Ini Cara Menabung Biaya Pendidikan Anak yang Efektif

Menyiapkan biaya pendidikan anak sangatlah penting bagi bekalnya di masa depan. Hal ini tentunya bukanlah hal yang patut disepelekan. Ditambah lagi dengan adanya kenaikan inflasi setiap waktunya, biaya pendidikan anak di masa depan ini butuh perencanaan yang matang.

Menerapkan cara menabung untuk biaya pendidikan yang tepat, juga akan bantu keuangan keluarga agar lebih terstruktur. 

Biaya Pendidikan Anak dalam Anggaran Keuangan Keluarga

Tidak sedikit orang tua, belum siap menghadapi kebutuhan pendidikan anaknya yang kian hari kian tinggi. Sehingga, banyak dari mereka justru mengandalkan dana darurat, pinjaman online, hingga pinjaman kasbon perusahaan ketika membutuhkan dana untuk pendidikan anaknya. Hal ini biasanya dikarenakan tidak ada perencanaan keuangan yang jelas dalam keluarga.

Padahal, ketika Anda menyepakati untuk berkeluarga dan mempunyai seorang anak, semestinya perencanaan keuangan untuk sekolah sudah dipikirkan dengan matang sejak dini.

Pasalnya, dalam berkeluarga pasti ada banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi. Oleh karenanya, sebelum biaya pendidikan anak menjadi beban yang berat untuk finansial keluarga, maka Anda bisa mulai terapkan cara menabung untuk biaya pendidikan anak berikut ini:

Cara Menabung untuk Biaya Pendidikan Anak 

1. Ketahui Kondisi Keuangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi keuangan Anda dan keluarga. Bagaimana alur pemasukan per bulannya, jumlah gaji yang diterima stabil atau tidak, adakah cicilan prioritas, dan sebagainya.

Ketika Anda sudah mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini, maka Anda akan lebih mudah membuat perencanaan hingga catatan alokasi anggaran keuangan setiap bulannya.

Selanjutnya, sisihkan beberapa persen untuk dialokasikan khusus menjadi tabungan biaya sekolah anak. Hal ini sebaiknya sudah dilakukan sedini mungkin agar persiapan Anda nantinya menjadi lebih matang. 

2. Buat Rekening Terpisah

Apapun jenis tabungannya, akan lebih baik jika Anda membuat rekening khusus untuk tabungan pendidikan anak Anda. Sebab dengan adanya rekening khusus yang terpisah, akan membuat masing-masing tabungan memiliki fungsi tujuan keuangan yang berbeda. 

Pembuatan rekening khusus ini juga akan memudahkan Anda agar dana tabungan pendidikan dan kebutuhan lainnya, tidak tercampur dalam satu rekening yang sama. 

3. Perkirakan Biaya Pendidikan 

Tidak perlu terburu-buru menentukan untuk menabung hingga jenjang tinggi. Prioritaskan dulu kebutuhan biaya pendidikan anak Anda dari jenjang yang paling dekat dengan usianya.

Misalkan, saat ini Anda memiliki anak berusia balita, maka Anda bisa mulai menabung untuk kebutuhan pendidikan dasarnya. Kemudian jika sudah ditentukan, Anda bisa melakukan riset perihal biaya yang dibutuhkan selama anak Anda di sekolah dasar.

Misalnya Anda menentukan target besaran biayanya sebesar 25 juta untuk kebutuhan biaya masuk, SPP bulanan, seragam dan sebagainya. Kemudian tentukan target pengumpulannya berapa lama, sehingga ketika anak Anda mulai masuk sekolah nanti, biaya tersebut sudah siap untuk dipakai.

Memang tidak ada salahnya memiliki perencanaan dana pendidikan sampai ke jenjang tertinggi, namun Anda perlu memiliki perkiraan jumlah biaya pendidikan yang terdekat lebih dulu. 

4. Manfaatkan Beasiswa 

Dengan mendapatkan beasiswa, tentunya dana tabungan untuk sekolah anak akan tetap utuh dan bisa dialokasikan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Jika anak ingin mendapatkan beasiswa, pastinya Anda sebagai orang tua harus memberikan bimbingan dalam hal akademik maupun non akademik. Tuntun dan dukung kemanapun dan apapun hal yang anak Anda sukai. 

Misal jika anak suka matematika, tuntun sampai ia bisa mendapatkan nilai bagus, bisa mengikuti olimpiade, lomba, kejuaraan dan sebagainya. Dengan begitu, anak pun memiliki prestasi yang bisa dijadikan portofolio dalam mencari beasiswa.

5. Investasi 

Investasi bisa menjadi alternatif sarana penyimpanan uang tabungan pendidikan selain rekening bank. Hal ini berkaitan dengan adanya kemungkinan lonjakan inflasi yang bisa saja merenggut nilai nominal uang yang Anda miliki.

Salah satu instrumen investasi yang aman untuk menyimpan uang tabungan Anda ialah pada emas digital. Anda bisa menabung uang Anda dalam bentuk emas digital yang bisa Anda peroleh di OneAset ini.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang penurunan nilai mata uang yang disebabkan oleh inflasi. Sebab emas merupakan jenis instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *