Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Warna Kartu Kredit bukan Patokan: Pahami Kelas Kartu Kredit yang Sesungguhnya

Saya ingat bahwa dulu teman saya berkata kepada saya: “wah, kartu kredit lu warnanya hitam, pasti bagus ya itu”. Hal tersebut wajar karena warna hitam memang identik dengan kemewahan, namun sayangnya stigma tersebut menimbulkan konsepsi yang salah di dalam dunia kartu kredit.

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silakan kunjungi tautan ini.

Pahami Konsep Grade Kartu Kredit

Ketika berbicara tentang kartu kredit, tidak hanya sekadar warna atau desain fisik yang perlu Anda pertimbangkan. Grade kartu kredit merupakan indikator penting yang menunjukkan tingkat eksklusivitas, kelas limit dan manfaat yang akan Anda nikmati. Grade ini biasanya berkaitan dengan faktor-faktor seperti penghasilan Anda, riwayat kredit, dan manfaat yang ditawarkan oleh bank penerbit. Semakin tinggi suatu grade kartu kredit, semakin tinggi juga syarat yang harus dipenuhi sehingga semakin sulit didapatkan.

Apa yang Dimaksud dengan Manfaat Kartu Kredit?

Manfaat dari kartu kredit mencakup berbagai keuntungan dan fasilitas yang ditawarkan oleh bank atau perusahaan penerbit. Umumnya, semakin tinggi suatu grade kartu kredit, semakin banyak juga manfaat yang ditawarkan. Keuntungan ini bisa sangat bervariasi, mulai dari diskon di berbagai merchant, akses ke lounge bandara, hingga perlindungan asuransi.

Bagaimana Mengetahui Suatu Grade Kartu Kredit?

Mengidentifikasi grade kartu kredit sebenarnya cukup mudah – anda hanya perlu mencari tulisan di samping atau bagian bawah nama principal kartu tersebut. Yang dimaksud dengan PRINCIPAL adalah nama perusahaan penerbit kartu – bukan nama banknya. Di Indonesia, hanya ada empat jenis principal kartu kredit yaitu VISA, Mastercard, JCB, dan Unionpay. Jadi, untuk mengidentifikasi kelas suatu kartu kredit. Anda tinggal melihat tulisan apa yang ada didekat nama principal tersebut. Contohnya, dibawah ini saya tunjukkan jenis kartu kredit Visa Signature terbitan bank Mandiri. Dalam contoh ini, berarti kelas kartu kreditnya adalah Signature.

 

Namun, tentunya anda perlu tahu grade apa saja yang tersedia di setiap jenis kartu kredit dan seberapa tinggi derajatnya. Anda bisa mengecek tabel yang saya kurasi dibawah ini.

Jenis KartuMastercardVISAJCBAmex Unionpay
Grade TertinggiWorld EliteInfiniteEternityPlatinumVIP
 WorldSignaturePrestigeGoldDiamond
 PlatinumPlatinumUltimateBlue PreferredPlatinum
 TitaniumGoldPreciousBlueGold
 GoldClassicPlatinumGreen 
Grade TerendahStandar (Putih) GoldEveryday 

Tidak Semua Grade Tersedia di Seluruh Negara

Perlu dicatat bahwa tidak semua grade tersedia di semua negara. Sebagai contoh – di Indonesia tidak lagi ditawarkan kartu mastercard jenis standar atau gold. Kartu kredit Mastercard grade terendah yang biasanya ditawarkan adalah titanium. Demikian juga dengan VISA – saya tidak pernah melihat gold ataupun classic di Indonesia. Dan itu merupakan hal baik untuk Indonesia, karena yang tidak terseia justru kartu kredit tingkat bawahnya, sedangkan kartu kredit grade tertingginya malah ada.

Sayangnya untuk JCB, justru kartu kredit tingkat atasnya yang tidak tersedia. Sampai artikel ini diterbitkan (Oktober 2023) – tidak ada kartu Eternity dan Prestige di Indonesia. Tingkatan tertinggi yang bisa didapatkan adalah Ultimate, dari bank CIMB atau BNI.

Grade Sama, Belum Tentu Manfaat nya Sama

Selain itu, perlu juga dipahami bahwa empat jenis kartu kredit diatas harus bekerjasama dengan bank lokal untuk bisa mengeluarkan kartu kredit. Nah, manfaat kartu kredit yang diterbitkan diatur melalui kesepakatan si issuer (bank lokal) dan principal (empat merk diatas). Akibatnya, dua kartu dengan grade sama yang diterbitkan oleh dua bank berbeda bisa saja memiliki manfaat berbeda. Sebagai contoh – kartu kredit JCB Ultimate terbitan Bank BNI memiliki manfaat yang berbeda dengan JCB Ultimate terbitan bank CIMB.

Nah, oleh karenanya, selain hanya menyeleksi kartu kredit berdasarkan grade nya, perlu juga memahami manfaat yang ditawarkan.

Baca juga : Ajukan Kartu Kredit Semua Ditolak, Kenapa Ya?

Ingin belajar tentang Kartu Kredit dan Mendapatkan Cuan Besar?

Apabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang disini –> C4: Cari Cuan Credit Card

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.