Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Kartu Kredit Valas & Miles yang Menguntungkan

Kartu kredit valas & miles yang menguntungkan, memang ada? Terkadang, saat memilih kartu kredit untuk digunakan di luar negeri, Anda harus membuat keputusan penting tentang apa yang lebih Anda utamakan: mengumpulkan reward points atau mendapatkan kurs valas yang menguntungkan. Ini adalah trade-off yang perlu dipertimbangkan dengan baik, tergantung pada tujuan keuangan Anda. Artikel ini akan membahas pertimbangan penting ini. 

Mengumpulkan reward points di luar negeri 

Banyak kartu kredit menawarkan reward points, seperti miles atau poin yang dapat ditukar dengan berbagai manfaat. Misalnya, Anda bisa menukarkan miles dengan tiket pesawat atau menginap di hotel. Namun, saat Anda menggunakan kartu kredit di luar negeri, earning rate (tingkat poin yang Anda dapatkan per transaksi) sering kali berbeda dari yang Anda dapatkan saat bertransaksi dalam mata uang lokal. Kartu kredit high end biasanya memberikan double, triple, atau bahkan sepuluh kali lipat earning rate bila digunakan untuk transaksi valas.

Contohnya: kartu seperti Danamon World Elite, Mandiri Prioritas, dan UOB Privimiles memiliki earning rate yang lumayan bagus saat bertransaksi di luar negeri. Namun, perlu diingat bahwa kurs valas yang digunakan oleh bank penerbit mungkin tidak sebaik yang Anda dapatkan dari penukaran mata uang di bank atau money changer.

Kartu Kredit Mandiri Prioritas
Kartu Kredit Mandiri Prioritas memberikan 1 poin lebih besar untuk transaksi luar negeri

Kartu Kredit dengan Earning Rate Valas yang Bagus Cenderung Memiliki Kurs Valas yang Buruk

Anda perlu memahami bahwa kartu kredit bisa memberikan miles kencang di luar negeri karena mereka mengambil keuntungan dari kurs valas saat anda bertransaksi. Kurs valas ini seringkali tidak transparan, sulit dicari tahu, dan berbeda dengan counter rate atau online rate. Oleh karenanya, kartu kredit yang memiliki bonus earning rate untuk transaksi valas biasanya memiliki kurs yang kurang ok

Bila anda tidak sedang ‘menabung miles’ – maka ada baiknya memilih kartu kredit dengan kurs valas yang lebih baik namun tidak memiliki earning rate bagus di luar negeri.

Contoh Kartu Kredit dengan rate valas yang bagus

Jika prioritas utama Anda saat menggunakan kartu kredit di luar negeri adalah mendapatkan kurs valas yang menguntungkan, maka menurut masukan sepupu saya kartu kredit yang ok adalah Bank Mega dan CIMB Niaga. Keduanya tidak memberikan earning rate khusus di luar negeri, tentunya karena kurs mereka cukup bagus, jadi mereka tidak bisa memberikan bonus earning rate untuk transaksi valas.

Sepupu saya sudah 20 tahun bekerja di banyak bank, dan juga menggunakan banyak kartu kredit di banyak negara. Jadi meskipun saya tidak crosscheck omongan dia, saya rasa omongan dia ada bobotnya. Silakan anda buktikan sendiri dan laporkan pendapat anda di kolom komentar.

Kartu kredit Mega Travel Card
Kartu kredit Mega Travel Card

Rekomendasi Pembaca: Earning Rate Bagus, Kurs Valas juga Bagus

Salah satu teman saya di dunia maya berkata bahwa kartu kredit Infinite/MINI/BMW milik Maybank “too good to be true” karena menurutnya kurs nya bagus, namun juga memiliki earning rate bagus di luar negeri. Saya sudah memiliki kartu kredit Maybank Infinite, namun belum mencoba kurs nya di luar negeri (lagipula, kartu ini tidak memberikan bonus miles di luar negeri).

Namun perlu diingat: pengajuan kartu kredit Maybank sedang dipersulit: anda perlu memiliki mobil BMW, mobil mini, atau melakukan penempatan dana ratusan juta untuk bisa apply kartu kredit jajaran atas tersebut.

Kesimpulan

Saat Anda bertransaksi di luar negeri, penting untuk memahami bahwa ada trade-off antara earning rate yang tinggi dan kurs valas yang menguntungkan. Anda perlu mempertimbangkan apa yang lebih penting bagi Anda. Jika Anda sering bepergian dan ingin mengumpulkan miles atau poin dengan cepat, maka kartu dengan earning rate yang tinggi mungkin merupakan pilihan yang baik. Namun, jika Anda ingin menghemat uang melalui kurs valas yang menguntungkan, maka kartu dengan earning rate yang tetap untuk mata uang asing mungkin lebih cocok. 

Pilihan Anda harus selaras dengan tujuan keuangan dan gaya hidup Anda. Yang terbaik adalah melakukan perbandingan antara berbagai kartu kredit, memeriksa earning rate, dan menghitung potensi manfaat yang dapat Anda peroleh dalam jangka panjang. 

Ingin belajar tentang Kartu Kredit dan Mendapatkan Cuan Besar?

Apabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang disini –> C4: Cari Cuan Credit Card

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.