Memilih Jenis Asuransi yang Tepat untuk Gen Z

Meskipun Anda merasa masih muda, namun risiko kehidupan dapat menimpa siapa saja. Tidak terkecuali bagi para generasi Z atau Gen Z. Sehingga proteksi sangat diperlukan untuk dimiliki sejak dini.

Gen Z sendiri merujuk kepada orang-orang yang terlahir di tahun 1997 hingga 2012. Apakah Anda termasuk ke dalam generasi ini?

Terdapat berbagai alasan tentang pentingnya memiliki asuransi. Berikut ini akan dijelaskan juga beberapa rekomendasi jenis asuransi yang tepat untuk para Gen Z.

Pentingnya Memberikan Proteksi Sejak Dini

Merujuk data yang dihimpun oleh badan statistik, per tahun 2021 populasi Gen Z mendominasi jumlah masyarakat Indonesia. Sementara generasi millenial (1981- 1994), menduduki peringkat kedua terbanyak.

Angkatan tertua Gen Z di tahun 2022 ini sudah memasuki usia 25 tahun. Yang mana, sebagian dari Gen Z pastinya sudah mulai bekerja dan memasuki masa produktif.

Sehingga perlu lekas disadari bahwa ketika telah memiliki penghasilan, maka risiko dan tanggung jawab terhadap diri pun akan meningkat.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini ialah risiko-risiko dalam hidup dan cara mengantisipasinya. Sebab bukan tidak mungkin rutinitas Anda dapat berubah drastis ketika risiko-risiko tersebut terjadi.

Pasalnya, tidak ada jaminan bahwa kehidupan akan baik-baik saja. Apa pun bisa terjadi, dan itu adalah bagian dari risiko hidup. Karena itu, di situlah letak pentingnya setiap orang melengkapi proteksi diri dengan memiliki asuransi.

Apa saja jenis asuransi untuk Gen Z yang paling tepat untuk dimiliki? Simak pembahasan berikut ini.

Asuransi Gen Z Terbaik

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan perlindungan asuransi dasar yang perlu untuk dimiliki. Yang mana, dapat berguna dalam menanggung biaya pengobatan medis, perawatan hingga obat-obatan.

Dalam sebuah riset, disebutkan bahwa kaum yang paling ‘mengganggu’ selama sejarah ialah generasi Z. Kok bisa? Sebab Gen Z hidup dengan hustle culture yang membuat mereka memiliki penghasilan yang bisa melampaui penghasilan generasi kelahiran 1980-1995.

Akan tetapi, jika tidak ada perencanaan tepat dan gaya hidup tidak sesuai, maka dapat memicu berbagai penyakit. Atas dasar itu, tentunya akan turut mengganggu kondisi finansial.

Karena itulah, penting bagi para Gen Z untuk memberikan proteksi diri dengan asuransi kesehatan.

2. Asuransi Perjalanan

Berdasarkan data PT Angkasa Pura 1, telah terjadi kenaikan jumlah penumpang pesawat dari 2021 sampai 2022 hingga 435%. Banyak di antaranya adalah generasi muda yang mengambil cuti atau memanfaatkan libur pasca pandemi ini.

Sayangnya, ketika bepergian jauh, tidak ada yang luput dari risiko. Misalnya seperti terjadi penundaan atau pembatalan perjalanan. Atau, transportasi untuk pergi mendadak ditunda menjadi esok hari, dan lain sebagainya.

Alhasil, jika terjadi demikian maka kita akan dirugikan, terutama kerugian waktu dan materi.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka Anda pun akan jauh lebih tenang. Sebab asuransi perjalanan mencakup berbagai manfaat. Mulai dari pemberian kompensasi, hingga ganti rugi ketika terjadi kehilangan bagasi.

3. Asuransi Covid-19

Meskipun aktivitas sudah mulai berjalan normal kembali, namun pakar Epidemiologi menyatakan bahwa risiko tertular virus Covid-19 masih tetap ada. Sehingga, bagi yang memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya tetap waspada dalam menghadapi kondisi yang terjadi.

Data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) membeberkan bahwa klaim asuransi Covid-19 pada semester 1 tahun 2022 mencapai 9,72 triliun rupiah.

Ditambah lagi, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023, pemerintah sudah tidak lagi memberikan perlindungan bagi yang terkena penyakit Covid-19.

Oleh karenanya, bagi Anda yang sudah mulai melakukan aktivitas keluar rumah, tentu tidak bisa dihindari karena tuntutan pekerjaan. Sehingga asuransi Covid-19 ini perlu Anda pertimbangkan untuk dimiliki. Jadi sekalipun Anda membutuhkan isolasi mandiri dan perawatan khusus akibat tertularnya penyakit tersebut, finansial Anda dan keluarga akan tetap terlindungi oleh adanya asuransi.

4. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi selanjutnya yang perlu dimiliki Gen Z adalah asuransi kendaraan bermotor. Asuransi jenis inilah yang akan memberikan perlindungan akibat risiko kerusakan kendaraan.

Menurut data Polri, mayoritas kecelakaan dialami oleh generasi muda ketika berkendara dengan kendaraan bermotor. Dengan adanya fenomena tersebut, maka asuransi jenis ini perlu dimiliki oleh Gen Z.

Selain itu, jika risiko yang paling buruk yang terjadi, maka asuransi akan berperan untuk melunasi utang nasabah, apabila kredit belum usai.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *