Review Remitano Indonesia – berikut panduan

Review Remitano Indonesia – berikut panduan

Beberapa tahun lalu, pasar cryptocurrency di Indonesia hanya didominasi oleh satu sampai dua orang pemain yang tentu semua orang sudah tahu namanya. Fintech berbasis cryptocurrency di Indonesia tidak menjamur layaknya fintech berbasis investasi lain seperti P2P lending atau reksadana, jadi wajar saja kalau sekarang ada pemain internasional yang mendadak mau masuk ke Indonesia.

Remitano berbasis di Vietnam, berdiri sejak 2015 dan telah beroperasi di banyak negara seperti Australia, Malaysia, Nigeria, Cambodia, dan India. Kebanyakan merupakan negara berkembang, jadi wajar saja Indonesia adalah sasaran berikutnya. Induk perusahaan Remitano bernama Babylon Solutions Limited – berbasis di Seychelles.

Meskipun sepenglihatan saya Remitano belum memiliki perwakilan atau kantor lokal di Indonesia, strategi masuk mereka cukup heboh: mereka menawarkan bonus pendaftaran kampanye, member get member, dan langsung mendukung dompet berbasis rupiah. Mereka juga mewajibkan user baru Indonesia untuk melakukan proses KYC (know your customer), sehingga saya rasa mereka sudah mulai mengurus perizinan Bappeti – karena KYC adalah salah satu syarat umum yang diminta otoritas untuk setiap fintech.

Fitur Unggulan Remitano

Desain antarmuka yang sederhana

Disaat pemain lama fokus terus menambah fitur, Remitano justru mengedepankan prinsip kesederhanaan. Remitano juga menyediakan aplikasi Android dan IOS dengan desain yang sederhana dan mudah digunakan. Saya langsung paham semua fungsi halaman Remitano dalam 5 menit setelah mendaftar.

Pertukaran Instant Mata Uang

Dalam dunia cryptocurrency, analisa teknikal jauh lebih digunakan daripada analisa fundamental. Kecepatan transaksi adalah salah satu kunci untuk menghasilkan capital gain dari metode trading. Melakukan pertukaran aset secara instant bisa membantu kita mencetak keuntungan lebih karena kita bisa mengalihkan investasi kita ke aset koin lain yang kita prediksi akan naik secara instant. Kita tidak perlu menunggu koin lain kita laku dahulu di pasar apabila ingin menambah modal. Untuk melakukan switching instan ini juga dikenakan biaya sangat rendah yakni hanya 0.25%.

Jaminan Trading Cepat

Remitano akan mengembalikan 50% biaya transaksi bila transaksi tidak selesai dalam kurun waktu 15 menit. Trading lambat bisa terjadi apabila kita sudah melakukan pembayaran ke penjual, namun penjualnya terlalu lama merespon pembelian tersebut. Hal ini tentu penting bagi trader yang mementingkan kecepatan transaksi. Perubahan harga mata uang kripto jauh lebih cepat dan volatil daripada saham sekalipun, jadi kecepatan transaksi adalah salah satu hal penting.

Promosi Berlimpah

Untuk menggaet user baru, wajar saja Remitano menyediakan banyak promosi yang menarik. User baru akan mendapatkan 7 USDT secara cuma-cuma setelah melakukan proses KYC (know your customer) serta dibebaskan dari biaya transaksi selama 3 bulan. Program reward member get member Remitano juga sangat murah hati, dimana komisi mencapai sampai dengan 40%. Program referral ini juga multilevel lho, jadi seandainya orang yang kita refer mengundang orang lain juga, maka kita juga dapat tambahan 10% komisi dari si tingkatan dua tersebut.

Berbasis Marketplace

Kebanyakan pemain lama berperan sebagai broker atau perantara transaksi saja. Remitano unik karena bersifat menjadi marketplace yang mempertemukan pembeli dan penjual. Model ini cocok apabila kita ingin menjual atau membeli menggunakan harga khusus yang tidak mengikuti acuan harga pasar. Biasanya, untuk order dengan jumlah besar, tentu kita berharap mendapatkan harga khusus. Dengan Remitano, anda bisa memasang iklan penawaran yang sesuai selera anda tanpa berpacu pada harga pasar.

Remitano sadar akan resiko keamanan untuk transaksi yang bersifat marketplace, sehingga menyediakan layanan escrow untuk menampung uang dari transaksi yang belum rampung. Sampai transaksi sudah terkonfirmasi selesai oleh kedua belah pihak, maka koin dari penjual akan ditahan di Remitano escrow dan akan dilepaskan ke pembeli jika penjual sudah konfirmasi bayaran.

Transaksi Instant AltCoin

Bagi mereka yang tidak suka bertransaksi Bitcoin melalui metode marketplace, Remitano juga menyediakan transaksi instan untuk 10 mata uang alternatif seperti Monero, Binance, dan Ethereum Classic. Untuk berinvestasi Altcoin, Remitano hanya menerima USDT sebagai pembayaran.

Bayar Biaya Apabila Untung Saja

Hal ini adalah suatu kelangkaan yang luar biasa. Biasanya, pialang atau broker tidak peduli apabila kita untung atau rugi. Pokoknya tetap ada biaya jual dan biaya beli yang dikenakan apabila kita melakukan transaksi. Di Remitano, untuk investasi Altcoin mereka hanya mengenakan biaya sebesar 1% bila posisi saldo kita dalam kondisi profit/untung, dan tidak mengenakan biaya apabila kita melakukan cut loss.

Cara Mendaftar Remitano

  1. Klik link pendaftaran ini
  2. Buka inbox email anda dan klik link verifikasi
  3. Lakukan proses KYC untuk menikmati semua manfaat. Proses KYC ini terbagi beberapa tahap dan tidak perlu diselesaikan semua. Namun semakin banyak yang diselesaikan, semakin tinggi juga plafon untuk kita bertransaksi di Remitano.
  4. Tips: Remitano sepertinya menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa validitas dokumen kita, dan sistemnya sangat rewel soal ini. Pastikan untuk mengikuti instruksi seakurat mungkin agar dokumennya tidak ditolak berkali-kali seperti saya. Kesalahan umum yang saya hadapi adalah, fotonya harus terang dan tidak blur, lalu tangan kita harus kelihatan utuh memegang kartu identitas, serta dokumen sekunder tidak bisa menerima kartu asuransi BPJS. Saya sarankan gunakan surat izin mengemudi anda.

Cara Deposit di Remitano

  1. Lakukan deposit ke dompet fiat Remitano (mata uang fisik) setidaknya senilai sama dengan 10 USD. Pertama pilih tombol dompet yang ada di bawah kategori “Dashboard”.
  1. Selanjutnya pilih tombol deposit yang ada di wallet IDR anda.
  1. Apabila anda belum verifikasi identitas maka anda tidak bisa melakukan langkah selanjutnya, jadi ikuti langkah yang sudah saya jelaskan di bagian sebelumnya.
  2. Masukkan jumlah rupiah yang ingin anda deposit, serta pilihan dari bank apa anda akan melakukan deposit.
  1. Akan muncul instruksi untuk melakukan transfer uang ke rekening tertentu beserta berita yang harus ditulis. Silakan gunakan akun bank anda baik dari mobile banking ataupun internet banking untuk menjalankan instruksi tersebut. Jangan lupa isi beritanya sesuai instruksi ya supaya depositnya instant, kalau tidak akan ada jeda untuk diverifikasi manual.
  1. Remitano akan memverifikasi deposit anda dan mengkreditkan jumlah tersebut ke wallet fiat IDR anda.
  2. Selesai, anda bisa menggunakan saldo IDR tersebut untuk membeli bitcoin di marketplace maupun altcoin secara instan.  

