A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Bisakah Mengurangi Pajak Secara Legal?

Bisakah Mengurangi Pajak Secara Legal?

Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara yang telah memenuhi kriteria wajib pajak. Selain dibayarkan tepat waktu, pembayaran pajak juga harus tepat jumlah sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Tetapi faktanya, banyak orang yang mengeluhkan tentang kewajiban pajak ini dengan alasan yang bermacam-macam. Karena mungkin, pemanfaatan atas pajak ini dirasa tidak dapat dirasakan secara langsung. Untuk itu, perlu diketahui bersama, bahwa melalui pajak yang telah kita bayarkan, kita telah turut membantu negara untuk terus maju serta meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada.

Pertanyaannya, apakah Anda termasuk pihak yang merasa terbebani dengan hal tersebut?
Kalau ya, Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara yang perlu Anda simak untuk mengurangi beban pajak yang efektif dan tentunya secara legal.

Alihkan Aset Tertentu Kepada Orang Lain

Pajak untuk beberapa jenis aset seperti kendaraan bermotor biasanya bersifat progresif. Misalnya, jika Anda memiliki 2 mobil pribadi, maka pajak kendaraan bermotor untuk mobil kedua tersebut akan lebih tinggi daripada pajak mobil pertama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda alihkan beban pajak tersebut kepada anggota keluarga. Bisa dengan menggunakan nama pasangan, anak, ataupun orang tua untuk kepemilikan kendaraan baru yang akan dibeli.
Cara itu akan membuat pajak terdistribusi, sehingga Anda dapat membayar pajak dengan nominal yang lebih rendah.

Manfaatkan Pengecualian Pajak

Jika Anda cermat, ada banyak sekali celah dari UU Pajak Penghasilan (PPh) yang bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi beban pajak Anda sehingga beban pajak yang Anda bayarkan tidak berlebihan. Misalkan, bila saat ini Anda sedang memiliki usaha pribadi, tentu saja ada pajak yang harus dibayarkan. Namun ternyata Anda bisa menguranginya dengan cara membentuk usaha bersama-sama dengan rekan Anda, dengan memanfaatkan sistem pembagian penghasilan sehingga bisa membantu mengurangi beban pajak. Jika Anda memanfaatkan sistem ini maka bisa membantumu untuk tidak terkena pajak tambahan karena penghasilan dari masing-masing anggota usaha atau bisnis tidak akan dikenai pajak seperti yang sudah tertulis pada UU No. 36 Tahun 2008.

Simpan Bukti Potong Pajak

Apakah Anda pernah mendapatkan potongan pajak dari pihak tertentu ketika menerima honorarium? Adanya bukti potongan pajak seperti ini, sangat bisa mengurangi beban pajak yang Anda tanggung, walaupun tidak mengurangi nilainya, sebab honorarium yang Anda diterima sudah melalui pemotongan pajak lebih dulu.

Namun, jika ternyata bukti potongan pajak itu hilang, maka Anda harus membayar pajak dua kali. Istilah lainnya ialah pengenaan pajak berganda. Jadi, simpan baik-baik dan laporkan bukti potongan pajak yang pernah Anda terima.

Berinvestasi pada Produk yang Rendah Pajak

Investasi bukan hanya memberikan keuntungan secara tunai, tapi juga memberikan keuntungan terkait pajak bagi para investor. Sebab pada beberapa produk investasi, hanya dikenakan pajak final dengan tarif yang relatif sangat kecil.
Misalnya saham dan reksadana, di mana pajak final yang dikenakan pada investor atas setiap penghasilan dari aktivitas penjualan saham adalah sebesar 0,1%, sementara untuk investasi reksadana pajak yang dikenakan 0%, alias tidak ada.

Membayarkan Zakat

Cara selanjutnya untuk mengurangi beban pajak Anda ialah dengan membayar zakat.
Anda hanya perlu mencantumkan jumlah zakat yang sudah dibayarkan, beserta lampiran bukti pembayaran zakatnya pada badan pengelola zakat, di laporan pajak tahunan.
Nantinya, penghasilan bruto Anda akan dikurangi secara otomatis, sehingga pajak yang perlu dibayarkan pun berkurang. Selain membantu mengurangi beban pajak Anda, cara ini sekaligus membuat kita beramal baik pada tempat yang baik pula.

Tingkatkan Dana Pensiun

Cara pertama ini bisa dilakukan jika Anda merupakan karyawan sebuah perusahaan, yang biasanya memiliki tabungan wajib setiap bulan untuk dana pensiun. Kontribusi Anda terhadap dana pensiun adalah salah satu instrumen pengurang beban pajak.
Besarnya Anda yang kita bayarkan setiap bulan tersebut, akan digunakan sebagai pengurang jumlah penghasilan yang dikenakan pajak. Sehingga jika dananya ditingkatkan, maka akan semakin kecil penghasilan Anda yang dikenakan pajak. Keuntungan lainnya, tabungan pensiun akan semakin meningkat.

Nah, dengan memastikan bahwa Anda telah melakukan hal-hal tersebut di atas, Anda dapat mengurangi beban tanggungan pajak Anda secara signifikan dan itu berarti menunjukkan bahwa Anda sudah bisa mengurangi pengeluaran Anda. Pastikan juga bahwa Anda sudah meminimalisir kemungkinan buruk untuk mengurangi adanya risiko kelebihan dan pembengkakan anggaran pajak Anda.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.