Cara Jitu Hemat Belanja Online

Budaya belanja online sendiri sebenarnya sudah membantu banyak dari kita untuk menghemat uang. Harga yang lebih kompetitif, ongkir yang sebenarnya lebih murah daripada biaya bensin, hingga tersedianya barang-barang langka yang biasanya hanya bisa dibeli di luar negeri atau diluar kota.

Namun memang kita sebagai manusia tidak pernah puas, kita diperbudak promosi dan iklan belanja online sehingga akhirnya kita malah lebih boros di dunia daring (online) ketimbang di dunia luring (offline).

*daring dan luring merupakan bahasa baku Indonesia untuk online dan offline

Kendati demikian, ada strategi khusus dalam berbelanja online yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan keuntungan kamu berbelanja online.

1. Manfaatkan cashback referral.

Apakah kamu familiar dengan komisi dalam multilevel marketing? Sebenarnya kebanyakan marketplace pun menerapkan sistem yang sejenis dimana ada affiliate-affiliate yang mendapat komisi ketika kita membeli produk lewat link mereka. Beberapa affiliate mungkin bersedia membagi komisi tersebut kepada kita pembeli. Contohnya adalah Shopback.

Cashback dari Shopback bisa digabung bersama cashback lain, misalnya cashback kupon dari marketplace itu sendiri  serta cashback kartu debit/credit (baca penjelasan selanjutnya)

2. Manfaat cashback dari kartumu!

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, bahwa cashback referral, metode pembayaran, serta marketplace bisa saling digabung satu sama lain. Pastikan kamu memiliki metode pembayaran yang memberikan kamu cashback belanja online.

Contohnya adalah tabungan PermataME yang memberikan cashback 20% untuk semua pembelanjaan online, di website apapun, produk apapun, nominal berapapun. Kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go juga memberikan cashback sejenis meskipun hanya 10%. Pastikan kamu memperhatikan syarat dan ketentuan dari promosi masing-masing kartu.

Photo by Negative Space on Pexels.com

3. Jangan lupa juga cashback dari marketplace.

Marketplace atau website nya sendiri terkadang juga memberikan cashback entah dalam bentuk kode rahasia atau kupon. Tergantung kebijakan masing-masing promo, cashback tersebut bisa atau tidak bisa digabung dengan dua jenis cashback yang disebutkan sebelumnya. Misalnya, cashback Shopback biasanya hanya didapat apabila pembelian dilakukan melalui desktop web, sedangkan Bukalapak memiliki banyak promo khusus pembelian di smartphone.

4. Gunakan jasa pengiriman yang murah.

Bukan hanya para website yang berperang, tapi juga para jasa pengiriman. Tingginya persaingan membuat jasa pengiriman memperebutkan hati pembeli (karena pembeli yang memilih, penjual hanya menurut) dengan harga murah atau pelayanan khusus.

Saat ini rekor pengiriman termurah dipegang oleh WAHANA, meskipun pelayanan mereka tergolong kurang memuaskan (berdasarkan pengalaman pribadi saya). Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa beberapa kurir memiliki harga lebih tinggi untuk pengiriman ke wilayah tertentu, dan beberapa kurir mewajibkan asuransi untuk jenis barang tertentu, yang mengakibatkan biaya kirim akhirnya lebih tinggi.

5. Berbelanja dari satu seller.

Saat ingin membeli beberapa barang sekaligus, cobalah mencari barang lainnya di toko seller yang sama. Pengiriman berbagai barang dari satu seller akan menghemat biaya kirim. Kebanyakan seller memang hanya menjual satu kelompok barang (misalnya merchant make up tentu tidak akan menjual elektronik). Namun ada beberapa merchant yang menjual beberapa jenis barang sekaligus di toko mereka. Meskipun harga satuannya mungkin lebih mahal dari toko lain, mungkin pada akhirnya total belanjaanmu bisa lebih murah karena ongkos kirimnya dihitung bersamaan.

Dalam hal ini, saya pribadi menyukai JD.id, Jakmall dan Blibli karena mereka bisa menggabungkan banyak barang dari berbagai seller menjadi satu kali pengiriman, sehingga sangat menghemat biaya pengiriman.

6. Tunggu tanggal cantik atau akhir bulan saat melakukan pembelian.

Saya sudah menyebutkan bahwa kita diperbudak oleh para website marketplace melalui promosi berlebihan. Yang paling sering adalah promo tanggal cantik dan promo gajian yang diadakan di akhir bulan atau tanggalan cantik (misalnya 10.10). Pastikan melakukan transaksi di tanggal-tanggal tersebut karena marketplace pasti saling berperang satu sama lain dengan mengeluarkan promo-promo. Manfaatkan fitur wishlist untuk menyusun daftar barang-barang incaran terlebih dahulu.

flat lay photography of calendar
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

7. Jangan hanya membandingkan harga di satu website

Saya menjunjung tinggi prinsip “waktu adalah uang”. Namun bagi anda yang beruntung mempunyai waktu luang lebih, maka bandingkanlah harga antar website – anda bisa terkejut karena barang yang anda cari bisa jauh lebih murah. Namun sekali lagi, pertimbangkan biaya pengiriman yang mungkin akan semakin mahal bila berbelanja dari beberapa seller atau website sekaligus.

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.