Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Pentingnya Asuransi Rumah dan Berbagai Manfaatnya

Memiliki rumah pribadi merupakan salah satu impian semua orang, sebagai tempat hunian yang aman dan nyaman bagi keluarga. Beragam cara bisa dilakukan untuk melindungi properti seperti halnya rumah, salah satunya ialah dengan mengikuti program asuransi.
Meskipun tidak sepopuler asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan, asuransi jenis ini juga tak kalah penting guna melindungi aset berharga milik Anda.

Lalu, seberapa penting asuransi ini dan apa saja manfaatnya?

Pengertian

Asuransi rumah merupakan asuransi yang memberikan proteksi atas kerugian finansial yang ditimbulkan oleh bencana alam, kebakaran, tindak pencurian, atau musibah lainnya yang mungkin menimpa rumah.

Di Indonesia sendiri, jenis asuransi rumah terbagi menjadi dua, yakni asuransi property all-risk atau industry all-risk dan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Asuransi rumah yang akan dibahas ini memiliki manfaat perlindungan bagi pemilik rumah saat hunian mengalami kerusakan, bencana alam, terjadinya pencurian atau kerusakan lainnya. Nah, ternyata tidak hanya untuk bangunan rumahnya saja, asuransi ini juga dapat menanggung seluruh properti atau barang-barang yang ada di dalam rumah, sesuai polis asuransi yang telah disepakati di awal.

Pentingnya Asuransi Rumah

Masih banyak yang menyepelekan tentang pentingnya asuransi rumah, padahal asuransi ini memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah:

Menjaga Nilai Rumah
Rumah adalah salah satu investasi terbesar yang dilakukan seseorang dalam hidupnya. Bahkan banyak orang beranggapan, hunian dapat dijadikan aset yang nilainya terus bertambah. Di sinilah manfaatnya, ketika suatu risiko terjadi di kemudian hari, perusahaan asuransi akan melakukan penggantian, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan nilai dari properti.

Memberikan Tempat Sementara ketika Risiko Terjadi
Tidak hanya memberikan jaminan pada properti saja, asuransi rumah juga dapat memberikan tempat perlindungan sementara bagi pemegang polis yang mengalami kerusakan rumah akibat bencana alam.
Beberapa asuransi menawarkan pembiayaan akomodasi, sampai rumah yang diasuransikan selesai diperbaiki dan dapat ditinggali.

Melindungi dari Risiko Kehilangan
Cara kerja asuransi rumah tak hanya terbatas untuk melindungi kerusakan rumah saja, tetapi juga kehilangan pada benda-benda berharga lainnya.
Misalnya terjadi insiden perampokan, tentunya akan membuat kerugian yang sangat banyak. Asuransi ini bisa melindungi barang berharga dan akan mengganti nilai kerugian sesuai yang telah disepakati.

Adanya Perluasan Jaminan
Beberapa perusahaan asuransi menawarkan perluasan jaminan dari standar yang sudah ditentukan sebelumnya. Umumnya, asuransi menanggung kerusakan akibat gempa bumi, kebakaran, banjir, atau angin topan. Selain itu, ada juga yang menawarkan perluasan seperti kerusakan akibat kerusuhan, tersambar petir, huru-hara, terorisme, hingga kejatuhan pesawat terbang.

Apa Saja yang Ditanggung?

Secara umum, asuransi rumah melindungi 4 macam insiden dalam properti. Keempat hal itu meliputi kerusakan interior, kerusakan eksterior, kehilangan atau kerusakan aset, serta terjadinya luka untuk seseorang saat terjadinya kerusakan tersebut.
Saat klaim dibuat, para pemegang polis diharuskan membayar biaya premi per tahunnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Nominal jumlah pastinya lebih murah dibandingkan dengan jumlah pertanggungan dari asuransi tersebut.

Cara Kerja Asuransi Rumah

Bagaimana cara kerja sebuah asuransi rumah? Mudahnya, bisa dilihat dari contoh kasus di bawah ini:
Anda memiliki rumah dengan luas bangunan 100 meter persegi, dengan nilai pertanggungan rumah sebesar Rp400 juta.
Bagaimana cara mengetahuinya? Nilai pertanggungan akan didapatkan dengan cara menghitung jumlah dana yang akan dibutuhkan untuk membangun rumah seluas 100 meter tersebut pada saat ini. Jika saat ini dibutuhkan dana sebesar Rp4 juta untuk membangun setiap satu meter persegi, maka untuk rumah seluas 100 meter persegi akan dibutuhkan dana sebesar Rp400 juta.
Setelah mendapatkan nilai pertanggungan, maka premi yang harus Anda bayarkan adalah
= rate premi asuransi rumah x uang pertanggungan.

Contoh:
Rate premi asuransi rumah = 0,15%
Uang pertanggungan Rp400.000.000
Premi asuransi = 0,15% x Rp400.000.000 = Rp600.000 per tahun

Klaim asuransi rumah

Mungkin beberapa di antara kita masih banyak yang bingung bagaimana cara klaim asuransi jenis ini. Sebab, tiap perusahaan asuransi tentu memiliki prosedur tersendiri dalam pengurusan proses klaim. Meski demikian, ada langkah-langkah standar yang umumnya diterapkan:

  • Kontak pihak asuransi untuk mengajukan klaim Anda
  • Siapkan dokumen-dokumen persyaratan
  • Isi formulir permohonan klaim
  • Bantu pihak asuransi saat investigasi lapangan
  • Tunggu dana klaim cair

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.