Anda Sudah Memiliki Profil LinkedIn? Simak Manfaat Baiknya Untuk Karier!

LinkedIn adalah platform bagi Anda yang ingin mengembangkan karier. Hal ini dapat mencakup berbagai latar belakang seperti mahasiswa, pebisnis, pekerja, dan pencari kerja. Pengguna LinkedIn dapat memanfaatkan akun LinkedIn untuk membangun networking dan connection secara profesional.

Namun di era yang sudah serba digital ini, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat memiliki profil di LinkedIn bagi perkembangan kariernya. Perlu diketahui, bahwa profil LinkedIn yang baik akan mendatangkan beragam manfaat. Yang mana tidak hanya akan dirasakan oleh pihak perusahaan, tetapi juga banyak manfaatnya untuk karyawan yang bekerja di dalamnya.

Apa saja manfaat LinkedIn Untuk Karier?

Simak penjelasan lengkap berikut ini:

1. Membantu meningkatkan citra dan reputasi perusahaan

Hampir semua perusahaan modern, seluruh karyawan hingga jajaran direksi biasanya sudah memiliki profil LinkedIn untuk menunjukkan profesionalitasnya. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik seperti memiliki jumlah karyawan yang banyak dan berkualifikasi baik.

2. Meningkatkan personal branding Anda sebagai pekerja

Setiap individu tentunya memiliki keinginan untuk mengembangkan kemampuan maupun prestasinya di pekerjaan yang ditekuni. Tidak sedikit pula yang mewujudkan hal tersebut dengan berpindah ataupun mencari perusahaan terbaik menurut versinya.

Dengan kata lain, memiliki profil LinkedIn akan membantu Anda mempromosikan diri dan menguatkan portofolio karier Anda dalam mencapai tahap selanjutnya. Oleh karena itu, hal tersebut bukan saja akan menguntungkan dari sisi perusahaan, tetapi juga akan lebih menguntungkan Anda. Sebab semua kemampuan serta perjalanan karier Anda akan terpampang baik di sana. 

3. Meningkatkan self-development

Memiliki profil LinkedIn yang baik akan membantu Anda dalam meningkatkan self development atau pengembangan diri Anda selaku individu yang bekerja. Dengan membuat profil LinkedIn, Anda telah melakukan journaling terhadap perkembangan diri dan karier Anda.

Hal ini sekaligus merupakan refleksi diri untuk melihat sejauh mana diri Anda berkembang, dan apa saja yang sudah Anda capai dalam pekerjaan sebelumnya. Ini sangat baik untuk kembali melihat ke dalam diri Anda, mengenal diri Anda lebih baik dan merefleksikan semua yang telah Anda lakukan selama menjalani karier di bidang yang Anda tekuni, hal tersebut sama halnya seperti melakukan meditasi kepada diri sendiri.

4. Dapat lebih saling mengenal dan mempererat hubungan antar karyawan

Tidak semua karyawan berada pada satu lokasi, mungkin saja lokasinya berjauhan. Karena dengan saling memiliki profil LinkedIn, maka tidak mustahil antar karyawan akan saling menemukan rekan di satu perusahaannya yang tidak pernah saling bertemu sebelumnya. Terlebih jika perusahaannya merupakan perusahaan dengan skala nasional maupun multinasional yang memungkinkan untuk memiliki banyak cabang.

5. Membantu pihak perusahaan, terutama HRD, untuk melakukan talent mapping

Dalam istilah lain, sebagai sarana apresiasi bagi karyawan yang memiliki skill tertentu yang selama ini masih belum ter-expose atau belum diketahui oleh pihak perusahaan. Maka dengan adanya profil LinkedIn ini, akan dapat diketahui lebih jauh terkait talenta yang dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan tersebut.

Itulah beberapa manfaat jika Anda memiliki profil LinkedIn yang baik. Hingga saat ini, LinkedIn masih menjadi platform profesional yang populer dan mampu memberikan banyak peluang kerja bagi masa depan karier yang cerah. Entah berlangganan secara gratis maupun meningkatkannya menjadi Premium, Anda perlu memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di LinkedIn untuk membantu meraih jenjang karier yang Anda impikan.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *