Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Saatnya Move On: Pindahin Saham ke Sekuritas Ini, Kok Malah Dapat Bonus?

Dalam melakukan transaksi pembelian maupun penjualan saham, kita harus membuka akun sekuritas di suatu perusahaan broker, yang kemudian meneruskan transaksi kita ke BEI (Bursa Efek Indonesia). Kita tidak bisa melakukan transaksi langsung ke bursa tanpa perantaraan broker. Ibaratnya, akun kita di sekuritas adalah rekening bank, sedangkan BEI adalah bank sentral Indonesia.

Ilustrasi transaksi saham sesuai dengan edukasi dari OJK. Anggota bursa yang dimaksud adalah broker

Nah, beberapa investor saham pemula biasanya melakukan kesalahan dengan membuka rekening di banyak sekuritas (saya juga jatuh dalam kesalahan ini). Bisa saja kamu merasa tidak cocok dengan aplikasi atau pelayanan dari sekuritas tersebut dan ingin pindah ke sekuritas lain dengan harapan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Masalahnya, membuka rekening sekuritas tidak semerta-merta otomatis memindahkan saham yang sudah kita miliki di sekuritas lama ke sekuritas baru, dan memindahkan saham dari satu sekuritas ke sekuritas lainnya tidak semudah melakukan transfer uang dari satu rekening bank ke rekening lainnya.

Meskipun portfolio seluruh saham dari banyak sekuritas terkonsolidasi (tergabung) di dalam portal AKSES (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang disediakan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), namun portal AKSES hanya bisa untuk melihat saja dan tidak bisa untuk melakukan transaksi apapun. AKSES KSEI juga tidak secara otomatis menghitung potensi kerugian dan keuntungan kamu karena tidak secara akurat mengetahui harga pembelian saham kamu. Jadi, kamu masih harus membuka satu per satu aplikasi atau layanan dari setiap sekuritas untuk mengecek potensi kerugian dan keuntungan dari setiap saham yang ada di portfolio kamu. Repot banget ya?

KSEI melakukan rekap portfolio kita dari berbagai sekuritas, tapi tidak bisa melakukan perhitungan untung rugi serta tidak bisa melakukan transaksi

Itu sebabnya, saya merekomendasikan hanya memiliki maksimal 2 sekuritas saham saja, satu untuk investing dan satu untuk trading. Apabila hanya fokus di salah satu strategi saja, bahkan sebenarnya satu sekuritas saja sudah cukup. Pilih saja satu atau dua sekuritas yang pelayanan dan aplikasinya paling kamu sukai, dan pindahkan saham di sekuritas lain ke dua sekuritas tersebut.

Masalahnya, saya menilai proses pemindahan saham sekuritas cukup ribet, dan tentu saja sekuritas tidak memiliki insentif untuk mempermudah ataupun mempercepat prosesnya – siapa sih yang memangnya mau kehilangan klien? Itu sebabnya kebanyakan dari sekuritas membuat proses pemindahan saham yang rumit, seperti harus mengisi form kertas, konfirmasi via telepon, dan bahkan mengenakan biaya proporsional sesuai jumlah kode saham dan lembar lot yang ingin dipindahkan. Tidak jarang, marketing dari sekuritas tersebut biasanya juga akan menghubungi kamu untuk mempertimbangkan ulang keputusan tersebut.

Pindahkan Saham Cukup dari HP, Malah Dapat Bonus Tambahan 1%

Ajaib Sekuritas mencoba mempermudah proses pemindahan saham bila kamu bersedia memindahkan sahammu dari sekuritas lain ke sekuritas ini. Bahkan, sekuritas ini malah memberikan kamu bonus tambahan 1% dalam bentuk RDN sesuai dengan nominal portfolio yang dipindahkan! Selain itu, biaya pemindahan yang akan dikenakan oleh sekuritas lamamu ditanggung oleh Ajaib! Keren banget ya!

Di Ajaib, kamu juga bisa memasukkan harga rata-rata pembelian kamu terhadap saham tersebut di sekuritas yang lain, sehingga ketika saham sudah terpindah ke Ajaib, otomatis sudah terhitung potensi laba dan ruginya.
Saat ini baru ada 5 sekuritas yang bisa dipilih untuk promo pindah saham ini, namun tidak menutup kemungkinan seiring berjalannya waktu akan semakin banyak sekuritas yang bisa dipindahkan sahamnya secara online ke Ajaib Sekuritas.

Tutorial Memindahkan Saham Secara Online ke Ajaib Sekuritas

Buka aplikasi Ajaib. Kalau belum punya akun, ya daftar dulu doong. Jangan lupa juga pakai kode referral aku asia625 untuk mendapatkan bonus saham 1 lot ya!

tutorial ajaib pindah saham
tutorial ajaib pindah saham

Pergi ke “menu” – tombol kanan bawah di aplikasi Ajaib, lalu tekan “Pindahkan Saham ke Ajaib”

Selanjutnya, pilih sekuritas asal yang sahamnya akan dipindahkan. Isi kode saham apa saja yang ingin dipindahkan, beserta jumlah lot serta harga rata-ratanya. Pastikan untuk terlebih dahulu mengecek harga pembelian rata-rata di sekuritas lama kamu apabila kamu ingin Ajaib menampilkan estimasi laba rugi secara akurat.

Selesai! Selanjutnya, sekuritas asal akan menghubungi kamu via telepon, Whatsapp, atau email untuk mengkonfirmasi perpindahan saham tersebut. Pastikan kamu membalas komunikasi dari mereka agar diproses secepat mungkin ya.  

Nah, ini adalah kesempatan yang baik untuk menjadikan pilihan sekuritas kamu menjadi lebih baik lagi, mumpung lagi bebas biaya administrasi serta ada bonusnya. Yuk download Ajaib sekarang dan daftar menggunakan kode asia625 untuk mendapatkan bonus saham 1 lot. Investasi saham jadi makin mudah dan makin cuan bersama Ajaib!

Tulisan ini merupakan edukasi hasil kerjasama dengan PT Ajaib Sekuritas Asia Ajaib Sekuritas, berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan”

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.