Aktivaku juga memiliki produk invoice financing yang diberi nama Aktivaflow. Secara teori jenis ini risikonya paling rendah karena komitmen pembayaran payor menjadi hak lender.

Terakhir, produk yang cukup unik adalah Aktivahome yang merupakan pinjaman konsumtif untuk melakukan pembelian properti. Saya bilang unik karena p2p di segmen ini belum banyak pemainnya, misalnya Gradana. Risiko segmen ini tidak setinggi konsumtif standar karena properti yang menjadi objek transaksi tersebut bisa dijadikan agunan.

Likuiditas

Seperti yang saya sebutkan diatas, tenor pinjaman rata-rata dibawah tiga bulan. Sejauh ini saya belum pernah mengalami terlambat bayar di Aktivaku. Namun saya hanya pernah mendanai 2 pinjaman di tahun 2018, jadi data saya jelas kurang valid dan ketinggalan jaman.

Apakah Aktivaku Aman?

Ya, Aktivaku terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mereka harusnya saat ini sedang dalam proses perizinan usaha.

Apakah Aktivaku penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Aktivaku. Saya sebagai pengguna Aktivaku yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Aktivaku, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Aktivaku.

Jadi, jelas Aktivaku bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi Aktivaku

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Dulu Rp1 juta, namun sekarang diturunkan menjadi Rp500 ribu. Anda harus menginvestasikan uang dengan nominal kelipatan minimal investasi (misalnya Rp500 ribu, Rp1 juta, atau Rp2 juta), jadi anda tidak bisa menginvestasikan kembali hasil retur anda untuk memaksimalkan efek compounding.

Kualitas Customer Service Aktivaku

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Aktivaku memiliki tim yang bisa diajak chatting lewat website mereka. Saya baru sekali menghubungi mereka namun respons mereka sangat cepat dan kelihatannya tidak asal menggunakan kalimat preset yang menyebalkan.

Mereka juga punya akun Whatsapp dan saya sempat berbincang beberapa kali dengan tim Whatsapp mereka. Namun ketika artikel ini ditulis, Whatsapp mereka tidak lagi bisa dihubungi.

Persentase Non Profit Loan (NPL) Aktivaku

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Aktivaku menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Aktivaku menunjukan angka 100% yang berarti tidak adanya pinjaman bermasalah. Okelah.

Namun ketika saya memperbaharui ulasan ini di tahun 2020, saya terkejut melihat TKB90 nya yang terjun bebas ke angka 78.23% !! Wah ini parah sekali, saya belum pernah lihat angka TKB90 separah ini untuk P2P lending produktif.

Staf Aktivaku mengklarifikasi bahwa hal ini karena sejak bulan Maret 2020 Aktivaku tidak menyalurkan pembiayaan lagi terkait Covid19, dan baru mulai menyalurkan kredit lagi di bulan Juli 2020. Otomatis nilai outstanding Aktivaku selalu kecil dengan penurunan kredit macet yang relative lambat, sehingga berpengaruh kepada perhitungan TKB. Aktivaku berkomitmen untuk tidak berusaha ‘mempercantik’ angka TKB ini.

Mitigasi Risiko Aktivaku

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Aktivaku adalah salah satu website yang mengandalkan pencairan agunan untuk menghadapi gagal bayar. Pelajari lebih lanjut di artikel ini tentang alternatif lainnya. Dalam kasus ini tidak ada jaminan bahwa modal anda kembali 100%. Hal ini seharusnya bisa baik lagi mengingat banyak pemain lain mulai memberlakukan asuransi kredit dan/atau dana provisi.

Aktivaku Syariah atau Tidak?

T.i.d.a.k, saat ini Aktivaku belum dikelola secara syariah.

Promo dan Program Referral Aktivaku

Belum ada program referral.

Dampak Sosial Aktivaku

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Untuk financing perlu dilihat lebih lanjut apa yang di kita danai, apakah industri UMKM atau bukan? Tentu dampak sosial di industri UMKM lebih tinggi.

Untuk Aktivaswitch menurut saya cukup baik karena meringankan beban pinjaman orang. Setiap orang berhak mendapatkan bunga pinjaman yang lebih rendah tanpa merugikan orang lain.

Kesimpulan

Kelebihan Aktivaku:

  • Tenor yang ditawarkan tidak ada yang melebihi tiga bulan.
  • Saya berharap website lain bisa belajar dari tampilan Aktivaku yang bersih dan sederhana.

Kekurangan Aktivaku:

  • Jumlah pinjaman di Aktivaku sangatlah sedikit. Sebulan sekali mungkin muncul satu buah pinjaman saja. Untungnya, sepertinya pendana di Aktivaku belum terlalu banyak, sehingga mudah ikut serta dalam satu pendanaan tersebut.
  • Risiko pendanaan sangat tinggi, terlihat dari angka TKB90 nya yang hancur berantakan dan tidak ada penjaminan modal

Rekomendasi

Aktivaku adalah pemain baru yang saat ini belum punya momentum karena banyaknya alternatif yang lebih baik.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Aktivaku?

  • Investor yang ingin membantu sesama melalui investasi mereka (dengan mendanai credit takeover).
  • Investor yang ingin industri P2P lending makin berkembang di Indonesia (dengan cara mendanai website baru seperti Aktivaku).

Demikian ulasan/review saya tentang Aktivaku. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Aktivaku, serta membantu anda menentukan apakah Aktivaku aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

16 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Selamat siang Pak Adrian. Terima kasih sekali atas review yang diberikan. Kami bangga menjadi salah satu P2P Lending Indonesia yang masuk dalam review di website Bapak.

    Dari review yang diberikan, ijinkan kami meluruskan beberapa hal dalam pembahasan yang disampaikan :

    1. Mengenai credit take over. Mungkin namanya membuat interpretasi yang bias ya, sehingga utk sekarang kami mengganti namanya menjadi AktivaSwitch. Sebenarnya produk ini adalah produk bridging, dimana Aktivaku hanya menjadi perantara bagi orang yang ingin memindahkan fasilitas kreditnya. Beberapa contohnya:
    ” KASUS 1: Andi memiliki KPR di Bank ABC. Saat awal pengambilan KPR dulu Andi mendapat bunga fix & cap sekitar 7% per tahun. Saat ini periode pinjaman memasuki periode floating, dengan bunga 13% per tahun. Ini menjadi beban untuk Andi. Kemudian Andi memperoleh tawaran refinancing KPR dari Bank XYZ dengan bunga khusus ulang tahun sebesar 6% per tahun. Andi ingin memindahkan KPR tersebut ke Bank XYZ, namun persyaratan dari bank tersebut Andi harus melunasi pinjaman terlebih dahulu di Bank ABC dan sertifikat rumah. Offering letter telah dikeluarkan oleh Bank XYZ, tinggal menunggu persyaratan lunas saja. Sisa outstanding KPR Andy masih Rp 1 Miliar.
    ” KASUS 2: Andi adalah pengusaha yang mnenggunakan produk refinancing KPR bank ABC untuk membiayai bisnis (karena belum layak untuk memperoleh kredit modal kerja). Saat ini Andi mendapatkan tawaran kredit rekening koran dengan menggunakan jaminan rumah dari bank XYZ. Persyaratan, sertifikat sudah di tangan dan fasilitas di bank ABC telah dilunasi. Offering letter telah dikeluarkan oleh Bank XYZ. Sisa outstanding Rp 1 Miliar.
    ” Dalam kedua kasus itu, Andi tidak memiliki dana untuk melunasi. Andi datang ke Aktivaku dibantu dengan menggunakan peroduk AktivaSwitch. Apa yang dilakukan oleh Aktivaku? Kami akan menganalisa pengajuan Andi dan juga melakukan verifikasi dan koordinasi dengan Bank ABC dan Bank XYZ. Setelah semua tervalidasi, maka Aktivaku akan memproses kebutuhan peluansan Rp 1 Miliar di Bank ABC. Setelah dana terkumpul, pinjaman di Bank A dilunasi, sertifikat dibawa ke Bank XYZ untuk diproses sesuai offering letter yang diterima. Pencairan kredit dari Bank XYZ digunakan untuk melunasi bridging loan di Aktivaku.
    ” AktivaSwitch adalah produk paling favorit di Aktivaku karena hanya berjangka waktu pendek (kurang dari1 bulan) dan minim risiko (terkonfirmasi dengan pihak perbankan).

    2. Mengenai TKB90. Betul sekali saat ini Aktivaku memiliki TKB cukup rendah dan telah dikoordinasikan dengan OJK. Hal ini timbul karena konsep TKB dan diperoleh dari jumlah penyaluran dengan tunggakan lebih dari 90 hari / total outstanding.
    Sejak bulan Maret 2020 Aktivaku tidak menyalurkan pembiayaan lagi terkait Covid19, dan baru mulai menyalurkan kredit lagi di bulan Juli 2020 (lebih banyak fokus pada AktivaSwitch dan AktivaFlow berjangka pendek untuk memperkecil risiko). Otomatis nilai outstanding Aktivaku selalu kecil dengan penurunan kredit macet yang relative lambat, sehingga berpengaruh kepada perhitungan TKB. Saat ini nilai sudah terus menurun di bawah Rp 10 Miliar dan ditargetkan akan selesai di Q4 2020 nanti (melalui diskusi terus menerus dengan UMKM yang bermasalah dan proses restrukturisasi dengan persetujuan lender). Kami berkomitmen untuk tidak “mempercantik” nilai TKB ini dengan menggenjot penyaluran dana (outstanding) namun tidak memperhatikan risiko.

    Demikian penjelasan kami, semoga bisa menambah infomrasi bagi pembaca website ini. Sekali lagi terima kasih atas review-nya. Kami sangat mengapresiasi review yang dilakukan dan disajikan dengan struktur yang baik dan teratur. Sukses terus dan sehat selalu ya Pak!

    Terima kasih.

    • Halo kak Kartika. Terimakasih juga sudah mampir dan memberikan klarifikasi. Review Aktivaku akan saya update hari ini berdasarkan informasi dari kakak ya. Sebenarnya untuk Aktivaku memang menjadi salah satu p2p yang paling awal saya review lho karena waktu itu kenalan di Fintech Fair 2018. Masukan saja kak, mungkin bisa dipertimbangkan untuk inovasi pakai asuransi kredit seperti pemain lain, karena itu salah satu jadi pertimbangan saya cuma mencoba-coba di Aktivaku dan ga lanjut sampai sekarang hehe.

  2. Wow! This could be one particular of the most helpful blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Great. I’m also an expert in this topic therefore I can understand your effort.

  3. Nice weblog here! Also your website quite a bit up fast! What web host are you using? Can I am getting your affiliate hyperlink to your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

  4. Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. It extremely helps make reading your blog significantly easier.

  5. Hello, Neat post. There’s a problem along with your web site in web explorer, could check this?K IE still is the market leader and a good portion of other people will pass over your excellent writing due to this problem.

  6. Thank you, I have recently been searching for information about this subject for ages and yours is the greatest I’ve found out so far. But, what in regards to the bottom line? Are you certain concerning the source?

  7. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

  8. You can use parent management software to guide and supervise children’s behavior on the Internet. With the help of the following 10 smartest parent management software, you can track your child’s call history, browsing history, dangerous content access, apps they install, etc.

  9. Mobile Phone Monitoring App – hidden tracking app that secretly records location, SMS, call audio, WhatsApp, Facebook, Viber, camera, internet activity. Monitor everything that happens in mobile phone, and track phone anytime, anywhere.

  10. I also lost about $175,000 to a Greenfield Capital broker and 2 fake binary option website as well but I am sharing my experience here so as to enlighten and educate everyone that is losing money or has lost money to a scam binary options, dating scams and fake ICOs.
However , I have been able to recover all the money I lost to the scammers with the help of a recovery professional named Jeff Silbert, and I am pleased to inform you that there is hope for everyone that has lost money to scam.
you can reach out to him by searching by Contacting Below:
Email: Jeffsilbert 39 g mail c0m.
    + 84 94 767 1524.