Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Tips Mengatur Keuangan Untuk Cegah Quarter-Life Crisis

Belakangan ini memang cukup ramai di media sosial, orang-orang yang memamerkan kekayaan dan pencapaian pada usia 25-30 tahun. Keuangan dan benda material kini seakan menjadi suatu hal yang paling dibanggakan.

Padahal, tidak semua hal dapat diukur dengan materi, termasuk kesuksesan dan keberhasilan. Namun demikian, menyiapkan diri sebaik mungkin ketika menjelang masa dewasa juga merupakan suatu keharusan yang penting untuk dilakukan. Sebab jika tidak, akan terjadi suatu permasalahan yang biasa disebut dengan quarter-life crisis.

Quarter-Life Crisis

Quarter-life crisis dapat disimpulkan sebagai suatu periode ketidakpastian dan pencarian jati diri yang dialami individu pada saat mencapai usia pertengahan 20 hingga awal 30 tahun. Dalam periode ini, biasanya individu dihantui perasaan takut dan khawatir terhadap keadaannya saat ini, masa depannya, terutama dalam hal keuangan. 

Meski belum punya aset mewah atau gaji dengan double digit, Anda tentu bisa mencegah terjadinya quarter-life crisis pada diri Anda. Salah satu cara yang bisa ditempuh dari segi keuangannya adalah dengan mulai mengatur hidup untuk mencapai kebebasan finansial, dengan mulai berinvestasi sedini mungkin.

Tips Mengatur Keuangan

Ada beberapa tips yang telah dirangkum untuk mencegah quarter-life crisis terjadi dan menimpa Anda:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Setiap orang pastinya mempunyai tujuan dan prioritas yang berbeda dalam menggunakan uang. Untuk itu, tetapkanlah tujuan dan prioritas keuangan Anda dalam jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. 

Misalnya dalam jangka pendek, dua tahun lagi Anda akan melanjutkan pendidikan S2. Kemudian jangka menengahnya, sekitar tiga sampai lima tahun lagi, Anda akan menikah. Dan dalam jangka panjang, di atas 10 tahun, Anda akan memiliki rumah dan menyiapkan dana pensiun agar tidak membebani keluarga Anda nantinya.

Menentukan tujuan keuangan akan memudahkan Anda dalam mengatur alur keuangan Anda saat ini dan di masa depan. Sehingga, nantinya Anda akan terbiasa disiplin dalam mengelola keuangan dan terhindar dari jebakan quarter-life crisis.

2. Tidak Menggunakan Standar Orang Lain

Jika Anda melihat di sosial media ada seorang influencer berumur 25 tahun yang sudah memiliki rumah hingga mobil mewah, Anda tidak perlu kaget, takut, atau panik. Lihatlah lebih dulu latar belakangnya seperti apa, sebab tidak semua orang dapat mencapai tahap demikian tanpa adanya usaha, privilege ataupun latar belakang yang mendukung capaian tersebut.

Sementara itu jika Anda baru mempunyai gaji tetap, maka Anda harus pandai mengaturnya. Misalnya dengan menyisihkan beberapa persen gaji bulanan Anda untuk disimpan dalam investasi untuk kebutuhan di masa depan. 

3. Lakukan Riset dan Mulai Berinvestasi

Anda bisa mencari produk dari berbagai instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari saham, reksadana, obligasi, emas, hingga mata uang kripto. 

Pelajari satu per satu produk investasi dengan cermat. Jika Anda ingin memilih investasi yang mudah, pilihlah investasi reksadana. Sebab di reksadana, uang Anda akan dikelola oleh manajer investasi.

Di OneAset sendiri, saat ini ada jenis investasi yang bisa menjadi pilihan investasi Anda, yakni emas. Modal awal investasi emas di OneAset ini sangat terjangkau. Dengan uang Rp10 ribu, Anda sudah bisa mulai berinvestasi emas digital.

4. Mulai dari Sekarang

Semakin cepat Anda memulai proses investasi Anda, tentunya akan membuat Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Mulailah mengatur keuangan dan investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

5. Lakukan dengan Konsisten 

Tekun dalam berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan sangat memerlukan konsistensi. Sebab jika Anda sudah bisa konsisten dalam mengatur keuangan, cobalah untuk mulai konsisten dalam melakukan investasi. Dengan begitu, Anda akan merasakan dampak baiknya bagi kehidupan Anda di masa yang akan datang dan terhindar dari jebakan quarter-life crisis.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.