Aplikasi Perhitungan PPh 21 dan Slip Gaji Otomatis

PPh 21 dan gaji merupakan komponen yang rutin dihitung oleh bagian Human Resource Department (HRD) atau Finance tiap bulannya. Tentunya perhitungan yang manual akan menyita waktu lebih lama dan rentan akan kekeliruan dalam proses perhitungan. Kinerja staf menjadi terganggu karena fokus terhadap perhitungan yang melibatkan sederet angka dan akhirnya job desk lain yang lebih penting menjadi terbengkalai.

PPh 21 sendiri adalah kepanjangan dari Pajak Penghasilan Pasal 21. PPh 21 adalah pajak penghasilan berupa potongan dari gaji atas nama seorang karyawan atau inividu yang berkaitan dengan pekerjaan dan jabatan, jasa dan kegiatan yang dilakukan olehnya dan dikenakan pajak di negara ini. Setiap perusahaan wajib untuk membayarkan PPh 21 karyawan setiap periode tertentu.

Perhitungan slip gaji pun tak kalah merepotkan. Setiap bulannya semua gaji karyawan harus dihitung dan disesuaikan dengan jumlah absen karyawan, potongan yang berbeda tiap karyawan, dan sebagainya. Belum lagi ketika terjadi kesalahan perhitungan gaji dan proses print slip gaji gaji konvensional yang tampil dalam bentuk sulit dimengerti bagi karyawan. 

Guna slip gaji sebenarnya cukup simpel. Slip gaji berguna untuk bukti valid dari perusahaan untuk karyawan tentang besaran gaji yang diterima karyawan dan besaran pengeluaran yang harus dianggarkan perusahaan. Kedua pihak sebaiknya sama-sama menyimpan slip gaji.

Contoh slip gaji yang paling besar pemanfaatannya adalah perusahaan dapat mendokumentasikan pengeluaran rutin mereka untuk keperluan strategi. Sementara karyawan dapat menggunakannya untuk mengajukan cicilan barang di luar sana demi pemenuhan kebutuhan pribadi.

Dengan kesulitan yang ada, perusahaan harus mencari alternatif lain untuk memaksimalkan proses bisnis. Jangan sampai proses administrasi seperti perhitungan PPh 21 dan slip gaji akan memperlambat proses kinerja staf HRD dan keuangan.

Salah satu yang perlu perusahaan coba adalah menggunakan aplikasi otomatis yang membantu staf untuk menghitung PPh 21 dan slip gaji. Tetapi, tidak semua perusahaan memiliki infrastruktur teknologi dan informasi yang baik, sehingga menjadikan perusahaan semakin dibuat bingung mengenai otomatisasi perhitungan PPh 21 dan slip gaji.

Tidak perlu khawatir, LinovHR menyediakan solusi atas kesulitan perusahaan tersebut. LinovHR menyediakan aplikasi Payroll yang membantu perusahaan menghitung PPh 21 dan slip gaji setiap bulannya dengan akurat dan terjamin kerahasiaannya. Semua data yang tersimpan saling terintegrasi satu sama lain sehingga mempermudah staf untuk input dan memproses gaji karyawan setiap bulannya. 

Tinggal sekali klik pada satu aplikasi, staf dapat langsung mengirim gaji karyawan. Aplikasi Payroll LinovHR mempunyai tampilan mudah dipahami. Sehingga mudah digunakan bagi orang yang tidak terlalu melek teknologi sekali pun. Rasakan perbedaan kemudahan perhitungan perhitungan PPh 21 dan slip gaji otomatis dari Payroll LinovHR dibandingkan perhitungan manual. Untuk info lebih lanjut, hubungi LinovHR melalui kontak berikut.

Tulisan ini merupakan konten edukasi yang disponsori dan disediakan oleh LinovHR, salah satu software HRIS terkemuka di Indonesia

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.