Ajaib Review

Mencari kode referral Ajaib? Gunakan kode ini untuk mendapatkan bonus –> asia625

Latar Belakang Ajaib

Ajaib memiliki nama legal PT Takjub Teknologi Indonesia. Ajaib lahir dari salah satu program inkubator tingkat internasional, sehingga Ajaib sempat disuntik dana oleh Softbanks ,Y Combinator, Alpha JWC, Insignia Ventures Partners dan pihak yang tidak disebutkan. Berarti, Ajaib sudah menunjukkan kompetensinya di dalam dunia startup karena memiliki banyak suntikan dana.

Ajaib bekerjasama dengan beberapa manajer investasi yang lumayan populer, seperti Syailendra, RHB, dan Kresna. Kakak sepupu saya sendiri bekerja sebagai manajer investasi di RHB dan cukup dekat dengan orang-orang dibalik Ajaib.

Kemudahan Penggunaan

Saya pribadi sangat suka bahwa Ajaib tidak memusingkan investor pemula dengan memajang nama produk reksadana yang sebenarnya tidak memberikan informasi apa-apa. Orang yang baru saja masuk ke dunia reksadana pasti tidak tahu apa maksudnya “CIMB Index 30”, “Trim Dana Tetap”, atau Brawijaya Berimbang Tetap”

Ajaib mengganti nama produk reksadana rekomendasi mereka dengan deskripsi singkat yang menarik dan informatif, seperti “Saham Terbaik Pilihan Para Ahli”, “Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli”, “30 Saham Terbesar di Indonesia”, dan lain-lainnya. Tentu judul judul tersebut jauh lebih menarik bagi pemula dan pendatang baru.

Interface (tatap muka) aplikasi Ajaib cukup sederhana dan straightforward. Saking sederhananya, malah jadi memusingkan bagi investor berpengalaman yang membutuhkan chart, prospektus, dan data-data detail lainnya karena informasi-informasi tersebut terlalu tersembunyi (butuh banyak navigasi dan pencet – pencet agar bisa ditemukan). Bahkan nama reksadana aslinya saja disembunyikan!

Minimal Investasi

10 ribu rupiah untuk pembelian sendiri (manual) dan 400 ribu rupiah untuk investasi otomatis.

Kelengkapan Produk

Bagi yang lebih suka memilih produk reksdana mereka sendiri, harusnya tidak menggunakan Ajaib yang jelas-jelas ditargetkan untuk pemula. Namun ada kalanya kita perlu belajar dari yang mudah dulu dan pelan pelan belajar untuk bisa mandiri. Jadi, saya juga menilai kelengkapan produk reksdana apabila suatu hari nanti mau beralih dari investasi otomatis menjadi investasi manual.

Ketika review ini ditulis, ada 8 jenis reksadana campuran, 10 reksdana obligasi (pendapatan tetap), 18 reksadana saham, 6 reksadana syariah, dan 10 reksadana pasar uang. Sebenarnya ada lagi 13 reksadana ‘bertema’ yang paling dibanggakan ajaib, seperti “Bertanggung Jawab Sosial” dan “Fokus membangun infrastruktur Indonesia”, namun saya tidak menghitung mereka karena reksadana bertema tersebut sebenarnya sudah dimasukkan ke kategori lainnya.

Sebagai contoh, RHB Sri Kehati Index Fund masuk dalam kategori “Bertema” maupun “Saham”, jadi satu produk yang sama dimasukkan dua kategori berbeda.

Kesimpulannya, pilihan reksadana di Ajaib sangatlah sedikit sekali. Untungnya, pilihan produk yang cukup sempit ini tertolong oleh kualitas produk yang dijual, karena beberapa produk yang dijual cukup populer dan sudah berada lama di pasar reksadana (bukan produk yang baru diluncurkan)

*catatan: Produk yang baru diluncurkan belum tentu buruk, namun performanya lebih sulit diramal karena tidak memiliki track record yang bisa kita jadikan sebagai acuran.

