Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Kartu Kredit: Gratis Makan di Bandara Soekarno Hatta

Topik ini sebelumnya telah dibahas di Tiktok dan Instagram, meskipun mendapat respons negatif dari beberapa pihak. Jika Anda ingin mendapatkan pembaruan terbaru, silakan ikuti akun Tiktok atau Instagram saya. Saya secara rutin membuat pembahasan dalam format video sebelum akhirnya dijadikan tulisan di blog ini.

Anyway, langsung saja ke inti topiknya. Saya juga ingin tulisan saya singkat padat jelas sehingga tidak membuang-buang waktu anda.

Tulisan ini fokus membahas gratisan yang bisa anda dapatkan di bandara Soekarno Hatta Terminal 3 Ultimate menggunakan kartu kredit. Saya tidak bisa membagikan informasi perihal bandara lain karena saya hanya rutin bepergian dari CGK saja.

Miliki Dulu Kartu Kredit-Kredit Dibawah Ini

1. Kartu kredit Bank Mandiri: jenis Fengshui , Signature, Prioritas, World Elite

Apabila anda nasabah prioritas atau private, maka anda secara otomatis bisa mendapatkan Kartu kredit Prioritas atau World Elite, sehingga tidak perlu apply kartu jenis Fengshui atau Signature. Apabila anda nasabah reguler atau justru bukan nasabah bank Mandiri, pertimbangkan apply kartu kredit Fengshui atau Signature. Tentunya Signature lebih bagus, namun juga lebih sulit didapatkan.

Kartu kredit bank Mandiri memberikan akses lounge gratis di Sapphire Blue Lounge Terminal 3 domestik, atau potongan 100rb rupiah bila bertransaksi di Burger King, Pizza Hut, Delice Maison, Two Tigers, atau Costa Coffee

Kartu Kredit Mandiri Fengshui adalah kartu kredit entry level yang memberikan manfaat lounge domestik

2. DBS apa saja KECUALI jenis Live Fresh

Kartu kredit DBS memberikan manfaat satu minuman tall gratis di Starbucks Bandara. Khusus untuk Travel Signature dan World Black, juga memiliki akses Dragonpass yang bisa anda gunakan untuk mengakses lounge Plaza Premium Lounge di Terminal 3 Internasional (tapi tidak direkomendasikan karena rugi, lebih baik digunakan diluar negeri saja). Perlu dicatat bahwa untuk mendapatkan manfaat gratis Starbucks, kartu kredit DBS mewajibkan anda bertransaksi sejumlah nilai tertentu di bulan sebelumya – nominalnya berbeda-beda untuk setiap jenis kartu.

Mengingat Starbucks hanya bisa memberikan satu kali gratis untuk setiap orang (tidak bisa multiclaim meskipun memiliki banyak kartu), saya kurang merekomendasikan anda untuk apply kartu kredit DBS, apalagi prosesnya yang rumit sampai saya kritik di artikel ini. Cek pembahasan nomor 3 dan 4 dibawah untuk kartu kredit bank lain yang juga memberikan gratis Starbucks.

Kartu Kredit Digibank travel platinum dan signature bisa memberikan satu minuman Starbucks gratis

3. Kartu kredit BCA: BCA card platinum (yang gambar burung merak) dan Singapore Airlines VISA Infinite

Kedua kartu ini memberikan satu minuman starbucks TALL sama seperti bank DBS, namun tanpa harus ada syarat yang ribet seperti bank DBS. Anda hanya perlu memiliki salah satunya saja karena tidak bisa double claim. Apabila anda pemula di dunia kartu kredit, BCA card platinum lebih mudah didapatkan karena hanya membutuhkan limit minimal 20 juta saja, sedangkan Visa Infinite membutuhkan limit minimal 50 juta rupiah.

