Review Sweet Escape Bahasa Indonesia

Artikel ini menggunakan struktur piramida. Poin penting dibahas singkat di bagian awal dan penjelasan mendetail menyusul dibawah.

Mencari Kode Referral Sweet Escape? Klik link ini untuk otomatis menggunakan kode referral saya dan mendapat bonus

Kesimpulan

Baik atau tidaknya pengalaman kamu menggunakan Sweet Escape hanya bergantung pada satu faktor: Siapa fotografer yang kamu dapatkan.

Hal ini karena tim Sweet Escape sendiri sebenarnya cukup baik (customer service maupun editor), namun banyak fotografer Sweet Escape yang kemampuan fotografi dan/atau etos kerjanya kurang baik.

Kualitas Fotografer

Benar-benar bagai membeli kucing dalam karung. Saya telah berdiskusi dengan beberapa teman saya yang juga menggunakan layanan Sweet Escape dan semuanya setuju kalau kualitas satu fotografer bisa berbeda jauh dengan fotografer lainnya.

Sebenarnya hal ini wajar dalam dunia seni karena fotografer sebagai seniman punya visi kreatif yang berbeda-beda. Sweet Escape sudah memitigasi masalah ini dengan cara mensentralisasikan tim editing foto di Bali alias tidak memperbolehkan setiap fotografer mengedit karyanya sendiri.

Namun dari segi kemampuan fotografinya sendiri, Sweet Escape nampaknya masih perlu berbenah banyak. Saya mendapatkan seseorang yang sebenarnya merupakan graphic designer, bukan fotografer. Ia hanya membawa satu buah lensa 24mm f1.4 yang meskipun bagus, namun memiliki banyak limitasi dalam suatu sesi fotografi.

Teman saya yang lainnya mendapatkan seorang fotografer yang hanya bermodalkan lensa kit Sony 16-50. Saya tidak mempermasalahkan bahwa lensa kit itu tidak pantas digunakan untuk pekerjaan profesional. Tiga karya saya yang memenangkan lomba fotografi semuanya difoto menggunakan lensa kit 18-55. Namun sebagai profesional, harusnya membawa lensa lain untuk fleksibilitas memenuhi keinginan client. Bagaimanapun juga ada beberapa jenis foto yang tidak bisa didapatkan dengan lensa kit.

Hebatnya, fotografer teman saya yang bermodalkan lensa kit itu juga mengancam teman saya agar memberikan tip kepada dirinya. Apabila tidak, ia berkata bahwa ia tidak akan menyerahkan seluruh foto yang ia jepret ke tim Sweet Escape.

Layanan Customer Service

Kabar baiknya, pelayanan dari Sweet Escape tergolong memuaskan untuk saya, meskipun teman saya ada yang tidak setuju dengan pernyataan saya ini.

Saya memang hanya memberikan rating 3 bintang untuk sesi pertama saya bersama sweet escape, namun saya tidak mengirimkan keluhan tertulis apapun. Mereka menghubungi saya dan bertanya mengapa saya hanya memberikan 3 bintang, sehingga sayapun dengan senang hati menceritakan kekecewaan saya berikut ini:

  1. Saya mendapatkan jatah 70 foto dan kesulitan menghabiskan kuota tersebut karena banyak foto yang mirip (hanya diambil dalam mode burst) atau memang kurang bagus.
  2. Fotografernya datang terlambat dan pulang lebih awal.

Mereka merespons lumayan cepat (dalam hitungan menit) dan tidak terkesan cuek menginvestigasi masalah saya. Setelah saya melampirkan bukti-bukti yang memperkuat komplain saya, mereka berkata akan mendiskusikan solusi terbaik secara internal.

Kualitas Resolusi Atas Permasalahan

Dua hari kemudian, mereka memberikan $50 credit kepada saya dan menambahkan jumlah foto yang bisa saya pilih di sistem mereka. Anehnya, foto-foto yang baru ditambahkan tersebut hampir semuanya bagus-bagus! Saya tidak paham kenapa foto-foto tersebut tidak masuk dalam screening pertama. Apakah karena editornya tidak suka, atau karena fotografer nya memang tidak mengirimkan.

