A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Milenial Susah Punya Rumah? Kata Siapa?

Milenial Susah Punya Rumah? Kata Siapa?

Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Saat ini, rumah tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal, tapi juga menjadi aset investasi bagi sebagian orang. Rumah dianggap sebagai aset investasi sebab harganya yang selalu menanjak. Sayangnya, generasi milenial dianggap kesulitan untuk membeli hunian pertama mereka. Milenial dianggap masih belum melihat betapa pentingnya berinvestasi, khususnya di sektor properti.

Mengapa terjadi demikian? Biaya hidup yang kian hari kian membesar dan tidak diimbangi dengan penghasilan yang didapatkan, membuat kebanyakan milenial merasa memiliki rumah sendiri adalah hal yang sulit. Memiliki properti menurut kebanyakan milenial bukan merupakan kebutuhan utama. Mereka lebih menekankan pada pemenuhan gaya hidup seperti pakaian, hangout, traveling, dan hobi. Rumah berada di urutan terakhir dan bukan suatu hal penting atau mendesak untuk diwujudkan. Padahal sejatinya, rumah adalah kebutuhan utama yang perlu dimiliki lebih dulu dibandingkan memenuhi gaya hidup semata. Oleh karenanya, di artikel akan membahas bagaimana cara agar dapat memiliki rumah dengan kiat praktis yang bisa langsung diterapkan.

Jangan Ditunda!

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menunda rencana membeli rumah atau hunian;

  1. Harga Selalu Naik
    Alasan pertama untuk membeli rumah sedini mungkin adalah harga rumah yang cenderung terus naik secara signifikan setiap tahunnya. Terutama jika lokasinya potensial. Semakin lama Anda menunda untuk membeli rumah, semakin besar juga dana yang harus disiapkan nantinya.
  2. Umur Terus Bertambah
    Semakin lama menunda rencana membeli rumah, semakin sedikit juga waktu yang Anda miliki untuk mengumpulkan dana. Selain itu, jika Anda memutuskan mengajukan KPR/KPA, semakin kecil pula kemungkinan pinjamannya diterima, dikarenakan batas usia kreditur hingga pelunasan kredit biasanya hanya sampai umur 55 tahun.
  3. Lahan Semakin Sedikit
    Lokasi menjadi salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan dengan matang. Anda bisa hunting lokasi, tipe, hingga harga sebanyak mungkin untuk dijadikan perbandingan. Oleh karenanya, dibutuhkan observasi mendalam untuk bisa mendapatkan lokasi rumah ideal sesuai kebutuhan Anda.
    Tingginya permintaan akan hunian pun membuat para developer semakin agresif mengembangkan bisnisnya. Semakin lama Anda menunda, tentunya semakin sulit menemukan lahan perumahan dengan lokasi strategis dan harga yang terjangkau.

Apa Langkah yang Harus Ditempuh?

Setelah Anda memahami pembahasan yang cukup panjang di atas, Anda dapat segera melakukan progress agar impian Anda dalam memiliki rumah dapat terwujud. Hal-hal itu meliputi;


Mencatat Alur Keuangan
Mencatat keuangan bulanan secara rutin merupakan langkah yang sangat penting. Hal ini akan menjadi pengingat apabila Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting sebelumnya.


Memisahkan Rekening
Memiliki dua atau beberapa rekening akan membantu memudahkan Anda dalam menabung, mengontrol dan menargetkan jumlah yang harus Anda simpan. Rekening pertama adalah untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan rekening lainnya adalah rekening yang hanya digunakan untuk menabung atau memenuhi kebutuhan khusus, sesuai yang telah Anda tentukan sebelumnya.


Lebih Berhemat
Kontrol dan kelola sebaik mungkin alur keuangan Anda, jangan sampai terjadi pemborosan yang berlebihan dengan membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Tidak Menambah Utang
Hal ini menjadi penting emngingat pada proses pembelian rumah akan selalu dilihat catatan piutang yang Anda miliki. Jika memang terpaksa harus melakukan pinjaman, pastikan Anda mampu dan peruntukannya memang sesuai dengan yang Anda rencanakan. Sebab hal itu akan mempengaruhi penilaian Anda di mata perbankan.


Maksimalkan Joint Income
Dengan pemasukan yang datang dari dua arah, tentunya akan semakin mempermudah jalan untuk memiliki hunian sesuai dengan kriteria idaman Anda. Semakin besar penghasilan yang Anda dapatkan, semakin besar pula kemungkinannya.


Mencari Promo
Membeli rumah dengan DP rendah bisa sangat membantu Anda dalam mewujudkan impian memiliki rumah. Jika Anda menemukan informasi dengan DP rendah dan spesifikasinya cocok dengan apa yang Anda butuhkan, segeralah untuk membeli rumah tersebut sebelum harganya naik dan stoknya menipis.


Manfaatkan Rumah Subsidi
Bantuan subsidi yang diberikan oleh pemerintah ini sangat layak dipertimbangkan. Meskipun kualitas rumah subsidi tidaklah sebagus rumah non subsidi, tapi itu bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda, sebab harganya relatif lebih murah, namun tetap layak huni.

Memiliki rumah di usia muda memang merupakan impian banyak orang, termasuk bagi Anda di generasi milenial. Namun tanpa diiringi usaha serta niat yang kuat, mustahil itu semua dapat terwujud. Sebab berapa pun penghasilan yang Anda dapatkan, kecil maupun besar, selama Anda mengelolanya dengan baik, Anda tetap memiliki kesempatan untuk memiliki rumah impian.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.