Investasi Otomatis

Ajaib memiliki konsep yang mirip dengan Bibit dimana terdapat pilihan investasi ‘otomatis’ yang menyebarkan uang anda ke berbagai produk sesuai dengan target investasi anda. Ajaib unggul dalam hal personalisasi, dimana Ajaib memberikan beberapa jenis ‘wawancara’ virtual untuk menentukan strategi investasi anda, misalnya hari tua, keperluan mendadak, liburan, dan custom made. Investasi otomatis anda alokasi nya tergantung pada hasil wawancara tersebut.

Namun demikian, saya menemukan kejanggalan dalam sistem Ajaib, dimana seluruh ‘wawancara’ saya menghasilkan rekomendasi alokasi yang sama, yaitu 67% pendapatan tetap dan 33% saham. Saya kira seharusnya rekomendasi hari tua saya banyak dialokasikan ke saham, dan untuk keperluan mendadak tentu lebih banyak dialokasikan ke pasar uang. Saya tidak tahu apakah ini masalah teknis di Ajaib atau memang sistemnya kurang cerdas untuk memberikan personalisasi yang dijanjikan tersebut.

Tingkat Keamanan

Ajaib terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sejauh ini tidak ada berita ataupun laporan berisi masalah yang cukup serius tentang Ajaib.

Seperti biasa, saya akan mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan SEO blog saya:

Apakah Ajaib penipu? Pernahkah terjadi kasus Ajaib penipuan?

Tentu saja tidak !! Terimakasih telah menaikkan ranking blog saya di Google 🙂

Kualitas Customer Service

Anda bisa menghubungi tim mereka melalui Whatsapp. Pesan saya dibalas dalam hitungan menit dan langsung menjawab apa yang saya tanyakan tanpa bertele-tele memverifikasi informasi yang tidak penting dari saya.

Program Referral

Ketika anda berhasil mengajak teman anda bergabung dan berinvestasi, anda akan mendapat sesuatu bernama “koin ajaib”. Koin ini digunakan untuk memilih satu diantara tiga kartu, dimana tiga kartu ini berisi saldo bonus yang berbeda-beda, dengan nilai 10rb sampai 1 juta rupiah. Dari 5 referral saya, saya mendapatkan 3x10rb dan 2x100rb.

Ketentuan program referral ini cukup rumit karena anda harus memiliki investasi aktif selama 30 hari untuk menghindari penghapusan bonus referral anda. Bonus referral juga baru bisa ditarik setelah 30 hari didapatkan.

Saldo bonus referral anda diinvestasikan ke reksadana pasar uang, namun tidak diinformasikan produk apa yang mendapatkan alokasi ini.

Ketentuan lengkap program referral mereka dapat dibaca di: https://www.ajaib.co.id/referralterms

Kesimpulan dan Rekomendasi

Ajaib masih kalah daripada Bibit dari segi kemudahan penggunaan, namun didalam Ajaib terdapat beberapa produk populer yang tidak tersedia di Bibit. Apabila anda merasa percaya diri memilih reksadana sendiri dan merasa nyaman dengan desain antarmuka Ajaib, maka tidak ada salahnya memilih Ajaib sebagai platform investasi reksadana utama anda.

Apabila anda tertarik menggunakan Ajaib, gunakan kode referral ini untuk mendapatkan bonus –> asia625

Alternatif Lainnya

Bareksa

Bareksa menurut saya adalah website penjualan reksadana yang paling lengkap di Indonesia. Bareksa bagus apabila anda sudah mahir memilih reksadana, dengan memperhitungkan performa di masa lalu, alokasi aset, bahkan forecast berdasarkan analisa fundamental.

Namun bagi kebanyakan investor baru dan masyarakat awam, Bareksa benar-benar menakutkan. Dari segi tampilan antarmuka dan pilihan produknya benar-benar mengintimidasi orang yang baru saja belajar investasi.

Tak lupa juga, Bareksa mengenakan biaya pembelian dan/atau penjualan bagi beberapa produk yang memang populer. Hal ini sebenarnya wajar, karena agen-agen penjual reksadana lainnya juga ada yang mengenakan biaya pembelian. Namun bagi pemula, biaya pembelian ini tentu menimbulkan kesan negatif: masa belum dapat untung sudah dipungut biaya?

