Bagaimana Zomato Gold Bisa Untung?

Mencari kode referral Zomato Gold? Gunakan kode saya dan dapatkan bonus: ADRI7688

Penasaran bagaimana Zomato Gold bisa menguntungkan anda namun tidak menguntungkan Zomato sendiri?

Sederhana saja, Law of Diminishing Return yang tidak dirasakan oleh kita kita yang menggunakan Zomato Gold.

Hal ini unik karena Law of Diminishing Return (LODR) biasanya cenderung merugikan dan memiliki konteks negatif. Namun di kasus Zomato Gold, LODR yang dirasakan kita pengguna Zomato Gold malah menjadi keuntungan untuk mereka.

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita bahas saja contoh nyata.

Suatu hari saya dengan tujuh orang teman saya makan di restoran bernama Kaixin yang tentunya memiliki Zomato Gold dengan ketentuan beli satu makanan gratis satu makanan. Dari tujuh orang tersebut, hanya satu orang yang memiliki Zomato Gold, yaitu Joenoes.

Untuk mempermudah alur cerita disini, anggap saja kami ber 8 ini mempunyai nama grup ‘tim jomblo‘.

Zomato Gold memperbolehkan menggabungkan beberapa benefit member sekaligus, jadi supaya kita semua di tim jomblo mendapatkan promo secara adil, tiga orang diantara kami (sebut saja namanya Elbert, Ribkah, dan Panji) ikut daftar Zomato Gold.

Karena sudah ada empat orang diantara kami yang menggunakan Zomato Gold, maka kami cukup membayar empat makanan untuk mendapatkan delapan makanan untuk setiap orang di grup kami. Luar biasa!

Kami pun pulang dengan wajah dan hati bahagia.

Sepulangnya dari rumah, 4 orang yang masih belum menjadi member Zomato Gold (sebut saja Wandhi, Eunike, Cecil, dan Lorenzo) menjadi ikut tertarik untuk bergabung Zomato Gold, dengan alasan bila mereka bertemu dengan temannya yang lain (bukan grup kami), maka mereka juga bisa memanfaatkan promo tersebut dan bahkan membagikan kode referral mereka untuk meningkatkan durasi membership mereka.

Jadi seminggu kemudian, mereka masing-masing bertemu dengan teman-teman lain yang berbeda-beda (diluar tim jomblo) dan menjadi promotor Zomato Gold, membawa lebih banyak lagi orang untuk bergabung.

Bulan depannya, saya berkumpul lagi dengan tujuh orang di tim jomblo ini, di restoran bernama HAPPY yang juga memiliki ketentuan promo beli satu makanan gratis satu makanan. Namun, karena kami semua sudah punya member gold, akhirnya hanya empat orang yang bisa memanfaatkan benefit member mereka, karena apabila semuanya ingin memanfaatkan benefit member mereka, maka masing-masing dari kami harus membawa satu orang lagi sehingga jumlah orang di kelompok kami menjadi 16 orang.

Keesokan harinya, Wandhi berkumpul bersama kawannya dari grup lain lagi (sebut saja namanya grup ‘preman‘) beranggotakan 3 orang lainnya. Wandhi ingin menunjukkan kekerenannya dengan menggunakan benefit Zomato Gold untuk membuat senang temannya, namun ternyata semua orang di grup bos-bos tersebut sudah memiliki member Zomato Gold juga sehingga hanya memerlukan dua orang yang menggunakan benefit mereka.

Demikian juga nasib tersebut dirasakan oleh Joenoes, Ribkah, Panji, dan semua orang di tim jomblo yang akhirnya selalu berebutan menggunakan benefit mereka supaya ‘merasa tidak rugi sudah membayar membership‘ – karena setiap orang yang mereka kenal, yang rutin bertemu mereka untuk makan, semua sudah memiliki Zomato Gold.

Pahamkah dengan cerita panjang tersebut? Zomato untung karena anda tidak bisa menggunakan benefit anda.

