Asuransi Gamers Bikin Auto Win?

Setelah cukup banyak melintang dan mengetahui banyak produk asuransi, ternyata ada jenis asuransi yang cukup nyeleneh, yakni asuransi untuk gamers. Jenis asuransi ini pada dasarnya termasuk ke dalam asuransi mikro. Biasanya memiliki premi yang cenderung murah, masa perpanjangannya tahunan, lingkup perlindungan sempit, dan uang pertanggungannya cenderung kecil.

Asuransi jenis ini mirip seperti asuransi olahraga, liburan atau perjalanan, yang biasanya sering ditawarkan ketika Anda akan melakukan perjalanan. Di indonesia sendiri, belum banyak produk asuransi untuk gamers yang bisa dijadikan pilihan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak beberapa jenis asuransi gamers di bawah ini;

 1. Asuransi Gamers dari Jagadiri

Asuransi ini menawarkan uang pertanggungan maksimal sebesar 3 juta. Adapun manfaat lain yang ditawarkan ialah berupa pertanggungan terhadap risiko berbagai penyakit, di antaranya:

  • Glaukoma (Kerusakan Saraf Mata)
  • Cardiac Arrest (Gagal Jantung)
  • Carpal Tunnel Syndrome (Kelainan Pada Saraf Pergelangan Tangan)
  • De Quervain’s Tenosynovitis (Peradangan Pada Bagian Dasar Ibu Jari)

Dalam pertanggungan penyakit ini, terdapat beberapa ketentuan lain seperti; apabila mengikuti masa pertanggungan di bawah 3 bulan, jenis penyakit yang dapat ditanggung hanyalah Cardiac Arrest dan Carpal Tunnel Syndrome. Kemudian, jika mengikuti masa pertanggungan lebih dari 3 bulan sampai dengan 1 tahun, maka keempat risiko penyakit tersebut dapat dipertanggungkan.

Namun untuk penyakit Cardiac Arrest atau gagal jantung sendiri merupakan penyakit yang umum terjadi dan biasanya sudah tercover oleh asuransi kesehatan umum. Sedangkan untuk ketiga penyakit lainnya, adalah penyakit yang kemungkinan terjadinya sangat kecil. Sekalipun pada orang yang memiliki intensitas bermain game yang ekstrim, penyakit ini sangat jarang terjadi.

Hemat saya, jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dan tidak merasa mempunyai risiko tertentu seperti kelainan genetik, ataupun tidak berdasarkan hasil diagnosa ahli yang menyatakan bahwa Anda termasuk orang yang rentan terhadap 3 penyakit tersebut, maka asuransi ini sepertinya belum Anda perlukan. Meskipun harga premi asuransi ini terbilang murah yakni 10 ribu hingga 30 ribu rupiah saja per tahun.

Tapi jika Anda tertarik dan merasa penasaran untuk memilikinya, silahkan Anda membelinya untuk menambah kesenangan Anda saat bermain game. Saya juga sempat terpikir membeli jenis asuransi ini untuk diberikan ke teman-teman saya sebagai hadiah dalam rangka memberi sindiran secara satire, bagi mereka yang terlalu banyak bermain game.

2. Asuransi Gamers dari AIA

Asuransi gamers dari AIA Financial yang bekerjasama dengan Gojek ini, dapat dikatakan sebagai kompetitor dari produk asuransi gamers milik Jagadiri. Karena bekerjasama dengan Gojek melalui fitur Gopay, asuransi ini hanya bisa didapatkan melalui aplikasi Gojek. 

Sekilas, produk asuransi dari AIA ini memiliki manfaat yang sedikit lebih banyak dari produk asuransi gamers dari Jagadiri, karena di asuransi AIA terdapat manfaat rawat inap maksimal 3 hari selama masa asuransi berlangsung. Karena adanya manfaat tambahan tersebut, preminya pun sedikit lebih mahal dibanding dengan asuransi Jagadiri. Namun untuk uang pertanggungan maksimal dari asuransi ini adalah sebesar 4 juta rupiah.

Meski demikian, untuk cakupan penyakit yang ditanggung oleh asuransi ini sama persis, yakni Glaukoma, Cardiac Arrest, Carpal Tunnel Syndrome dan De Quervain’s Tenosynovitis. Sehingga bisa dikatakan, manfaat dari pertanggungan risiko tersebut tidaklah lebih baik, hanya berbeda karena adanya manfaat pertanggungan rawat inap harian.

Untuk preminya sendiri, asuransi AIA sedikit lebih mahal yakni berkisar antara 16 ribu hingga 45 ribu per tahunnya, untuk usia tertanggung 18-45 tahun. Perlu diketahui pula bahwa asuransi AIA tidak memiliki masa pertanggungan yang fleksibel, karena tidak ada masa asuransi bulanan seperti pada Jagadiri, melainkan masa asuransi di AIA ini minimal 1 tahun.

Itulah perbedaan dari kedua produk asuransi yang ternyata tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan karena produknya cenderung sejenis. Produk asuransi gamers dari AIA ini juga disinyalir dibuat hanya untuk membuat produk tandingan dari asuransi milik Jagadiri.

Intinya, kedua produk asuransi ini cenderung sama dan tidak begitu perlu untuk dimiliki. Namun jika Anda tertarik untuk memiliki asuransi gamers ini, saya sarankan untuk memilih produk dari AIA, karena meskipun harus membayar sedikit lebih tinggi, namun manfaat yang didapat juga lebih banyak.  

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.