Punya Banyak Kartu Kredit, Pilih yang Mana untuk Bayar?

Sebagai orang yang memiliki hampir 20 kartu kredit, saya kerap mendapatkan pertanyaan: apa tidak bingung mau bayar pakai yang mana? Pertanyaan ini mungkin ditanyakan oleh orang yang baru saja terjun ke dunia miles dan kartu kredit, karena orang yang sudah berkecimpung di dunia ini harusnya tidak akan menanyakan lagi pertanyaan tersebut.

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silakan kunjungi tautan ini.

Memiliki kartu kredit banyak bukan berarti kita harus menggunakan semuanya. Justru, mungkin kita hanya akan fokus menggunakan sebagian kecil, misalnya 1 sampai 3 kartu kredit terbaik kita dengan earning rate terbaik (yang mendapatkan poin paling cepat). Sedangkan, untuk kartu kredit sisanya, hanya akan kita gunakan bila ada ‘promo taktis’ saja.

Apa yang Dimaksud Dengan ‘Promo Taktis’?

Promo taktis adalah istilah RESMI yang digunakan di dunia perbankan untuk merujuk pada promosi produk yang sifatnya sementara. Dalam mengevaluasi kartu kredit, kita melihat dua jenis manfaat yaitu manfaat taktis dan manfaat permanen/non-taktis.

Manfaat permanen merujuk pada fitur kartu kredit yang berlaku sepanjang tahun/sepanjang masa sampai ada perubahan lebih lanjut, misalnya: cashback transaksi, mendapatkan miles, fitur tukar voucher, gratis menginap, gratis airport transfer, gratis masuk lounge bandara, dan lain-lain.

Sedangkan, manfaat taktis harus di cek berkala di website bank tersebut, untuk melihat promo apa yang sedang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut. Misalnya, diskon makan di restoran tertentu atau cashback di marketplace tertentu. Saya daridulu merekomendasikan untuk memanfaatkan promo taktis sebaik-baiknya dalam keseharian kita.

Memisahkan Kartu Kredit ke Dua Jenis: Taktis dan Non-Taktis

Di bagian awal tulisan ini saya sudah membahas bahwa kita sebenarnya hanya perlu rutin melakukan transaksi di kartu kredit terbaik kita. Kartu kredit yang akan rutin kita gunakan adalah yang saya sebut dengan istilah ‘non-taktis’. Mereka digunakan bila tidak ada promosi apapun yang ditawarkan saat kita bertransaksi.

Sedangkan, kartu kredit lainnya di kategori taktis digunakan untuk meraih manfaat dari promo-promo khusus yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut. Promo ini bisa berupa diskon tinggi atau cashback di atas 10%, yang jauh melampaui earning rate atau persentase cashback dari kartu kredit, yakni sekitar 4-6%. Contoh penggunaan kartu kredit taktis adalah saat makan di restoran favorit atau berbelanja di toko-toko tertentu. Penting untuk memeriksa ketersediaan promo sebelum menggunakan kartu kredit Anda.

Kenapa angka 4-6% menjadi patokan? Karena kartu kredit travel terbaik biasanya memiliki earning rate di ‘range’ tersebut. Jadi, kalau ada promo diskon atau cashback yang diatas 5%, biasanya saya memilih menggunakan kartu kredit taktis untuk mendapatkan cuan yang lebih tinggi.

Apa Kartu Kredit Non-Taktis saya?

Kartu kredit dalam kategori non-taktis digunakan untuk pengeluaran harian seperti belanja bahan pokok atau tagihan rutin. Kartu kredit ini difokuskan pada akumulasi poin atau miles, yang nantinya bisa digunakan untuk perjalanan atau imbalan lainnya. Tiga kartu kredit saya yang masuk dalam kategori ini adalah Mandiri Prioritas, City Prestige, dan CIMB World Accord.

Kesimpulan

Pemisahan penggunaan kartu kredit ke dalam kategori taktis dan non-taktis membantu Anda memaksimalkan manfaat finansial tanpa mengabaikan stabilitas keuangan. Pahami keuntungan setiap kartu, kelola utang secara bijak, dan patuhi prinsip-prinsip manajemen keuangan yang disiplin. Ingatlah bahwa strategi ini adalah alat untuk mengambil keputusan finansial yang lebih baik. Sesuaikan dengan situasi pribadi Anda, dan dengan pendekatan cerdas, pengelolaan kartu kredit akan lebih efektif dan menguntungkan.

Baca juga : Kartu Kredit: Gratis Makan di Bandara Soekarno Hatta

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. I was more than happy to seek out this net-site.I wanted to thanks on your time for this wonderful read!! I positively enjoying each little bit of it and I have you bookmarked to take a look at new stuff you blog post.