Adrian Siaril

Review Tanifund 2023: from Hero to Zero

Review ini tidak sepenuhnya serius. Saya hanya ingin mengkritik Tanifund secara objektif saja sekalian menambahkan jumlah konten di blog dan Instagram saya. Apabila anda membaca review ini, kemungkinan besar anda sudah tahu tentang kasus Tanifund dalam setahun terakhir. Kendati demikian, saya berharap tetap ada informasi baru yang anda bisa dapatkan dari ‘review’ ini.

Review 2023 ini menggunakan format baru yang lebih objektif, mendetail, dan ringkas. Apabila ini pertama kali anda membaca review 2023 saya, anda mungkin perlu membaca dulu penjelasan saya soal kriteria penilaian baru yang dijelaskan di tulisan ini. Singkatnya, angka 2 mengindikasikan penilaian positif, angka 1 merupakan penilaian netral, dan angka 0 merupakan penilaian buruk. Semakin tinggi skor keseluruhan suatu p2p, semakin tinggi rekomendasi saya pada p2p tersebut.

Untuk membaca review lama tahun 2021 sebagai perbandingan historis, anda bisa lihat review Tanifund 2021 disini. Anda bisa bandingkan sendiri bahwa di review 2021 Tanifund sangat recommended, berbeda dengan hasil ‘review’ ini.

Skor dan Rekomendasi

Tanifund berhasil mendapatkan skor total 13.5 dari skor maksimal 46. Tapi berapapun skor yang didapatkan Tanifund di review ini, jelas tidak ada gunanya karena Tanifund sudah mati suri saat ini. Kalau ada nyasar ke review ini karena mau mencoba mendanai di Tanifund, kewarasan anda perlu dipertanyakan. Kalau anda nyasar kesini untuk mencari kejelasan nasib dana anda di Tanifund, maka sayapun tidak bisa banyak membantu. Saya dan beberapa lender lain saat ini sedang mengupayakan langkah hukum ke Tanifund. Anda bisa mengunjungi Instagram saya @adriansiaril untuk cek update nya dan berkoordinasi dengan lender lain yang juga ingin mengambil langkah sama.

Apabila ingin mendaftar dan mencoba p2p ini, saya mohon bantuannya untuk menggunakan kode referral saya untuk mendukung kelangsungan blog ini. Terima kasih banyak sebelumnya!

Latar Belakang Perusahaan

Skor aspek: 3/10

Suntikan Dana

Tanifund sebenarnya merupakan salah satu p2p Indonesia dengan suntikan dana terbesar, yang berhasil mendapatan suntikan dana triliunan dari investor di dalam negeri maupun luar negeri. Penilaian ini dilakukan atas induk perusahaan yaitu Tanihub, yang setidaknya memiliki 13 entitas sebagai investor. Meskipun ada rumor bahwa uang suntikan dana tersebut disalahgunakan, namun kriteria penilaian ini tetap harus dinilai sesuai standar penilaiannya sendiri.

Skor: 2

Laporan Keuangan

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2021, aset dikurangi liabilitas hanya tersisa 2 milyar saja, sedangkan rugi operasional mencapai 6 milyar lebih. Dari sini sudah bisa dilihat bahwa 2022 memang menjadi tahun yang berat bagi Tanifund.

Skor: 0.5

Latar Belakang tim Manajemen

Dulu Tanifund dipimpin oleh orang-orang yang lumayan bereputasi, namun saat ini hanya tersisa satu orang sosok pemimpin yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas. Melihat latar belakang beliau, umurnya lebih muda dari saya dan tidak memiliki pengalaman keuangan maupun pertanian sama sekali.Saya khawatir bahwa beliau hanya merupakan sosok puppet leader yang dikorbankan saat Tanifund sudah akan tumbang.

Skor: 0

Budaya Perusahaan dan Persepsi Karyawan

Tanifund saat ini sedang kacau balau. Kantornya hanya merupakan ruang meeting dalam suatu co working space dengan kapasitas dibawah 10 orang, dan itupun tidak ada lagi yang ngantor disana. Manajemen Tanifund berganti terus menerus dalam setahun belakangan, yang menandakan banyaknya masalah internal disana.

Skor: 0

Status Founder

Dari seluruh founder dan co-founder, hanya satu orang yang tersisa sebagai manajemen Tanifund. Itupun tidak kelihatan masih aktif mengurusi Tanifund.

Skor: 0.5

Mitigasi Risiko

Skor aspek: 2.5/8

Persentase Perlindungan Modal

Tanifund menjanjikan perlindungan modal sampai dengan 80 persen dari modal.

Skor: 2

Reputasi Mitra Asuransi

Tanifund menggunakan pasar polis, yang sebenarnya bukan merupakan perusahaan asuransi melainkan aggregator insurtech.

Skor: 0.5

Timeline Klaim Asuransi

Tidak ada kejelasan perihal hal ini. Dulu sebelum Tanifund bermasalah, terkadang pinjaman macet dilunasi mendadak dalam hitungan hari, ada juga yang dalam hitungan bulan.

Skor: 0

Skema Kerjasama Asuransi

Menggunakan skema ASO dan saat ini premi Tanifund sudah pasti habis semua karena tidak ada lagi pencairan asuransi yang diproses dalam setahun terakhir.

Skor: 0

Kualitas Borrower

Skor aspek: 3/10

Variasi Industri

Dalam hal ini Tanifund sebenarnya cukup bagus karena bukan saja menerima borrower petani namun juga menerima borrower restoran dan toko yang berhubungan dengan komoditas petani.

Skor: 2

Kelengkapan Informasi dan Transparansi

Sebenarnya prospektus dan fund fact sheet Tanifund dulu cukup bagus dan transparan. Sayangnya saat ini kita semua tahu bahwa kebanyakan yang disampaikan disana sepertinya mengada-ngada.

