Cara Mengumpulkan Miles Tanpa Bergantung pada Kartu Kredit

Untuk banyak orang, mengumpulkan miles adalah kunci untuk meraih perjalanan gratis atau diskon besar-besaran pada tiket pesawat. Namun, tidak semua orang memiliki kartu kredit, dan mereka mungkin bertanya-tanya apakah ada cara lain untuk mengumpulkan miles tanpa harus bergantung pada kartu kredit. Jawabannya adalah ya, ada beberapa cara alternatif untuk mencapai tujuan perjalanan Anda tanpa perlu memiliki kartu kredit. Artikel ini akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan perjalanan Anda tanpa perlu memiliki kartu kredit. Meskipun perjuangannya mungkin sedikit lebih berat, pilihan ini tetap merupakan jalan menuju perjalanan gratis yang memungkinkan.

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silahkan kunjungi tautan ini

1. Kartu Debit dengan Keuntungan Miles

Beberapa bank menawarkan kartu debit yang memungkinkan Anda mengumpulkan miles setiap kali Anda melakukan transaksi. Contohnya, kartu debit Garuda Indonesia BNI memberikan 50.000 GarudaMiles setiap penggunaannya, begitu pula dengan kartu debit AirAsia dari bank Permata. Ini adalah salah satu cara paling langsung untuk mengumpulkan miles tanpa perlu memiliki kartu kredit.

2. Program Loyalitas Kartu Tabungan

Beberapa bank besar juga memiliki program loyalitas yang memungkinkan Anda mengumpulkan poin atau miles ketika Anda menyimpan uang di rekening tabungan mereka. Misalnya, Reward BCA dan BNI Point adalah contoh program ini. Anda dapat mengumpulkan poin dengan menyimpan uang di rekening bank dan sering-sering melakukan transaksi, kemudian menukarnya dengan tiket pesawat atau hadiah lainnya. Namun, metode ini umumnya menghasilkan miles sangat sedikit sekali dan memerlukan dana besar yang diendapkan di rekening – jadi kurang saya rekomendasikan.

3. Tukar Poin dari Program Lain

Selain dari kartu debit dan tabungan bank, Anda juga dapat mengumpulkan poin dari program-program lain. Contohnya, OVO adalah platform pembayaran digital di Indonesia yang memungkinkan Anda mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan menjadi miles dengan maskapai tertentu seperti KRISFLYER atau poin hotel seperti Accor. GetPlus juga dulu bisa menukarkan poin ke maskapai penerbangan, namun saya tidak tahu bagaimana sekarang karena sudah tidak menggunakannya lagi.

4. Agregator Belanja Online

Sejumlah platform belanja online, seperti Rakuten, memberikan poin sebagai imbalan atas pembelian online Anda. Poin ini kemudian dapat ditukarkan menjadi miles dengan maskapai penerbangan tertentu. Meskipun prosesnya mungkin lebih lambat, ini tetap menjadi cara untuk mengumpulkan miles tanpa kartu kredit. Sambil belanja, dapat poin juga – lumayan kan?

5. Program Khusus Maskapai

Beberapa maskapai memiliki program loyalitas mereka sendiri yang memungkinkan Anda mengumpulkan miles melalui berbagai cara, termasuk pembelian tiket pesawat, menginap di hotel mitra, atau menggunakan layanan yang terkait dengan maskapai tersebut. Cara ini adalah cara paling tradisional untuk mengumpulan miles. Sebelum ada kerjasama kartu kredit dan perbankan, anda ya mendapatkan miles dengan melakukan penerbangan – yang tentunya membutuhkan lebih banyak uang!

Penutup

Meskipun mengumpulkan miles tanpa kartu kredit mungkin memerlukan sedikit lebih banyak usaha dan waktu, tapi itu tetap merupakan opsi yang layak bagi mereka yang tidak ingin atau tidak dapat memiliki kartu kredit. Dengan memanfaatkan kartu debit, program loyalitas bank, platform pembayaran digital, dan program-program lainnya, Anda masih dapat meraih manfaat perjalanan gratis atau diskon besar-besaran pada tiket pesawat. Selalu ingat untuk memeriksa program loyalitas yang tersedia dan manfaatkan kesempatan untuk mengumpulkan miles dengan berbagai cara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan kesabaran dan konsistensi, perjalanan gratis bisa menjadi kenyataan bahkan tanpa kartu kredit.

Baca juga: Cara Memilih Kartu Kredit: Akses Gratis Bandara Soekarno-Hatta

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your website offered us with valuable info to work on. You’ve done an impressive job and our entire community will be grateful to you.