Review Ajaib – Reksadana dan Saham Sekaligus

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Ajaib dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 9 Maret 2021

Mencari kode referral Ajaib? Gunakan kode ini untuk mendapatkan bonus –> asia625

Risalah

Ajaib menjadi tekfin/fintech/fintek/app pertama yang menyediakan penjualan saham dan reksadana secara online sekaligus. Meskipun hal tersebut sudah dilakukan broker konvensional selama belasan tahun, namun Ajaib adalah yang pertama kalinya menghadirkan pengalaman modern 100% pendaftaran online dengan tampilan antarmuka yang menarik.

Penting: ulasan ini dibuat ketika Ajaib masih hanya menjual produk reksadana, sehingga pembahasannya akan lebih banyak ke unsur reksadana nya. Tidak banyak yang bisa dikomentari soal penjualan saham di Ajaib, karena sama saja dengan broker lainnya yang memiliki akses ke semua saham di IHSG. Namun yang perlu ditekankan adalah Ajaib memiliki fee (komisi) jual beli terendah diantara semua broker lainnya, sehingga sangat cocok untuk sarana investasi jangka panjang. Sayangnya, untuk hal trading saham, Ajaib masih perlu banyak berbenah karena menjadi satu-satunya ‘broker’ yang tidak memiliki data trading pasar secara waktu nyata (realtime). Padahal data realtime ini sangat penting untuk metode trading jangka pendek.

Latar Belakang Ajaib

Ajaib memiliki nama legal PT Takjub Teknologi Indonesia. Ajaib lahir dari salah satu program inkubator tingkat internasional, sehingga Ajaib sempat disuntik dana oleh Softbanks, Y Combinator, Alpha JWC, Insignia Ventures Partners dan pihak yang tidak disebutkan. Berarti, Ajaib sudah menunjukkan kompetensinya di dalam dunia startup karena memiliki banyak suntikan dana.

Ajaib bekerjasama dengan beberapa manajer investasi yang lumayan populer, seperti Syailendra, RHB, dan Kresna. Kakak sepupu saya sendiri bekerja sebagai manajer investasi di RHB dan cukup dekat dengan orang-orang dibalik Ajaib.

Ajaib saat ini berkembang pesat dengan terus menerus membuka lowongan kerja, bahkan melakukan kolaborasi promosi dengan Ryan Filbert.

ajaib

Aksesibilitas Ajaib

Saya pribadi sangat suka bahwa Ajaib tidak memusingkan investor pemula dengan memajang nama produk reksadana yang sebenarnya tidak memberikan informasi apa-apa. Orang yang baru saja masuk ke dunia reksadana pasti tidak tahu apa maksudnya “CIMB Index 30”, “Trim Dana Tetap”, atau “Brawijaya Berimbang Tetap”

Ajaib mengganti nama produk reksadana rekomendasi mereka dengan deskripsi singkat yang menarik dan informatif, seperti “Saham Terbaik Pilihan Para Ahli”, “Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli”, “30 Saham Terbesar di Indonesia”, dan lain-lainnya. Tentu judul judul tersebut jauh lebih menarik bagi pemula dan pendatang baru.

Interface (tatap muka) aplikasi Ajaib cukup sederhana dan straightforward. Saking sederhananya, malah jadi memusingkan bagi investor berpengalaman yang membutuhkan chart, prospektus, dan data-data detail lainnya karena informasi-informasi tersebut terlalu tersembunyi (butuh banyak navigasi dan pencet-pencet agar bisa ditemukan). Bahkan nama reksadana aslinya saja disembunyikan!

Untuk menambah jenis investasi baru saja butuh sekitar 3 sampai dengan 4 klik ditambah adegan adegan scrolling. Sangat melelahkan.

ajaib
Tampilan antarmuka Ajaib di desktop. Diakses dari HP pun tampilannya akan sama. Kelihatannya sederhana tapi ketika sudah digunakan agak sulit.

Minimal Investasi Ajaib

Rp10 ribu untuk pembelian sendiri (manual) dan Rp400 ribu untuk investasi otomatis. Harus dicatat bahwa tidak semua produk reksadana bisa dibeli dengan nominal minimal 10 ribu rupiah. Anda harus mengeceknya sendiri. Biasanya reksadana pasar uang yang bisa dibeli dengan uang 10rb rupiah.

Contoh produk yang bisa dibeli dengan uang 10rb
Contoh produk yang bisa dibeli dengan uang 10rb. Astaga, banyak sekali space kosong yang terbuang disini. Panggil konsultan desainer!

Kelengkapan Produk Ajaib

Bagi yang lebih suka memilih produk reksadana mereka sendiri, harusnya tidak menggunakan Ajaib yang jelas-jelas ditargetkan untuk pemula. Namun ada kalanya kita perlu belajar dari yang mudah dulu dan pelan-pelan belajar untuk bisa mandiri. Jadi, saya juga menilai kelengkapan produk reksadana apabila suatu hari nanti mau beralih dari investasi otomatis menjadi investasi manual.

Ketika review ini ditulis pertama kali, ada delapan jenis reksadana campuran, 10 reksadana obligasi (pendapatan tetap), 18 reksadana saham, 6 reksadana syariah, dan 10 reksadana pasar uang. Sebenarnya ada lagi 13 reksadana ‘bertema’ yang paling dibanggakan Ajaib, seperti “Bertanggung Jawab Sosial” dan “Fokus Membangun Infrastruktur Indonesia”, namun saya tidak menghitung mereka karena reksadana bertema tersebut sebenarnya sudah dimasukkan ke kategori lainnya.

Sebagai contoh, RHB Sri Kehati Index Fund masuk dalam kategori “Bertema” maupun “Saham”, jadi satu produk yang sama dimasukkan dua kategori berbeda.

Kesimpulannya, pilihan reksadana di Ajaib relatif sedikit (dibandingkan APERD lain). Untungnya, pilihan produk yang cukup sempit ini tertolong oleh kualitas produk yang dijual, karena beberapa produk yang dijual cukup populer dan sudah berada lama di pasar reksadana (bukan produk yang baru diluncurkan).

Kategori-kategori reksadana di Ajaib
Kategori-kategori reksadana di Ajaib. Tiga yang teratas menurut saya ga guna.

Kualitas Kurasi Reksadana dan Manajer Investasi Ajaib

Memantau grup Ajaib di telegram, ada beberapa reksadana yang sempat mengalami kendala teknis saat redemption, meskipun hal tersebut terjadi sudah lama dan murni merupakan kesalahan manajer investasi (bukan Ajaib selaku APERD). Apabila anda melakukan cek latar belakang terhadap manajer investasi di Ajaib maka anda akan paham bahwa kebanyakan manajer investasi yang ada di Ajaib adalah ‘Grade B’, bukan jajaran Manajer Investasi top 10 yang ada di Indonesia. Jangan khawatir, manajer investasi ‘grade B’ ini bukan penipu atau pasti membuat anda rugi. Malah secara teori, manajer investasi grade B harusnya lebih mudah mencetak keuntungan karena tidak terbebani dengan AUM (dana kelolaan) yang terlalu besar.

ajaib
Yang harus diacungi jempol adalah kemampuan Ajaib untuk melakukan grafik komparasi seperti ini.

Investasi Otomatis Ajaib

Ajaib memiliki konsep yang mirip dengan Bibit dimana terdapat pilihan investasi ‘otomatis’ yang menyebarkan uang anda ke berbagai produk sesuai dengan target investasi anda. Ajaib unggul dalam hal personalisasi, dimana Ajaib memberikan beberapa jenis ‘wawancara’ virtual untuk menentukan strategi investasi anda, misalnya hari tua, keperluan mendadak, liburan, dan custom made. Investasi otomatis anda alokasi nya tergantung pada hasil wawancara tersebut.

Namun demikian, saya menemukan kejanggalan dalam sistem Ajaib, dimana seluruh ‘wawancara’ saya menghasilkan rekomendasi alokasi yang sama, yaitu 67% pendapatan tetap dan 33% saham. Saya kira seharusnya rekomendasi hari tua saya banyak dialokasikan ke saham, dan untuk keperluan mendadak tentu lebih banyak dialokasikan ke pasar uang. Saya tidak tahu apakah ini masalah teknis di Ajaib atau memang sistemnya kurang cerdas untuk memberikan personalisasi yang dijanjikan tersebut.

ajaib
Contoh investasi ‘otomatis’ yang hanya bisa diakses dari aplikasi hp. Apapun jenis portfolio yang saya pilih pasti dialokasikan 33 persen saham dan 67 persen obligasi, ngaco. Harusnya beda.

Tingkat Keamanan Ajaib

Ajaib terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sejauh ini tidak ada berita ataupun laporan berisi masalah yang cukup serius tentang Ajaib.

Seperti biasa, saya akan mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan SEO blog saya:

Apakah Ajaib penipu? Pernahkah terjadi kasus Ajaib penipuan?

Tentu saja tidak !! Terimakasih telah menaikkan ranking blog saya di Google 🙂

Anda juga harus tahu bahwa reksadana adalah salah satu instrumen investasi teraman yang tersedia selama puluhan tahun, bahkan menurut saya nomor dua teraman (setelah deposito). Dalam berinvestasi reksadana, meskipun agen penjual reksadana nya bangkrut (misalnya Ajaib), dana anda tetap aman tersimpan dalam bank kustodian (bank yang ditunjuk untuk menyimpan uang anda). Sekalipun manajer investasi anda juga bangkrut (misalnya Sucorinvest), dana anda juga masih aman di bank kustodian!

Kualitas Customer Service Ajaib

Customer service Ajaib dulu cukup oke karena bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sigap dalam menjawab, namun sekarang semuanya sudah berubah. Setelah perlahan-lahan lambat menjawab dan tidak memberikan solusi, hari ini anda bahkan tidak bisa lagi menghubungi mereka melalui Whatsapp ataupun Telegram, melainkan hanya melalui aplikasi. Itupun balasannya masih lama dan juga tidak menyelesaikan masalah.

Disaat APERD lain justru memperkuat aspek ini dan komunitas, Ajaib malah mundur kebelakang sampai-sampai menutup grup Telegramnya,

Program Referral Ajaib

Ketika anda berhasil mengajak teman anda bergabung dan berinvestasi, anda akan mendapat sesuatu bernama “koin ajaib”. Koin ini digunakan untuk memilih satu diantara tiga kartu, dimana tiga kartu ini berisi saldo bonus yang berbeda-beda, dengan nilai Rp10 ribu sampai Rp1 juta. Dari lima referral saya, saya mendapatkan 3xRp10 ribu dan 2xRp100 ribu.

Ketentuan program referral ini cukup rumit karena anda harus memiliki investasi aktif selama 30 hari untuk menghindari penghapusan bonus referral anda. Bonus referral juga baru bisa ditarik setelah 30 hari didapatkan.

Keunggulan dari referral Ajaib adalah saldo referral anda langsung secara otomatis dialokasikan tanpa perlu melakukan transaksi apapun sehingga sangat mungkin memiliki portofolio di Ajaib tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Saldo bonus referral anda diinvestasikan ke reksadana pasar uang, namun tidak diinformasikan produk apa yang mendapatkan alokasi ini.

Sayangnya program referral ini sekarang hanya dibatasi menjadi maksimal 20 orang untuk mendapatkan bonus. Saya sudah mengundang lebih dari 1000 orang ke Ajaib namun tidak lagi mendapatkan apa-apa.

Ketentuan lengkap program referral mereka dapat dibaca di: https://www.ajaib.co.id/referralterms

ajaib
Meskipun Ajaib jauh dari sempurna saya jujur berkata mereka memberikan saya penghasilan yang cukup menarik

Kesimpulan dan Rekomendasi

Ajaib masih kalah daripada Bibit dari segi kemudahan penggunaan, namun didalam Ajaib terdapat beberapa produk populer yang tidak tersedia di Bibit. Apabila anda merasa percaya diri memilih reksadana sendiri dan merasa nyaman dengan desain antarmuka Ajaib, maka tidak ada salahnya memilih Ajaib sebagai platform investasi reksadana utama anda.

Apabila anda tertarik menggunakan Ajaib, gunakan kode referral ini untuk mendapatkan bonus –> asia625

Alternatif Lainnya

Selengkapnya bisa dibaca disini

Bareksa
Bareksa

Bareksa menurut saya adalah website penjualan reksadana yang paling lengkap di Indonesia. Bareksa bagus apabila anda sudah mahir memilih reksadana, dengan memperhitungkan performa di masa lalu, alokasi aset, bahkan forecast berdasarkan analisa fundamental.

Namun bagi kebanyakan investor baru dan masyarakat awam, Bareksa benar-benar menakutkan. Dari segi tampilan antarmuka dan pilihan produknya benar-benar mengintimidasi orang yang baru saja belajar investasi.

Tak lupa juga, Bareksa mengenakan biaya pembelian dan/atau penjualan bagi beberapa produk yang memang populer. Hal ini sebenarnya wajar, karena agen-agen penjual reksadana lainnya juga ada yang mengenakan biaya pembelian. Namun bagi pemula, biaya pembelian ini tentu menimbulkan kesan negatif: masa belum dapat untung sudah dipungut biaya?

Apabila menurut anda Bibit terlalu kekanak-kanakan, mungkin anda lebih baik investasi di Bareksa.

Bukareksa by Bukalapak
Bukareksa by Bukalapak

Bukareksa ini merupakan kerjasama Bukalapak dan Bareksa, sehingga produk yang dijual adalah hasil seleksi dari yang ditawarkan Bareksa. Pilihan produk di Bukareksa jauh lebih sedikit daripada Bareksa yang asli, dan agak lebih sedikit daripada Bibit. Kebanyakan investasi reksadana saya berada di Bukareksa, karena Bukareksa sangat agresif dalam memberikan promosi seperti cashback atau bonus nilai penyertaan. Menurut perhitungan saya, bonus-bonus tersebut membuat performa produk yang saya beli menjadi lebih baik daripada aslinya (intrinsic value over paper value) karena saya menerima ‘retur’ dimuka ketimbang dibelakang.

Bukareksa memiliki kelebihan dahsyat, yaitu tidak adanya biaya pembelian dan penjualan untuk semua produk yang mereka jual, meskipun produk yang sama tersebut dikenakan biaya pembelian apabila anda membelinya di platform Bareksa yang asli. Dulu memang Bukareksa hanya menjual produk-produk yang ‘kurang laku’ di Bareksa (yang tidak dikenakan biaya pembelian). Namun sekarang, produk-produk ‘eksis’ yang harusnya dikenakan biaya pembelian mulai ditawarkan tanpa dikenakan biaya pembelian.

Bukareksa cocok bila anda mau belajar memilih produk reksadana sendiri, karena justru pilihannya yang cukup sempit membuat anda tidak pusing membandingkan terlalu banyak produk.

Moinves
Moinves

Moinves adalah usaha dari Mandiri Sekuritas untuk membuat produk mereka lebih dilirik oleh kaum millenial. Namun mereka tidak sungguh sungguh dalam membuat Moinves. Moinves memiliki pilihan produk yang sangat sempit. Semua produk yang ditawarkan merupakan hasil pengelolaan Mandiri Sekuritas. Metode pembayaran yang diterima hanya bank transfer melalui verifikasi manual (bukan virtual account) yang jelas-jelas sangat primitif.

Moinves menyediakan switching (tukar produk) tanpa biaya namun anehnya switching hanya bisa dilakukan antar produk tertentu, dan tidak dijelaskan apa saja yang bisa dilakukan switching sehingga sangat memusingkan.

Moinves sebenarnya menerapkan analisa yang mirip dengan Bibit dimana mereka menyajikan laporan tentang alokasi ideal yang harus dicapai, namun tidak ada bantuan kecerdasan buatan untuk memilih produk apa yang harus dibeli.