Apabila menurut anda Bibit terlalu kekanak-kanakan, mungkin anda lebih baik investasi di Bareksa.

Bukareksa by Bukalapak

Bukareksa ini merupakan kerjasama Bukalapak dan Bareksa, sehingga produk yang dijual adalah hasil seleksi dari yang ditawarkan Bareksa. Pilihan produk di Bukareksa jauh lebih sedikit daripada Bareksa yang asli, dan agak lebih sedikit daripada Bibit. Kebanyakan investasi reksadana saya berada di Bukareksa, karena Bukareksa sangat agresif dalam memberikan promosi seperti cashback atau bonus nilai penyertaan. Menurut perhitungan saya, bonus-bonus tersebut membuat performa produk yang saya beli menjadi lebih baik daripada aslinya (intrinsic value over paper value) karena saya menerima ‘retur’ dimuka ketimbang dibelakang.

Bukareksa memiliki kelebihan dahsyat, yaitu tidak adanya biaya pembelian dan penjualan untuk semua produk yang mereka jual, meskipun produk yang sama tersebut dikenakan biaya pembelian apabila anda membelinya di platform Bareksa yang asli. Dulu memang Bukareksa hanya menjual produk-produk yang ‘kurang laku’ di Bareksa (yang tidak dikenakan biaya pembelian). Namun sekarang, produk-produk ‘eksis’ yang harusnya dikenakan biaya pembelian mulai ditawarkan tanpa dikenakan biaya pembelian.

Bukareksa cocok bila anda mau belajar memilih produk reksadana sendiri, karena justru pilihannya yang cukup sempit membuat anda tidak pusing membandingkan terlalu banyak produk.

Moinves

Moinves adalah usaha dari Mandiri Sekuritas untuk membuat produk mereka lebih dilirik oleh kaum millenial. Namun mereka tidak sungguh sungguh dalam membuat Moinves. Moinves memiliki pilihan produk yang sangat sempit. Semua produk yang ditawarkan merupakan hasil pengelolaan Mandiri Sekuritas. Metode pembayaran yang diterima hanya bank transfer melalui verifikasi manual (bukan virtual account) yang jelas-jelas sangat primitif.

Moinves menyediakan switching (tukar produk) tanpa biaya namun anehnya switching hanya bisa dilakukan antar produk tertentu, dan tidak dijelaskan apa saja yang bisa dilakukan switching sehingga sangat memusingkan.

Moinves sebenarnya menerapkan analisa yang mirip dengan Bibit dimana mereka menyajikan laporan tentang alokasi ideal yang harus dicapai, namun tidak ada bantuan kecerdasan buatan untuk memilih produk apa yang harus dibeli.

Saya masih memiliki investasi di Moinves karena mereka kerap memberikan bonus investasi yang cukup menarik, meskipun dibatasi kuota. Saya tidak merekomendasikan Moinves kecuali anda fanatik terhadap Mandiri Sekuritas atau fanatik promosi seperti saya.

Bibit

Bibit adalah satu satunya platform investasi reksadana yang mengalahkan Ajaib secara telak, karena desainnya yang lebih bagus, reputasi perusahaan induknya, serta ‘kecerdasan buatan’ mereka yang membuat investasi reksadana sangatlah mudah.

Bibit hanya kalah dari Ajaib tentang satu hal, yaitu ketersediaan produk. Hampir semura produk di Bibit merupakan produk yang kurang terkenal di kalangan para ahli, sedangkan Ajaib menyediakan beberapa reksadana populer yang sering ditransaksikan.

Apabila anda tertarik menggunakan Bibit, gunakan kode referral ini untuk mendapatkan bonus –> ucleiaf

IpotGo

Perbandingan IpotGo segera menyusul, karena adik saya yang menggunakan IpotGo, sehingga saya perlu ngobrol dengan dia dan meminjam HP nya untuk melakukan penilaian terhadap IpotGo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.