Oh iya, mereka sebenarnya sempat melakukan kesalahan dengan menambahkan foto-foto orang asing di album saya. Saya yakin ini hanya masalah human error yang sangat jarang terjadi, namun saya tidak bisa berhenti tertawa ketika hal tersebut terjadi. Mereka bisa menghadapi masalah legal serius apabila saya penduduk Amerika yang sangat sensitif terhadap isu privasi :p

Banyak yang bertanya kepada saya: “Kenapa kamu tidak minta refund saja? Kalau credit kan harus dipakai untuk Sweet Escape lagi. Kalau saya jadi kamu sih gamau lagi pake Sweet Escape, kan sudah dikecewakan”. Saya punya dua alasan:

  1. Seperti yang saya sudah sebutkan sebelumnya, kualitas sesi Sweet Escape sangat tergantung dari fotografernya. Saya ingin memberikan kesempatan kedua pada mereka.
  2. Sebagai orang yang pernah bekerja sebagai customer service sebelumnya, saya sangat menghargai customer service Sweet Escape yang sudah rela susah-susah menginvestigasi masalah saya.

Kualitas Promosi

Saat ini Sweet Escape banyak memberikan promosi besar-besaran terutama kerjasama dengan kartu kredit. Anda akan rugi parah jika order Sweet Escape tanpa menggunakan kode diskon apapun, apalagi diskon tersebut bisa digabung dengan penggunaan credit yang akan anda dapatkan bila menggunakan kode referral saya.

Namun pengalaman pribadi saya sendiri ada kekecewaan terhadap promosi mereka, dimana mereka menjanjikan mendapatkan bonus kanvas bila melakukan order h-7 s/d h+7 hari ulang tahun, namun setelah saya klaim ternyata seluruh proses pemotretan harus selesai di jarak tanggal tersebut. Terms and Conditions yang diberikan sangat tidak jelas dan customer service nya juga tidak bisa menjelaskan lebih lanjut.

Apabila anda bingung harus memilih potongan harga yang lebih besar atau bonus kuota download, saran saya selalu pilih harga yang lebih murah! Percayalah, anda tidak akan kesulitan memilih hanya 40 foto dari ratusan foto yang diambil. Sebagus-bagusnya seluruh sesi pemotretan, 40 foto pasti lebih dari cukup untuk merepresentasikan seluruh sesi pemotretan. Apabila anda memang kesulitan menyempitkan pilihan menjadi 40 foto mungkin anda perlu berkonsultasi dengan orang yang paham fotografi seperti saya, karena kami sudah terbiasa memilih yang terbaik dari sekian ratus gambar.

Tips Setelah Booking Terbayar

Anda sebaiknya stalk, research, dan telaah baik baik fotografernya. Memang nama belakang mereka tidak dimunculkan di aplikasi, namun anda boleh bertanya pada fotografer tersebut lewat fitur chat. Mintalah nama belakang mereka dan link ke portfolio mereka. Cek apakah karya karya mereka lumayan memuaskan.

Apabila anda kurang sreg atau merasa kurang oke, maka anda berhak menghubungi tim Sweet Escape untuk memohon pergantian. Anda tentunya harus menyampaikan alasan yang cukup kuat, jadi pintar-pintarlah mengarang kalimat yang meyakinkan, kalau perlu pura pura marah atau nangis (?).

Selain meneliti soal fotografernya, anda juga harus mempersiapkan konsep foto apa yang akan ada jalankan. Setiap fotografer Sweet Escape sebenarnya sudah punya template atau acuan sendiri yang bisa mereka gunakan apabila anda tidak memiliki konsep, tapi alangkah baiknya anda juga punya konsep yang bisa ditawarkan sehingga hasil foto anda lebih bervariasi dan memuaskan karena sesuai keinginan anda. Komunikasikan konsep yang anda inginkan, sedetail mungkin (kalau perlu sertakan foto acuan) kepada fotografer lewat chat aplikasi Sweet Escape.

