Catatan Pembaharuan

Catatan Pembaharuan

Sedang Dalam Proses Review

  • Kapitalboost (p2p lending)

Baru saja diperbaharui

Semua Ulasan Tahun 2019 sudah Diperbaharui di Februari 2020

Produk yang baik terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi, sehingga tentu saja ulasan saya mungkin sudah tidak relevan lagi di tahun 2020. Oleh karenanya saya sedang memperbaharui semua ulasan dengan beberapa aspek:

  1. Screenshot tatamuka produk terkait untuk memberikan gambaran visual, serta komentar singkat tentang screenshot tersebut.
  2. Informasi tentang promosi dari produk terkait, misalnya cashback. Aspek promosi ini digabung di bagian pembahasan referral.
  3. Tambahan berjudul ‘Bagaimana Dengan Saya’ karena banyak yang penasaran apakah saya masih menggunakan produk tersebut atau tidak. Informasi ini juga akan meningkatkan transparansi bahwa saya tidak asal nulis review tanpa mencobanya terlebih dahulu, dan kapan saya terakhir kali menggunakannya.
  4. Full dicslosure terhadap penghasilan referral saya di produk tersebut, agar pembaca bisa menentukan sendiri apakah saya mengkatrol penilaian saya demi menghasilkan uang?
  5. Penggantian, pengurangan, dan penambahan informasi untuk memastikan tulisan saya sesuai dengan fakta yang ada sekarang.
  6. Memasukkan kualitas fact sheet peminjam sebagai salah satu aspek penilaian, hal ini disarankan oleh Pak Goku untuk mengukur transparansi.

Struktur standar terbaru untuk mengulas P2P lending sudah diterapkan di ulasan Komunal yang ditulis awal 2020. Yang sudah diperbaharui antara lain:

2 thoughts on “Catatan Pembaharuan

  1. Pak, apakah sudah pernah Review Santara ? Saya tertarik dengan Santara, cuma agak ragu dengan Pak Mardigu yg pernah buat Cryptocurrency yg sekarang nggak tahu gimana perkembangannya?

    1. Pada dasarnya untuk semua equity crowdfunding seperti Santara belum saya review karena saya belum berani terjun ke fintech jenis itu. Namun kompetitor utama Santara, yaitu Bizhare, kebetulan saya kenal dengan pendirinya. Santara itu kuat di dampak sosial karena anda turut menanam modal di UMKM lokal, namun apakah anda percaya dengan kekuatan bisnis UMKM lokal yang anda danai? Saya berusaha seobjektif mungkin disini, namun kalau memang mau main equity Crowdfunding lebih baik coba di Bizhare dulu karena franchise nya adalah brand-brand yang sudah established dan memiliki SOP lebih kuat. Tulisan tulisan dibawah ini mungkin membantu:

      https://adriansiaril.com/2020/01/10/wawancara-ceo-bizhare-heinrich-vincent/
      https://adriansiaril.com/2019/04/24/equity-crowdfounding-samakah-dengan-p2p-lending/

      Mungkin saya ada sedikit bias ya, tapi semoga poin utamanya bisa diterima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.