Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Jidofund dan Koinrobo – P2P Produktif tanpa Risiko?

Jidofund dan Koinrobo adalah platform P2P yang produktif dan aman untuk investasi. Dengan fitur tanpa risiko, p2p lending konsumtif sering dianggap bebas risiko, meskipun sebenarnya lebih berisiko daripada p2p lending produktif. Meskipun demikian, belum pernah terjadi kejadian telat atau gagal bayar di p2p lending konsumtif.

Untuk bersaing dengan p2p lending konsumtif, p2p lending produktif merilis produk ‘bebas risiko’ mereka sendiri. Saya akan membahas dua produk yang sama persis dengan p2p lending konsumtif, yaitu Jidofund dari Danamas dan Koinrobo dari Koinworks. Kita tidak membahas Modalku Pinjaman Terproteksi karena produknya berbeda dengan yang akan kita bahas.

Jidofund dan Koinrobo – Apakah keduanya adalah p2p?

P2P lending adalah jasa untuk menghubungkan lender dan borrower dalam satu platform. Keputusan pemilihan borrower sepenuhnya dilakukan oleh lender tanpa campur tangan penyelenggara, sesuai regulasi dan sosialisasi OJK.

Apabila kita melihat produk Koinrobo & Jidofund, maka keduanya memiliki kesamaan dimana kita hanya memilih tenor dan budget. Bila kita cocokkan sifat dua produk tersebut dengan definisi di paragraf sebelumnya, maka sebenarnya dua produk ini bukanlah produk p2p, meskipun perusahaan yang menawarkan produk ini memiliki izin beroperasi sebagai penyelenggara p2p lending.

Sebagai catatan tambahan, sesuai regulasi OJK, perusahaan p2p dilarang menawarkan produk lain selain p2p. Butuh izin usaha lain. Koinworks sendiri diketahui memiliki dua entitas berbeda yaitu PT Lunaria Annua Teknologi dan PT. Lunaria Annua Kapital.


Cara Kerja JidoFund dan Koinrobo

Keduanya mengklaim bahwa uang kita disebarkan secara otomatis ke banyak peminjam, namun kita tidak bisa melihat siapa saja peminjam yang menerima pendanaan kita. Bisa dibilang, kedua produk ini merupakan produk ‘titip dana’ yang cara kerjanya mirip deposito bank, apalagi keduanya juga tidak memiliki rekam jejak telat ataupun gagal bayar.

Kendati demikian, kurangnya transparansi pada informasi tentang peminjam, berarti bahwa kita bergantung pada profesionalisme dan integritas pada perusahaan yang menawarkan produk tersebut, bukan pada skor kredit si peminjam. Dengan kata lain, mirip seperti reksadana dimana kita mempercayakan strategi investasi kita pada si manajer investasi, di kedua produk inipun kita bergantung pada pengelolaan pihak Koinworks dan Jidofund selaku ‘manajer investasi’

Analisa

Dengan mekanisme yang mirip p2p konsumtif namun dengan return yang lebih rendah, akan banyak yang bilang bahwa lebih baik langsung saja mendanai p2p konsumtif dengan rate lebih tinggi.

Namun menurut saya, return yang lebih rendah disini mencerminkan pool peminjam produktif yang memiliki bunga pinjaman lebih rendah juga. Kembali ke hukum Low risk, low return.

Anda tentunya bisa saja berpendapat bahwa p2p konsumtif malahan low risk, high return. Tapi sebagai seseorang yang sudah mempelajari ‘dalaman’ nya p2p konsumtif, saya tidak setuju bahwa p2p konsumtif bisa dibilang ‘zero risk’

Kesimpulan

P2P konsumtif, Jidofund, dan Koinrobo belum ada sejarah telat maupun gagal bayar. Risiko ketiganya diserap total oleh pihak penyelenggara produk. Jadi, kita harus menilai ketahanan keuangan perusahaannya untuk menilai risiko asli produk-produk tersebut, apalagi setelah kita tahu bahwa asuransi kredit di dunia p2p lending ternyata semuanya hanya sekedar bohong belaka.

Rekomendasi

Daripada pusing-pusing menebak perusahaan mana yang paling kuat menopang risiko produk-produk tersebut, saran saya gunakan saja semuanya dengan prinsip diversifikasi. Kalaupun hanya tetap ingin menggunakan p2p konsumtif saja, jangan hanya nempel di satu penyelenggara saja, gunakan beberapa penyelenggara. Kalau saya sendiri, tetap akan menggunakan Jidofund dan konsumtif.Koinrobo disamping p2p.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.