A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Hadirkan Rasa Aman Saat Jalan-Jalan
Hadirkan Rasa Aman Saat Jalan-Jalan

Hadirkan Rasa Aman Saat Jalan-Jalan

Catatan : Tulisan ini disertakan dalam kompetisi #jalan2jenius yang diselenggarakan oleh komunitas Jenius Cocreate

Di artikel saya yang lain, saya telah menyebutkan bahwa Jenius merupakan produk terbaik untuk tabungan dan deposito, dan di artikel kali ini saya akan bercerita tentang keunggulan Jenius dalam hal travelling (jalan-jalan).

Ketika kita membawa kartu perbankan dari negara kita untuk bepergian, kartu tersebut seharusnya memberi kemudahan untuk kita, bukan malah membuat kerepotan yang mengurangi kesenangan perjalanan kita. Seringkali traveller malah menjumpai masalah seperti kartu hilang, kartu tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, atau lupa pin. Maklum, bertahun-tahun kita terbiasa bertransaksi dengan tanda tangan, padahal di negara-negara lain tanda tangan sudah tidak diterima sejak bertahun-tahun lalu.

Di tahun 2018 ini, saya senang melihat Indonesia telah memiliki fitur-fitur perbankan baru yang dihadirkan banyak pihak. Misalnya pembayaran kartu tanpa sentuh (contactless), pengambilan uang tanpa kartu (cardless withdrawal), dan transfer uang hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Hadirnya fitur-fitur tersebut bukan hanya mempermudah transaksi sehari-hari di Indonesia, namun juga mempermudah perjalanan kita di mancanegara yang sudah terlebih dahulu menghadirkan fitur-fitur tersebut.

Jenius merupakan satu dari dua penerbit kartu di Indonesia yang pertama kali menerbitkan contactless card untuk mendukung pembayaran tanpa harus memasukkan kartu di terminal pembayaran. Hal ini sangat meningkatkan keamanan informasi kartu Jenius, karena banyak mesin pembayaran yang bisa melakukan skimming (pencurian informasi) lewat transaksi yang bersifat memasukkan atau menggesek kartu.

Ketika saya berkunjung ke Australia pada akhir tahun 2016, pemerintah maupun perbankan sedang giatnya mengedukasi tentang bahaya skimming sering terjadi di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) maupun mesin EDC (Electronic Data Capture). Untuk mendukung tingkat adopsi contactless ini, hampir semua terminal pembayaran disana mendukung contactless payment dimana transaksi bisa diselesaikan dalam kurang dari 5 detik.

Saya lupa menyebutkan bahwa di Australia, standar pin yang ditetapkan merupakan 4 digit, sehingga kartu-kartu internasional dengan pin 6 digit terkadang bermasalah dalam melakukan transaksi. Untungnya, Jenius tidak terpengaruh hal ini karena Jenius bisa menonaktifkan permintaan pin untuk transaksi dibawah nominal tertentu. 

Ketika saya belanja di supermarket, saya menggunakan self-checkout (sarana pembayaran mandiri) dimana saya memindai barcode item tanpa bantuan staf, membungkus barang belanjaan saya sendiri, serta membayar sendiri. Meskipun kelihatannya repot, namun kenyataannya seluruh proses tersebut berlangsung jauh lebih cepat daripada mengantri ramai-ramai di kasir karena ada sekitar 20 tempat self-checkout yang sangat efisien. Proses pembayaran sendiri hanya memakan 5 detik karena tagihan tercetak secara otomatis dan saya hanya perlu menempelkan kartu Jenius saya di sebuah reader (alat pembaca) tanpa harus memasukkan pin.