Hal terakhir yang perlu diteliti adalah lokasi spesifik untuk sesi foto. Anda bisa meminta rekomendasi tempat foto ke sang fotografer, atau menentukan sendiri lokasi persisnya. Manapun yang anda pilih, anda wajib meneliti hal-hal berikut:

  1. Apakah ada biaya tambahan seperti tiket?
  2. Apakah diperbolehkan melakukan sesi fotografi disana?
  3. Seberapa luas tempat tersebut? Tempat yang sempit, apalagi kalau ramai, pasti menyulitkan anda.
  4. Berapa jenis latar belakang, yang bisa dipakai di tempat tersebut? Meskipun anda memilih sesi 2 jam foto, kemungkinan besar waktu tersebut hanya bisa digunakan di satu tempat, karena berpindah tempat akan memakan waktu apalagi kalau berjauhan
  5. Peak hour (jam ramai) di tempat tersebut. Lebih baik memilih jam dimana tempat tersebut tidak ramai. Google menyediakan informasi ini untuk beberapa tempat. Jangan khawatir, anda berhak mengajukan pergantian waktu kepada tim Sweet Escape.

Tips Persiapan Sebelum Sesi

Hal paling penting adalah jangan datang telat. Kalau perlu kamu datang 30 menit lebih awal untuk mempelajari lokasi, memikirkan konsep pemotretan, membeli tiket dahulu (bila perlu) dan yang paling penting menentukan lokasi bertemu (meeting point).

Pilihlah lokasi bertemu yang tidak mungkin ambigu, misalnya tempat pembelian tiket, gerbang utama, atau toilet, sehingga sang fotografer mudah menemukanmu. Beritahukan juga kamu pakai baju apa agar mudah diidentifikasi.

Ketika kamu sudah tiba, jam berapapun itu, kamu harus secepat mungkin mengirim pesan “i’m here” kepada sang fotografer. Hal ini penting agar kamu memiliki bukti bahwa kamu tidak datang terlambat. Bila tidak, fotografer mereka mungkin akan berbohong ke tim Sweet Escape dengan berkata bahwa kamu datang terlambat.

Menurut aturan resmi Sweet Escape, durasi pemotretan mulai dihitung ketika kamu telah bertatap muka dengan sang fotografer. Namun beberapa fotografer yang baik hati akan menghitung durasi ketika gambar pertama telah diambil. Hal ini murni kebijakan dan kebaikan setiap fotografer masing-masing, jadi jangan memilih lokasi ketemuan yang terlalu jauh dari lokasi pemotretan, karena kamu bisa membuang buang waktu berjalan kaki (kecuali sepanjang perjalanan tersebut ada spot-spot foto juga!).

Tips Saat Sesi Telah Mulai

Semalu apapun dan segugup apapun kamum janganlah takut untuk berkata TIDAK apabila kamu tidak nyaman difoto dalam posisi tertentu, dan juga jangan takut untuk memberikan perintah, masukan, saran, dan pendapat kepada sang fotografer. Ingat – kamu membayar mereka, jadi kamu punya hak penuh untuk menyampaikan isi hatimu.

Menimbang pengalaman teman saya yang ditodong uang tambahan dengan ancaman bahwa ia tidak akan mengumpulkan semua foto-fotonya ke tim Sweet Escape, jangan pernah mau dibodohi dengan trik ini. Bilang saja “tidak, terima kasih”, dan ketika sesi selesai, langsung laporkan tindakan tersebut ke tim Sweet Escape. Mereka akan menindaklanjuti langsung dan pasti akan lebih percaya pada ucapanmu.

Yang terakhir, jangan mau dirugikan secara waktu. Dalam kasus saya, fotografer saya menyelesaikan sesi 30 menit lebih awal daripada yang seharusnya. Ia berkata bahwa hal tersebut sangatlah normal, dan langsung pulang tanpa bertanya apakah saya ingin berfoto lagi. Hal ini yang menjadi basis komplain saya sehingga mendapatkan kompensasi dari tim Sweet Escape. Bila kamu memang sudah berfoto di semua tempat yang kamu inginkan dan masih ada sisa waktu, maka gunakanlah sisa waktu tersebut untuk mengambil candid candid , snapshot, atau bahkan foto portrait tanpa latar belakang. Kecuali bila kamu memang sudah sangat lelah dan tidak mood untuk foto lagi, maka silahkan saja mengakhiri lebih awal.