Saya masih memiliki investasi di Moinves karena mereka kerap memberikan bonus investasi yang cukup menarik, meskipun dibatasi kuota. Saya tidak merekomendasikan Moinves kecuali anda fanatik terhadap Mandiri Sekuritas atau fanatik promosi seperti saya.

bibit
Bibit

Bibit adalah satu satunya platform investasi reksadana yang mengalahkan Ajaib secara telak, karena desainnya yang lebih bagus, reputasi perusahaan induknya, serta ‘kecerdasan buatan’ mereka yang membuat investasi reksadana sangatlah mudah.

Bibit hanya kalah dari Ajaib tentang satu hal, yaitu ketersediaan produk. Hampir semura produk di Bibit merupakan produk yang kurang terkenal di kalangan para ahli, sedangkan Ajaib menyediakan beberapa reksadana populer yang sering ditransaksikan.

Apabila anda tertarik menggunakan Bibit, gunakan kode referral ini untuk mendapatkan bonus –> ucleiaf

ipotgo
Ipotgo

Perbandingan IpotGo segera menyusul, karena adik saya yang menggunakan IpotGo, sehingga saya perlu ngobrol dengan dia dan meminjam HP nya untuk melakukan penilaian terhadap IpotGo.

Baca perbandingan APERD lainnya disini.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

148 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    • Hallo kak aku pertama kali banget nih mau belajar saham-sahaman, aku pilih ajaib karena aku korban tiktok btw gatau banget ternyata bnyk yg lebih wort it dari ajaib cuman waktu saya baca blog Kaka ini ajaib bagus untuk pemula. Saya bingung bgt butuh teman ngobrol agar saya bisa membagi bagaimana kerja Reksadana jual beli saham dll. Kira kita langkah yang tepat untuk pemula saya harus gimana ya ?

  1. Saya hampir 1 bulan pakai ajaib, jujur saya rugi. Awalnya saya mau investasi reksa dana pasar uang, tapi ternyata saya investasi di reksa dana saham. Saya baru sadar ketika return yg saya dapat minus. Entah saya kurang eksplor aplikasi ini atau bagaimana, informasi jenis reksa dana-nya ga jelas menurut saya, engga disendirikan mana yg pasar uang, mana yg saham, mana yg obligasi.
    Mungkin kerugian yg saya alami memang ga sepenuhnya salah aplikasi ajaib sih, tapi itu mungkin kekurangan dari aplikasi ajaib karena informasinya kurang jelas.. hehehe

    • Terimakasih sharingnya mbak Yohana. Jadi senjata makan tuan ya, niatnya mereka memberikan nama produk yang mudah dipahami, tapi ternyata malah menimbulkan kesalahpahaman. Btw mbak, kalau boleh saran untuk reksadana saham memang dibiarkan saja untuk jangka panjang diatas 1 tahun, nanti pertumbuhannya kembali optimal kok. Ini semua saham kebetulan lagi jatuh, jadi mempengaruhi reksadana saham.

  2. Halo mas blogger..
    Ini sy beli RDS di ajaib kok prosesnya lama sekali ya?
    Saya beli jumat kemarin sih.
    Yah sy pikir paling diproses senin. Selasa 3 sept uda keluar dapat unit penyertaan berapa. Eh ternyata blm jg.
    Memangnya butuh brp hari kerja ya?

    Soalnya sy beli di tanamduit aja lgsg diproses 1×24 jam

    • halo kak Lia. Sebenernya pembelian reksadana itu maksimal 2 hari kerja. Bahkan kalau kakak belinya dibawah jam 1 siang (jam cutoff penilaian nilai reksadana), 1 hari kerja sudah selesai. Ajaib prosesnya lebih lama karena mereka harus memverifikasi pembayaran secara manual, jadi kalau kakak transfernya dibawah jam 1 namun mereka baru cek diatas jam 1, bakal kena antrian 2 hari kerja. Jumat belinya jam berapa kak?

