PENGUMUMAN – Tentang Ulasan Blog adriansiaril.com

Sejak tahun 2019 awal, blog ini mulai dibaca banyak orang karena ulasan-ulasan fintech terutama di bidang P2P lending. Di tahun 2019 kemarin fokus saya adalah mencoba P2P lending sebanyak mungkin agar anda tidak usah repot-repot mencoba satu persatu dan bisa belajar dari pengalaman saya.

Seiring cepatnya pertumbuhan industri fintech, semakin banyak pula yang harus saya coba dan review, apalagi ulasan saya sekarang juga mencakup produk investasi lain seperti reksadana, asuransi, dan emas. Sehingga perlahan-lahan saya kalah cepat dari para pembaca untuk mencoba produk baru, menelitinya, dan menulis ulasan.

Namun beruntung berkat teman saya @paskalisinvestment , saya bertemu komunitas P2P Lender Telegram yang mendedikasikan waktu mereka untuk berbagi pengalaman dan pendapat soal fintech P2P lending, dan mereka tidak keberatan bila saya membagikan informasi dari mereka dalam tulisan saya.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu saya sampaikan.

Semua Ulasan Tahun 2019 sedang Diperbaharui di Februari 2020

Produk yang baik terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi, sehingga tentu saja ulasan saya mungkin sudah tidak relevan lagi di tahun 2020. Oleh karenanya saya sedang memperbaharui semua ulasan dengan beberapa aspek:

  1. Screenshot tatamuka produk terkait untuk memberikan gambaran visual, serta komentar singkat tentang screenshot tersebut.
  2. Informasi tentang promosi dari produk terkait, misalnya cashback. Aspek promosi ini digabung di bagian pembahasan referral.
  3. Tambahan berjudul ‘Bagaimana Dengan Saya’ karena banyak yang penasaran apakah saya masih menggunakan produk tersebut atau tidak. Informasi ini juga akan meningkatkan transparansi bahwa saya tidak asal nulis review tanpa mencobanya terlebih dahulu, dan kapan saya terakhir kali menggunakannya.
  4. Full dicslosure terhadap penghasilan referral saya di produk tersebut, agar pembaca bisa menentukan sendiri apakah saya mengkatrol penilaian saya demi menghasilkan uang?
  5. Penggantian, pengurangan, dan penambahan informasi untuk memastikan tulisan saya sesuai dengan fakta yang ada sekarang.
  6. Memasukkan kualitas fact sheet peminjam sebagai salah satu aspek penilaian, hal ini disarankan oleh Pak Goku untuk mengukur transparansi.

Struktur standar terbaru untuk mengulas P2P lending sudah diterapkan di ulasan Komunal yang ditulis awal 2020. Yang sudah diperbaharui antara lain:

Advertisements
Advertisements

Tulisan Saya Mengandung Informasi dari Pengguna Lain

Semakin banyak opini, semakin kecil juga peran saya untuk mempengaruhi anda secara subjektif, sehingga ada kalanya saya memasukkan komentar dan/atau informasi yang disampaikan oleh rekan komunitas saya. Informasi tersebut pasti saya tandai dengan kredit untuk oleh terkait misalnya

“Menurut Pak Goku…”, “Informasi dari Hanan”, “Komentar dari Pak Albert”, dll dsb.

Apabila anda menemukan identitas anda yang tidak ingin dipublikasikan disini, silakan hubungi saya dan akan saya hilangkan nama anda.

Dalam kasus tertentu suatu review juga ditulis sepenuhnya atas wawancara pengguna lain, contohnya disini.

Target Publikasi

Satu tulisan baru setiap minggunya, dan setiap bulannya minimal bertambah satu ulasan produk, tiga atau lebih tulisan lainnya kemungkinan tentang edukasi, puisi, atau pembahasan lainnya.

Kemungkinan Disponsori

Saya tidak mau munafik, saya juga suka uang, dan saya tidak keberatan bila ada produk yang memberikan saya insentif untuk menulis ulasan. Hal ini sudah terjadi di ulasan Komunal . Untuk setiap ulasan yang disponsori saya akan membuka jujur nominal ‘sumbangan’ dari mereka. P2P lending Cashwagon misalnya, juga sedang dalam proses negosiasi untuk menulis ulasan berbayar. Keputusan terakhir untuk percaya atau tidak dengan opini saya tentu masih di tangan anda.