Setelah Sesi

Semoga saja sesi foto kamu memuaskah. Namun apabila tidak, seperti yang sudah saya bilang, jangan takut untuk mengajukan complaint ke tim Sweet Escape. Tanda-tanda bahwa sesi kamu layak di komplain antara lain:

  1. Kamu merasa jumlah foto yang bisa dipilih tidak banyak, alias kamu sulit menghabiskan seluruh kuota download karena sempitnya pilihan.
  2. Kamu merasa melakukan suatu pose yang bagus sekali namun tidak ada dalam daftar pilihan.
  3. Banyak foto yang mirip, hanya dijepret menggunakan mode burst dan semuanya dikumpul bersamaan.

Lampirkan dua hal berikut untuk memperkuat komplain kamu:

  1. Screenshot (tangkapan layar) dari percakapan kamu dengan sang fotografer.
  2. Data EXIF dari foto – foto yang kamu sudah download. Apabila kamu tidak paham apa EXIF itu, hubungi saya atau baca https://en.wikipedia.org/wiki/Exif
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

16 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Thanks reviewnya, Kak !
    Aku berencana menggunakan jasa sweet escape nanti untuk Honeymoon di Bintan. Review kakak sangat berguna sekali. Saya bisa memastikan dan mengantisipasi banyak hal sebelum saya benar-benar menggunakan jasa sweet escape ini.

    • Sama sama kak Nadya, semoga lancar ya persiapan Honeymoon nya. Jangan lupa pakai kode referral saya kalau jadi mau pakai sweet escape, lumayan jadi dapat diskon hehe

  2. Hi kak , aku izin bertanya apakah kita perlu menberi tips kepada fotograper ? Dan berapakah itu ? Terimakasih kak

    • Ga diwajibkan kak Sasa, tp boleh aja kalo mau kasih tips. Saya sejauh ini cm pernah kasi tips satu kali ke fotografer indonesia, karena kalau diluar negeri saya bingung nominal pantasnya berapa

  3. Saya bermasalah dgn cs sweet escape .Mereka bisa di telpon gk ya? Krns susah komunikasi dgb mereka melalui chat dan di replynya lama sekali.Jika ada informasi tersebut boleh saya dibantu.Saya setuju bgt term and condition mereka gk jelas akhirnya merepotkan saya sebagai calon manta customer

  4. Kak asiaril,

    Saya berencana untuk menggunakan jasa sweet escape, ada saran sebaiknya kita memilih fotografer siapa ?

    Dan kalau boleh di share, contact WA nya kak 🙂 Thanks a lot!

  5. Halo kak perkenalkan saya Purbasari W mhs MM UGM yg saat ini sedang melakukan penelitian untuk thesis saya mengenai rencana bisnis platform jasa photography. Saat ini saya sedang mencari narasumber yang pernah menggunakan platform jasa photography salah satunya adalah Sweetescape. Tujuan saya adalah untuk mendapatkan informasi terkait pengalaman konsumen setelah menggunakan platform jasa tersebut. Saya membaca blog kakak dan ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan untuk mendukung penelitian saya.
    Apakah kakak berkenan menjadi salah satu narasumber untuk penelitian saya?
    Terima kasih sebelumnya kak saya harap dapat bekerjasama dengan anda.

  6. You can certainly see your skills within the paintings you write. The sector hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe. At all times follow your heart. “The only way most people recognize their limits is by trespassing on them.” by Tom Morris.

  7. The other day, while I was at work, my sister stole my iphone and tested to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

  8. You actually make it appear really easy with your presentation however I find this topic to be really something that I believe I might by no means understand. It sort of feels too complex and extremely extensive for me. I am taking a look ahead to your next post, I will try to get the cling of it!

  9. Obecnie technologia pozycjonowania jest szeroko stosowana. Wiele samochodów i telefonów komórkowych ma funkcje pozycjonowania, a także wiele aplikacji do pozycjonowania. Gdy zgubisz telefon, możesz użyć takich narzędzi do szybkiego zainicjowania żądań śledzenia lokalizacji. Zrozumieć, jak zlokalizować telefon, jak zlokalizować telefon po jego zgubieniu?