Adrian Siaril

Review Komunal 2023, P2P Lending Produktif Asal Surabaya

Komunal adalah p2p lending pertama diluar Jabodetabek yang masuk top 10 recommended versi saya maupun lender sepuh lainnya. Wajar saja, Komunal membuat gebrakan besar sebagai fintech pertama yang sukses mendigitalisasi BPR (bank pengkreditan rakyat). Tapi, bagaimana dengan produk p2p mereka? Berapa skor yang akan mereka dapatkan dalam review ini?

Review 2023 ini menggunakan format baru yang lebih objektif, mendetail, dan ringkas. Apabila ini pertama kali anda membaca review 2023 saya, anda mungkin perlu membaca dulu penjelasan saya soal kriteria penilaian baru yang dijelaskan di tulisan ini. Singkatnya, angka 2 mengindikasikan penilaian positif, angka 1 merupakan penilaian netral, dan angka 0 merupakan penilaian buruk. Semakin tinggi skor keseluruhan suatu p2p, semakin tinggi rekomendasi saya pada p2p tersebut.

Untuk membaca review lama tahun 2021 sebagai perbandingan historis, anda bisa lihat review Komunal 2021 disini.

Skor dan Rekomendasi

Komunal  berhasil mendapatkan skor total 23 dari skor maksimal 46. Komunal jauh lebih fokus mengembangkan usaha deposito BPR mereka dibandingkan p2p lendingnya. Meskipun produk p2p lendingnya masih layak dilirik, namun lama kelamaan makin kalah dengan pemain p2p lain yang bergerak di segmen sama.

Apabila ingin mendaftar dan mencoba Komunal, saya mohon bantuannya untuk menggunakan kode referral saya 1CE8460 untuk mendukung kelangsungan blog ini. Terima kasih banyak sebelumnya!

Rangkuman Penilaian

Kelebihan KomunalKekurangan Komunal
Dua model bisnis yang bersinergi – p2p dan deposito BPRLaporan keuangan cukup memperhatinkan dan memiliki ketergantungan besar dari suntikan dana investor
Ketersediaan dan variasi tenor pendanaan
Transparansi manajemen

Latar Belakang Perusahaan

Skor aspek: 8/10

Suntikan Dana

Komunal sudah mendapatkan pendanaan seri B, baru saja dalam 24 jam sebelum tulisan ini dipublikasikan. Meskipun pendanaan seri B ini kalah daripada seri pendanaan p2p lain yang lebih besar, tapi hal yang luar biasa adalah Komunal mampu mendapatkan pendanaan disaat startup-startup justru sedang kehabisan uang dan sulit mendapatkan suntikan dana segar.

Sejauh ini sudah ada 5 pihak yang terlibat menjadi investor di Komunal antara lain  East Ventures, AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora and Gobi Partners.

Skor: 1.5

Laporan Keuangan

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2021, Komunal memiliki aset sekitar 3.7 milyar dengan liabilitas sekitar 2.1 milyar. Dengan kerugian bersih 1,4 milyar maka Komunal sebenarnya sudah hampir kehabisan uang selama 2022. Untungnya ada suntikan dana last minute di 2023.

Skor: 0.5

Latar Belakang tim Manajemen

Hendry memiliki pengalaman bekerja di bidang perbankan dan manajemen kredit di bank investasi internasional seperti Barclays Investment Bank dan Goldman Sachs di Singapura. Selain itu, Hendry juga dipercaya untuk mengelola manajemen resiko kredit di perusahaan multinasional Swiss Glencore dengan otoritas kredit mencapai 80juta USD. Hendry lulus dengan double degree dalam Manajemen Business Keuangan dan Akuntansi dari Singapore Management University. Pada tahun 2017, Ia juga menyelesaikan program Chartered Financial Analyst (CFA) dari CFA Institute, USA.

Rico memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di berbagai posisi strategis di bidang operasional dan perencanaan strategis di HSBC Bank, Toppan CFI Japan, Uni President Indonesia, Tetrapack China dan PT Indonesia Multi Colour Printing. Pada 2009, Rico meraih gelar Master di bidang Science dari National Cheng Kung University, Taiwan dan Magister Management dengan konsentrasi Keuangan dan Manajemen Investasi dari Universitas Surabaya pada tahun 2017.

