Punya Duit Lebih, Investasi Ke Bisnis atau Paper Asset?

Pertanyaan ini sering menjadi dilema bagi pengusaha. Untuk menjawabnya, mungkin perlu sedikit cerita. Sebelum pandemi, saya pernah memperkenalkan p2p lending ke teman pengusaha saya. Dia tertawa dengan return p2p lending yang berkisar 12-24%, katanya jika uang tersebut ditempatkan di bisnisnya, hasilnya bisa 5 kali lipat dari p2p lending. Jadi, menurut dia, investasi tidak penting.

Namun, tibalah pandemi dan bisnis teman tersebut mengalami penurunan pendapatan sebesar 90% karena produk yang dijual bukanlah kebutuhan primer. Dari situ kita belajar bahwa investasi dan bisnis adalah dua hal yang berbeda. Dalam investasi, kita berusaha membuat uang bekerja untuk kita sendiri. Sedangkan bisnis adalah upaya mengkonversi waktu menjadi penghasilan. Oleh karena itu, kedua hal ini perlu dilakukan secara bersamaan dan tidak bisa hanya salah satu saja.

Investasi Terbaik untuk Pengusaha

Ini adalah pertanyaan yang saya terima saat webinar terakhir saya. Bagi yang sudah mengikuti blog dan konten saya, pasti tahu bahwa sebagian besar aset saya dalam bentuk reksadana, meskipun seringkali saya juga membahas investasi peer-to-peer lending. Oleh karena itu, jika ditanya apa investasi terbaik untuk pengusaha seperti saya, jawabannya tentu adalah reksadana. Reksadana sangat autopilot dan mudah, karena kita hanya perlu membeli dan mempercayakan kepada manajer investasi untuk mengelola uang kita.

Meskipun return reksadana tidak sebesar investasi lain seperti saham atau peer-to-peer lending, tetap saja reksadana bisa menjadi pilihan yang baik untuk diversifikasi portofolio. Namun, saya tidak merekomendasikan untuk berinvestasi 100% pada reksadana saja. Ada beberapa instrument investasi lain seperti deposito bank dan surat utang negara yang juga bisa cocok bagi pengusaha.

Baca Juga: Punya Banyak Kartu Kredit, Pilih yang Mana untuk Bayar?

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

14 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. It is truly a nice and helpful piece of information. I am satisfied that you simply shared this helpful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  2. Thank you, I’ve recently been looking for info about this subject for ages and yours is the best I have discovered till now. But, what about the conclusion? Are you sure about the source?

  3. An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  4. Thanks for another wonderful post. Where else could anybody get that type of info in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I’m on the look for such information.