Cara Transaksi di Remitano

Untuk pembelian Bitcoin di Marketplace

  1. Klik “Pertukaran P2P” di menu utama, dan klik tombol beli salah satu iklan yang tersedia. Tentu saja saya sarankan memilih yang paling murah harganya, namun perlu diperhatikan masing-masing iklan punya minimum pembelian yang berbeda.
  1. Masukkan jumlah pembelian yang diinginkan. Tinjau semua informasi dan klik beli. Setelah itu akan ada instruksi pembayaran yang harus diikuti. Apabila anda sudah deposit saldo sebelumnya (seperti dijelaskan diatas), maka Remitano akan secara otomatis memotong saldo di wallet anda dan tidak perlu menjalani langkah ini.
  1. Remitano akan memverifikasi pembayaran anda dan mengirimkan notifikasi berbunyi ketika prosesnya sudah selesai. Selanjutnya saldo BTC tersebut sudah masuk ke dalam akun anda. Halaman akhir akan muncul seperti ini.

Untuk Penjualan Bitcoin di Marketplace

  1. Di halaman ‘Pertukaran P2P’ juga, namun kali ini kita geser kebawah untuk melihat iklan jual. Anda bisa membuat iklan jual sendiri, namun prosesnya akan lebih lama. Saya sarankan memilih iklan yang memberikan harga tertinggi untuk BTC kita. 
  1. Masukkan jumlah penjualan yang dikehendaki, lalu sistem akan menghitungkan total harga harga sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh calon pembeli.
  1. Apabila iklan ini menawarkan harga yang lebih rendah daripada pasaran, maka Remitano akan mengirimkan peringatan untuk memastikan apakah kita mau melanjutkan penjualan atau tidak. Lanjutkan saja apabila anda sudah yakin, atau bila tidak mau, kita harus membuat iklan penjualan sendiri.
  2. Masukkan rekening pembayaran kita. Untuk saat ini Remitano hanya mendukung bank CIMB Niaga. 
  1. Akan muncul instruksi untuk melakukan pengiriman Bitcoin ke wallet si calon pembeli. Instruksi ini harus diselesaikan dalam waktu 12 jam
  1. Apabila kita sudah mengirimkan BTC dan diverifikasi oleh Remitano, maka Remitano akan meneruskan pembayaran rupiah dari si pembeli ke rekening kita yang diinformasikan di tahap sebelumnya.
  2. Apabila BTC yang dijual berasal dari wallet Remitano, maka langkah 4-5-6 akan dilewati dan transaksi sudah selesai secara instan dengan menunjukkan halaman ini:

Untuk pembelian Altcoin secara instant

  1. Klik tombol invest di menu utama dan pilih Altcoin yang akan kita beli, tekan tombol invest di samping nama Altcoin yang dipilih
  1. Masukkan jumlah pembelian Altcoin, sistem akan menghitung otomatis harganya, lalu pilih tombol ‘Investasi Terbuka’ apabila sudah setuju dengan harganya.
  1. Proses pembayaran untuk Altcoin sedikit berbeda, dimana kita perlu membayar menggunakan USDT melalui wallet. Apabila anda sudah memiliki USDT di wallet lain maka tinggal scan barcode nya saja untuk mengirimkan pembayaran tersebut. Apabila USDT anda ada di wallet Remitano maka langkah ini otomatis terlewati dan akan memotong saldo langsung. 
  1. Agar proses pembelian Altcoin lebih cepat, saya sarankan untuk swap BTC ke USDT dahulu melalui wallet anda. Beli BTC, lalu swap ke USDT, lalu lakukan pembelian Altcoin menggunakan USDT sehingga prosesnya instant.

Penutup

Meskipun merupakan pemain baru, Remitano sangat menarik untuk dicoba karena memiliki fitur yang tidak ada di kompetitor lainnya. Selain itu, mereka menyediakan banyak promosi yang dapat kita manfaatkan dengan baik. Jadi saya sarankan untuk mendaftar Remitano sekarang juga untuk memaksimalkan keuntungan.

Sumber: Official Announcement of Indonesian Rupiah Wallet Launch

2 thoughts on “Review Remitano Indonesia – berikut panduan

  1. Program refferal nya bisa ” di tuyul ” ngga bang?
    Orang crypto pasti tau istilah “di tuyul” hihihi 😄🙏

    1. Wah saya ga berani nyoba sih wkwkwk. menurut saya susah sih karena verifikasi identitas aja pake video an segala. Tapi mungkin ada celah yang bisa dimanfaatkan 😜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.