Asuransi Elektronik yang Tidak Memberikan Perlindungan

Sebagai seseorang dengan literasi keuangan yang baik, saya sadar bahwa asuransi itu merupakan produk keuangan bisa menguntungkan bila digunakan dengan tepat. Saya sendiri memiliki lebih dari 20 asuransi, mulai dari asuransi benda mati seperti rumah, kendaraan bermotor, ponsel, dompet, rekening, sampai asuransi manusia seperti asuransi jiwa, penyakit kritis, dan kesehatan – baik untuk diri saya sendiri maupun anggota keluarga saya.

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silakan kunjungi tautan ini.

Namun, saya pada akhirnya menemukan satu jenis asuransi yang bisa dibilang ‘tidak berguna’ karena memiliki desain klausal yang secara fundamental sudah salah.

Menemukan Asuransi Elektronik yang Tidak Memadai

Singkat cerita, saya memiliki satu gadget bernama “Razer Anzu Smart Glasses” yang saya beli di Blibli. Saat melakukan pembelian, saya membeli paket perlindungan gadget, yang pada dasarnya “memberikan ganti rugi sampai dengan 80% apabila gadget rusak total”. Asuransi seperti ini sudah sering saya beli di marketplace Tokopedia maupun Blibli, meskipun saya belum pernah melakukan klaim sekalipun.

Jadi, ketika gadget Razer saya tersebut rusak, sayapun mencoba mengajukan klaim kerusakan kepada pihak Blibli/Cermati selaku penjual asuransi BCA Insurance (penanggung/penerbit polis). Saya diinstruksikan bahwa klaim harus dilakukan SETELAH mengajukan perbaikan ke service center resmi barang tersebut, karena pengeluaran tersebut yang akan dijadikan landasan klaim asuransi.

Kesulitan dalam Klaim Asuransi Elektronik dan Perbaikan

Selanjutnya saya menghubungi PT. Metrodata selaku distributor resmi barang tersebut di Indonesia, dan setelah menjalani komunikasi kesana kemari tanpa kejelasan, pada akhirnya mereka berkata tidak bisa membantu melakukan reparasi karena kerusakan disebabkan oleh kesalahan user. Padahal, saya sudah memberikan penjelasan bahwa saya dilindungi asuransi umum, jadi Metrodata seharusnya bisa melakukan ‘tukar unit’ dan membebankan biaya unit baru kepada saya untuk saya klaim pada asuransi. Tapi, hal ini tidak bisa dilakukan.

Keputusan Akhir: Asuransi Elketronik yang Tidak Berguna

Pada akhirnya, asuransi saya pun sia-sia. Pihak Metrodata sebenarnya sempat menawarkan penggantian unit ketika konten Tiktok saya viral, tapi saya sudah tidak memerlukannya karena pada akhirnya sudah saya perbaiki secara mandiri.

Saran saya, berikan perlindungan asuransi kepada anggota keluarga dan barang berharga, tetapi hindari asuransi barang yang dijual di marketplace.

Baca juga: Review Insureka: Asuransi Mobil dan Insurtech Terbaik

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *