A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Review Yesdok – Dokter online dengan harga terjangkau
person using black blood pressure monitor

Review Yesdok – Dokter online dengan harga terjangkau

 

Artikel ini menggunakan struktur piramida. Poin penting dibahas singkat di bagian awal dan penjelasan mendetail menyusul dibawah.

Mencari kode referral Yesdok? Gunakan kode referral saya dan dapatkan bonus: ADRIANS1U 

Kesimpulan

Yesdok memang tidak bisa dan tidak akan pernah bisa menggantikan jasa dokter konvensional. Namun dengan tarifnya yang sangat terjangkau, Yesdok menjadi pilihan terjangkau untuk mendapatkan rekomendasi obat dan informasi umum seputar kesehatan.

Kualitas Dokter

Ada harga, ada barang. Saya kira hukum alam tersebut juga bisa kita terapkan dalam kasus Yesdok. Di Yesdok, anda tentunya tidak bisa berharap menemukan dokter spesialis yang direkomendasikan teman-teman anda. Saya mencoba empat sesi Yesdok dan mendapatkan tiga orang dokter berbeda (ada yang orangnya sama), semuanya kakak-kakak muda cantik yang sepertinya belum lama lulus dari universitas-universitas ternama di Jakarta, seperti Tarumanagara dan Trisakti.

Yang namanya profesi, semakin banyak pengalaman tentu berarti semakin mahir di bidangnya. Melihat kualifikasi mereka yang sepertinya baru lulus, saya sempat meragukan kemampuan mereka dalam melakukan diagnosa – apalagi lewat video chat tidak memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan yang butuh kontak fisik.

Kendati demikian, faktanya ketiga dokter tersebut sama-sama memuaskan dalam menyampaikan diagnosa mereka meskipun tidak berbekal stetoskop dan alat medis lainnya. Tidak ada yang terkesan ragu-ragu atau terbata-bata dalam konsultasi saya.

Kemampuan mereka bertiga dalam menjelaskan soal obat juga layak diacungi jempol, sebab mereka menginformasikan kelebihan dan kekurangan obat berdasarkan pengalaman. Ngomong-ngomong, mereka memang akan selalu merekomendasikan lebih dari satu jenis obat.

Apa yang saya konsultasikan?

Saya berkonsultasi soal diare dua kali dan masalah tidur dua kali. Saya sempat curiga bahwa setiap dokter disana dibekali template menjawab dan cheat sheet rekomendasi obat, namun dua dokter berbeda yang menangani kasus diare memberikan rekomendasi obat yang berbeda, demikian juga dua dokter berbeda yang menangani kasus tidur saya juga memberikan solusi yang berbeda. Kesimpulannya, dugaan buruk saya salah.

Kualitas Teknis

Dua sesi terakhir saya di desktop (bukan aplikasi) memiliki masalah teknis dimana video sang dokter berhenti tepat di sisa waktu empat menit. Meningat konsultasi tersebut hanya tentang masalah tidur, saya malas untuk mengajukan komplain. Dalam salah satu sesi bermasalah tersebut, saya menekan tombol refresh sehingga hal tersebut mengakhiri paksa sesi saya dengan sang dokter. Anda tidak bisa melanjutkan sesi yang terputus, jadi jangan tekan tombol close atau refresh!

Dalam sesi bermasalah satunya lagi, sang dokter melanjutkan sesi konsultasi via chat. Tentunya hal ini tidak efektif karena mengetik tulisan memakan waktu, sehingga 1 menit yang seharusnya bisa mendapatkan cukup banyak informasi bisa saja habis untuk mengetik satu kalimat penjelasan saja.

Saya yakin anda bisa mendapatkan kompensasi bila mengajukan komplain dengan bukti kuat, namun melihat nominal harganya yang sudah cukup bersahabat untuk dompet, saya tidak niat untuk memperjuangkan sepeser uang tersebut.

Saya punya hipotesa bahwa teknis aplikasi desktop mereka masih dalam tahap uji coba. Untuk menghindari masalah teknis, sebaiknya konsultasi dilakukan lewat ponsel anda saja.

Dibandingkan Kompetitor

Industri dokter digital ini sedang dalam fase berkembang, sehingga memang ada pemain lainnya seperti Go-Dok dan Halodoc yang didukung Gojek secara langsung. Sebenarnya Yesdok menang telak bila dibanding Go-Dok dan tidak kalah telak bila dibandingkan Halodoc.

Permasalahannya, Halodoc menyediakan pilihan dokter yang lebih lengkap, dengan spesialisasi, dan bisa anda pilih sendiri, sedangkan Yesdok selalu memberikan anda dokter umum yang bahkan tidak bisa anda pilih siapa.

Halodoc memang berencana untuk membagi kategori dokternya menjadi gratis dan berbayar, namun saat ini (Mei 2019) mereka mengadakan promosi dimana semua dokter bisa dikonsultasikan secara gratis.

Halodoc juga unggul karena terintegrasi dengan layanan antar obat yang didukung oleh Gojek, sehingga obat yang direkomendasikan dokter Halodoc saat konsultasi bisa langsung diantar ke rumah anda oleh sang Gojek.

Semua hal tersebut membuat Yesdok kelihatan sebagai pilihan kedua karena Halodoc jelas-jelas memiliki keunggulan. Namun Yesdok sepertinya sadar dengan hal ini, karena mereka sangat sering membagi-bagikan saldo konsultasi gratis, sehingga bila dihitung-hitung, sebenarnya penggunaan Yesdok ya gratis juga.

Saran Saya

Selagi Halodoc gratis di bulan-bulan ini, gunakan saja Halodoc sebaik-baiknya, terutama untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mereka yang mungkin kemudian hari akan menjadi berbayar.

Sedangkan bila Yesdok sedang ada promosi saldo gratis, manfaatkan promosi tersebut sebaik-baiknya. Yesdok menerapkan masa berlaku seperti pulsa prabayar, sehingga anda bisa ‘menabung’ saldo Yesdok asal tidak sampai lewat masa berlakunya.

Ketika Halodoc telah selesai bakar uang dan tidak lagi memberikan konsultasi gratis, saatnya menggunakan saldo Yesdok anda. Semoga saja sih saat kita beralih dari Halodoc ke Yesdok, Yesdok akhirnya juga menyediakan dokter spesialis.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48