Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Review Investree 2023, P2P Lending Sesepuh di Indonesia

Review Investree 2023

Investree adalah salah satu p2p lending paling tua dan paling besar di Indonesia, yang untungnya masih bertahan kokoh sampai hari ini. Semenjak mengenal Investree sejak 2018, banyak perubahan positif yang saya lihat dalam perjalanan mereka. Berapa skor yang akan mereka dapatkan di review ini?

Review 2023 ini menggunakan format baru yang lebih objektif, mendetail, dan ringkas. Apabila ini pertama kali anda membaca review 2023 saya, anda mungkin perlu membaca dulu penjelasan saya soal kriteria penilaian baru yang dijelaskan di tulisan ini. Singkatnya, angka 2 mengindikasikan penilaian positif, angka 1 merupakan penilaian netral, dan angka 0 merupakan penilaian buruk. Semakin tinggi skor keseluruhan suatu p2p, semakin tinggi rekomendasi saya pada p2p tersebut.

Untuk membaca review lama tahun 2021 sebagai perbandingan historis, anda bisa lihat review Investree 2021 disini.

Skor dan Rekomendasi

Investree berhasil mendapatkan skor total 38 dari skor maksimal 46. Investree merupakan salah satu p2p lending yang berhasil survive pandemi dan menjadi salah satu p2p terbesar di Indonesia, meskipun banyak lender memiliki pengalaman macet di Investree. Menurut saya, mendanai di Investree butuh kemahiran pengelolaan risiko dengan cara memilah borrower secara hati-hari, karena pencairan asuransi Investree saat ini sedang tidak diproses tepat waktu (cek penjelasan soal asuransi ASO dibawah).

Mohon bantuannya apabila ingin mendaftar dan mencoba Investree dengan menggunakan kode referral saya LJGZ3 untuk mendukung kelangsungan blog ini. Sebaiknya jangan menjadikan Investree pilihan pertama anda apabila anda pemula di P2P. Namun, jika anda merasa kompeten mengelola risiko P2P, maka Investree tidak akan mengecewakan. Terima kasih banyak sebelumnya!

Rangkuman Penilaian

Kelebihan InvestreeKekurangan Investree
Transparansi baik untuk informasi borrower maupun prosedur penagihanMenggunakan skema asuransi ASO dan saat ini sedang kesulitan mencairkan asuransi kredit
Latar belakang perusahaan yang baikPilihan pendanaan untuk borrower SME sudah sedikit dan diprioritaskan untuk VIP lender saja

Latar Belakang Perusahaan

Skor aspek: 8/10

Suntikan Dana

Investree memiliki 3 ronde suntikan dana dan telah memiliki setidaknya 11 investor, yang semuanya dipublikasikan secara transparan. Soal ini, Investree mungkin bisa dibilang 3 terbaik di Indonesia

Skor: 2

Laporan Keuangan

Aset melebihi liabilitas, namun kerugian di tahun 2021 nilainya hampir sama dengan sisa ekuitas, yang berarti uangnya bisa habis di tahun ini bila ruginya masih sama atau meningkat

Skor: 1

Latar Belakang tim Manajemen

Seluruh manajemen aktif dan founder Investree memiliki latar belakang di industri perbankan dan/atau keuangan.

Skor: 2

Budaya Perusahaan dan Persepsi Karyawan

Investree memiliki banyak open recruitment untuk tim backend engineer. Hasil pencarian dan riset LinkedIn menunjukkan bahwa ada sekitar 900 orang yang pernah bekerja di Investree (baik aktif maupun sudah tidak lagi). Menimbang karyawan Investree ada di angka 250-300 saat ini, hal ini menunjukkan turnover yang sedang dalam 5 tahun terakhir, meskipun saya tidak memiliki cukup waktu untuk menelaah posisi apa yang paling sering terjadi turnover. Hal yang lebih penting adalah, posisi top management masih diisi oleh orang-orang lama.

Skor: 1

Status Founder

Adrian Gunadi, yang namanya sama seperti saya merupakan co founder yang sampai sekarang masih menjabat menjadi CEO. Demikian juga co founder lain atas nama Dickie masih menjabat sebagai komisaris dan Kok Chuan Lim yang dipercaya memegang operasional Investree di luar Indonesia.

Skor: 2

Mitigasi Risiko

Skor aspek: 6/8

Persentase Perlindungan Modal

Perlindungan maksimal 90% dari modal

Skor: 2

Reputasi Mitra Asuransi

Ada beberapa perusahaan asuransi antara lain Citra International Underwritings (CIU), BRI Insurance, Jamkrindo, dan Simas Insurtech, serta rekanan insurtech yang unggul seperti PasarPolis dan Qoala. Meskipun saya melihat adanya Aggregator insurtech seperti Pasarpolis dan Qoala yang tidak bisa dianggap sebagai asuransi, namun nama lainnya merupakan nama besar yang tidak perlu diragukan.

Skor: 2

Timeline Klaim Asuransi

“Pencairan dana akan dilakukan dalam waktu 7 (tujuh) hari seluruh kelengkapan dokumen berhasil di-submit kepada pihak rekanan asuransi. Sementara periode klaimnya sendiri adalah 91 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Tentunya hal di atas mengikuti skema stop loss; menyesuaikan dokumen lengkap dan premi masih mencukupi.”

Diatas merupakan direct quote.

Skor: 2

Skema Kerjasama Asuransi

Menggunakan ASO, ada potensi lender tidak bisa klaim asuransi

Skor: 0

Kualitas Borrower

Skor aspek: 7/10

Variasi Industri

Investree dulu fokus hanya pada borrower perusahaan saja, namun sekarang membuka kesempatan pendanaan pada segmen mikro yang merupakan hasil channeling efishery . Anda bisa membedakan dua jenis borrower ini dengan mudah – perusahaan memiliki awalan “PT” di kode borrower mereka, sedangkan mikro tidak memilikinya.

Saya belum menemukan pendanaan mikro yang TIDAK berasal dari channeling Efishery

Skor: 2

Kelengkapan Informasi dan Transparansi

Untuk invoice financing, Investree cukup detail memberikan informasi tentang payor dan sejarah pinjaman borrower beserta metriks keuangan yang umumnya kita temui di semua p2p sejenis lainnya. Sayangnya, untuk channeling Efishery informasinya agak membingungkan karena mencantumkan informasi Efishery sebagai perusahaan, bukan informasi si peminjamnya langsung.

Skor: 1.5

Rasio Repeat Borrower

Hampir semua borrower PT di Investree merupakan repeat borrower dengan track record peminjaman diatas 10x, sehingga sangat bagus. Sedangkan untuk penilaian channeling Efishery, bisa ditemui mayoritas sudah pernah meminjam namun frekuensinya dibawah 5x. Apabila hanya menilai peminjam PT saja, maka sudah pasti skor nya 2, namun karena ada penilaian untuk segmen mikro juga, maka nilainya jadi menurun.

Skor: 1.5

Kualitas Borrower

Sebenarnya untuk peminjam PT di Investree semuanya memiliki track record pembayaran bagus serta posisi keuangan yang bagus, namun penilaian ini terganggu dengan banyaknya peminjam individu hasil channeling Efishery yang kualitasnya saya ragukan. Apabila anda hanya menggunakan Investree untuk mendanai PT saja, anggap saja penilaian ini angkanya 2.

Skor: 1.5

Prosedur Penagihan

Investree sejak dulu sudah menerapkan SOP penagihan yang transparan, meskipun lender sering mengeluhkan prosesnya yang lambat. Faktanya adalah, Investree memang sering terjadi telat bayar tapi TIDAK PERNAH BERUJUNG DEFAULT (setahu saya, hal ini masih faktual sampai sekarang). Sudah banyak kisah ajaib dimana pinjaman yang macet satu tahun di Investree tiba-tiba dilunasi sebagian. Entah apa rahasia atau jurusnya, tapi Investree merupakan expert dalam bidang recovery. Saya hanya berharap jangan sampai recovery tersebut ternyata merupakan hasil gali lubang tutup lubang seperti yang dilakukan oleh Tanifund dan beberapa p2p nakal lainnya.

Skor: 2

Kualitas Layanan

Skor aspek: 4/6

Ketersediaan RM

Ya, punya, namun, akses ke RM khusus ini hanya untuk lender institusi.

Lender yang punya pendanaan 500 juta keatas selama 3 bulan berturut-turut punya akses ke tim CS khusus, dan semua lender punya akses ke tim CS standar.

Skor: 1

Kualitas Customer Service

Investree sangat tanggap membalas email saya dan meneruskan ke pihak yang tepat. Meskipun mereka membutuhkan waktu untuk menjawab seluruh pertanyaan saya, namun respon pertama mereka sudah akurat dan tidak berbelit-belit.

Skor: 2

Community Engagement

Investree aktif melakukan kolaborasi webinar maupun edukasi baik sendiri maupun dengan mitra, yang semuanya di dokumentasikan dengan rapi di Instagram. Sayangnya, Instagram mereka disable comment. Saya paham mungkin ada beberapa lender vokal yang mungkin suka spam komen negatif di media sosial mereka, namun seharusnya hal tersebut ditanggapi dengan terbuka. Saya dulu pernah kerja jadi customer service dan media sosial di perusahaan yang sering diserang juga media sosialnya, dan saya selalu punya cara menanggapi agar comment section tidak kebakaran.

Skor: 1.5

Produk Akhir

Skor aspek: 11/12

Ketersediaan pendanaan

Dulu Investree cukup sedikit menyediakan pendanaan, dengan alasan “cukup ketat menyeleksi borrower”. Sekarang sejak bermitra dengan Efishery, pendanaan menjadi sangat banyak. Anda bisa melihat hal ini sebagai hal positif maupun negatif (quality vs quantity). Karena channeling Efishery sudah mengurangi penilaian di bagian sebelumnya (quality), maka sudah sewajarnya di bagian ini (quantity) justru penilaiannya lebih positif.

Skor: 2

Tenor pendanaan

Sayangnya semenjak dulu Investree hampir tidak pernah memiliki pendanaan jangka pendek. Sekarang, pendanaan paling singkat di Investree memiliki tenor 90 hari. Dulu, saya masih bisa mendapatkan tenor 30-45 hari.

Skor: 1

Ketersediaan Aplikasi

Investree memiliki aplikasi yang tersedia di app store Apple maupun Play Store Google

Skor: 2

Performa penggunaan

Saya sebenarnya cukup kesal karena web Investree tidak support (click–> new tab) kalau kita mau lihat informasi borrower di tab baru. Interface nya ter-refresh di halaman paling awal setiap kali kita membuka kembali halaman pendanaan. Namun, hal ini masih dalam batas wajar dan tidak sesuai keinginan saya saja, bukan masalah besar yang harus mengurangi penilaian. Btw, web Investree sejak launching sampai sekarang tidak pernah berubah.

Untuk aplikasi, tidak ada keluhan juga dari diri saya. Saya hanya menilai aplikasi Android karena tidak memakai iPhone.

Skor: 2

Ketersediaan Promosi

Investree memiliki satu halaman khusus untuk promosi, yang tersedia bagi lender baru maupun lender lama. Sedari dulu, promosi ini konsisten dilakukan dari bulan ke bulan.

Skor: 2

Program Referral

Tersedia program referral yang menarik karena bersifat kontinual. Investree merupakan salah satu p2p yang memberikan saya komisi paling besar

Skor: 2

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.