Advertisements
Advertisements

Metode Ulasan

Semua yang saya ulas di website ini pasti sudah saya gunakan sendiri, setidaknya sampai proses pendaftaran dan verifikasi identitas selesai. Saya belum tentu mengeluarkan uang di website investasi tertentu yang memang risiko produknya sama sekali tidak bisa saya tolerir (Growpal) atau tidak tersedia sama sekali (Tokomodal).

Dalam kasus tertentu seperti di Tokomodal saya mewawancara rekan yang sudah kebagian pendanaan disana, jadi ulasan saya adalah gabungan pengalaman dia dan pengalaman saya.

Singkatnya sih, ulasan saya berdasarkan pengalaman icip-icip, dan di jangka panjang saya memperbaharuinya secara tidak rutin, hanya kalau ada perubahan signifikan yang perlu diketahui orang-orang saja (misalnya Mekar berubah jadi crowdfunding). Saya jarang menambahkan informasi yang bersifat kontinual, misalnya total return saya (takut juga kalau dibaca Dirjen Pajak). Mentok-mentok saya hanya akan menambahkan cerita pengalaman gagal bayar agar meningkatkan kewaspadaan pembaca.

Tentu metode ulasan saya tersebut bukan research-oriented seperti rekan-rekan Telegram saya (misalnya Pak @gokumasterultrainstinct), yang setiap hari menggali berita, laporan keuangan, background pemimpin perusahaannya, dan hal-hal cenayang lainnya. Metode research ini paling penting kalau anda mau langsung dipping dana besar ke suatu perusahaan, tapi karena saya investor receh yang memang tidak keberatan kehilangan uang receh, serta keterbatasan waktu karena masih bekerja penuh waktu sebagai penghasilan utama, maka saya hanya melakukan metode research tersebut untuk P2P lending tertentu yang mendapatkan dana lumayan besar dari saya. Saya lebih suka metode diversifikasi masal untuk mengeliminasi sebesar mungkin risiko non-sistematis. Asal jangan overdiversifikasi saja.

Kalau anda memang prefer untuk meneliti fundamental perusahaan P2P lending secara mendetail, saya sarankan untuk bergabung di Telegram Lender P2P karena disana cenderung membahas hal tersebut.

Untuk ulasan yang bersifat kontinual dan jangka panjang, saya merekomendasikan menonton Youtube panutan saya Doddy Bicara Investasi

Advertisements
Advertisements

Penambahan Iklan/Ads

Saya mohon maaf bila anda terganggu dengan bertambahnya iklan atau ads yang muncul di blog saya. Bila anda benar-benar tidak suka, ada cara menyembunyikannya yaitu dengan memilih SIMPLIFIED VIEW bila menggunakan Chrome di ponsel. Browser lain seperti EDGE dan Safari juga memiliki fitur yang memblokir iklan, dan saya tidak keberatan bila anda melakukannya.

Anda juga bisa memberikan saya kritik dan saran agar penambahan iklannya sedap dipandang.

Blog Ini untuk Membantu Anda Ambil Keputusan, bukan Malah Membuat Galau!

Harapan saya justru blog ini membantu anda hemat waktu, tidak usah membanding-bandingkan sendiri, tidak usah galau memilih mana yang terbaik, sehingga uang anda semakin cepat berkembang. Karena untuk setiap hari berjalan dimana anda menunda investasi, anda malah kehilangan potensi return yang lebih tinggi. Cara terbaik menilai suatu investasi cocok atau tidak adalah dengan mencobanya sendiri . Dengan proses pendaftaran yang serba mudah dan digital, serta nominal investasi yang makin lama makin terjangkau, rasanya icip-icip sendiri bukan menjadi suatu halangan. Apabila sudah nyaman, barulah nambah dana.

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

2 Responses

  1. Ayah Daffa

    Pak, apakah sudah pernah Review Santara ? Saya tertarik dengan Santara, cuma agak ragu dengan Pak Mardigu yg pernah buat Cryptocurrency yg sekarang nggak tahu gimana perkembangannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.