Modal 100 Ribuan, Bisa Investasi dan Bikin Cuan!

Masih banyak orang yang langsung mengidentikkan bahwa investasi membutuhkan modal besar yang besar hingga puluhan jutaan. Barangkali hal itu tepat jika disandingkan kepada investasi yang bernilai tinggi seperti properti atau deposito.

Tetapi saat ini, pilihan investasi sudah beragam dan memudahkan bagi siapa pun yang ingin memulainya. Bahkan dengan modal 100 ribuan, Anda sudah bisa langsung menjadi seorang investor.

Lalu, investasi apa saja yang bisa dimulai dengan modal 100 ribuan? Berikut instrumen yang dapat Anda jadikan pilihan:

Investasi Modal 100 Ribuan

1. Tabungan Emas Digital

Mulai dari Pegadaian, beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, atau bank tertentu. Yang mana saat ini mempunyai produk tabungan emas dengan dana awal yang cukup terjangkau.

Seperti misalnya tabungan emas di Pegadaian, nasabah baru hanya diwajibkan untuk menyetor tabungan awal dengan uang senilai 0,01 gram emas (sekitar Rp 9.000-an). Ditambah biaya penitipan emas setahun sekitar 30 ribu. 

2. Reksa Dana 

Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari para pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Kini untuk berinvestasi tidak perlu lagi menunggu punya uang banyak. Meski penghasilan pas-pasan, atau bahkan jika Anda merupakan generasi sandwich, kini sudah bisa berinvestasi di reksa dana. Sebab investasi di reksa dana sudah semakin murah dan sangat terjangkau.

Reksa dana menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito. Berinvestasi produk reksa dana bisa dimulai dengan modal awal kisaran Rp10 hingga Rp100 ribuan.

Anda bisa memilih beberapa jenis reksa dana yang ditawarkan oleh APERD, bank kustodian, sekuritas, maupun marketplace.

3. Saham 

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang saat cukup populer dan diminati oleh para investor pemula maupun investor senior. Lalu, siapa bilang membeli saham harus selalu dengan modal yang besar?

Saat ini, beberapa sekuritas saham telah memungkinkan investor pemula untuk membeli saham dengan menyetor ke Rekening Dana Nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI) mulai dari Rp10 hingga Rp100 ribuan saja.

Bagi Anda yang baru mulai berinvestasi saham, usahakan memilih saham dari emiten yang sudah terbukti memiliki performa baik, misal saham blue chip atau saham-saham yang masuk dalam indeks LQ45. 

Melihat banyaknya pilihan investasi dengan modal minim tersebut, kini para calon investor bisa dengan mudah untuk memaksimalkan uang yang dimilikinya lewat beberapa alternatif instrumen investasi. 

4. Tabungan Berjangka

Pilihan instrumen investasi modal 100 ribuan yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah tabungan berjangka. Tabungan berjangka ialah jenis simpanan yang memang dikhususkan bagi nasabah perorangan, dengan setoran rutin dalam jangka waktu tertentu.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak yang menawarkan tabungan berjangka mulai dari Rp100 ribu per bulan. Jangka waktu tabungan berjangka juga bermacam-macam, mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan tergantung bank yang menyediakan layanan tersebut.

Untuk membantu Anda memaksimalkan proses menabung, biasanya bank akan langsung menarik uang dari rekening Anda. Hal ini biasa disebut dengan autodebet, yang akan ditarik secara otomatis setiap bulannya. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk Anda yang mengalami kesulitan menabung.

Itulah beberapa pilihan investasi mulai dari Rp100 ribuan yang bisa Anda coba. Siapa bilang memulai investasi harus mahal? Karena saat ini, Anda sudah bisa memulai investasi dari modal kecil.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.