Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Kartu Kredit dengan Pembatasan Perolehan/Penukaran Poin

Mengumpulkan rewards atau poin menggunakan transaksi kartu kredit merupakan tren yang marak dilakukan di Indonesia dalam 3 tahun terakhir, karena hadirnya banyak reviewer kartu kredit seperti pinterpoin.com

Untuk menghadapi peningkatan nasabah yang mendadak cukup banyak, beberapa bank membatasi jumlah poin/dan atau rewards yang bisa didapatkan atau ditukarkan dalam suatu periode tertentu.

Dalam tulisan kali ini, saya akan membagikan daftar kartu kredit di Indonesia yang mengenakan kebijakan tersebut. Penting bagi anda untuk tidak melakukan pengeluaran berlebihan di kartu-kartu tersebut agar perolehan poin dan rewards anda optimal.

1. Mandiri Visa Signature

Kartu mid-tier dari bank Mandiri ini memberikan 2 livin poin setiap transaksi 20.000 rupiah.

Dengan rasio konversi 1:1, kartu ini berarti memberikan 1 miles setiap transaksi 10.000 rupiah. Namun, penting bagi anda untuk mengetahui bahwa 1 livin poin = 1 airline miles hanya berlaku untuk penukaran 1000 livin poin setiap bulannya, jadi earn rate 10k/miles hanya untuk transaksi senilai maksimal 10 juta pertama saja setiap bulannya.

Anda bisa menukarkan livin poin lebih dari 1000 per bulan, namun sisanya akan diproses dengan rasio 3:1, yang tentunya sangat merugikan karena membuat earn rate anda menjadi 20k/miles (untuk Garudamiles) atau 30k/miles (untuk miles lainnya).

Namun , terlepas dari pembatasan tersebut, manfaat lounge domestiknya membuat  kartu ini masih worth dipertahankan di dompet anda. Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan pembatasan perolehan di paper.id 100k/miles untuk seluruh kartu kreditnya, termasuk kartu ini.

Apabila anda mencari kartu kredit dengan kelas serupa dengan earn rate sekitar 10rb/miles, sebaiknya lirik kartu lain seperti UOB Privi Miles atau OCBC 90n

2. Mandiri Prioritas World Mastercard

Sama seperti pembahasan sebelumnya, Bank Mandiri membatasi jumlah poin yang bisa ditukarkan kartu ini dalam 1 bulan, serta pengurangan earn rate untuk transaksi yang dilakukan di Paper.id

Namun, berbeda dengan Mandiri VISA Signature yang hanya memberikan jatah 1000 poin/miles, pembatasan kartu ini adalah 50.000 poin/bulan, dan malah tidak dibatasi khusus untuk Garudamiles. Pembatasan ini menurut saya sangat wajar untuk sebagian besar orang diluar sana karena memberikan jatah transaksi sekitar 333 juta setiap bulan.

Selain memiliki manfaat lounge domestik, kartu ini juga memberikan kuota Dragonpass 3x/tahun untuk digunakan di lounge internasional, sehingga jelas kartu ini sangat saya rekomendasikan. Sayangnya, anda perlu menjadi nasabah prioritas bank Mandiri dengan dana 1 milyar untuk bisa mendapatkan kartu ini.

3. OCBC Voyage

Bila sebelumnya kita membahas kartu kredit Bank Mandiri, kita sekarang akan membahas kartu kredit nasabah “premiere” bank OCBC, yakni OCBC Voyage. Kartu ini membatasi maksimal penukaran 150rb poin setiap bulan (yang disebut dengan istilah Voyage Miles).

Selain itu, kartu ini juga tidak memberikan poin untuk pembayaran tagihan rutin dan layanan pemerintah (berlaku juga untuk 90n dan kartu kredit OCBC lainnya) – hal ini berarti tagihan listrik, pajak, telekomunikasi, dan lainnya.

Ada juga pembatasan nominal transaksi yang berhak mendapatkan Voyage Complimentary max 100 juta/bulan di Tokopedia, Blibli, Online Pajak, paper.id.

Apabila anda masih memiliki kartu ini, saya rasa masih cukup ok bila digunakan secara wajar. Namun perlu dicatat bahwa Voyage Complimentary sekarang dibatasi berdasarkan jumlah AUM (dana) anda yang ada di tabungan OCBC.

4.  Maybank VISA Infinite, BMW, dan MINI

Tiga kartu top-tier dari Maybank membatasi maksimal 200.000 treats point yang bisa ditukarkan dalam 12 bulan dengan rasio 1:1.Kamu tetap bisa menukarkan lebih banyak dari itu namun akan diproses dengan rasio 3:1.

Perlu dicatat bahwa limit penukaran terpisah untuk masing-masing kartu, jadi maksimal bisa ditukarkan 600.000 treats point per 12 bulan bila memiliki semuanya.

Untuk penggunaan maksimaI, setiap bulan, idealnya Visa Infinite tidak digunakan lebih dari 125 juta setiap bulannya, dan VISA mobil-mobilan tidak digunakan lebih dari 83 juta-an setiap bulannya (dengan asumsi di kategori tertentu) atau 160-an juta di semua kategori. Namun karena pembatasan ini dihitung penukaran per tahun, sifatnya jadi lebih fleksibel. Kamu bisa saja menggunakan lebih banyak di satu bulan lalu lebih sedikit di bulan lainnya.

5. BCA Amex Platinum

Kartu ini membatasi penukaran 3 juta membership rewards setiap 3 bulan (setara 80.000 miles) – pembatasan ini hanya berlaku untuk penukaran ke Garudamiles atau Krisflyer.

Diluar pembatasan tersebut, poin masih bisa ditukarkan namun dikonversi dengan skema 20.000 MR  = Krisflyer atau 22.200 MR = 100 Garudamiles. Apabila anda mau memaksimalkan penggunaan kartu ini dengan rasio yang ideal, idealnya hanya bertransaksi 600 juta setiap 3 bulan.

6. Kartu Kredit Jenius

Membatasi penukaran ke Garudamiles atau Krisflyer maksimal 1x per bulan (pilih salah satu). Kartu ini juga tidak memberikan poin di Paper.id, utilitas, BPJS, dan penerimaan negara dalam bentuk apapun.

Jenius masih bisa menjadi pilihan yang relatif baik untuk pemula di dunia kartu kredit, bila

bisa memanfaatkan fasilitas double Yay dengan baik, dengan catatan limit yang diberikan relatif cukup besar karena minimal penukaran poinnya besar untuk penukaran miles.

Dengan limit kecil, menukarkan miles di Jenius akan menjadi tantangan tersendiri karena akan lama sekali mengumpulkannya, dan tidak semua pemilik kartu kredit Jenius bisa melakukan ‘cycling’ – dimana kita membayar kartu kredit sebelum tagihan muncul untuk meningkatkan lagi limit kita.

Kesimpulan

Saya merekomendasikan setiap orang untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit top-tier, agar tidak terlalu bergantung pada satu kartu yang mungkin tiba-tiba dibatasi. Selain itu, buat juga strategi spending atau anggaran penggunaan untuk seluruh kartu kredit yang anda miliki. Misalnya, setiap bulan anda perlu bertransaksi 500 juta untuk keperluan bisnis, maka anda bisa mengalokasikan 100 juta pertama di kartu OCBC Voyage, 200 juta selanjutkan di kartu BCA Amex, lalu sisanya di Mandiri Prioritas.

Apabila  anda memiliki kartu kredit yang memberikan bonus poin di kategori tertentu (misalnya Jenius dan Maybank), maksimalkan perolehan poin dengan bertransaksi  kategori yang sesuai dengan kartu tersebut.

Terakhir, saya tidak merekomendasikan untuk ‘menimbun’ atau menabung poin terlalu lama, dikarenakan takutnya terjadi perubahan kebijakan yang merugikan.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 617

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.