Siapapun yang mencetuskan ide Zomato Gold adalah seorang jenius, membuat hal buruk dalam model bisnis konvensional menjadi suatu hal yang menguntungkan.

Tentu saja Zomato Gold juga memiliki penghasilan lain, misalnya mungkin dari restoran yang membayar mereka untuk dipromosikan dan pemasang iklan, tapi tentunya penghasilan utama Zomato Gold adalah biaya membership yang sudah anda bayarkan tapi tidak bisa digunakan 🙂

Hal ini diperparah bila ada promosi lain yang ditawarkan di restoran tersebut, misalnya diskon kartu kredit, cashback uang elektronik, atau promosi dari restoran tersebut sendiri yang lebih menarik daripada promosi di Zomato Gold. Bisa bisa terjadi bahwa kita memilih promo lain yang bukan dari Zomato, sehingga semakin jarang lagi menggunakan benefit Zomato Gold.

Ada juga masalah bahwa kebanyakan makanan di Zomato Gold merupakan menu yang memang kurang diminati, dan biasanya beli satu gratis satu berlaku untuk menu yang sama, sehingga belum tentu orang mau menggunakan benefit Gold mereka bila makanannya memang tidak diminati.

Sejauh ini, saya hanya menggunakan promosi “makanan 1 gratis 1” sebagai contoh, padahal ada jenis promosi Zomato Gold lainnya yaitu dua minuman gratis dua minuman. Tanpa perlu membahas promosi yang satu ini, saya harap anda sudah paham bahwa promosi minuman ini malah membuat anda semakin rugi (ketimbang promosi jenis makanan) karena anda perlu mengajak tiga orang lainnya untuk memanfaatkan benefit Zomato Gold nya, apalagi menimbang harga minuman yang cenderung lebih murah daripada makanan, menggunakan benefit-nya menjadi semakin tidak worth it .

Bicara soal iklan, dengan menggunakan Zomato Gold, anda juga menjual informasi pribadi anda kepada Zomato, karena dengan menggunakan Zomato Gold anda memberitahu Zomato:

  1. Anda makan dimana.
  2. Pada pukul berapa.
  3. Frekuensi loyalitas anda.
  4. Dan informasi lain yang saya tidak kepikiran.

Data data tersebut tentunya digunakan Zomato untuk dianalisa para pemasang iklan yang menggunakan metode ‘targeting‘.

Kendati demikian, bukan berarti saya berkata anda tidak usah ikut-ikutan mendaftar menjadi Zomato Gold. Apabila anda memang bergaul dengan orang-orang gaptek yang tidak kenal Zomato, atau teman-teman anda terlalu pelit untuk mengeluarkan uang sedikit itu, maka tentu anda akan selalu dicari-cari karena menjadi orang yang bisa membuat tagihan makan semakin murah 😀

Oh iya, apabila anda membaca sampai sini dan masih bertekad akan mendaftar Zomato Gold, tolong gunakan kode referral saya ADRI7688 untuk mendapatkan diskon – juga membantu saya supaya balik modal dalam keanggotaan Zomato Gold ini.

Bicara soal balik modal, saya telah menghitung bahwa biaya yang anda bayarkan untuk membership Gold ini kira-kira balik modal (break-even) apabila anda menggunakan benefit-nya sekitar empat sampai dengan delapan kali setahun, tergantung dari nilai harga makanan yang anda dapatkan sebagai buy one get one-nya. Ini sebabnya benefit referral Zomato Gold memberikan perpanjangan durasi bagi sang referrer, agar ia bisa memanfaatkan waktu yang lebih panjang untuk memanfaatkan benefit Gold nya sebaik-baiknya.

Sekian, semoga menjawab penasaran anda tentang bagaimana Zomato Gold bisa menguntungkan perusahaan Zomato. Tidak ada perusahaan yang membuat produk untuk rugi, pasti mereka sudah pikirkan baik-baik agar untung.

