Sering Pakai Paylater? Simak Tips Ini Biar Gak Terjebak Tagihan yang Membengkak!

Istilah Paylater kini semakin populer di tengah masyarakat umum yang sering melakukan belanja online, termasuk masyarakat Indonesia. Dinilai lebih praktis, Paylater seolah menjadi fasilitas yang kini mulai menggantikan posisi kartu kredit. Namun demikian, masih banyak masyarakat yang belum tahu betul mengenai sistem dan cara kerjanya.

Tertarik mengetahui ulasan lengkap tentang Paylater? Simak artikel berikut!

Apa itu Paylater?

Paylater adalah sebuah metode untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli suatu produk tertentu, melalui sebuah platform. Biasanya fitur Paylater ini banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan digital dan start-up sebagai salah satu alternatif pembayaran.

Secara umum, fungsi fitur ini kurang lebih sama dengan kartu kredit. Hanya saja, penggunaannya cenderung lebih praktis dan mudah. Prinsip dari Paylater sendiri adalah berupa pinjaman yang diberikan oleh perusahaan, dan perlu dibayarkan dalam jangka waktu tertentu.

Tips Menggunakan Paylater dengan Bijak

Meskipun terdengar menggiurkan, namun perlu diingat bahwa adanya fitur Paylater adalah untuk memudahkan konsumen dalam membeli kebutuhan yang mendesak. Penggunaan Paylater yang terlalu sering justru bisa membuat Anda terjebak dalam tagihan yang tak kunjung selesai, hingga menyebabkan kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

Oleh karenanya, Anda perlu mengontrol penggunaan Paylater dengan bijak, agar penggunaanya tidak melebihi batas. Untuk menjaga penggunaan Paylater tetap sehat, yuk simak dahulu tips di bawah ini agar tidak terjebak tagihan Paylater yang membengkak!

1. Cek Legalitas

Tips menggunakan Paylater yang pertama adalah bahwa Anda harus memperhatikan legalitas platform penyedia fitur Paylater yang Anda gunakan.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan transaksi yang akan Anda lakukan tetap terjaga keamanannya. Pilihlah platform yang telah terdaftar secara legal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Tentukan Kebutuhan

Menentukan kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur Paylater ini sangatlah penting. Jika Anda hanya ingin memenuhi keinginan semata, apalagi hanya ingin coba-coba untuk mengikuti tren yang ada, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan fitur ini.

Pasalnya, dengan segala kemudahan yang tersedia dalam fitur ini, akan sangat mungkin membuat Anda ketagihan dan melakukannya lagi di kemudian hari meskipun tidak ada keperluan mendesak.

Oleh karenanya, jika benar-benar belum ada kebutuhan mendesak, sebaiknya hindari menggunakan fitur ini agar keuangan Anda tetap sehat dan tidak ada tagihan yang membengkak setiap bulannya.

3. Gunakan Saat Kondisi Darurat

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa adanya fitur Paylater ini adalah untuk memudahkan dalam membeli kebutuhan yang mendesak. Sehingga perlu dipastikan bahwa Anda menggunakan fitur ini hanya pada keadaan darurat dan mendesak agar penggunaanya tetap terkontrol dengan baik.

Jika menggunakannya terlalu sering, Anda akan merasa terbiasa sehingga membuat kondisi keuangan Anda tidak sehat karena tagihan yang tinggi setiap bulannya.

4. Manfaatkan Promo

Untuk penggunaan yang maksimal, memanfaatkan promo yang ada seperti cashback atau cicilan 0% tentunya akan sangat membantu Anda.

Adanya promo tersebut tentu akan membuat Anda tidak perlu membayar bunga yang besar atau bahkan tidak membayar bunga sama sekali. Sehingga, Anda akan mendapatkan barang yang benar-benar Anda butuhkan dan penggunaan Paylater pun menjadi lebih menguntungkan.

5. Pahami Ketentuan Secara Detail

Sebelum menggunakan Paylater, tentunya Anda perlu memperhatikan dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda memahami segala hak dan kewajiban yang akan Anda dapatkan nantinya.

Hal-hal tersebut di antaranya seperti; persentase bunga, tenor cicilan, limit pinjaman, hingga denda.

6. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan Paylater, sebaiknya lakukan pembayaran tepat waktu dan tidak menunda.

Jika telat melakukan pembayaran, tentunya bunga cicilan dan denda yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar.

7. Jangan Kalap!

Banyaknya promo yang dihadirkan oleh fitur Paylater ini, tentunya sangat menarik dan bisa membuat Anda berbelanja hanya dengan alasan ‘promo’.

Walaupun terdapat banyak promo, Anda harus tetap membatasi diri dengan hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Jika Anda berbelanja hanya karena adanya promo padahal barang tersebut tidak begitu Anda butuhkan, tentunya hal ini akan membuat Anda menjadi boros dan terjebak dalam tagihan-tagihan yang membengkak.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *