Adrian Siaril

Review Esta Kapital 2023, P2P Lending mikro Indonesia

Esta Kapital merupakan p2p lending yang saya gunakan sejak mereka rilis sampai sekarang, tanpa sempat berhenti sama sekali. Saya sangat puas dan percaya dengan Esta Kapital, meskipun saya tidak tahu apakah lender lain juga menerima pelayanan yang sama baiknya seperti saya.

Review 2023 ini menggunakan format baru yang lebih objektif, mendetail, dan ringkas. Apabila ini pertama kali anda membaca review 2023 saya, anda mungkin perlu membaca dulu penjelasan saya soal kriteria penilaian baru yang dijelaskan di tulisan ini. Singkatnya, angka 2 mengindikasikan penilaian positif, angka 1 merupakan penilaian netral, dan angka 0 merupakan penilaian buruk. Semakin tinggi skor keseluruhan suatu p2p, semakin tinggi rekomendasi saya pada p2p tersebut.

Untuk membaca review lama tahun 2021 sebagai perbandingan historis, anda bisa lihat review Esta 2021 disini.

Skor dan Rekomendasi

Esta Kapital berhasil mendapatkan skor total 35 dari skor maksimal 46. Esta Kapital adalah pilihan pertama saya untuk P2P yang bergerak di bidang segmen mikro. Saya lebih memilih Esta Kapital daripada kompetitornya Amartha, karena meskipun skala perusahaannya lebih kecil, namun manajemennya lebih transparan dan induk perusahaannya merupakan perusahaan lokal yang sudah lebih awal bergerak di bidang pendanaan mikro serta memiliki banyak portfolio bisnis yang menguntungkan (bukan venture capital tukang bakar uang).

Apabila ingin mendaftar dan mencoba Esta Kapital, saya mohon bantuannya untuk menggunakan kode referral saya ZTVINT untuk mendukung kelangsungan blog ini. Terima kasih banyak sebelumnya!

Rangkuman Penilaian

Kelebihan Esta KapitalKekurangan Esta Kapital
Holding company nya merupakan perusahaan 100% lokal yang memiliki banyak lini usaha dan tidak memiliki budaya bakar duitAsuransi menggunakan skema ASO dan di masa lampau terlihat sempat kesulitan mencairkan asuransi
Meskipun fokus di satu segmen market saja namun memiliki 3 variasi produk untuk meladeni selera lender yang berbeda-bedaInformasi borrower kurang transparan

Latar Belakang Perusahaan

Skor aspek: 7/10

Suntikan Dana

Esta Kapital dimiliki oleh Esta Group, konsortium lokal yang juga memiliki beberapa unit usaha lain sepeeti produksi makanan kemasan, perhotelan, dan properti. Belum ada suntikan dana dari investor lokal maupun internasional. Unit usaha Esta lainnya sudah cukup mapan meskipun ada satu yang sepertinya tidak berjalan (untuk produk payment nya)

Skor: 1

Laporan Keuangan

Esta Kapital telah kehilangan lebih dari 50% modal disetornya akibat kerugian. Namun total nilai aset masih melebihi liabilitas. Penilaian dilakukan atas lapkeu tahun 2021. Esta Kapital masih dalam posisi rugi operasional selama tahun 2021. Harap dicatat bahwa posisi aset dan liabilitas tidak memiliki relevansi dengan potensi gagal bayar. Sekalipun terjadi gagal bayar massal, p2p tidka diperbolehkan OJK untuk melakukan likuidasi aset guna menutupi kerugian lender.

Skor: 1

Latar Belakang tim Manajemen

Yefta Surya sebagai CEO memiliki pengalaman lebih dari 4 tahun dalam bidang analisa keuangan di luar negeri, serta lulus dari studi spesialis valuasi di luar negeri. Founder Melvin Wangkar memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai komisaris di suatu BPR lokal. Valentine Yahya, head of operations Esta Kapital, memiliki lebih dari 10 tahun di bidang keuangan.

Skor: 2

Budaya Perusahaan dan Persepsi Karyawan

Berdasarkan observasi pribadi saya saat berkunjung ke kantor Esta, tidak ada masalah yang serius dalam budaya kerja Esta. Namun Esta terlihat memang lebih ‘kolot’ dibandingkan P2P lain yang lebih modern dan bergaya startup. Hal ini mungkin pengaruh dari konsorsium holding nya yang memang bukan startup.

Skor: 1

Status Founder

Founder atas nama Melvin Wangkar masih menjabat sebagai manajemen. Melvin sebelumnya juga sudah menjabat lama di group holding Esta.

Skor: 2

Mitigasi Risiko

Skor aspek: 6/8

Persentase Perlindungan Modal

Perlindungan maksimal 80% dari modal

Skor: 2

Reputasi Mitra Asuransi

Esta Kapital bekerjasama dengan mitra asuransi Simas Insurtech yang merupakan anak usaha grup Sinarmas

Skor: 2

Timeline Klaim Asuransi

Apabila pinjaman sudah dinyatakan gagal bayar karena macet 90 hari, maka diajukan klaim asuransi yang bisa memakan waktu 14 hari kerja.

Skor: 2

Skema Kerjasama Asuransi

Menggunakan ASO, ada potensi lender tidak bisa klaim asuransi

Skor: 0

Kualitas Borrower

Skor aspek: 5/10

Variasi Industri

Esta Kapital awalnya hanya fokus pada satu segmen pendanaan saja yaitu UMKM. Belakangan Esta juga memperluas penawaran pendanaan melalui bekerjasama dengan Sampoerna SRC dan juga menerima pengajuan dengan jaminan BPKB motor.

Skor: 2

Kelengkapan Informasi dan Transparansi

Menimbang Esta Kapital fokus pada peminjam individu, maka wajar saja fund fact sheet nya tidak selengkap peminjam perusahaan. Namun demikian, sekalipun dengan standar peminjam individual, saya harap informasinya harus lebih lengkap seperti analisa kelangsungan bisnis, Sektor usaha lebih spesifik (misalnya informasi dia ini berdagang apa).

Skor: 1

Rasio Repeat Borrower

Berdasarkan random check saya tanggal 4 Januari 2023, seluruh borrower yang tersedia di dashboard merupakan borrower baru yang belum memiliki sejarah pembayaran sama sekali

Skor: 0

Kualitas Borrower

Tidak cukup data untuk melakukan penilaian kualitas borrower. Berdasarkan data yang disediakan, maka kualitas borrower sama saja dengan pinjaman konsumtif yang tidak memperhatikan kualitas kredit jangka panjang.

Skor: 0

Prosedur Penagihan

Salah satu perwakilan Esta pernah menceritakan bahwa tim lapangan Esta sangat kreatif melakukan pendekatan personal dalam melakukan penagihan, bahkan sampai membawa sumbangan APD saat pandemi COVID-19 tahun lalu. Cerita tersebut berlaku untuk produk Esta Weekly. Untuk produk Esta Monthly, Esta memegang BPKB borrower yang bisa dieksekusi kapan saja ketika terjadi gagal bayar. Untuk Esta Quickly, Esta mengandalkan mitra dari Sampoerna SRC .

Skor: 2

Kualitas Layanan

Skor aspek: 6/6

Ketersediaan RM

Punya RM yang bisa diakses oleh semua lender. Pengalaman saya, RM mereka sangat proaktif dan responsif

Skor: 2

Kualitas Customer Service

CS mereka juga responsif dan akurat meskipun sudah ada RM yang sebenarnya fokus menjaga hubungan dan lender

Skor: 2

Community Engagement

Esta Kapital cukup rutin mengadakan dialog dengan lender melalui webinar maupun kolaborasi dengan influencer finansial lainnya, selain itu juga memiliki program email marketing meskipun menurut saya tidak memiliki dampak signifikan.

Skor: 2

Produk Akhir

Skor aspek: 11/12

Ketersediaan pendanaan

Esta Kapital tidak pernah kehabisan pendanaan. Selain itu, lender bisa request paket pendanaan sesuai dana yang tersedia. Hal ini karena Esta Kapital memiliki pool borrower tersendiri dari unit usahanya yang lain

Skor: 2

Tenor pendanaan

memiliki tiga jenis produk dengan tenor yang berbeda beda, paling singkat satu minggu dan paling lama 6 bulan

Skor: 2

Ketersediaan Aplikasi

Esta Kapital memiliki aplikasi yang tersedia di app store Apple maupun Play Store Google

Skor: 2

Performa penggunaan

Saya belum menemukan kendala serius ataupun kesulitan dalam penggunaan website maupun app Esta Kapital. Bila ada kendala teknis biasanya datang dari Digisign

Skor: 2

Ketersediaan Promosi

Esta dulu rutin mengadakan promo bulanan untuk lender, namun saat ini promo terbatas hanya untuk lender baru saja

Skor: 1

Program Referral

Esta memiliki program referral dengan skema berkelanjutan yang cukup menguntungkan dimana kita sebagai promotor mendapatkan bonus selama referee kita terus menerus mendanai di Esta Kapital

Skor: 2

4 thoughts on “Review Esta Kapital 2023, P2P Lending mikro Indonesia

  • January 6, 2023 at 3:05 pm
    Permalink

    Mungkin anka TKB90 bisa dimasukan dalam penilaian platform.

    Walaupun angka TKB90 berubah-ubah dan sebenarnya membutuhkan grafik pergerakan angka TKB90 untuk bisa menilai kinerja sebuah platform dari angka ini, angka ini merupakan indikasi yang baik untuk kinerja sebuah platform.

    Per hari ini angka TKB90 Esta Kapital di angka 96,93%. Bagi saya ini lumayan jelek, walaupun saya setuju dengan tulisan positif tentang Esta Kapital di artikel ini.

    Yang buat saya suka dengan Esta Kapital adalah customer service dan manager Marketingnya gampang dihubungi dan responsif.

    Reply
    • January 13, 2023 at 2:14 pm
      Permalink

      Sulit ya pak, TKB90 menurut saya uda ga relevan lagi. Angkanya tidak bisa dijadikan patokan karena faktor pembaginya adalah disbursement 90 hari kebelakang

      Reply
  • January 19, 2023 at 3:00 pm
    Permalink

    Mas Adrian membuat saya melihat sesuatu baru karena bahas rumus TKB90.

    TKB90 = 100% – TKW90
    TKW90 = (Nominal wanprestasi 90 hari terakhir / Nominal pendanaan yang berjalan) x 100%

    Factor pembagi TKW90 adalah nominal pendanaan (atau pinjaman) yang masih berjalan, bukan nominal disbursement 90 hari terakhir.

    Ini artinya angka TKB90 bisa turun karena:

    1. wanprestasi yang meningkat, atau
    2. banyak lenders yang menarik dananya dari platform.

    Ada berapa alasana nomor 2 akan terjadi.

    1. Pendana tidak percaya dengan platformnya lagi.
    2. Pendana kurang loyal dengan platform.
    3. Datangnya musim-musim pendana butuh uang, misalkan akhir tahun, lebaran dll.
    4. Alasan-alasan lain yang saya tidak kepikiran sekarang.

    Reply
  • January 19, 2023 at 3:09 pm
    Permalink

    Setelah saya post ada 1 alasan yang masuk pikiran saya yang lumayan penting kenapa angka TKB90 bisa menurun.

    Angka TKB90 bisa menurun karena:

    3. Platformnya tidak mampu atau tidak mau mencari peminjam baru dan membuat nominal pendanaan yang berjalan berkurang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

[ A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z ]

A

Akseleran: AKSLADRIAN13403

ALAMI: ASIARI

Allianz Smart Poin: rvam2zmw

Ajaib : asia625

Amartha: IL035033 

Asetku: WVQXQ 

B

BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117

Bibit: ucleiaf

Bizhare: ASA8KHDU

BMoney: REF-KRJI0

Buddies: AdrZbvf

Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ

By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991

C

Canva: klik link disamping

Cashbac: adr01ak

Catchplay: langsung klik link tersebut

Crowdo: U051549

D

DANA: bltuDi

Deposito BPR by Komunal: AS2333

E

Easycash: WRo7Rsw

Esta Kapital: ZTVINT

F

Flip: SHIA6755

Fore Coffee: 5BA015

Fundtastic: FUN10287

G

Gradana: AS0302191555

Getplus: DWNXM6GDM

H

Halofina: AIE74C

Hangry!: ADRINALD

I

iGrow: IGWSIA1980

Indogold: 98532

Investree: LJGZ3 

J

Jenius: $asiaril

Jurnal: adriansiaril1 atau klik link disamping

K

Kapital Boost: BAT6M2

Kaspro: E57u7c

KoinWorks: 62507 

Koingold by Koinworks: KG-62507

Komunal: 1CE8460

Kredit Pintar: tanpa kode, langsung klik link tersebut saja.

L

Lakuemas: adrian2128

Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2

M

Makmur: 5UVNR3

Mekar: ADRIA2476 

Modalku: jdq73oc9 

Modal Rakyat: AS1817506638

N

NYALA: klik link disamping

O

OCBC NISP One Mobile: klik link disamping

OY: langsung klik link disamping

P

Pegadaian: PDS4ED81

Pluang: ADRI667294

Q

Qoala Plus: XM3KSRAL

R

Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7

S

Shopback: us3h2G

Shopee: ASIAR252

Sweet Escape : 1FSRH

T

Tamasia: MIK97TR

Tanamduit: ADRIA00INH7

Talenta: Klik link disamping atau masukkan talenta641

Tanifund: ADRR20

Tiktok: A729133701

Tokopedia: TPADR8548

Tunaiku: SASIARIL

U

Uangme: 7627

Y

Yesdok: ADRIANS1U

Yukk: asia48