Skor: 2

Budaya Perusahaan dan Persepsi Karyawan

Saya mendapatkan bisikan internal bahwa Komunal memiliki turnover karyawan yang lumayan tinggi. Saya tidak bisa memverifikasi kebenarannya karena observasi saya menunjukkan bahwa

  • Posisi penting masih dipegang oleh orang-orang lama
  • Jumlah karyawan meningkat terus
  • Komunal banyak mengadakan kegiatan bonding karyawan
  • Karyawan Komunal di media sosiual juga bangga membagikan pekerjaan mereka di Komunal

Skor: 2

Status Founder

Pak Hendry dan Pak Rico keduanya masih menjabat sebagai C-Level di Komunal. Saya bahkan masih bisa menemui langsung pak Rico di kantor Surabaya mereka.

Skor: 2

Mitigasi Risiko

Skor aspek: 6/8

Persentase Perlindungan Modal

Maksimal 90% dari modal macet.

Skor: 2

Reputasi Mitra Asuransi

Simas Insurtech. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar.

Skor: 2

Timeline Klaim Asuransi

Maksimal 30 hari sejak keterlambatan bayar di hari ke 91

Skor: 2

Skema Kerjasama Asuransi

Komunal memberikan jawaban yang cukup ambigu. Saya kutip langsung seperti ini

Komunal berkomitmen untuk mencairkan seluruh klaim sesuai hak lender

Memang sampai saat ini belum ada kasus dimana Komunal gagal mencairkan klaim asuransi, tapi berdasarkan informasi dari p2p lending lain, saat ini seluruh mitra asuransi kredit di Indonesia hanya menerima skema kerjasama ASO. Hal ini bisa saja berarti bahwa Komunal menggunakan dana provisi apabila skema ASO melebihi batas premi dibayar. Meskipun hal tersebut tidak sustainable, namun sesuai standar penilaian Komunal harus diberikan skor maksimal.

Skor: 2

Kualitas Borrower

Skor aspek: 7/10

Variasi Industri

Komunal memiliki kombinasi borrower yang sangat bervariasi sehingga mudah melakukan diversifikasi bagi lender yang rewel.

Skor: 2

Kelengkapan Informasi dan Transparansi

Komunal memiliki fund fact sheet yang cukup transparan dan lengkap untuk membantu lender menganalisa dan mengambil keputusan.

Skor: 2

Rasio Repeat Borrower

Data belum tersedia saat ini karena saya kesulitan melakukan riset. Pendanaan yang sudah terpenuhi di Komunal tidak lagi bisa dilihat detailnya, sehingga saya belum memiliki cukup data. Skor sementara 1.

Skor: 1

Kualitas Borrower

Data belum tersedia saat ini karena saya kesulitan melakukan riset. Pendanaan yang sudah terpenuhi di Komunal tidak lagi bisa dilihat detailnya, sehingga saya belum memiliki cukup data. Skor sementara 1.

Skor: 1

Prosedur Penagihan

Komunal tidak menginformasikan apapun perihal hal ini di website mereka maupun di dashboard pinjaman telat. Saya sedang menanyakan hal ini kepada CS Komunal. Skor sementara 1

Skor: 1

Kualitas Layanan

Skor aspek: 2/6

Ketersediaan RM

Tidak ada RM. Semua lender sama rata dilayani oleh CS. RM malah tersedia untuk produk deposito BPR.

Skor: 0

Kualitas Customer Service

CS Komunal cukup responsif ketika dihubungi lewat Whatsapp, tapi mereka butuh waktu lebih dari 1 minggu untuk membalas email saya! Saya paham bahwa email saya menanyakan banyak informasi penting yang mungkin butuh koordinasi lintas divisi, tapi alangkah baiknya kalau CS Komunal membalas dahulu email saya menginformasikan bahwa mereka butuh waktu mempersiapkan jawaban. Saya bahkan harus menghubungi RM deposito BPR saya untuk mengingatkan tim CS mereka membalas email saya.

Selain itu, jawaban yang diberikan ke saya pada akhirnya juga terkesan terburu-buru dan tidak mengandung informasi lengkap. Saya cukup kaget dalam hal ini karena berbeda sekali dengan ekspektasi saya terhadap Komunal dulu.

Skor: 1

Community Engagement

Di tahun 2021 dan awal 2022 Komunal sangat aktif berdialog dengan lender baik melalui webinar maupun grup Telegram, tapi frekuensi nya berturun drastis sejak akhir 2022

Skor: 1

Produk Akhir

Skor aspek: 7/12

Ketersediaan pendanaan

Semenjak dahulu, Komunal selaku konsisten menyediakan 2 sampai 5 pendanaan setiap waktunya. Hal ini sebenarnya jauh dari ideal bagi lender rewel yang selektif terhadap borrower karena membatasi pilihan mereka.

Skor: 1

Tenor pendanaan

Hal lain dimana Komunal sangat konsisten adalah dalam hal tenor pendanaan. Semua pendanaan di Komunal memiliki rentang tenor satu sampai empat bulan, dan jumlah pendanaan yang tersedia di setiap tenor juga tersebar merata.

Skor: 2

Ketersediaan Aplikasi

Tersedia untuk App Store Apple maupun untuk Play Store Google

Skor: 2

Performa penggunaan

Saya tidak memiliki keluhan dalam menggunakan web maupun aplikasi Komunal.

Skor: 2

Ketersediaan Promosi

Tim Komunal meng klaim bahwa tersedia promosi hanya dengan kata-kata “YA”, tapi saya tidak bisa menemukan promosi apapun di Komunal selama setahun terakhir.

Skor: 0

Program Referral

Saya memiliki kode referral Komunal, tapi saya tidak tahu ketentuan program referral terbaru. Tim Komunal tidak menjelaskan apapun tentang hal ini, dan saya tidak bisa menemukan informasi apapun juga terkait hal ini.

Skor: 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

[ A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z ]

A

Akseleran: AKSLADRIAN13403

ALAMI: ASIARI

Allianz Smart Poin: rvam2zmw

Ajaib : asia625

Amartha: IL035033 

Asetku: WVQXQ 

B

BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117

Bibit: ucleiaf

Bizhare: ASA8KHDU

BMoney: REF-KRJI0

Buddies: AdrZbvf

Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ

By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991

C

Canva: klik link disamping

Cashbac: adr01ak

Catchplay: langsung klik link tersebut

Crowdo: U051549

D

DANA: bltuDi

Deposito BPR by Komunal: AS2333

E

Easycash: WRo7Rsw

Esta Kapital: ZTVINT

F

Flip: SHIA6755

Fore Coffee: 5BA015

Fundtastic: FUN10287

G

Gradana: AS0302191555

Getplus: DWNXM6GDM

H

Halofina: AIE74C

Hangry!: ADRINALD

I

iGrow: IGWSIA1980

Indogold: 98532

Investree: LJGZ3 

J

Jenius: $asiaril

Jurnal: adriansiaril1 atau klik link disamping

K

Kapital Boost: BAT6M2

Kaspro: E57u7c

KoinWorks: 62507 

Koingold by Koinworks: KG-62507

Komunal: 1CE8460

Kredit Pintar: tanpa kode, langsung klik link tersebut saja.

L

Lakuemas: adrian2128

Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2

M

Makmur: 5UVNR3

Mekar: ADRIA2476 

Modalku: jdq73oc9 

Modal Rakyat: AS1817506638

N

NYALA: klik link disamping

O

OCBC NISP One Mobile: klik link disamping

OY: langsung klik link disamping

P

Pegadaian: PDS4ED81

Pluang: ADRI667294

Q

Qoala Plus: XM3KSRAL

R

Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7

S

Shopback: us3h2G

Shopee: ASIAR252

Sweet Escape : 1FSRH

T

Tamasia: MIK97TR

Tanamduit: ADRIA00INH7

Talenta: Klik link disamping atau masukkan talenta641

Tanifund: ADRR20

Tiktok: A729133701

Tokopedia: TPADR8548

Tunaiku: SASIARIL

U

Uangme: 7627

Y

Yesdok: ADRIANS1U

Yukk: asia48