    • Kalau di ipot proses pembelian itu setiap jam 14.00 di atas jam itu akan di lakukan porses hari selanjutnya, jadi benar kata bung adrian bisa saja 2×24 jam. CMIIW

      • Iya kak, bukan hanya di Ajaib dan ipot namun hampir seluruh penjual reksadana, karena memang ketentuannya seperti itu (berkaitan dengan penghitungan NAV)

    • Kalau hanya demi “minim rugi” sih sebenarnya tidak berpengaruh dari marketplace nya kak Yoyo, namun berpengaruh dari seberapa hebat manajer investasinya. Bibit, ajaib, bareksa, tanamduit itu marketplace. Sedangkan kalau manajer investasi itu biasanya ashmore, schroder, eastspring, syailendra.

  3. Kalo ipotgo itu 1 akun itu selain bisa beli reksadana tanpa kena biaya apapun kita bisa beli saham langsung juga,bisa auto inves juga baik reksadana ataupun saham dan bisa transfer gratis ke semua bank pake ipotpay dan gak perlu daftar lagi karena bisa pake akun ipotgo..jd lengkap bgt

  4. kalau sudah mendaftar di ajai apakah ada biaya yang mereka kenakan kepada saya walaupun saya belum melakukan investasi? mohon penjelasannya

  5. kalau sudah mendaftar di ajaib apakah ada biaya yang mereka kenakan kepada saya walaupun saya belum melakukan investasi? mohon penjelasannya

  6. Min, sebagai pemula, misal jika saya ada uang 300k, Sebaiknya saya menggunakan salah satu aplikasi antara Ajaib, Bareksa, Bibit, atau saya bagi rata 100k masing aplikasi? mohon pencerahannya, terima kasih 🙂

  7. Saya menggunakan aplikasi Ajaib mulai 20 Mei 2020
    cukup mudah di gunakan
    layanan Cepat
    Pilihan Reksadana terbaik
    pilihan Sahan yang terbaik prospektur diinformasikan secara sistem Ajaib
    Mei 2020 reksadana saya Profit
    Juni 2020 Reksadana saya Profit
    Akhir Juni saya mulai masuk Beli saham Saham, yang direkomendasikan Ajaib
    seperti BBRI, TLKM, ADRO (diinformasikan secara sistem Ajaib)
    Jika berminat dengan aplikasi Ajaib gunakan kode refferal ini : asia625
    anda akan mendapatkan bonus dari Ajaib

    Terima kasih Ajaib

  8. Pak Adrian, saya tanya, untuk reksa di ajaib apakah benar bisa real time ya transaksinya?
    saya koq dengar info seperti ini?
    benar ato hoax nih, mohon infonya ya Pak.
    Terima kasih. ??

    • Realtime tuh maksudnya apa tah mas Thomas? Seperti tokopedia dan bukalapak gitu ya? Setau saya ngga deh, kecuali ada perubahan yang belum saya rasakan. Saya coba tes hari ini deh. Biasanya yang bisa seperti ini hanya jenis RDPU dan itupun si APERD nya semacam nalangin dahulu gitu

  9. Mau bertanya di aplikasi ajaib ada biaya manajemen itu biaya buat apa y? Bisa sampe 4%. Trus ada biaya ajaib sharing manajemen. 50 : 50, mohon penjelasan nya. Terimakasih

    • Reksadana pada prinsip nya memang mengenakan biaya manajemen kan sebagai pemasukan si manajer investasi. Nah biasanya manajer investasi ada perjanjian khusus dengan aperd (penjual, misalnya ajaib) untuk bagi hasil. Dalam contoh yang kak Lilis sampaikan mungkin untuk produk tersebut mengenakan 4 persen biaya manajemen, dimana 2 persen menjadi hak ajaib dan 2 persen menjadi hak manajer investasi

  10. Terima kasih untuk reviewnya.

    Kalau dari review diatas, lebih condong ke reksadana ya. Kalau untuk saham, apakah Ajaib cukup bagus?

    Saya trader crypto selama 3 tahun, dan tidak percaya dengan orang lain, lebih prefer trading manual sendiri.

  11. I am also writing to make you know what a amazing encounter my princess enjoyed reading through the blog. She realized some pieces, including what it’s like to possess an incredible helping mood to get most people completely completely grasp certain hard to do matters. You truly exceeded our own expectations. Thanks for displaying the informative, dependable, revealing and in addition fun thoughts on the topic to Mary.

