Kartu Kredit Pertama: Kriteria Pemilihan

Semakin banyak orang yang sadar bahwa kartu kredit merupakan salah satu ladang untuk mencari cuan. Wajar saja, hal ini memberikan kita rewards/hadiah yang tidak diberikan oleh kartu debit. Selain itu, dalam situasi genting, kartu kredit juga bisa membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik melalui fitur cicilan 0% dan dana darurat berupa loan on card.

Sayangnya, masih banyak pemula yang bingung harus memulai perjalanan kartu kredit pertama darimana. Mulai dari memilih dari sekian banyak jenis kartu yang tersedia, serta kesulitan mendapatkan kartu pertama adalah tantangan yang paling sering diceritakan kepada saya di media sosial.

Oleh karenanya, dalam tulisan ini saya akan mencoba memberikan beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk memilih credit card pertama kita.

Memiliki Biaya Tahunan yang Rendah atau Tidak Ada Sama Sekali

Kebanyakan orang takut memiliki kartu kredit karena khawatir akan biaya-biaya yang dikenakan. Salah satu komponen biaya terbesar dalam kartu ini adalah iuran tahunan yang dikenakan setiap tahun nya, yang nilainya berkisar ratusan ribu sampai jutaan.

Meskipun hampir semua kartu kredit di Indonesia memiliki iuran tahunan yang bisa dihapuskan, namun kerap kali syarat penghapusannya mewajibkan si pemilik untuk mencapai pengeluaran tertentu dalam 1 tahun kebelakang  atau berbelanja sejumlah nilai tertentu.

Tentunya syarat tersebut bisa jadi memberatkan beberapa orang yang mungkin hanya menggunakan seperlunya saja, sehingga sebagai pemula, sebaiknya memilih kartu kredit pertama yang tidak mengenakan biaya tahunan sama sekali, alias gratis selamanya.

Mudah Diajukan Tanpa Syarat 

Stigma kartu kredit di Indonesia masih dilihat sebagai simbol kemewahan karena hanya dimiliki oleh segelintir orang, serta proses pengajuannya yang dinilai cukup ribet dan sulit diterima untuk sebagian besar orang. Bahkan, beberapa kartu ini memiliki syarat rumit seperti keharusan adanya saldo mengendap di tabungan, atau memiliki kartu kredit referensi yang sudah memiliki limit senilai tertentu.

Sehingga, untuk pemula yang baru mengincar kartu pertama mereka, penting sekali untuk memilih kartu yang bisa diajukan tanpa referensi kartu lain ataupun mewajibkan adanya rekening tabungan.

Memberikan Keuntungan Finansial

Kebanyakan bank memberikan manfaat finansial hanya untuk yang premium (tingkat atas) mereka, sedangkan untuk ‘entry-level’ (pemula)- nya dibiarkan dengan manfaat yang sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Padahal, justru pemilik kartu kredit pertama mengharapkan bisa langsung merasakan manfaat penggunaan kartu yang lebih menguntungkan daripada kartu debit mereka. Beberapa bentuk keuntungan yang bisa diperhatikan dan dicari dari sebuah kartu kredit antara lain:

  1. Cashback transaksi: Beberapa kartu kredit memberikan kita ‘kembalian’ baik dalam bentuk poin atau potongan tagihan  atas transaksi yang kita lakukan di kartu tersebut. Kembalian ini tentunya membantu kita semakin berhemat dalam setiap pengeluaran kita.
  2. Cicilan 0%: Kartu kredit seringkali dilihat sebagai pedang bermata dua karena bisa membuat kita menjadi ‘khilaf’. Namun, fitur cicilan yang digunakan secara bijaksana sebenarnya dapat membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik. Asal saja, kartu tersebut memberikan bunga yang sangat ringan atau bahkan tanpa bunga untuk cicilan yang kita lakukan, sehingga kita tidak terjebak dalam bunga yang memberatkan.
  3. Banyak diskon: siapa sih yang tidak suka diskon? Kebanyakan toko/merk di Indonesia memberikan diskon khusus pembayaran menggunakan kartu kredit, atau memberikan diskon lebih besar dibandingkan debit dan QR. Oleh karenanya, penting juga memilih kartu kredit yang bekerjasama banyak promo dengan banyak merk supaya membantu kita berhemat dalam pengeluaran sehari-hari kita.

Tidak Memiliki Banyak Syarat untuk Mendapatkan Keuntungan

Banyak kartu yang memberikan keuntungan dahsyat namun mewajibkan syarat yang sebenarnya cukup rumit untuk sebagian orang. Misalnya, banyak kartu yang mengharuskan kita memiliki pengeluaran sejumlah nilai tertentu setiap bulannya untuk bisa mendapatkan hadiah berupa poin/cashback. Ada juga kartu lain yang bisa memberikan hadiah besar namun dengan syarat harus bertransaksi beberapa kali di kategori merk tertentu.

Atau, ada yang kelihatannya memberikan cashback besar namun ternyata dibatas-batasi, misalnya hanya untuk transaksi diatas nilai tertentu, atau cashback maksimalnya dibatasi, atau bahkan cashbacknya dihanguskan jika tidak memenuhi nominal tertentu.

Menurut saya, syarat-syarat tersebut bukannya membantu berhemat namun justru malah merumitkan pemilik kartu kredit perdana yang justru mau mencoba berhemat melalui fiturnya.

Rekomendasi Kartu Kredit Pertama yang Memenuhi Kriteria Tersebut

Meskipun ada beberapa kartu kredit di Indonesia yang memenuhi seluruh syarat tersebut dan bisa direkomendasikan, namun NEX Card menjadi rekomendasi pertama saya untuk beberapa alasan:

  1. Pengajuan mudah karena full online dilakukan lewat aplikasi, tanpa perlu memiliki rekening tabungan ataupun kartu kredit referensi
  2. Memberikan iuran tahunan gratis seumur hidup
  3. Memiliki fitur cashback poin tanpa syarat yang rumit. Pokoknya setiap bertransaksi 10.000 rupiah mendapatkan 100 poin setara 100 rupiah, sehingga secara efektif memberikan cashback 1% tanpa batas dan tanpa syarat yang rumit!
  4. Punya banyak promo, karena merupakan hasil kerjasama dari NEX dan bank BRI, sehingga bisa berpartisipasi dalam seluruh toko atau brand yang memberikan diskon kepada kartu kredit bank BRI
  5. Cicilan 0% untuk banyak merchant. Dan transaksi yang sudah dilakukan pun bisa dikonversi menjadi cicilan dengan bunga cukup rendah.
  6. Ekstra cuan karena memberikan hadiah senilai 160rb (dalam bentuk voucher+poin) hanya dengan mengaktivasi kartu. Bahkan banyak kartu kredit yang lebih premium saja tidak memberikan bonus aktivasi sama sekali!

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, terutama dalam hal persentase cashbackM, NEX card menjadi rekomendasi utama saya untuk menjadi yang pertama untuk anda.

Apabila tertarik, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengajukannya:

  1. Download aplikasi NEX di Play Store (Android) atau App Store (iPhone) lewat link ini
  2. Buat akun dan lakukan proses KYC. Jangan lupa gunakan kode referral saya adrians1
  3. Pilih menu NEX card di halaman utama
  4. Ikuti proses yang diminta 
Kriteria Memilih Kartu Kredit Pertama Anda

Untuk video tutorial, bisa mengunjungi video saya di Instagram ini: tutorial daftar NEX Card

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.