Jurnal – Akuntansi Modern Millenial

Jurnal – Akuntansi Modern Millenial

Sekilas soal Jurnal

Jurnal adalah salah satu software berbasis full-online untuk pencatatan keuangan perusahaan. Perusahaan saya saat ini menggunakan Jurnal setelah sebelumnya mencoba software akuntansi terkemuka.

Alasannya, dengan sistem subscription yang terjangkau, sistem Jurnal selalu di update berkala tanpa harus membayar biaya ekstra, berbeda dengan software sebelumnya dimana setiap versi baru harus membayar license baru.

Jurnal dan Ekosistemnya

Jurnal berada dalam grup Mekari, yang juga memiliki produk Talenta untuk HRIS (Human resources information system), Klikpajak, dan Sleekr (HRIS yang lebih ringan dari Talenta)

Dibawah kepemimpinan grup Mekari, empat produk ini berkembang pesat sampai digunakan oleh startup-startup ternama. Perusahaan saya sendiri sebelumnya sudah menggunakan Talenta sebelum memutuskan bergabung ke Jurnal juga.

Mekari menginformasikan saya bahwa mereka berkomitmen melakukan integrasi agar keempat software tersebut bekerja lebih baik bila digunakan bersama, misalnya gaji dan reimbursement di aplikasi Talenta bisa tercatat otomatis di Jurnal, namun hal tersebut belum terjadi sampai saat ini.

Kendati demikian, pengguna salah satu produk Mekari tentu mendapatkan diskon tambahan khusus bila menggunakan produk Mekari lainnya.

Kelebihan Jurnal

Interface yang sangat mudah dipahami

Saya tidak memiliki latar belakang akuntansi sama sekali, sehingga memiliki kesulitan memahami cara penggunaan software akuntansi pada umumnya.

Jurnal didesain untuk pelaku UMKM yang memang tidak memiliki pendidikan akuntansi sama sekali, sehingga dibuat dengan tampilan antarmuka yang modern dan mudah dipahami.

Tentunya Jurnal dilengkapi juga dengan mockup interface untuk kita mencoba-coba dengan data sample sehingga tidak mengacaukan data asli perusahaan

Pilihan harga sesuai kebutuhan

Jurnal memiliki tiga jenis paket harga yang bisa dipilih. Tentunya semakin mahal harganya, semakin banyak fitur yang didapatkan. Ketiga paket ini disesuaikan dengan kebutuhan jenis bisnis pengguna. Semakin kompleks dan besar bisnisnya, maka membutuhkan semakin banyak fitur di paket yang lebih mahal.

Proses onboarding dan training

Ada dua jenis onboarding, yakni onboarding digital dimana kita bisa membuat demo company dengan panduan step-by-step berkali-kali sampai paham, serta layanan pelatihan gratis secara langsung dengan staf ahli Talenta. Proses pelatihan ini bisa dilakukan seharian penuh atau beberapa kali sesuai negosiasi, namun bisa dikenakan tambahan biaya bila terlalu sering dilakukan.

Jurnal memang lebih cocok digunakan oleh generasi millenial yang suka self-learning.

Tim support yang responsif

Tim support Jurnal bisa dihubungi kapan saja selama jam kerja menggunakan fitur live chat, dan mereka memang benar-benar membalas dengan cepat layaknya live chat, berbeda dengan ‘live chat palsu’ yang kerap kali digunakan perusahaan lain dengan waktu balasan ber-jam-jam atau bahkan satu hari kerja.

Ekstensi dan Fitur Tambahan

Mengadopsi konsep mirip software enterprise seperti Office 365, Jurnal pun memiliki app store tersendiri untuk membuat integrasi tambahan seperti koneksi ke POS atau HRIS non-Mekari. Salah satu fitur yang diandalkan di Jurnal adalah Jurnal Pay.

Jurnal Pay adalah fitur unik dimana kita bisa membuat invoice elektronik yang bisa diakses secara online oleh pihak tertagih. Pihak tersebut bisa melakukan pembayaran lewat tombol di invoice tersebut dan otomatis tercatat di catatan keuangan jurnal. Jurnal bekerjasama dengan Xendit selaku payment gateway agar bisa memproses transaksi secara sah menurut otoritas BI dan OJK.

Kendati demikian, Jurnal Pay mengenakan biaya pemrosesan transaksi yang cukup mahal, yakni

Virtual account : Rp 4.900
Kartu kredit       : Rp 2.200 + 3%

Biaya ini dapat dibebankan kepada pihak Perusahaan atau Pelanggan.

Kekurangan Jurnal

Memerlukan koneksi internet

Sebagai software berbasis online, Jurnal membutuhkan koneksi internet selama digunakan. Bila, terputus, maka tidak ada yang bisa dikerjakan di Jurnal, berbeda dengan software akuntansi lain yang bersifat hybrid dimana kita bisa bekerja secara offline lalu melakukan sinkronisasi ketika sudah online.

Tidak bisa mix and match fitur

Jurnal memberikan paket harga dan fitur yang sudah bersifat tetap. Bila kita hanya membutuhkan satu fitur tambahan maka belum bisa melakukan penambahan add-on secara satuan. Hal ini cukup memberikan perusahaan saya masalah, karena sebenarnya kami cukup dengan menggunakan plan pro, namun membutuhkan satu fitur tambahan yang hanya ada di plan enterprise.

Diskon dan Promosi Jurnal

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa pengguna produk Mekari apapun biasanya diberikan diskon untuk menggunakan Jurnal. Pada kesempatan tertentu Jurnal juga memberikan potongan harga.

Namun bila anda:

  • malas menunggu tanggal diskon Jurnal
  • belum menggunakan produk Talenta
  • dan malas membuang waktu untuk negosiasi dengan sales Talenta

Maka anda bisa saja mendaftarkan menggunakan kode referral saya untuk mendapatkan diskon instan 15% untuk berlangganan minimal 3 bulan

Link registrasi: https://my.jurnal.id/users/sign_up?referral_code=ADRIA21895

Kode referral: ADRIA21895

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.