A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Anak Pandai Menabung, Orang Tua Pasti Untung!

Anak Pandai Menabung, Orang Tua Pasti Untung!

Masih banyak orang yang ternyata masih kesulitan dalam mengatur keuangannya, meskipun penghasilannya sudah mencapai ‘dua digit’, misalnya. Hal ini barangkali disebabkan oleh kurangnya kebiasaan menabung sejak dini. Mungkin ada yang sejak kecil sudah dibebaskan untuk mengelola uang sendiri, namun tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola dan mempertanggungjawabkannya. Apa Anda termasuk salah satunya?

Apabila demikian, dampaknya tentu akan terasa di kemudian hari. Namun hal itu juga bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain seperti ketidaktahuan, keadaan, ataupun lingkungan yang mendukung itu semua terjadi.
Oleh karenanya, guna ‘memutus lingkaran’ yang membingungkan seperti itu, cobalah untuk mulai menanamkan kebiasaan menabung kepada anak Anda sedini mungkin. Ajari dan beri pemahaman kepada mereka bahwa betapa pentingnya menabung untuk kehidupan mereka setelah dewasa. Sebab dengan begitu, selain Anda mengajarkan hal baik yang akan bermanfaat untuk diri mereka, juga sekaligus akan menjadi pengingat bagi diri Anda sendiri.

Ada banyak manfaat apabila Anda dapat menanamkan kebiasaan menabung ini sejak dini;

Lebih Menghargai Uang

Beri pemahaman pada anak Anda bahwa uang tidak mudah dicari, dan uang tidak datang dengan sendirinya tanpa ada usaha untuk mendapatkannya. Pemborosan atau membuang uang untuk hal-hal tidak penting termasuk perilaku konsumtif dan tidak menghargai uang.
Anda bisa menyarankan anak untuk belajar berwirausaha. Melalui cara tersebut, mereka akan bisa menghasilkan uang atas hasil usahanya sendiri. Bahkan bisa jadi, anak Anda akan merasa bangga dengan dirinya sendiri dan bertekad untuk menabung lebih banyak lagi.

Belajar Bertanggung Jawab

Ajarkan anak Anda untuk selalu bertanggung jawab pada semua hal, terutama pada uang yang telah Anda berikan. Anda bisa membatasi uang jajan mereka per hari atau per minggunya, beri pemahaman kepada mereka untuk bisa memanfaatkan uang tersebut sesuai keperluannya dan biarkan anak Anda berusaha keras agar uang tersebut cukup untuk satu hari atau satu minggu ke depan.
Dengan begitu, anak Anda akan memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas uangnya sendiri dan akan lebih bijak memakai uang tersebut. Kemudian, Anak Anda pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang mungkin mereka inginkan di kemudian hari.

Membiasakan Hidup Hemat

Perlu diingat, hemat bukan berarti pelit. Hemat berarti bijak dalam memanfaatkan sesuatu. Anda dapat mengingatkan anak Anda tentang slogan ‘hemat pangkal kaya’, yang secara tidak langsung, itu dapat memotivasi anak untuk lebih berhemat dengan rajin menabung. Manfaat menabung salah satunya ialah untuk menghindari anak Anda memiliki perilaku konsumtif atau boros.
Karena jika sejak dini Anda sudah mengajarkan anak Anda untuk menabung dan membeli sesuatu sesuai keperluannya saja, maka saat dewasa nanti ia akan memahami dan terbiasa dengan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya.

Pandai Mengelola Keuangan

Anda bisa mengajarkan hal ini dengan memberikan challenge kepada anak Anda. Misalnya, mereka harus dapat membeli barang atau sesuatu yang mereka inginkan, dari uang jajan yang telah mereka sisihkan. Atau, Anda juga dapat mengarahkan mereka untuk memiliki target, seperti membeli mainan atau liburan bersama Anda, tentunya dengan menggunakan uang hasil tabungan mereka sendiri. Dengan begitu, anak Anda akan belajar untuk menyesuaikan kapan dan bagaimana mereka bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, dengan memanfaatkan uang yang mereka punya secara bijak.
Kebiasaan menabung sejak dini ini dapat membentuk pengertian dan kebiasaan dalam mengatur, merencanakan juga mengelola keuangan saat anak Anda dewasa nanti.

Disiplin

Menabung akan mengajarkan anak Anda untuk lebih disiplin. Dalam merencanakan, mencari dan mengelola keuangan, sangat dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi guna mencapai apa yang diinginkan.
Mungkin, Anda bisa membantu atau menyarankan jumlah nominal untuk anak Anda tabung setiap harinya agar mencapai target dalam waktu tertentu. Pastikan juga bahwa mereka sudah memahami maksud dan tujuannya, agar dapat menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.