Update Mei 2019: Bagaimana Dengan Zomato Gold Starter Pack

Zomato memperkenalkan plan baru ZOMATO GOLD STARTER PACK yang hanya bisa digunakan tiga kali. Apabila anda membaca artikel ini dari awal sampai habis, tentu anda sudah bisa menentukan sendiri apakah plan ini lebih menguntungkan daripada Unlimited.

Bagi saya sendiri, plan starter pack ini jauh lebih menguntungkan, apalagi bonus referral yang ditawarkan dalam plan ini adalah satu kali bonus unlock per referral. Sayangnya saya terlanjur mendaftar plan lama yang tentunya tidak bisa dipindahkan atau diubah.

Saran saya, bila anda baru mendaftar Zomato, cobalah dahulu starter plan-nya. Apabila anda berhasil menghabiskan seluruh benefit starter plan dalam kurun waktu tiga bulan atau kurang, berarti anda akan lebih untung bila menggunakan Zomato Gold Unlimited.

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

7 Responses

  1. unknow

    saya juga sebagai member zomato gold, sudah cukup sering menggunakannya, dan baru-baru ini saya iseng nanya ke manager kafe yang bisa menggunakan zomato gold, saya nanya beli makan buy 1 get 1 apakah yang free nya dibayar oleh zomato? katanya tidak, lalu untungnya dimana untuk restorant/kafe, ya untungnya di promo, saya cukup kaget dan merasa kasihan. dan saya tanya teman yang punya renstorant di kemang, apa bener zomato gold yang free nya tidak diganti oleh zomato, katanya tidak dan ini sebenarnya tidak begitu menguntungkan. jadi kalau menggunakan zomato gold saya pikir lebih baik dipilih kafe atau restorant yang sudah besar atau sukses, karena agak kasihan untuk yang kecil.

  2. Pembahasan yang menarik. Tapi seperti yang disebutkan unknow di atas, hal lain yang membuat Zomato untung adalah mereka tidak membayarkan gratisannya (setidaknya tidak seluruhnya) karena justru ini masuk budget promosi dari restoran itu sendiri.
    Sederhananya, menurut saya, ini seperti Anda buka lapak di e-commerce, lalu ingin lapak Anda lebih banyak dikunjungi atau barang yang Anda jual muncul di halaman pertama pencarian. Untuk bisa seperti itu, Anda harus membayar untuk menjadi seller premium atau membeli slot promoted (saya melakukan ini untuk barang jualan saya di BL dan Toped).
    Bedanya di kasus Zomato Gold (ini cuma dugaan saya), restoran yang berpartisipasi tidak membayar Zomato untuk bisa dipromosikan, tetapi dengan ikut dalam skema diskon ini. Jadi konsumen untung karena bayar murah untuk dapat promo sepanjang tahun, Zomato dapat uang banyak dari membership, sementara restoran mengeluarkan biaya promosi dengan ikut dalam skema Zomato Gold dan bayarin buy 1 get 1-nya konsumen.

  3. Hi. I have checked your adriansiaril.com and i see you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank
    high in google. But you can fix this issue fast. There is a tool that rewrites content
    like human, just search in google: miftolo’s tools

  4. daniel

    Revenue Business Model yang dipakai zomato gold ini merupakan win-win situation buat semua pihak, Pihak restaurant mendaftarkan diri mereka sebagai partnership zomato gold dengan gratis sehingga promo buy-1-get-1 yang diberikan restaurant merupakan loss bagi restaurant, tetapi restaurant mendapatkan keuntungan marketing dari zomato agar untuk meningkatkan flow customernya. Zomato gold mendapatkan keuuntungan dari biaya membership saja (Zomato Gold). Selain itu zomato juga menawarkan biaya marketing tersendiri (berbeda dengan zomao gold) kepada pihak restaurant untuk restaurant agar ditempatkan di top restaurant collection pada aplikasi zomato itu sendiri. Sehingga semua pihak sebenarnya diuntungkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.