Ini Sifat Karyawan Paling Dicari! – Prinsip Kaizen dalam Dunia Kerja

Tidak dipungkiri bahwa kini dunia sedang berada di tengah kemajuan zaman yang menuntut kinerja tinggi. Percepatan teknologi digital turut menjadi andil dalam berbagai kemajuan yang kita alami saat ini.

Atas dasar tersebut, setiap karyawan atau pekerja pun dituntut untuk dapat memberikan kinerja terbaiknya. Budaya kerja yang bagus tentunya perlu dikembangkan, agar setiap karyawan memiliki komitmen serta dedikasi dalam jangka panjang. 

Prinsip Kaizen

Dalam dunia kerja, tentunya ada prinsip-prinsip yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan. Prinsip tersebut diharapkan dapat menunjang kinerja serta skill dalam pengembangan karier setiap karyawan maupun perusahaan. Salah satu prinsip penting yang harus dimiliki seorang karyawan adalah prinsip Kaizen. 

A diagram banner in the kaizen concept is a continuous improvement elements like improving, quality, advancement, success, and implementation for analyzing productivity in manufacturing develop (istockphoto.com)

Diperkenalkan pertama kali oleh seorang insinyur dan pengusaha industri Jepang bernama Taiichi Ohno (1867-1930). Kaizen sendiri diambil dari dua kata bahasa Jepang, yakni KAI (perubahan) dan ZEN (baik).

Jadi, Kaizen berarti melakukan berbagai aktivitas menuju perubahan dan kemajuan yang lebih baik dalam kehidupan. Untuk dapat melakukan perubahan jangka panjang, Kaizen perlu dijalankan secara bertahap dan berkelanjutan (continual Improvement).

Dalam dunia kerja, prinsip Kaizen sangat tepat untuk diadaptasikan. Sebab Kaizen merupakan perbaikan dan penyempurnaan yang berkesinambungan, dan melibatkan seluruh elemen perusahaan, termasuk manajemen dan karyawan.

Kenapa Harus Kaizen?

Berdasarkan prinsip Kaizen, kita tidak serta-merta dituntut untuk memberikan perubahan langsung dan revolusioner terhadap diri dan perusahaan. Akan tetapi, Kaizen di sini merujuk pada sikap untuk menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Salah satu sifat yang paling penting dimiliki oleh seorang karyawan adalah sifat Kaizen. Yang mana jika seorang karyawan telah memiliki sifat ini, maka tidak mustahil bahwa kinerja dan dedikasinya akan semakin meningkat.

Mengapa Tidak Sifat Lain Seperti Problem Solving atau Critical Thinking?

Pada dasarnya, prinsip kaizen sudah mencakup kedua hal tersebut. Seorang karyawan yang memiliki sifat kaizen, setiap harinya selalu memiliki semangat untuk menjadikan dirinya menjadi lebih baik.

Alhasil, seorang karyawan yang sudah memiliki sifat kaizen pada dirinya, tentu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan berpikiran kritis.

Dalam upayanya membangun diri yang lebih baik lagi, karyawan tersebut akan mengantisipasi, menghadirkan solusi dan improvement (perbaikan) atas masalah-masalah yang terjadi. Di sisi lain, juga dapat memberikan masukan-masukan positif bagi perusahaan untuk dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Well, apakah Anda sudah memiliki sifat Kaizen?

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *