Review Tokomodal – P2P lending micro tenor singkat

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Tokomodal dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 1 Juli 2019

Review kali ini ditulis menggunakan informasi dari rekan saya selaku pihak yang mencoba Tokomodal serta berhasil mendanai DAN menarik dana dari Tokomodal. Saya sendiri tidak pernah kebagian pendanaan di Tokomodal.

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Halaman FAQ di Tokomodal tidak bisa diakses sehingga saya kesulitan mempelajari latar belakangnya. Hanya tertulis bahwa nama legal mereka adalah PT Toko Modal Mitra Usaha. Tokomodal berusaha meningkatkan kredibilitas mereka dengan cara memajang foto dan nama lengkap jajaran direksi dan komisaris mereka. Saya mencoba menelusuri latar belakang orang-orang tersebut, dan kesan saya kurang meyakinkan karena hanya dua dari empat orang yang memiliki latar belakang transparan.

Tokomodal bekerjasama dengan Alfamart dalam hal menyalurkan dana, sehingga anda tidak perlu heran melihat hampir semua pinjamannya bertuliskan ” Pinjaman Usaha Alfamart “. Sepemahaman saya, Alfamart memang memiliki program sosial untuk membantu pelaku usaha mikro. Nah, sepertinya Alfamart bekerjasama dengan Tokomodal untuk menghimpun modal yang akan digunakan untuk membantu para pelaku usaha mikro tersebut.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Mirip sekali dengan Danamas dimana anda hampir tidak mungkin kebagian pinjaman karena berebutan dengan lender lainnya.

Sebenarnya jumlahnya tergolong banyak, namun masalahnya adalah plafon pinjamannya sangat kecil (umumnya dibawah 5 juta), sehingga satu pinjaman bisa selesai terdanai oleh satu lender saja.

Apabila anda memang seniat itu mau mendanai Tokomodal, maka harus menginstal aplikasi Tokomodal di HP anda agar bisa langsung funding ketika ada notification tentang pinjaman baru disana.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Seperti yang saya tuliskan diatas, hampir semua pinjaman di Tokomodal merupakan hasil dari program kerjasama dengan Alfamart. Semua pinjaman yang terlihat oleh mata saya juga memiliki tenor 7 hari dengan suku bunga 16%.

Jadi, variasi pinjaman dalam Tokomodal bisa dibilang nihil karena semua memiliki kategori sama, bunga sama, tenor sama, dan plafon yang tergolong kecil.

Apakah Tokomodal Aman?

Sejauh ini kelihatan aman, karena Tokomodal telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Saya juga tidak bisa menemukan pengaduan, laporan, berita, komentar, atau cerita tentang masalah besar dalam Tokomodal. Beberapa komentar negatif yang terlihat hanya karena ada keterlambatan pembayaran pinjaman yang sebenarnya sangat normal dalam dunia P2P lending.

Apakah Tokomodal penipu? Bukan kok, tenang saja. Maaf anda telah terjebak SEO saya.

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.ÔĽŅ

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Rekan saya menginformasikan bahwa minimal top-up dana adalah 300rb rupiah. Saya masih mempelajari apakah setiap pendanaan memiliki nominal investasi minimal yang sama atau berbeda-beda.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Pesan melalui Whatsapp dibalas dalam hitungan menit, bahkan saat hari Sabtu sekalipun. Untuk email, komunikasi dibalas dalam 30 menit – 2 jam, yang menurut saya sangatlah responsif. Kualitas balasan tergolong cukup lengkap dan tidak terkesan menggunakan template otomatis, namun rekan saya berpendapat bahwa mereka harusnya lebih transparan dalam menjabarkan masalah.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Melihat tenor pinjaman disini yang semuanya hanya berdurasi 7 hari, tentu likuiditas luar biasa tinggi. Plafon pinjaman yang rendah juga berarti proses penggalangan dana akan selesai dalam waktu sangat singkat, sehingga dana anda tidak nganggur lama-lama sebelum diberikan kepada peminjam.

Oh iya, sama seperti Danamas, bunga pinjaman anda diterima dimuka lho ūüôā

Aksesibilitas

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Design website sebenarnya cukup sederhana, namun banyak bug/error yang mengganggu navigasi. Contohnya, halaman FAQ tidak bisa diakses. Padahal halaman FAQ merupakan sumber informasi yang pasti banyak dibutuhkan orang.

Saya juga sering terkecoh antara perbedaan antara “pendanaan” dan “danai pinjaman”. Saya secara intuitif menganggap halaman “pendanaan” adalah halaman untuk memilih pinjaman, namun ternyata halaman tersebut hanya untuk pendana yang baru ingin mendaftar pertama kalinya.

Pendapat rekan saya yang menggunakan aplikasinya, bahwa tampilan di aplikasinya lebih mudah dipahami daripada websitenya.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Tokomodal telah menuruti aturan OJK yang mengharuskan P2P lending memajang NPL mereka secara real time di halaman depan website mereka. Per 1 Juli 2019, NPL Tokomodal menunjukkan 0 persen yang berarti tidak ada pinjaman gagal sama sekali dalam 90 hari terakhir.

Kendati demikian, rekan saya yang mencoba Tokomodal merasakan pinjaman macet meskipun hanya telat bayar selama dua minggu.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Pendanaan anda dikenakan biaya administrasi dan asuransi, sehingga harusnya bila terjadi gagal bayar, ada perlindungan yang menjamin pokok modal anda.

Saya berkata “harusnya”, karena Tokomodal tidak menulis pernyataan kuat tentang perlindungan modal ini. Asumsi saya hanya berdasarkan pengalaman dan analisa saya.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas program referral

Tidak ada program referral

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Menurut saya cukup baik. Semua orang yang meminjam di Tokomodal merupakan individu-individu hasil binaan Alfamart yang merintis usaha sendiri. Dengan mendanai pinjaman mereka di Tokomodal, tentu anda secara langsung membantu penghasilan hidup mereka.

Kesimpulan

Kelebihan Tokomodal

  • Pinjaman dengan plafon rendah berarti mengurangi risiko dana nganggur dan mempercepat likuiditas
  • Likuiditas yang luar biasa tinggi karena tenor yang singkat-singkat
  • Dampak sosial yang bagus

Kekurangan Tokomodal

  • Latar belakang perusahaan yang tidak jelas
  • Anda akan sangat kesulitan mendapat pinjaman disini
  • Website dipenuhi masalah teknis

Rekomendasi

Tokomodal memiliki keunggulan yang belum terkalahkan oleh P2P lending lainnya: likuiditas yang luar biasa tinggi.

Saya belum menemukan p2p produktif lain dengan likuiditas yang setinggi Tokomodal. Bahkan Danamas yang sepertinya menjadi inspirasi Tokomodal memiliki tenor dua kali lebih lama.

Apabila anda melirik p2p lending jenis konsumtif, tentu Easycash memiliki likuiditas yang lebih tinggi karena tidak memiliki tenor sama sekali, dan Asetku sayangnya sudah menghapus tenor 8 hari sehingga pilihan anda untuk likuiditas dibawah 10 hari tidak banyak lagi,

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang punya banyak waktu luang untuk mengawasi pinjaman baru di Tokomodal setiap saat, sehingga bisa langsung berebutan pendanaan
  • Investor yang mau mendukung program sosial milik Alfamart
  • Investor yang mau likuiditas sangat tinggi

Bandingkan website p2p lending lain?

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.