Pada awal tahun 2016 saya juga berkesempatan mengunjungi Tiongkok untuk berlibur. Sebelum memiliki Jenius, kartu tabungan saya hanya dilengkapi dukungan untuk jaringan CIRRUS. Jaringan CIRRUS memang cukup besar, namun ATM yang mendukung CIRRUS tidak sebanyak VISA dan MASTERCARD di Tiongkok. Akibatnya, saya pun kesulitan mencari ATM untuk mengambil uang. Ketika saya kembali mengunjungi Tiongkok di tahun ini, saya memilih untuk hanya membawa kartu Jenius saja, karena kartu debit Jenius bisa mengambil uang di seluruh ATM jaringan VISA tanpa terkena biaya tambahan.

Menukarkan kurs juga merupakan salah satu masalah yang selalu dihadapi traveller. Di Tiongkok, cukup sulit mencari penukaran uang yang terpercaya karena tingginya jumlah penipuan, serta kurs yang tinggi membuat saya semakin malas menukarkan uang. Jenius secara otomatis bisa ‘merubah’ saldo rupiah menjadi mata uang apapun di negara kita mengambil uang tersebut, tanpa tambahan biaya dan juga menawarkan kurs yang lumayan kompetitif. 

Tidak hanya cocok untuk travelling, bagi pelajar yang studi ke luar negeri, hal ini juga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menghindari biaya transfer valuta asing yang sangat tinggi. Cukup isi saldo Jenius dengan rupiah, dan lakukan penarikan di ATM luar Indonesia. Mengingat syarat untuk membuka rekening di beberapa negara cukup sulit, (misalnya Tiongkok yang memerlukan alamat domisili permanen), membuka tabungan tidak lagi menjadi kewajiban bagi mereka yang menempuh pendidikan di luar negeri karena hadirnya Jenius. 

Sebenarnya, kita semua bisa berargumen bahwa dua fitur tersebut juga disediakan oleh perbankan-perbankan lain. Namun demikian, masih ada satu fitur dari Jenius yang belum pernah ditemui oleh perbankan lain baik di Indonesia maupun di negara yang saya kunjungi: x-Card.

x-Card adalah kartu debit ekstra yang diberikan Jenius kepada pengguna tanpa tambahan biaya. Setiap x-Card bisa diisi saldo dari aplikasi tanpa tambahan biaya secara online, dan masing-masing kartu bisa memiliki limit dan kata sandi tersendiri.

Setiap X-card juga mendukung contactless payment yang saya jelaskan sebelumnya, sehingga X-card mengurangi risiko skimming yang dilakukan lewat mesin pembayaran.

Fitur x-Card sangat terasa berguna saat saya travelling ke Eropa. Eropa cukup terkenal akan kriminal nya yang gesit dan ajaib, sehingga keluarga saya dianjurkan untuk sangat hati-hati menjaga barang bawaan terutama dompet.

Saat kita membutuhkan keamanan ekstra karena takut akan pencurian dan penipuan, saldo x-Card bisa dibiarkan kosong sampai diperlukan untuk transaksi. Apabila kamu khawatir bahwa pin kamu terlihat orang saat melakukan pembayaran atau menarik uang, maka kamu juga dengan mudah bisa mengganti pin x-Card secara berkala.

Oh iya, pengisian saldo, penggantian PIN, dan bahkan pemblokiran kartu bisa dilakukan secara instan menggunakan smartphone, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari ATM yang belum tentu menyediakan bahasa yang kamu pahami.

Setiap pengguna Jenius bisa mendapatkan 3 x-Card, jadi x-Card tersebut bisa dipinjamkan ke keluarga atau teman yang menemani perjalanan kita. Apabila keluarga kita takut membawa kartu kredit ke luar negeri namun akan melakukan banyak pembelian non-tunai, maka x-Card dapat dipinjamkan, dan semua penggunaan x-Card dapat dipantau langsung lewat aplikasi secara realtime.

Jadi, saya harap saya berhasil meyakinkan anda bahwa Jenius juga merupakan produk perbankan terbaik untuk jalan-jalan.

Untuk menutup perjalanan tulisan ini, biarlah saya memberikan suatu perkataan:

Jalan-jalan jangan pusing soal keamanan perbankan, melainkan hadirkan tujuan dan kesenangan.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48