A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Agar Terbiasa Menabung Sejak Dini, Harus Bagaimana?

Agar Terbiasa Menabung Sejak Dini, Harus Bagaimana?

Apakah Anda sudah mempunyai gaji? Atau mungkin masih berupa uang jajan yang diberikan oleh orang tua? Dan apakah Anda pernah merasa bahwa setiap bulan uang jajan atau gaji Anda selalu habis, dan bahkan Anda harus mengandalkan kartu kredit untuk membayar beberapa hal yang di luar kendali Anda? Lalu, di saat ingin menabung, sudah tidak ada lagi uang tersisa untuk ditabung. Jadi setiap bulannya, uang yang Anda punya hampir selalu di-stretch sampai tanggal gajian berikutnya. Lelah, bukan?
Tentunya sudah banyak yang ingin atau mungkin sedang menabung, tetapi apakah Anda sudah tahu apa yang harus disiapkan ketika ingin menabung?

Menabung Itu Penting
Secara sederhana, menabung adalah kegiatan menyimpan sebagian atau seluruh uang yang dimiliki untuk kebutuhan lain di masa yang akan datang. Hal ini seharusnya akan dengan mudah dilakukan, mengingat pentingnya hal tersebut. Akan tetapi, masih banyak yang ternyata merasa kesulitan untuk menabung. Kebanyakan orang yang tidak pandai menabung kerap berpikir bahwa karena karir atau pekerjaan yang kian menanjak, nantinya akan memiliki uang yang banyak. Ada juga yang beralasan bahwa hidup itu hanya sekarang, sehingga kegiatan menabung akan sangat sulit dilakukan karena dinilai membatasi keinginan.
Tetapi perlu diketahui, seseorang yang bisa dibilang sukses itu ialah bukan yang mempunyai penghasilan banyak, akan tetapi orang sukses ialah yang pandai dan bijak mengatur sekecil atau sebesar apa pun uang yang dimilikinya.

Mulailah Menabung, Ikuti Langkahnya!

  1. Tentukan Goals
    Selain uang, tentunya Anda perlu menentukan tujuan. Ketika Anda ingin menabung, apa tujuanmu? Untuk biaya pernikahan, membeli rumah, atau dana di masa pensiun? Apa pun itu, Anda harus menentukan untuk apa Anda menabung.
  2. Catat dan Evaluasi
    Dua hal penting dalam pencatatan keuangan Anda ialah: catat pengeluaran dan pemasukan. Sudah sewajarnya Anda melakukan hal tersebut. Karena dengan demikian, Anda akan lebih mudah melacak siklus keuangan Anda.
    Setelah mencatatnya, Anda bisa meninjau ulang keuangan Anda dengan melihat dan mengevaluasi, mana pengeluaran yang terbilang boros dan tidak perlu, dan sebagainya. Nantinya, Anda akan terbiasa menilai dan menindaklanjuti siklus keuangan Anda agar menjadi lebih efektif.
  3. Tentukan Besarannya dan Pangkas di Awal
    Perlu diketahui bahwa menabung itu bukan menyisakan uang untuk ditabung. Tetapi sejak awal Anda mendapatkan pemasukan, Anda sudah memangkas uang tersebut untuk dijadikan tabungan. Misalnya, setiap bulannya Anda sudah menentukan akan menabung sebesar Rp300.000, maka setiap awal bulan atau pada saat Anda mendapatkan pemasukan, Anda langsung pisahkan uang tersebut untuk ditabung.
  4. Jangan Konsumtif
    Hindari membuat diri Anda terjebak dengan perilaku ini. Dengan Anda bijak dalam menentukan alokasi keuangan Anda sesuai kebutuhannya, itu tidak menandakan bahwa Anda seorang yang ‘pelit’, tetapi justru Anda sudah menghindari perilaku konsumtif dengan membatasi keinginan-keinginan Anda, yang mungkin, hanya berupa keinginan sesaat saja.
  5. Memanfaatkan Planner atau Buat Rekening Terpisah
    Saat ini, sudah banyak aplikasi atau tools yang khusus dibuat untuk merencanakan keuangan atau disebut juga sebagai Budgeting Planner. Anda dapat memanfaatkannya agar bisa lebih bijak dalam mengatur keuangan Anda, termasuk untuk tabungan. Atau juga Anda bisa membuat rekening terpisah, agar tabungan Anda tidak bercampur dengan uang Anda yang lain.
  6. Bangun Mindset
    Untuk memulai sebuah proses yang baik, biasanya tidak semudah apa yang sudah direncanakan. Tetapi bukannya tidak mungkin. Proses itu memang harus dilalui agar mindset di dalam diri terbentuk dengan sendirinya. Sambil berjalan, mulailah belajar dari hal-hal kecil, lalu biasakan. Sebab dengan terbiasa, hal sesulit apa pun akan menjadi mudah setelah mindset-nya tertanam dengan baik.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Raditya Dika, seorang komedian, penulis serta content creator ini dalam salah satu podcast-nya, bahwa menabung adalah proses pendewasaan dengan cara menunda kesenangan hari ini, untuk meraih kebahagiaan di masa depan. Untuk itu, yuk mulai menabung!

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.