Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Jangan Mau Rugi: Dapatkan Rewards Saat bayar QRIS!

Sejak hadirnya QRIS di Indonesia, transaksi tanpa uang tunai (cashless) memang semakin praktis. Dompet pun semakin ringkas karena tidak perlu membawa kartu debit lagi. Namun, satu hal yang seringkali dikeluhkan oleh pejuang cuan seperti saya adalah: transaksi QRIS tidak memberikan rewards dalam bentuk apapun, berbeda dengan transaksi kartu kredit yang bisa memberikan cashback sampai penerbangan gratis.

Kendati demikian, sebenarnya ada beberapa metode pembayaran QRIS yang bisa memberikan rewards. Apa saja? Mari kita simak dibawah ini:

QRIS Livin by Mandiri

Dengan membayar QRIS menggunakan aplikasi Livin by Mandiri DAN memilih kartu kredit apapun sebagai sumber dana, kamu akan mendapatkan 1 livin poin per 50.000

Bila kamu memiliki kartu kredit Signature, Prioritas, atau world elite, 1 livin poin bisa setara 1 miles. Yang berarti, bila 1 miles dinilai setara 150 perak, kamu secara efektif mendapatkan 0.3% cashback dari transaksi QRIS kamu. Lumayan lah ya… daripada ga dapat apa apa.

Apabila tidak ditukarkan ke miles menggunakan skema 1:1, maka nilai livin poin bervariatif tergantung dari penggunaannya. Kamu bisa menukarkan livin poin dengan hadiah lain seperti voucher dan elektronik.

Tabungan M2U dari Maybank

Bila memiliki rekening M2U Maybank dan menjaga saldo rata-rata 10 juta, kamu bisa mendapatkan 10% cashback untuk transaksi QRIS dan kartu debit dengan nominal maksimal 200rb per bulan!

Namun, syaratnya cukup rumit. Kamu harus terlebih dahulu membuka rekening tambahan U goal saver (seperti tabungan berjangka) dengan minimal tenor 3 bulan.

Cashback QRIS ini akan masuk ke U goal saver tersebut sehingga uangnya tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus menunggu jatuh tempo dulu. Tetap lumayan sih untungnya!

Kartu Kredit Digital OCTO dari CIMB Niaga

Bila memiliki kartu kredit OCTO digital card dari CIMB Niaga, kamu bisa menikmati 10% cashback untuk transaksi QRIS melalui OCTO mobile dengan memilih sumber dana OCTO Digital Card. Nominal cashback per transaksi adalah 50rb dan nominal maksimal cashback setiap bulan adalah 100rb, jadi sebaiknya digunakan hanya untuk transaksi kecil.

Untuk memaksimalkan cashback, kamu bisa memiliki dua buah OCTO card: satu konvensional dan satu syariah, dengan limit maksimal cashback yang terpisah. Namun, jenis kartu konvensional dan syariah nya harus berbeda. Tidak boleh dua duanya VISA atau dua duanya Mastercard. Terimakasih untuk kokogiovanni yang sudah menginformasikan.

Kartu Kredit Platinum Syariah CIMB Niaga

Kartu syariah CIMB Platinum memberikan cashback berjenjang untuk semua transaksi seperti ini:

  • Spending ≥ Rp 1 juta < Rp 2 juta : 0.5%
  • Spending ≥ Rp 2 juta < Rp 3 juta : 1 %
  • Spending ≥ Rp 3 juta < Rp 5 juta : 2 %
  • Spending ≥ Rp 5 juta : 3 %

Berdasarkan chat saya dengan CIMB Preferred, transaksi QRIS diperhitungkan masuk dalam cashback bulanan. Lumayan, bisa dapat sampai dengan 3%!

Kesimpulan

Saat tulisan ini dibuat (23 Mei 2024), setidaknya ada 4 metode pembayaran dari 3 bank berbeda yang bisa memberikan rewards untuk transaksi QRIS. Seiring berjalannya waktu, bisa saja jumlahnya bertambah dan berkurang. Setelah membaca tulisan ini, sebaiknya anda memanfaatkan sebaik mungkin informasi dalam tulisan ini

Untuk memaksimalkan cashback QRIS dengan sebaik mungkin, tentu saja prioritas anda adalah dengan terlebih dahulu menggunakan tabungan M2U dan kartu kredit OCTO CIMB karena keduanya memiliki persentase cashback paling besar (10%).

Idealnya, anda hanya menggunakan QRIS Maybank maksimal sebesar 2 juta rupiah setiap bulan (karena cashback dibatasi maksimal 200rb/bulan) dan maksimal sebesar 1 juta rupiah untuk kartu kredit OCTO CIMB (karena cashback dibatasi maksimal 100rb/bulan). Kalau anda memiliki dua jenis kartu OCTO (Syariah dan konvensional), limit cashback yang diberikan terpisah, sehingga anda bisa memaksimalkan penggunaan QRIS 4 juta rupiah per bulan untuk mendapatkan cashback 400rb per bulan dari 3 sumber dana tersebut.

Sedangkan untuk CIMB Syariah maupun Livin Mandiri sebaiknya hanya digunakan apabila cap/batasan cashback 400rb rupiah sudah dihabiskan sepenuhnya. Prioritas kedua anda adalah dengan menggunakan sumber dana CIMB Platinum Syariah yang bisa memberikan cashback 3% maksimal 150rb per bulan). Idealnya, anda tidak menggunakan sumber dana ini lebih dari 5 juta per bulan.

Apabila cap CIMB Platinum Syariah berhasil anda habiskan juga (agak hebat ya bila anda bertransaksi QRIS sampai dengan 9 juta/bulan), maka pilihan terakhir barulah menggunakan Livin by Mandiri, yang hanya memberikan anda ‘cashback’ kira-kira hanya sekitar 0.3% saja. Namun, perolehan livin point ini tidak dibatasi setiap bulan!

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.