Kenapa Asuransi Saya Bisa Merugi?

Pertanyaan ini sudah sering saya terima. Kenapa asuransi saya merugi? Jawabannya jelas sederhana, yakni bahwa asuransi bukanlah sesuatu yang menguntungkan.

Pada dasarnya, fungsi utama dari asuransi ialah sebagai pengalihan risiko. Asuransi berfungsi dalam pengalihan atau menyebarkan risiko kerugian keuangan yang mungkin diderita oleh tertanggung kepada pihak penyelenggara asuransi.

Pengalihan risiko dari individu kepada penyelenggara asuransi dilaksanakan berdasarkan kontrak atau kesepakatan yang telah dibuat antara individu dengan perusahaan asuransi. Pengalihan risiko pada asuransi sandiri bertujuan untuk menekan kerugian finansial yang timbul dan mengendalikan risiko ke tingkat yang lebih rendah.

Asuransi Bukanlah Investasi

Seperti halnya ketika kita membeli suatu produk seperti gadget maupun mobil. Di mana ketika kita membeli tahun ini, maka nilainya akan cenderung turun jika dijual kembali di tahun depan. Hal tersebut biasanya disebut sebagai depresiasi. Begitulah asuransi bekerja.

Asuransi merupakan sarana proteksi, bukan investasi. Sehingga, jika Anda mengikuti asuransi dan mengharapkan mendapatkan keuntungan, maka Anda salah sasaran. Atau bisa juga agen asuransi atau orang yang mengajak Anda untuk membeli asuransi tertentu keliru karena tidak menjelaskan fungsi asuransi secara benar.

Risiko dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, di antaranya seperti risiko kesehatan, risiko pekerjaan, risiko atas hobi yang diminati, mau pun risiko karena daerah yang ditempati. Pengelompokan risiko tersebut diterapkan menggunakan prinsip hukum bilangan besar atau  law of large numbers. Hal ini berarti, semakin banyak risiko yang serupa, maka semakin kecil penyimpangan kerugian yang terjadi dalam perkiraan.

Asuransi Dwiguna

Kemudian jika ada pertanyaan lain seperti, apakah ada asuransi yang bisa mendatangkan keuntungan? Jawabannya ada.

Saat ini, sudah ada sekitar 7 polis asuransi saya yang nilainya sudah di atas jumlah premi yang saya setorkan. Asuransi tersebut bukanlah asuransi biasa, melainkan asuransi dwiguna.

Asuransi dwiguna merupakan asuransi multifungsi yang ditujukan untuk sarana asuransi sekaligus investasi. Manfaat perlindungan dari jenis asuransi dwiguna ini relatif kecil, juga biaya akuisisi dan biaya bulanannya kecil. 
Hal ini dapat diasumsikan seperti membeli reksadana namun mendapatkan proteksi. Hal ini pun sudah pernah saya bahas secara lengkap di sini mengenai asuransi dwiguna.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.