Kartu kredit BCA Platinum
Kartu kredit BCA Platinum
Kartu kredit BCA Visa Infinite

4. CIMB: Visa Infinite Regular, Visa Infinite Preferred, dan VISA Infinite Preferred Syariah

TIDAK LAGI BERLAKU PER TAHUN 2024 🙁

Sama seperti bank DBS dan BCA, memberikan satu minuman starbucks gratis ukuran TALL. Anda hanya perlu memiliki salah satunya saja, dan kalau anda sudah klaim menggunakan bank BCA atau DBS, anda tidak bisa dapat minuman Starbucks lebih dari satu. Untuk kartu jenis “Preferred” – sesuai namanya anda harus terlebih dahulu menjadi nasabah prioritas Bank CIMB dengan penempatan dana minimal 500 juta rupiah. Oleh karenanya saran saya coba saja apply yang regular.

5. Bank Mayapada: Jenis Platinum dan Signature

Mirip dengan bank Mandiri, kartu kredit bank Mayapada memberikan potongan 100rb rupiah untuk transaksi di Pizza Hut, Burger King, atau Delice Maison. Perlu dicatat bahwa anda BISA double claim kartu kredit Mayapada dan Bank Mandiri di kombinasi merchant yang berbeda. Simak contoh dibawah ini:

Klaim Bank Mayapada dan Bank Mandiri di Burger King: tidak bisa

Klaim Bank Mayapada di Burger King dan Bank Mandiri di Pizza Hut: bisa

Tapi, perlu dicatat juga bahwa Bank Mayapada tidak bisa digunakan di Costa Coffee dan Two Tigers, jadi rencanakan baik-baik sebelum menggunakan keduanya.

Kartu kredit Mayapada Signature
Kartu Kredit Mayapada Platinum

6. Kartu kredit JCB keluaran bank Indonesia apapun

Anda bisa mendapatkan satu donut dan minuman gratis dari Krispy Kreme dengan menggunakan kartu JCB keluaran bank apapun dari Indonesia. Sejauh ini ada dari BRI, BNI, Mandiri, CIMB, BCA, Maybank, Danamon, dan mungkin bank lain yang saya tidak tahu. Tentunya anda hanya bisa klaim satu kali ya meskipun memiliki banyak kartu kredit JCB.

Note: per tahun 2024, gratisan ini hanya berlaku apabila anda memiliki penerbangan internasional

Langkah Memaksimalkan Gratisan

Kalau anda nekat mau mengambil seluruh gratisan yang anda miliki, entah untuk alasan apapun (maruk, bikin konten, atau justru bersedekah seperti saya yang memberikan gratisan saya ke cleaning service), maka ikuti langkah dibawah ini:

  1. Datang setidaknya 3 jam sebelum penerbangan anda – karena anda butuh banyak waktu ngantri check-in, imigrasi, dan ngantri waktu klaim gratisan
  2. Check in dulu: anda butuh boarding pass untuk claim gratisan. Nama anda akan di cek dan dicocokkan antara boarding pass dan kartu kredit
  3. Mulai dulu di Starbucks atau Krispy Kreme, karena keduanya berada di area SEBELUM melewati imigrasi. Ambil dulu dua duanya menggunakan kartu JCB, dan kartu CIMB/BCA/DBS.
  4. Setelah itu, lewati imigrasi. Karena ada security check, anda perlu menghabiskan dulu minuman gratisan anda.
  5. Setelah melewati imigrasi, anda langsung akan menemukan Pizza Hut dan Burger King di Mezzanine. Ini kesempatan anda menggunakan kartu kredit bank Mayapada atau Bank Mandiri. Apabila anda memilih Costa Coffee, Delice Maison, atau Two Tigers, maka anda melewati Mezzanine dan langsung turun ke lantai Gate Departure
  6. Selesai. Dengan perencanaan yang tepat, anda bisa mengklaim gratisan bukan hanya untuk diri anda namun juga bisa dibagikan untuk rekan travel anda atau didonasikan ke cleaning service seperti yang saya lakukan.

Baca Juga : Pake Kartu Kredit, Mending nyicil 0% Atau Nabung Poin?

Ingin belajar tentang Kartu Kredit dan Mendapatkan Cuan Besar?

Apabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang disini –> C4: Cari Cuan Credit Card

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.