Efisien dan Efektif, Yuk Menggunakan Payroll Outsourcing Untuk Perusahaan

Sumber gambar: Unsplash.com
Sumber gambar: Unsplash.com

Beberapa waktu belakangan ini mungkin sering mendengar yang namanya payroll. Payroll merupakan sebuah tools yang mengurus urusan penggajian karyawan. Keberadaan payroll ini membuat perusahaan bisa dengan jelas dan detail dalam menggaji karyawannya berdasarkan peforma dan produktifitas para pegawainya.

            Urusan payroll sebenarnya bisa dilakukan secara manual oleh perusahaan. Namun bayangkan jika karyawan yang dimiliki berjumlah ratusan bahkan ribuan. Bukankah hal tersebut malah merugikan perusahaan karena biaya mengurus payroll yang begitu besar? Karena itu kini perusahaan-perusahaan skala menengah mulai mempertimbangkan payroll outsourcing sebagai solusinya.

            Karena dinilai lebih efisien dan efektif, tak salah jika perusahaan kini menggunakan payroll outsourcing sebagai salah satu hal yang membantu proses pengembangan karyawan dalam penggajian. Nah, untuk itu perusahaan perlu mengenal lebih dalam mengenai payroll outsourcing.

Apa itu payroll outsourcing?

            Dengan menggunakan payroll outsourcing perusahaan telah mempercayakan proses payroll kepada penyedia jasa payroll di luar perusahaan atau biasa dikenal dengan pihak ketiga (third-party). Penyedia jasa payroll ini dibayar perusahaan untuk mengelola dan menata proses payroll agar lebih mudah dan efektif bagi perusahaan mulai dari pengelolaan gaji karyawan, slip gaji, pajak bahkan bisa saja BPJS Perusahaan. Proses payroll outsourcing ini juga bisa dihubungkan langsung dengan department HRD, catatan bisnis, dan juga laporan kepada karyawan mengenai gaji mereka.

            Menggunakan payroll outsourcing juga lebih menarik karena perusahaan bisa memilih antara satu jasa penyedia payroll dengan penyedia lainnya. Di Indonesia sendiri sudah ada berbagai macam penyedia jasa payroll outsourcing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

            Pada umumnya payroll outsourcing ini melakukan tugas yang berkaitan dengan slip gaji karyawan, perhitungan bonus, pajak, insentif, serta pelaporan keuangan yang bisa dikirimkan langsung ke beberapa bagian perusahaan. Payroll outsourcing pada umumnya lebih professional karena mereka memang khusus menyediakan jasa layanan payroll ke perusahaan. Mereka terfokus dengan satu objek yaitu payroll sehingga perusahaan tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan jasa payroll outsourcing untuk urusan menggaji pegawai.

Mengapa menggunakan payroll outsourcing?

            Setiap perusahaan/pemilik usaha bisa mempunyai jawaban yang berbeda atas pertanyaan, mengapa menggunakan payroll outsourcing dalam urusan menggaji karyawan? Namun yang paling umum adalah karena payroll outsourcing lebih hemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Perusahaan tinggal membayar jasa payroll yang disediakan oleh penyedia jasa secara outsourcing.

            Alasan lain mengapa perusahaan disarankan untuk menggunakan payroll outsourcing karena dapat mempengaruhi produktivitas dan kebahagiaan karyawan di tempat kerja. Seringkali perusahaan terlambat memberikan gaji yang menyebabkan karyawan menjadi tidak produktif. Terlambat memberikan gaji dan membayar urusan seperti pejak dapat menyebabkan permasalah dalam perkembangan perusahaan.

            Payroll outsourcing merupakan langkah yang tepat untuk mempercayakan urusan administrasi gaji karyawan di tangan para ahli. Dengan payroll outsourcing, perusahaan juga bisa lebih fokus dalam mengembangan visi misi strategisnya. Urusan payroll pun tetap beres tanpa masalah.

Memilih payroll provider yang tepat

          Perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal dalam melakukan payroll outsourcing. Memilih payroll provider yang akan mengurus masalah payroll juga menjadi hal yang tidak boleh lupa untuk dipertimbangkan, ya. Berikut ini adalah hal-hal penting berkaitan dengan penyedia jasa payroll outsourcing.

  • Reputasi : Pastikan reputas payroll provider bagus dan juga selidiki apakah keamanan dan eror menjadi hal yang bisa diatasi oleh mereka dengan baik atau tidak.
  • Service level : Ketahui apa yang perusahaan butuhkan. Payroll provider menyediakan bebrabagi layanan mulai dari urusan gaji sederhana hingga pelaporan paychecks yang cukup rumit.
  • Harga : Menggunakan jasa payroll outsourcing memang lebih hemat daripada mengurus sendiri. Pastikan perusahaan tahu paket layanan mana yang dipilih untuk mengetahui berapa harga yang harus dibayar. Apakah perusahaan membutuhkan layanan pembayaran pajak dengan mudah? Atau hanya membutuhkan proses penggajian langsung ke karyawan?
  • Keahlian : Pilih payroll provider dengan pengalaman dan portfolio yang meyakinkan. Perhatikan juga tentang obligasi pajaknya, ukuran perusahaanya, serta spesifikasi keahlian payroll provider itu sendiri.

Salah satu penyedia layanan payroll outsourcing yang sudah terpercaya saat ini adalah LinovHR Payroll Outsourcing , ada banyak layanan yang ditawarkan oleh payroll outrsourcing LinovHR mulai dari pengelolaan salary slip, tax report, sampai pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, itulah hal-hal yang berkaitan dengan payroll provider yang perlu diketahui perusahaan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini disponsori oleh LinovHR dan saya nilai sesuai dengan nilai editorial yang saya junjung di blog ini, yakni objektif, informatif, dan kreatif.

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.