  12. Hi, i think that i saw you visited my site so i came to ?return the favor?.I am trying to find things to enhance my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  13. It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read even more things about it!

  14. Sight Care is a daily supplement proven in clinical trials and conclusive science to improve vision by nourishing the body from within. The SightCare formula claims to reverse issues in eyesight, and every ingredient is completely natural.

  15. I loved as much as you’ll receive performed proper here. The caricature is attractive, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell definitely come further beforehand again as exactly the same just about a lot incessantly inside of case you defend this increase.

  16. you are really a good webmaster. The website loading speed is incredible. It seems that you are doing any unique trick. Also, The contents are masterwork. you’ve done a fantastic job on this topic!

  17. Thanx for the effort, keep up the good work Great work, I am going to start a small Blog Engine course work using your site I hope you enjoy blogging with the popular BlogEngine.net.Thethoughts you express are really awesome. Hope you will right some more posts.

  18. Thoroughly enjoyed your article! The information is well-presented, and I’m wondering if you plan to add more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating for readers.

  19. Hi, I think your blog might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, amazing blog!|

  20. Attractive component of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to say that I get in fact loved account your blog posts. Anyway I’ll be subscribing for your feeds or even I fulfillment you get entry to consistently quickly.

  21. My partner and I stumbled over here from a different website and thought I may as well check things out. I like what I see so i am just following you. Look forward to going over your web page yet again.|

  22. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site offered us with useful info to work on. You have performed an impressive activity and our entire neighborhood will be grateful to you.|

  23. You are so awesome! I do not think I have read anything like this before. So great to find someone with a few unique thoughts on this topic. Really.. many thanks for starting this up. This web site is something that is needed on the internet, someone with some originality.

  24. Hi terrific website! Does running a blog like this take a large amount of work? I’ve virtually no knowledge of coding but I was hoping to start my own blog in the near future. Anyways, if you have any suggestions or techniques for new blog owners please share. I understand this is off topic nevertheless I simply had to ask. Thanks a lot!|

  25. You have made some really good points there. I checked on the internet for more info about the issue and found most individuals will go along with your views on this site.

  26. Good day! I could have sworn I’ve been to this web site before but after going through many of the articles I realized it’s new to me. Anyways, I’m certainly happy I found it and I’ll be bookmarking it and checking back often.

  27. Es muy difícil leer los correos electrónicos de otras personas en la computadora sin conocer la contraseña. Pero a pesar de que Gmail tiene alta seguridad, la gente sabe cómo piratear secretamente una cuenta de Gmail. Compartiremos algunos artículos sobre cómo descifrar Gmail, piratear cualquier cuenta de Gmail en secreto sin saber una palabra.

  28. Fascinating blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog shine. Please let me know where you got your theme. Bless you|

  29. hey there and thank you for your information – I’ve definitely picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical issues using this website, since I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and can damage your high-quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective intriguing content. Make sure you update this again very soon.|

  30. I blog frequently and I really thank you for your content. This great article has really peaked my interest. I am going to bookmark your blog and keep checking for new information about once a week. I subscribed to your Feed as well.|

  31. Definitely believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on the internet the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly don’t know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks|

  32. I’m not sure why but this weblog is loading incredibly slow for me.
    Is anyone else having this issue or is it a issue on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

  33. I will right away seize your rss as I can not in finding your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Kindly allow me know in order that I could subscribe. Thanks.|

  34. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post. I’ll definitely return.|

  35. I must thank you for the efforts you’ve put in writing this blog. I really hope to view the same high-grade blog posts by you later on as well. In truth, your creative writing abilities has inspired me to get my own, personal blog now ;)|

  36. Nice post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll give you a link on your web blog. Thanks for sharing.

  37. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s challenging to get that “perfect balance” between superb usability and visual appeal. I must say you have done a fantastic job with this. Also, the blog loads extremely quick for me on Opera. Superb Blog!|

  38. I was pretty pleased to uncover this website. I need to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely enjoyed every little bit of it and I have you saved as a favorite to see new information in your website.|