Skor: 0.5

Rasio Repeat Borrower

Saat saya masih aktif menggunakan Tanifund, hampir 90% borrower Tanifund merupakan peminjam pertama tanpa track record pembayaran sebelumnya.

Skor: 0.5

Kualitas Borrower

Melihat kondisi Tanifund saat ini, maka sudah bisa dipastikan borrower Tanifund memiliki kualitas rendah. Hasil investigasi saya dan teman-teman lender lain malah menunjukkan adanya borrower yang memiliki risiko kredit macet tapi masih diberikan penggalangan dana.

Skor: 0

Prosedur Penagihan

Tanifund jelas tidak menjalankan fungsi monitoring dan penagihan dengan serius. Apabila mereka menjalankannya dengan baik, Tanifund tidak mungkin jatuh ke masalah besar seperti saat ini

Skor: 0

Kualitas Layanan

Skor aspek: 1/6

Ketersediaan RM

Tanifund dulu memiliki RM untuk membership diatas tingkatan tertentu. Dulu saya pernah menjadi member gold namun saya tidak menemukan perbedaan yang signifikan dari pelayanan CS/RM mereka.

Skor: 0.5

Kualitas Customer Service

Customer service Tanifund cukup responsif tapi tidak pernah memberikan jawaban yang memuaskan pada pertanyaan lender. Saat ini, saya meragukan apakah masih ada CS Tanifund yang tersisa

Skor: 0.5

Community Engagement

Tanifund saat ini menghilang bagaikan hantu. Mereka bahkan menolak menemui saya dan teman-teman lender ketika kami datang ke kantor mereka. Padahal sebelumnya mereka berkata mau menerima semua kedatangan lender untuk musyawarah.

Skor: 0

Produk Akhir

Skor aspek: 4/12

Ketersediaan pendanaan

Saat artikel ini ditulis, Tanifund sudah tidak lagi membuka pendanaan karena terlibat banyak kasus.

Skor: 0

Tenor pendanaan

Tanifund memiliki banyak variasi tenor dari 3 bulan sampai 12 bulan. Tentunya penilaian ini berdasarkan masa lalu Tanifund saat dulu masih membuka pendanaan

Skor: 2

Ketersediaan Aplikasi

Saat aplikasi ini ditulis, Tanifund telah menghapus aplikasi mereka dari Play Store maupun App Store

Skor: 0

Performa penggunaan

Karena aplikasi sudah tidak bisa digunakan, maka saya hanya akan menilai website mereka saja. Meskipun perusahaan dan bisnisnya berantakan, namun website Tanifund sebenarnya berfungsi dengan sangat baik dan dulu merupakan salah satu desain favorit saya.

Skor: 2

Ketersediaan Promosi

Tanifund dulu sangat rajin memberikan promo pendanaan dalam bentuk voucher pendanaan. Sama seperti voucher referral, voucher tersebut menambahkan modal pendanaaan sehingga nilainya akan lebih tinggi bila digunakan pada pendanaan tenor panjang. Tentunya saat ini tidak ada lagi promo apapun.

Skor: 0

Program Referral

Tanifund memiliki program referral dengan sistem pemberian voucher apabila ada yang mendaftar menggunakam kode referral kamu. Voucher ini menambahkan modal pendanaan kamu sehingga nilainya akan lebih tinggi bila digunakan pada pendanaan dengan tenor panjang. Tentunya program tersebut tidak lagi berjalan saat ini.

Skor: 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

[ A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z ]

A

Akseleran: AKSLADRIAN13403

ALAMI: ASIARI

Allianz Smart Poin: rvam2zmw

Ajaib : asia625

Amartha: IL035033 

Asetku: WVQXQ 

B

BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117

Bibit: ucleiaf

Bizhare: ASA8KHDU

BMoney: REF-KRJI0

Buddies: AdrZbvf

Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ

By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991

C

Canva: klik link disamping

Cashbac: adr01ak

Catchplay: langsung klik link tersebut

Crowdo: U051549

D

DANA: bltuDi

Deposito BPR by Komunal: AS2333

E

Easycash: WRo7Rsw

Esta Kapital: ZTVINT

F

Flip: SHIA6755

Fore Coffee: 5BA015

Fundtastic: FUN10287

G

Gradana: AS0302191555

Getplus: DWNXM6GDM

H

Halofina: AIE74C

Hangry!: ADRINALD

I

iGrow: IGWSIA1980

Indogold: 98532

Investree: LJGZ3 

J

Jenius: $asiaril

Jurnal: adriansiaril1 atau klik link disamping

K

Kapital Boost: BAT6M2

Kaspro: E57u7c

KoinWorks: 62507 

Koingold by Koinworks: KG-62507

Komunal: 1CE8460

Kredit Pintar: tanpa kode, langsung klik link tersebut saja.

L

Lakuemas: adrian2128

Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2

M

Makmur: 5UVNR3

Mekar: ADRIA2476 

Modalku: jdq73oc9 

Modal Rakyat: AS1817506638

N

NYALA: klik link disamping

O

OCBC NISP One Mobile: klik link disamping

OY: langsung klik link disamping

P

Pegadaian: PDS4ED81

Pluang: ADRI667294

Q

Qoala Plus: XM3KSRAL

R

Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7

S

Shopback: us3h2G

Shopee: ASIAR252

Sweet Escape : 1FSRH

T

Tamasia: MIK97TR

Tanamduit: ADRIA00INH7

Talenta: Klik link disamping atau masukkan talenta641

Tanifund: ADRR20

Tiktok: A729133701

Tokopedia: TPADR8548

Tunaiku: SASIARIL

U

Uangme: 7627

Y

Yesdok: ADRIANS1U

Yukk: asia48